Bagaimana Cara Kredit Emas di Pegadaian? Apa Saja Keuntungannya?

Saat ini, kredit emas adalah salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat. Pasalnya, kredit emas mempunyai beragam kelebihan daripada dengan instrumen investasi lainnya. Sampai saat ini, terdapat banyak sekali tempat untuk melakukan kredit emas, salah satunya adalah kredit emas di Pegadaian.

Lalu, bagaimana cara kredit emas di Pegadaian? Apa saja keuntungan yang bisa dicapai dengan kredit emas di Pegadaian? Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Keuntungan Kredit Emas di Pegadaian

1. Tidak Perlu Memusingkan Dana

Emas adalah salah satu komoditas yang memiliki nilai tinggi dan memiliki sifat yang selamanya. Itu artinya, harganya akan terus meningkat secara stabil. Dampaknya, biaya untuk menabung emas secara tunai pun menjadi tinggi.

Namun, hal yang sama tidak akan kita jumpai ketika melakukan kredit emas di Pegadaian, karena emas sangat pas untuk mereka yang ingin menghemat lebih banyak dana.

Dengan melakukan kredit emas ini, maka Anda pun sudah tidak lagi perlu memusingkan dana untuk melakukan investasi atau menabung, karena Anda mempunyai jaminan emas.

Jaminan emas yang berada di Pegadaian adalah jaminan yang fleksibel terkait biaya. Dengan menjaminkan emas ketika melakukan kredit emas, maka Anda bisa menggadaikan kembali emas Anda tersebut bila nantinya Anda tidak memiliki cukup dana untuk mencicil kredit emas.

Kegiatan pegadaian kembali seperti ini tidak akan mudah ditemui dalam menabung emas secara tunai ataupun manual, sehingga hal ini menjadi kelebihan tersendiri untuk kredit emas di Pegadaian.

2. Cocok untuk Anda yang Berjiwa Konservatif

Seperti yang kita ketahui bersama, Pegadaian adalah institusi khusus pegadaian emas yang didesain oleh pihak Pemerintah Indonesia.

Produk keuangan memiliki hubungan erat dengan pemerintah Indonesia lebih cenderung memiliki tingkat risiko yang lebih rendah. Sehingga, akan sangat sesuai untuk Anda yang suka main aman atau tidak suka dengan risiko tinggi.

Selain itu, Pegadaian adalah tempat yang paling dijamin aman oleh pihak pemerintah dalam menggadaikan emas, karena standar penyimpanannya yang telah sesuai dengan standar penyimpanan emas.

Keamanan penyimpanan emas dan kelebihan lain dari kredit emas di Pegadaian ini sangat menguntungkan untuk Anda yang berjiwa konservatif, yaitu jaminan saat ada kebutuhan yang sangat mendesak.

Porsi nilai maksimal dari pinjaman yang tinggi memungkinkan Anda yang tidak suka dengan risiko dalam mengambil pinjaman ataupun kredit emas dengan jumlah yang tinggi, di mana jumlah plafon kredit emas yang tinggi ini akan bisa membantu Anda dalam menyiapkan dana darurat sedini mungkin.

Terlebih lagi, emas pun memiliki garansi resmi dari pemerintah yang sangat terjamin dan kuat, sehingga akan membuat Anda yang risk-averse akan merasa lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Mengenal Lembaga Keuangan Non Bank Yang Ada Di Indonesia

Cara Melakukan Kredit Emas di Pegadaian

1. Menyiapkan Kelengkapan Dokumen dan Emas Batangan

Cara melakukan kredit emas di Pegadaian tergolong sangat mudah daripada produk keuangan lain. Syarat administrasi yang perlu Anda siapkan adalah dokumen dan tabungan emas.

Karena kredit emas adalah produk perbankan dari pihak pemerintah Indonesia, maka seharusnya fotokopi KTP sebagai bukti kewarganegaraan yang sah menjadi syarat dokumen yang paling utama terkait kredit emas ini.

Jangan lupa juga bawa fotokopi identitas lain, seperti akta nikah atau Kartu Keluarga, serta alat tulis untuk mengisi formulir aplikasi yang telah disediakan oleh pihak Pegadaian.

Hindari kesalahan dalam membawa syarat kelengkapan dokumen dan bawalah sesuai dengan standar yang berlaku.

Selain itu, berdasarkan peraturan yang telah dibuat oleh pihak Pegadaian terkait kredit emas, logam mulia emas yang harus Anda bawa minimal adalah seberat 5 gram.

Akan lebih baik lagi jika emas yang Anda bawa adalah emas Antam, karena emas ini paling mudah dikenali oleh Pegadaian sebagai pihak yang menyimpan emas. Bila sudah, maka Anda harus menyiapkan uang untuk membayar cicilan kredit emas di Pegadaian.

2. Bayar dan Ambil Cicilan Kredit Emas Sesuai Proses Masing-masing Jenis Kredit Emas

Seperti produk cicilan yang lainnya, kredit emas tidak bisa langsung dibayar begitu saja. Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan uang muka yang harus dipersiapkan dan jangka waktu yang ingin diambil agar cicilan emas menjadi sesuatu yang menguntungkan dalam jangka waktu yang panjang.

Sesuai peraturan yang dibuat Pegadaian, yang muka yang ditetapkan adalah minimal 10% atau 20%, tergantung dari jenis pembiayaan kredit emas masing-masing. Pembiayaan logam mulia ini mengharuskan Anda dalam membayar uang muka minimal 20%, sedangkan untuk jenis pembiayaan kredit emas kolektif atau arisan mempunyai uang muka minimal 10% yang harus segera dibayarkan.

Anda pun harus memperhitungkan jangka waktu pembayarannya, karena banyak orang yang gagal bayar dalam mencicil emas dengan alasan tidak bisa menetapkan jangka waktu yang tepat dalam penghasilannya.

Normalnya, jangka waktu pembayaran kredit emas mulai dari 3 bulan, baik itu untuk jenis umum ataupun kolektif. Untuk cicilan kredit emas ini sedikit berbeda, karena jumlah orang akan menjadi pertimbangan dalam menentukan jangka waktu pembayaran.

Bila sudah menunaikan kewajiban dalam mencicil emas, maka kita bisa mengambil logam mulia begitu cicilan telah dibayar secara lunas, yang mana Anda bisa melakukan hal ini ketika mengambil pembiayaan cicilan kredit kolektif atau umum.

Sebaliknya, ketika pembiayaan cicilan dilakukan dengan cara arisan, maka emas atau logam mulia bisa diambil ketika pelunasan cicilan kedua dengan uang muka 10% atau pertama untuk yang membayar uang muka sebanyak 15%.

Baca juga: Gadai Adalah: Pengertian, Jenis, dan 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Penutup

Jadi, agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan dalam mencicil kredit emas di pegadaian tanpa memusingkan ketersediaan dana, maka Anda harus memerhatikan prosedur ataupun cara yang benar tentang cicilan kredit emas di Pegadaian, yang di dalamnya mencakup kelengkapan dokumen sampai membayar cicilan dan mengambil logam mulia atau emas yang telah menjadi hak Anda.

Selain itu, Anda juga harus mengelola keuangan Anda dengan baik agar cicilan kredit emas di Pegadaian bisa lancar. Nah agar lebih mudah dalam mengelola keuangan, terutama keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Dengan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga akan memudahkan Anda dalam mengelola persediaan barang digudang, melakukan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Ayo, segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia