Leader artinya Berbeda Dengan Bos, Lho! Ini Penjelasannya!

Perlu Anda ketahui bahwa leader artinya berbeda dengan bos. Leader memiliki arti pemimpin.

Tentunya dalam suatu organisasi ataupun perusahaan, diperlukan seorang pemimpin agar bisa mencapai tujuan dengan baik. Nah, seorang leader harus bisa menginspirasi timnya untuk bisa bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Tanpa kehadiran pemimpin, pergerakan perusahan tidak akan mempunyai arah dan juga tujuan yang jelas.

Istilah lainnya yang sering didengar di perusahaan untuk menyebut seorang pemimpin adalah bos. Tapi, tahukah Anda bahwa bos dan leader memiliki pengertian yang berbeda?

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas lebih dalam tentang leader dan perbedaannya di dalam perusahaan.

Pengertian Leader

Berdasarkan KBBI, leader artinya sama dengan bos, yakni majikan atau pemimpin. Tapi bila kita lihat berdasarkan sudut pandang staf atau bawahan, keduanya memiliki citra yang berbeda.

Dilansir dari pernyataan Presiden sekaligus CEO Lead From Within bernama Lolly Daskal, terdapat beberapa poin yang membedakan leader artinya berbeda dengan bos, yaitu:

  1. Seorang bos selalu menyuruh bawahan atau orang lain, sedangkan pemimpin lebih suka mengajak bawahannya agar bisa berkembang bersama-sama.
  2. Seorang bos lebih membangkitkan rasa takut, sedangkan seorang pemimpin lebih mengajarkan rasa saling menghargai.
  3. Seorang bos lebih sering menyalahkan orang lain, sedangkan pemimpin lebih sering membantu mencari jalan keluar atas setiap masalah yang terjadi bersama-sama.
  4. Bos lebih memikirkan dirinya sendiri, pemimpin lebih sering memikirkan kepentingan timnya.
  5. Bos lebih suka melihat hasil akhir, sedangkan pemimpin lebih suka menampilkan proses bagaimana untuk menuju hasil akhir.
  6. Bos selalu mengandalkan wewenangnya, pemimpin lebih mengandalkan kepercayaan semua anggota tim.
  7. Bos lebih sering memerintah orang lain, sedangkan pemimpin melatih bawahannya untuk memberikan performa terbaik.
  8. Bos akan meminta penghargaan dari anak buahnya, pemimpin lebih sering memberikan penghargaan.
  9. Bos lebih suka untuk didengarkan, sedangkan pemimpin lebih suka bertanya dan mendengarkan.

Baca juga: Employee Self-service (ESS), Pengertian dan Peran dalam HR

Karakteristik Bos dan Pemimpin

Berdasarkan seluruh poin di atas, bisa kita lihat perbedaan dari bos dan pemimpin. Leader dan bos memiliki perbedaan dalam tingkat kemampuannya dalam mengemban tanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari pemimpin:

  1. Seorang leader mampu mengekspresikan berbagai hal positif dari seluruh masalah yang ada. Itu artinya, seorang leader paham bahwa mengeluh dan juga menyesali masalah tidak akan bisa memberikan penyelesaian. Sehingga, leader harus siap dalam mencari hal positif dalam suatu masalah.
  2. Pemimpin mampu menghargai anggota timnya dengan cara memberikan penghargaan, apapun bentuknya. Bahkan, satu penghargaan dalam bentuk ucapan terima kasih dari seorang leader bisa menjadi sangat berharga untuk performa timnya.
  3. Mempunyai tujuan yang lebih jelas di masa depan menjadikan kepemimpinan dari seorang leader lebih bertanggung jawab atas tindakan yang diputuskan saat ini. Leader artinya memahami tujuan yang ingin diraihnya, sehingga mereka lebih mampu dalam menunjukkan apa yang harus mereka lakukan demi mencapai tujuan.
  4. Seorang leader selalu mendengarkan keluh kesah tim. Dengan mendengarkan, maka leader akan mengetahui apa yang dirasakan anggota timnya, sehingga bisa memberikan respon yang lebih tepat. Seorang pemimpin pun harus selalu terbuka dalam menerima feedback dari orang lain.
  5. Komunikasi yang baik adalah salah satu kunci suksesnya suatu organisasi. Seorang pemimpin sejati akan mampu membangun sistem komunikasi dengan bawahannya. Sehingga, mampu memastikan informasi yang diberikan telah diterima dengan baik oleh karyawan. Hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya miskomunikasi dalam suatu organisasi.

Baca juga: SK Pengangkatan Karyawan Tetap: Pengertian dan Contohnya

Penutup

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang bisa menjadi pemimpin. Tapi, setiap orang bisa belajar untuk menjadi pemimpin yang baik. Untuk itu, dapatkanlah kandidat leader yang baik dalam perusahaan Anda, lalu bantulah mereka dengan menyediakan tools atau sistem yang mampu meningkatkan performa timnya.

Khusus untuk tim keuangan, Anda bisa membantu mereka dengan menyediakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis besar. Accurate Online pun sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun, terbukti Accurate Online telah meraih penghargaan TOP Brand Awards dari tahun 2016 hingga tahun 2022 saat ini.

Dengan menggunakan Accurate Online, tim Anda bisa mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat.

Berbagai data tersebut juga bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan dengan menggunakan perangkat yang sudah terhubung dengan internet.

Accurate Online pun lebih dari sekedar software akuntansi biasa, karena di dalamnya juga sudah dibekali dengan teknologi dan fitur yang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, contohnya saja fitur persediaan, fitur perpajakan, fitur penjualan, fitur pembelian, fitur multi cabang, fitur cash and profit center, fitur manufaktur, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar 200 ribuan saja perbulannya. Tentunya Anda tidak akan bisa menemukan biaya investasi yang lebih terjangkau dari Accurate Online.

Masih kurang tertarik? Tenang, Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.