Kasbon Adalah: Pengertian dan Faktor Pemicunya

Sebagai pebisnis, tentunya akan ada beberapa momen tertentu yang membuat karyawan Anda mengajukan pinjaman berupa kasbon. Pada dasarnya, kasbon adalah salah satu solusi yang diberikan oleh pihak karyawan kepada para karyawannya yang ingin mengajukan suatu pinjaman dengan mudah.

Umumnya, kasbon bisa diajukan oleh karyawan melalui koperasi perusahaan. Dana pinjaman tersebut bisa diajukan sesuai dengan kebutuhan, karena di dalamnya tidak ada aturan baku bagi perusahaan untuk menentukan nominal kasbon.

Untuk generasi muda saat ini, istilah kasbon mungkin akan terdengar kuno. Kenapa? Karena saat ini pinjaman bisa dilakukan secara online, mudah, dan praktis hanya dengan smartphone saja. Sehingga, istilah kasbon sudah jarang sekali terdengar.

Meskipun begitu, beberapa pekerja masih banyak yang memanfaatkan fasilitas kasbon yang diberikan oleh perusahaan, karena biasanya kasbon tidak dikenakan bunga seperti halnya di bank.

Kasbon adalah salah satu bentuk kepedulian yang diberikan oleh pihak perusahaan agar setiap karyawannya bisa mendapatkan kesejahteraan, terlebih lagi jika para karyawan memang sedang memerlukan dana darurat.

Sehingga, fasilitas tersebut bisa digunakan oleh pihak karyawan dengan sebaik mungkin untuk menutupi keperluannya yang sangat darurat.

Dalam proses pengembalian kasbon, biasanya pihak perusahaan akan langsung memotong gaji bulanan dari pihak karyawan yang mengajukan kasbon.

Kondisi ini hampir bisa disamakan dengan proses reimbursement, yang mana pihak perusahaan harus mengganti uang yang sudah karyawannya keluarkan untuk keperluan perusahaan. Bedanya, kasbon adalah uang ditalangi terlebih dahulu oleh perusahaan saja.

Nah, untuk Anda yang sedang memerlukan dana pinjaman, maka Anda bisa menggunakan fasilitas kasbon yang disediakan oleh pihak perusahaan. Pada kali ini, kami akan memberikan pemahaman lebih dalam tentang apa itu kasbon, beserta faktor pemicu dan cara mengajukannya.

Kasbon Adalah

Seperti yang sudah kita jelaskan secara singkat di atas, kasbon adalah suatu fasilitas yang disediakan oleh pihak perusahaan kepada para karyawannya untuk mengambil sebagian gaji bulanannya yang akan diterima pada bulan selanjutnya.

Lalu, nantinya gaji karyawan pada bulan berikutnya akan dipotong berdasarkan jumlah kasbon yang telah ia ajukan sebelumnya.

Fasilitas ini memiliki peran yang sangat bermanfaat dan diperlukan oleh setiap karyawan, karena jika nantinya terjadi berbagai kondisi sebelum tiba waktu gaji dan karyawan memerlukan dan darurat, maka para karyawan bisa melakukan pinjaman kasbon ini untuk menutupi keperluan tersebut.

Sehingga, pihak karyawan nantinya akan terbantu dan produktivitas serta loyalitas mereka terhadap perusahaan juga akan secara otomatis meningkat.

Namun, fasilitas kasbon bukanlah suatu keharusan, dan hanya sebagai kebijakan perusahaan dalam membantu para karyawannya. Jika perusahaan menolak memberikan ataupun menyetujui pinjaman kasbon kepada karyawannya, maka perusahaan pun tidak melanggar peraturan apapun.

Baca juga: Cashless adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya Untuk Masyarakat

Beberapa Faktor Karyawan Melakukan Kasbon

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan karyawan membutuhkan kasbon ataupun dana pinjaman dari perusahaan. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor kasbon yang harus Anda ketahui.

  • Biaya Pendidikan

Saat ini, kita semua paham bahwa biaya pendidikan anak-anak semakin hari semakin membengkak. Tentunya, karyawan pun sudah memperkirakan dana pendidikan yang diperlukan oleh anaknya, namun ada beberapa pengeluaran lain yang tidak bisa diperkirakan, seperti buku, seragam, kegiatan darmawisata, dan jajan anaknya di sekolah.

  • Biaya Pengobatan dan Persalinan

Didunia ini, tidak ada satu orang pun yang ingin masuk rumah sakit, terlebih lagi untuk kurun waktu yang lama. Produktivitas karyawan pun akan menurun jika sering sakit, sehingga mereka tidak akan mampu melakukan pekerjaannya sesuai target.

Namun, perusahaan juga tidak bisa menolak dan juga memprediksi adanya biaya, terlebih lagi jika ternyata karyawan menderita penyakit yang cukup parah dan memerlukan pengobatan jangka panjang.

Pun sama halnya dengan karyawan wanita yang memerlukan biaya ekstra untuk persalinan dan hal tersebut tentunya tidak bisa dicegah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pihak perusahaan bisa mendaftarkan karyawannya sebagai anggota BPJS Kesehatan atau menyediakan fasilitas kesehatan tertentu di kantornya. Sehingga, kesehatan karyawan akan terjamin, dan mereka bisa bekerja lebih baik serta lebih produktif.

  • Biaya Pernikahan

Sebaik dan sematang apapun rencana pernikahan, terkadang ada suatu kondisi yang membuat calon pengantin tidak mampu mengontrol pengeluarannya untuk acara penting tersebut, sehingga mengharuskan mereka melakukan pinjaman ke perusahaan.

Pada umumnya, mereka akan berharap mampu melunasi pinjaman tersebut karena mendapatkan amplop dari para tamunya. Untuk itu, pihak perusahaan bisa memperkirakan kesanggupan para karyawan dari jumlah undangannya saat melakukan kasbon.

  • Renovasi Rumah

Kita semua tahu bahwa tidak semua orang mempunyai kondisi rumah yang kuat untuk menghadapi berbagai cuaca ekstrim, terlebih lagi jika musim hujan datang. Bencana banjir bisa saja harus dihadapi para karyawan yang memiliki rumah pada lokasi tidak strategis.

Gaji bulanan saja bisa jadi tidak cukup untuk merenovasi rumah mereka. Dalam hal ini, kasbon pun sangat dibutuhkan untuk bisa memperbaiki kondisi rumah mereka agar performa mereka tidak terganggu, sehingga pihak karyawan dan keluarganya di rumah pun bisa tenang.

  • Membeli atau Mengganti Kendaraannya

Kendaraan adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Beberapa karyawan pastinya akan menghadapi kondisi sulit dimana kendaraannya sudah tidak layak lagi untuk digunakan setelah bekerja bertahun-tahun perusahaan.

Dengan melakukan berbagai pertimbangan, karyawan pun berhak untuk meminjam sejumlah dana dari perusahaan untuk bisa mengganti ataupun memperbaiki kendaraannya.

  • Dana Ibadah

Dalam hal ini, karyawan bisa mengajukan kasbon ke perusahaan untuk menutupi dana yang dibutuhkan dalam memenuhi panggilan agamanya, seperti berangkat haji atau penyelenggaraan upacara keagamaan.

Meskipun begitu, pihak manajemen perusahaan harus melakukan diskusi pada karyawan secara baik-baik, agar pelunasan utang tidak mengganggu niat dan konsentrasinya dalam beribadah, dan membuat utang jangka panjangnya nanti mengganggu performa mereka.

  • Biaya Liburan

Umumnya, karena alasan bonus atau gaji yang tidak kunjung cair, pihak karyawan memutuskan untuk mengambil cutinya agar bisa bepergian dan mengajukan kasbon untuk biaya liburannya.

Alasan seperti itu masih dianggap wajar dan normal selama pihak manajemen perusahaan mengetahui dengan pasti bagaimana karyawan akan membayar kasbon atau pinjaman kedepannya.

Kondisi ini dikarenakan pengeluaran yang diperlukan oleh karyawan tidak begitu mendesak dan masuk dalam kategori tersier, sehingga kasbon tersebut nantinya akan dibayar dengan sistem potong gaji.

  • Kartu Debit Tertelan Mesin ATM

Kondisi yang sering terjadi ini menjadi faktor lainnya kenapa pihak karyawan melakukan kasbon ke perusahaan. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika tanggal tua dan mereka ingin mengambil uang di mesin ATM, namun kartu mereka tertelan di mesin ATM tersebut.

Dalam hal ini, karyawan tidak perlu khawatir, karena fasilitas kasbon yang disediakan oleh perusahaan siap membantu karyawan, sehingga mereka tidak perlu khawatir lagi, khususnya pada kondisi darurat seperti ini.

Dengan begitu, keperluan sehari-hari perusahaan pun akan tetap terpenuhi dengan baik dan lancar.

Manfaat Memberikan Kasbon Kepada Karyawan

Pemberian kasbon pada karyawan mempunyai beberapa manfaat untuk perusahaan, yaitu:

  • Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Kita tahu bahwa setiap karyawan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, dan tidak bisa dipungkiri bahwa gaji dan juga tunjangan yang diberikan belum tentu mampu mencukupi keperluannya.

Dalam hal ini, maka pihak perusahaan bisa membantu karyawan dengan cara memberikan kasbon. Sehingga, pihak karyawan bisa menunjukan rasa terima kasihnya tersebut kepada perusahaan dengan peningkatan performa.

  • Memperbaiki Loyalitas Karyawan

Fasilitas pinjaman berupa kasbon yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan akan membuat setiap karyawan menjadi sangat berterima kasih dan meningkatkan rasa loyalitasnya kepada perusahaan. Manfaat lainnya yang akan diperoleh oleh perusahaan adalah secara tidak langsung akan mengikat karyawan untuk terus bekerja di perusahaan secara halus.

  • Efisiensi Biaya Pengelolaan Karyawan

Sebelumnya sudah kita singgung bersama bahwa pemberian pinjaman berupa kasbon akan secara tidak langsung mengikat karyawan secara halus.

Hal tersebut tidak akan mudah membuat karyawan pergi ke perusahaan lainnya. Dengan menurunnya angka turnover tersebut, maka akan mengurangi beban perusahaan.

Karena divisi HR atau Human Resource tidak harus menyiapkan dana yang lebih banyak untuk merekrut karyawan baru yang biasanya akan meningkat pada kuartal tertentu. Selain itu, hal ini pun akan membantu HR dalam merancang berbagai program peningkatan sumber daya manusia yang lebih baik.

Baca juga: Cashflow Quadrant: Pengertian dan 4 Bagian yang Ada di Dalamnya

Penutup

Setelah adanya penjelasan lengkap diatas, bisa kita pahami bahwa pemberian kasbon mampu memberikan keuntungan pada pihak karyawan dan juga perusahaan.

Tapi, pemberian kasbon juga harus diperhatikan dengan situasi dan kondisi keuangan perusahaan, agar tidak mengganggu aliran kas perusahaan.

Nah, untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan dan mengatur segala arus kas keuangan perusahaan Anda, disarankan agar Anda menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan secara lebih mudah dan praktis. Accurate online juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat berbagai laporan keuangan perusahaan, bahkan oleh Anda yang tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1 banner bawah