Mengenal Jenis Template Penganggaran untuk Kesuksesan Finansial

Menyertakan informasi yang tepat tentang anggaran Anda dapat menentukan keakuratan catatan keuangan dan kesuksesan keuangan Anda secara umum, jadi penting untuk memilih jenis template penganggaran yang sesuai dengan kebutuhan unik Anda atau bisnis Anda

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai jenis template penganggaran yang dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan bijak.

Mengapa Memilih Template Penganggaran yang Tepat itu Penting?

Membangun lembar kerja penganggaran dari awal dan memutuskan elemen mana yang akan dimasukkan  adalah hal yang memakan waktu, jadi menggunakan template yang sudah jadi membantu Anda lebih cepat terorganisir.

Sangat penting untuk memilih template penganggaran yang dapat Anda sesuaikan dengan pengeluaran dan penghasilan Anda dengan mudah. Itu harus memiliki struktur yang cukup untuk memberikan panduan tetapi juga memungkinkan fleksibilitas bagi Anda untuk menambahkan bidang tambahan atau memodifikasi kategori yang ada.

Templat penganggaran harus memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan diatur dengan baik untuk mendorong pembaruan yang konsisten dan menghemat waktu saat melacak tabungan, pengeluaran, dan pendapatan Anda.

Daftar Jenis Template Penganggaran

Semua anggaran melacak keuangan, namun mereka dapat memiliki komponen yang berbeda berdasarkan tujuannya. Template penganggaran membutuhkan kategori yang disesuaikan dengan skala dan panjang proyek bersama dengan variabel lainnya. Berikut adalah beberapa jenis templat penganggaran paling umum yang mungkin Anda gunakan dalam kehidupan atau karier Anda sehari-hari:

Zero based budgeting

Anggaran berbasis nol menyediakan templat penganggaran yang memperhitungkan setiap rupiah yang diperoleh, yang berarti tidak akan ada sisa pendapatan di akhir periode penganggaran.

Baik bisnis dan individu dapat menggunakan anggaran berbasis nol untuk memenuhi tujuan keuangan, tetapi mereka sangat umum dalam organisasi yang menyesuaikan anggaran mereka berdasarkan pengeluaran masa lalu.

Misalnya, departemen yang memiliki anggaran 5.000.000 per bulan tetapi hanya menghabiskan 4.500.000 mungkin menerima anggaran yang lebih rendah sebesar 4.500.000 per bulan di masa mendatang. Anggaran zero-sum menghilangkan kemungkinan kehilangan peluang pendanaan dengan memastikan bahwa departemen menggunakan semua sumber dayanya.

Baca juga: Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Di Dalam Suatu Negara

Anggaran fleksibel

Anggaran fleksibel meningkat atau menurun berdasarkan keberhasilan finansial perusahaan atau individu. Template penganggaran fleksibel mengalokasikan persentase dari total pendapatan untuk setiap pengeluaran, memungkinkan anggaran berfluktuasi berdasarkan sumber daya. Banyak orang menggunakan anggaran fleksibel yang meremehkan total keuntungan untuk menciptakan surplus.

Anggaran pribadi

Anggaran pribadi dapat dipecah berdasarkan hari, minggu, bulan atau tahun tergantung pada apakah Anda sedang mengerjakan tujuan keuangan jangka pendek atau jangka panjang. Orang-orang menggunakan anggaran pribadi untuk melacak pengeluaran mereka sehari-hari dan mengontekstualisasikan anggaran jangka panjang. Anggaran pribadi Anda harus mempertimbangkan semua bentuk pendapatan dan pengeluaran, seperti:

  • Upah
  • Keuntungan modal
  • Pengembalian uang
  • Pensiun
  • Tabungan
  • Sewa
  • Utilitas
  • Makanan
  • Pakaian
  • Angkutan
  • Tabungan

Baca juga: Mengetahui Literasi Keuangan Agar Kita Melek Finansial

Anggaran bisnis

Anggaran bisnis lebih kompleks daripada anggaran pribadi dan mencakup rincian seperti biaya tenaga kerja dan bahan untuk setiap bagian dari bisnis Anda. Anggaran bisnis skala besar dapat mencakup biaya hukum, asuransi, proyek pemeliharaan, dan dana tambahan, sedangkan anggaran skala kecil untuk satu departemen atau tim akan berfokus pada rincian operasi harian dan proyek khusus.

Beberapa anggaran bisnis merupakan perkiraan yang kemudian perlu disesuaikan berdasarkan biaya pengeluaran yang sebenarnya. Template penganggaran bisnis dapat dipecah menjadi kategori yang lebih kecil untuk anggaran proyek, anggaran departemen, dan anggaran acara.

Anggaran siswa

Siswa sering membuat anggaran untuk setiap semester berdasarkan bantuan keuangan dan tanggal jatuh tempo biaya kuliah. Beberapa siswa mungkin membagi anggaran mereka berdasarkan minggu atau bulan untuk melacak keuangan mereka. Anggaran mahasiswa meliputi:

  • Beasiswa
  • Gaji
  • Buku teks
  • Perlengkapan
  • Konsumsi

Anggaran hadiah

Selama liburan, mungkin ada baiknya untuk memiliki anggaran hadiah yang terpisah. Tidak seperti anggaran lainnya, anggaran hadiah biasanya tidak dibatasi waktu, memungkinkan Anda untuk membeli hadiah sebelumnya sambil tetap berada dalam batas keuangan Anda untuk setiap liburan atau acara.

Anggaran hadiah dapat membantu Anda melacak hadiah untuk banyak orang dalam jangka waktu yang lama dan memberikan gambaran yang jelas tentang di mana Anda menghabiskan uang paling banyak selama liburan.

Anggaran rumah tangga

Anggaran rumah tangga atau keluarga mencakup beberapa anggaran pribadi yang digabungkan untuk melacak semua pengeluaran. Mereka dapat digunakan untuk teman sekamar dan fokus hanya pada pengeluaran terkait rumah tangga, atau menunjukkan total pengeluaran setiap anggota dari anggaran bersama untuk keluarga yang berbagi keuangan.

Templat anggaran rumah tangga sering kali menyertakan ruang tambahan untuk proyek perbaikan dan pemeliharaan rumah yang tidak dapat Anda prediksi sebelumnya.

Baca juga: CAPM Adalah: Pengertian, Dan Manfaat CAPM dalam Investasi

Bagaimana Memilih Template Penganggaran?

1. Tentukan platform

Pertimbangkan apakah Anda ingin menggunakan lembar kerja penganggaran yang dapat Anda cetak dan isi dengan tangan, spreadsheet digital, atau software akuntansi dengan fitur penganggaran.

Beberapa software akuntansi seperti Accurate Online  memiliki fitur tambahan yang dapat secara otomatis membuat perhitungan saat Anda memasukkan nilai dan harga untuk anggaran Anda.

Bergantung pada kerumitan anggaran Anda, pilih format atau platform yang memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan fitur lain yang diperlukan. Template penganggaran harus mudah digunakan dan diperbarui saat keuangan Anda berfluktuasi.

2. Buat daftar pendapatan dan pengeluaran utama Anda

Mengetahui semua potensi biaya dan sumber daya memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat tentang templat penganggaran mana yang harus Anda gunakan untuk melacak keuangan Anda.

Pikirkan tentang semua biaya potensial selama periode waktu tertentu dan pengeluaran utama proyek Anda atau kehidupan sehari-hari. Buat daftar termasuk setiap kategori utama tempat Anda membelanjakan dan menghasilkan uang, lalu bandingkan daftar itu dengan templat yang berbeda.

Cari templat penganggaran yang menyertakan ruang untuk kategori utama Anda dan memiliki ruang untuk penyesuaian dan pengeluaran lain-lain.

3. Buat template anggaran percobaan

Sebelum menginvestasikan upaya untuk membuat anggaran penuh, tulis anggaran praktik menggunakan templat penganggaran pilihan Anda. Tinjau pekerjaan Anda untuk melihat apakah ada bagian yang hilang atau jika format template penganggaran tidak jelas. Jika templat penganggaran Anda menyertakan rumus apa pun, masukkan nilai pengujian untuk memastikannya berfungsi dengan benar.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Project Management Plan? Berikut Penjelasannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai template penganggaran. Apapun metode penganggaran yang Anda gunakan pastikan Anda melakukan proses penganggaran yang baik dan merencanakan semua hal yang Anda anggarkan dengan sistem yang tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur pembukuan, perpajakan, manajemen aset dan proses penganggaran terlengkap juga dengan dengan harga terjangkau yang sangat cocok untuk semua jenis bisnis di Indonesia.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah