Menerka Potensi Investasi Properti di Depok Tahun 2024

oleh | Jan 2, 2024

source envato.

Menerka Potensi Investasi Properti di Depok Tahun 2024

Kota Depok, yang terletak di perbatasan antara Bogor, Tangerang, dan Jakarta, telah menarik perhatian yang signifikan sebagai kawasan strategis untuk investasi properti. Geliat bisnis properti di kota ini tampaknya tidak pernah surut, terutama dengan adanya pembangunan infrastruktur yang masif.

Pertanyaannya kemudian, bagaimanakah prospek bisnis properti di Depok pada tahun 2024? Apakah kota ini masih menjanjikan potensi yang menggiurkan bagi investor?

Peningkatan Minat Membeli Rumah

Berdasarkan data dari portal properti Lamudi.co.id, terjadi peningkatan minat membeli rumah dijual di Depok. Pada tahun 2023, tercatat kenaikan sebesar 8% dibandingkan tahun 2022.

Angka ini tidak hanya sekedar statistik, melainkan menandakan adanya kepercayaan yang kuat dari para calon pembeli terhadap nilai investasi properti di Depok. Peningkatan ini dapat diinterpretasikan sebagai respons positif terhadap berbagai pembangunan infrastruktur dan perkembangan lainnya di kota ini.

Lonjakan Permintaan Rumah Kontrakan

Selain permintaan pembelian, tren pencarian rumah kontrakan di Depok juga menunjukkan lonjakan yang signifikan.

Pada tahun 2023, terjadi peningkatan sebesar 8% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Fakta ini mengindikasikan adanya permintaan tinggi untuk hunian sementara, yang bisa jadi berkaitan dengan migrasi penduduk sementara untuk tujuan pendidikan atau pekerjaan.

Hal ini membuka peluang bagi investor properti untuk memfokuskan investasi pada segmen rumah kontrakan atau kost.

Baca juga: 10 Tips Membangun Bisnis Properti Untuk Pemula yang Menguntungkan

Kenaikan Harga Tanah

Faktor lain yang mempengaruhi potensi investasi properti di Depok adalah kenaikan harga tanah yang konsisten. Setiap tahunnya, rata-rata harga tanah di Depok mengalami kenaikan antara 10% hingga 15%.

Kenaikan ini menjadi indikator jelas bahwa Depok adalah wilayah yang potensial untuk investasi properti. Khususnya bagi mereka yang berorientasi pada capital gain, peningkatan nilai tanah memberikan peluang keuntungan yang signifikan.

Dikelilingi Fasilitas Umum

Keberadaan fasilitas umum yang lengkap juga menjadi salah satu faktor yang mendukung prospek bisnis properti di Depok. Kota ini dikelilingi oleh berbagai fasilitas seperti rumah sakit, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan, dan akses transportasi umum yang memadai.

Ketersediaan fasilitas-fasilitas ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup, tapi juga memperkuat alasan bagi investor untuk menanamkan modalnya di sini.

Analisis Pasar dan Potensi Masa Depan

Menganalisis tren yang ada, tampaknya bisnis properti di Depok pada tahun 2024 masih akan tetap menjanjikan. Pertumbuhan penduduk, baik itu dari kalangan pelajar maupun pekerja, terus mendorong permintaan atas hunian, baik untuk dibeli maupun disewakan.

Selain itu, proyek-proyek infrastruktur yang sedang berlangsung di Depok dan sekitarnya, seperti pembangunan jalan tol dan pengembangan transportasi publik, akan terus mendongkrak nilai properti di kawasan ini.

Baca juga: Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mendirikan Bisnis Properti

Pilihan Perumahan di Depok untuk Investasi 

1. Samesta Parayasa

Samesta Parayasa merupakan salah satu perumahan yang cukup menjanjikan di Depok. Keunggulannya terletak pada konsep perumahan yang modern dan lokasinya yang strategis. Perumahan ini menyediakan berbagai fasilitas lengkap yang mendukung kenyamanan penghuninya.

Dengan akses yang mudah ke berbagai fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan, Samesta Parayasa menjadi pilihan investasi yang ideal bagi mereka yang mencari hunian dengan nilai tinggi di Depok.

2. Grand Depok City

Grand Depok City menawarkan hunian dengan lingkungan yang asri dan nyaman. Perumahan ini terkenal dengan tata letaknya yang rapi dan pengelolaan lingkungan yang baik. Keberadaan fasilitas publik dan akses transportasi yang mudah menjadi nilai tambah untuk Grand Depok City sebagai salah satu opsi investasi properti.

3. Cinere Bellevue Suites

Terletak di area yang sedang berkembang, Cinere Bellevue Suites menawarkan konsep hunian vertikal yang modern dan elegan. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta membuatnya sangat diminati, terutama oleh para pekerja yang beraktivitas di Jakarta namun ingin tinggal di lingkungan yang lebih tenang dan terjangkau.

4. Perumahan Tirta Jaya

Perumahan Tirta Jaya menarik bagi mereka yang mencari investasi properti dengan harga terjangkau namun tetap mengutamakan kualitas. Lokasinya yang strategis dekat dengan stasiun kereta api dan akses tol menjadikannya pilihan yang baik bagi pekerja yang melakukan perjalanan harian ke Jakarta.

Baca juga: Keputusan Investasi: Pengertian, Dasar Pengambilan, dan Tahapan Melakukannya

5. Margonda Residence

Margonda Residence adalah pilihan investasi yang tepat bagi yang tertarik pada properti vertikal. Terletak di jantung kota Depok, dekat dengan Universitas Indonesia, hunian ini sangat diminati oleh mahasiswa dan para profesional muda.

Fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah ke berbagai titik penting di Depok menjadikan Margonda Residence investasi yang menguntungkan.

Demikianlah rekomendasi pilihan perumahan di Depok yang cocok untuk dijadikan investasi. Namun, Anda harus bisa mengelola keuangan investasi Anda dengan tepat. Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa diakses secara otomatis, cepat dan akurat.

Anda bisa membuktikannya sendiri selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Ibnu

Artikel Terkait