Cashless Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya Untuk Masyarakat

Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, kebanyakan manusia akan saling berlomba untuk bisa menciptakan teknologi baru untuk membantu kegiatannya sehari-hari. Salah satu teknologi yang saat ini sedang berkembang adalah cashless. Cashless adalah suatu cara bertransaksi dengan tanpa menggunakan uang fisik.

Proses transaksi di dalamnya akan menggunakan uang elektronik, sehingga akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran dan transaksi keuangan lainnya, dimanapun dan kapanpun.

Pada artikel kali ini, mari kita bahas secara lebih mendalam tentang cashless, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya di tengah-tengah masyarakat.

Cashless adalah

Cashless adalah suatu istilah yang memiliki arti tidak atau tanpa menggunakan uang tunai fisik. Dewasa ini, sistem cashless yang dimaksud adalah transaksi dengan bentuk pembayaran digital. Hal tersebut berlaku untuk setiap jenis pembayaran dan transaksi yang dilakukan oleh setiap orang.

Baca juga: Sanering Adalah: Pengertian, Dampak, dan Contoh Sanering Di Indonesia

Manfaat Cashless

Berdasarkan penjelasan diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa cashless adalah suatu penggunaan sistem pembayaran tanpa uang fisik yang saat ini sudah semakin berkembang ditengah-tengah masyarakat walaupun belum dikatakan maksimal.

Hal tersebut mampu memberikan manfaat yang baik untuk para pelaku ataupun negara, beberapa diantara manfaatnya adalah sebagai berikut.

  • Manfaat untuk Tiap Individu

Manfaat cashless yang bisa dirasakan oleh tiap individu adalah kenyamanan, karena dengan menggunakan cashless mereka tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai, sehingga bisa meminimalisir risiko pencurian.

  • Manfaat untuk Negara

Selain bisa dirasakan oleh setiap orang, cashless juga bisa menguntungkan negara. Kenapa? Karena sistem cashless akan mampu meningkatkan koleksi pajak negara secara signifikan.

Dengan adanya pendapatan pajak tersebut, maka negara bisa menggunakannya untuk kepentingan lain yang berdampak pada perkembangan ekonomi masyarakat pada negara tersebut.

Jenis Cashless

Setidaknya, terdapat tiga jenis cashless yang saat ini sudah berkembang di masyarakat, yaitu:

1. Rekening Ponsel

Jika Anda sering kesulitan dalam mengingat nomor rekening bank pribadi, maka saat ini ada rekening ponsel yang mampu mengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan rekening ponsel ini, maka Anda tidak perlu memasukan nomor rekening Anda, melainkan hanya nomor handphone yang sudah Anda daftarkan saja.

Berbagai fitur yang tersedia di dalamnya pun cukup lengkap dan mampu memenuhi segala keperluan transaksi Anda. Beberapa bank yang sudah menyediakan rekening ponsel sebagai payment online nya antara lain adalah Mandiri eCash, CIMB Niaga, BNI, dll.

2. E-Money

Dengan menggunakan kartu ATM seperti saat ini, maka Anda tidak perlu lagi menyediakan uang cash untuk membantu kegiatan transaksi Anda. Bentuk kemudahan yang ditawarkan oleh e-money akan bisa dirasakan langsung saat Anda membayar transportasi seperti commuter line, busway, dan kendaraan umum lainnya.

Penggunaan e-money juga bisa Anda gunakan untuk berbelanja di convenience store, pom bensin, supermarket, minimarket, dll. Beberapa bank yang sudah merilis e-money ini adalah e-money Mandiri, Flazz BCA, BNI TapCash, dan BRI Brizzi.

3. Tabungan Digital

Dengan menggunakan tabungan digital, maka Anda tidak perlu lagi membuka rekening secara antre di bank, Anda cukup menggunakan smartphone dan jaringan internet yang baik saja.

Faktor Pemicu Cashless

Berdasarkan penjelasan diatas, setidaknya tiga faktor pemicu utama diciptakannya cashless, yaitu:

  • Adanya kesadaran dari para petinggi negara dan masyarakat terkait potensi kecurangan dan kejahatan yang semakin berkembang. Bentuk kejahatan tersebut pun beragam, seperti beredarnya uang palsu, penjambretan, atau pencurian.
  • Kesadaran masyarakat untuk tidak selamanya bergantung dengan beredarnya uang fisik. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah negara dalam mengelola dan mengawasi berbagai transaksi keuangan. Laporan transaksi dan perdagangan ekonomi akan bisa diakses dengan mudah dengan memanfaatkan berbagai laporan elektronik.
  • Kegiatan transaksi dengan menggunakan sistem cashless tidak akan melibatkan perpindahan uang fisik, sehingga hal tersebut bisa meminimalisir potensi korupsi dan kolusi di antara para pejabat tinggi. Khususnya pada transaksi yang berhubungan dengan pelayanan publik.

Kelebihan dan Kekurangan Cashless

Kelebihan Cashless

Terdapat lima kelebihan utama yang ditawarkan pada sistem pembayaran cashless, yaitu:

  • Hemat Waktu dan Praktis

Seperti yang sudah kita singgung sedikit sebelumnya, bahwa salah satu kelebihan utama yang ditawarkan pada sistem pembayaran cashless adalah prosesnya yang lebih praktis dan hemat waktu.

Dengan menggunakan uang elektronik, maka Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai. Terlebih lagi, jika Anda melakukan kegiatan transaksi dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut tentunya akan merepotkan Anda, karena Anda harus membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak saat berpergian.

Terlebih lagi, saat ini kejahatan di tengah-tengah masyarakat sudah semakin meningkat.

  • Meminimalkan Tindakan Kriminal

Sebelumnya sudah kita jelaskan bahwa kejahatan saat ini semakin sering terjadi dimanapun dan kapanpun tanpa pandang bulu.

Terlebih lagi, untuk Anda yang mempunyai kegiatan padat dengan menggunakan transportasi umum. Kehadiran uang elektronik akan menjadi solusi yang sangat tepat. Karena dengan menggunakan uang elektronik, maka Anda bisa terhindar atau setidaknya meminimalisir terkena tindakan kriminal di tempat umum.

  • Tidak Perlu Antre Lama

Kelebihan lain yang ditawarkan dari uang elektronik adalah efisiensi. Karena dengan menggunakan uang elektronik, Anda tidak perlu lagi mengantri dalam melakukan setiap transaksi.

Anda hanya harus menunjukan kartu uang elektronik Anda, dan Anda sudah bisa memiliki apa yang Anda perlukan dengan mudah.

  • Banyak Promo

Saat ini, sudah banyak penyedia kartu uang elektronik yang bekerjasama dengan berbagai vendor, seperti minimarket, restoran, coffee shop, dll. Oleh karena itu, tidak heran jika mereka memiliki banyak promo yang sangat menarik untuk ditawarkan.

Nah, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan tersebut secara cuma-cuma jika Anda menggunakan uang elektronik.

  • Tidak Perlu Kembalian

Mengelola kembalian saat berbelanja dengan uang fisik sering kali sulit untuk dilakukan, terlebih lagi ketika Anda tidak sempat menyiapkan uang kembalian ribuan atau uang koin.

Nah, dengan menggunakan uang elektronik, maka Anda tidak perlu lagi memikirkan kembalian, karena dalam hal ini saldo Anda akan berkurang otomatis sesuai dengan nominal harga yang tertera saja.

  • Bisa Dicari Tahu Keberadaannya

Ketika Anda menggunakan uang elektronik, maka segala data pribadi Anda akan terhubung secara otomatis. Hal tersebut akan membantu Anda dalam mencari tahu letak keberadaan uang Anda ketika ada kehilangan ataupun penyalahgunaan data.

  • Lebih Mudah Mengatur Pengeluaran

Kebanyakan dari kita pasti akan kesulitan dan bingung kemana perginya uang yang Anda miliki. Dengan menggunakan cashless, maka masalah tersebut tidak perlu Anda khawatirkan lagi.

Kenapa? Karena sistem pembayaran cashless mampu mengontrol setiap pengeluaran Anda. Segala bentuk transaksi.

Kekurangan Cashless

Dibalik sederet kelebihan cashless yang sudah kita jelaskan di atas, ternyata sistem pembayaran ini memiliki kekurangan tersendiri, yaitu:

  • Lebih Boros karena Banyak Promo

Seperti yang sebelumnya sudah kita jelaskan, bahwa sistem transaksi cashless mampu menawarkan banyak sekali promo menarik yang sangat menguntungkan.

Hal tersebut akan membuat siapa saja mudah tergiur untuk memanfaatkan promo tersebut dan mengakibatkan pengeluaran yang membengkak. Jadi, di satu sisi bisa saja menguntungkan, namun disisi lain bisa membuat penggunanya menjadi semakin boros.

  • Rentan Aksi Cyber Crime

Sistem pembayaran cashless memang sangat memudahkan. Namun, dibalik kemudahan tersebut, sangat rentan adanya aksi kejahatan cyber crime. Hal tersebutlah yang menjadi kekurangan dari sistem pembayaran ini.

Jadi, segala bentuk kejahatan pada sistem pembayaran uang fisik tidak serta merta bisa ditanggulangi dengan menggunakan cashless.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti password cashless Anda secara rutin agar tidak jatuh ke pihak yang salah.

  • Cenderung Ingin Terus Berbelanja

Walaupun tidak memegan uang tunai, penggunaan uang elektronik nyatanya membuat banyak orang lebih cenderung membelanjakan uangnya. Hal tersebut akan meningkatkan kemauan setiap orang untuk terus menerus berbelanja karena mereka merasa tidak mengeluarkan uangnya sama sekali.

Setelahnya, mereka baru sadar bahwa pengeluaran mereka sangatlah banyak.

  • Masih Terbatas

Walaupun sistem transaksi cashless mampu mempermudah transaksi, tapi masih sedikit vendor yang bekerjasama dengan pihak bank yang menerbitkan uang elektronik.

Oleh karena itu, masih banyak pengguna yang kesulitan untuk menemukan tempat pembayaran uang elektronik, karena tidak semua tempat menerima sistem pembayaran cashless.

Baca juga: Cashflow Quadrant: Pengertian dan 4 Bagian yang Ada di Dalamnya

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang sistem pembayaran cashless. Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa cashless adalah sistem transaksi dengan bentuk pembayaran digital, tanpa menggunakan uang fisik.

Terdapat sederet kelebihan yang mampu ditawarkan oleh sistem pembayaran ini, salah satunya adalah lebih mudah dalam mengatur keuangan pribadi maupun perusahaan. Namun tetap saja, sistem pembayaran cashless bisa membuat setiap individu ataupun perusahaan menjadi lebih boros karena mereka tidak merasa mengeluarkan uang.

Untuk itu, diperlukan sistem pengaturan uang yang lebih baik dan tepat agar tidak menjadi lebih boros. Nah, dalam hal ini, software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan secara lebih mudah dan praktis. Accurate online juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat berbagai laporan keuangan perusahaan, bahkan oleh Anda yang tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1 banner bawah