Mastercard BCA: Ini Pengertian dan Bedanya Dengan VISA BCA

Sebagian besar dari kita tentu sudah mengetahui Bank BCA. Salah satu produk unggulannya adalah kartu kredit. Saat ini, sudah ada banyak sekali kartu kredit BCA, sebagian orang ada yang menyebutnya dengan BCA Card, Mastercard BCA, hingga VISA BCA.

Keberagaman akan penyebutan tersebut tentunya membingungkan orang awam yang baru ingin memiliki kartu BCA. Perlu Anda ketahui bahwa penyebutan akan BCA Card, Mastercard BCA hingga BCA Visa sudah benar. Tapi setiap kartu kredit ini memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda.

Lalu, apa perbedaan BCA Card, Mastercard BCA atau BCA Visa? Temukan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian BCA CARD dan Jenisnya

Sebenarnya, BCA Card adalah kartu kredit yang mempunyai fungsi seperti kartu kredit lainnya, yakni sebagai pengganti uang tunai yang akan dihutangkan pada pihak pengguna. BCA sendiri sudah mengeluarkan lebih dari satu jenis kartu kredit.

Agar bisa menarik lebih banyak calon pengguna, pihak BCA pun menjalin kerjasama dengan berbagai merchant dan mengeluarkan berbagai promo yang bisa diperoleh oleh pengguna bila menggunakan kartu kredit.

Nah, beberapa jenis kartu kredit yang dikeluarkan oleh BCA adalah BCA Everycard, BCA Card Gold, BCA Matahari Card, BCA Indomaret, BCA Card Platinum Batik dan BCA Smartcash.

Seiring dengan berjalannya waktu, kartu kredit BCA pun terus bertambah jenisnya sesuai dengan program dan kebijakan yang sudah direncanakan, salah satunya adalah Mastercard BCA dan Visa BCA.

Baca juga: Buku Bank: Ini Pengertian dan Kategorinya

Apa Itu BCA VISA atau Mastercard?

Untuk Anda pengguna kartu kredit, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan VISA dan Mastercard. Logo ataupun nama ini sudah banyak tercantum di dalam kartu kredit dari berbagai penerbit, termasuk bank. VISA dan Mastercard pada dasarnya adalah nama penyedia yang menerbitkan dan menentukan jenis dari kartu kredit.

Dalam hal fungsi, keduanya mempunyai fasilitas dan kemudahan yang serupa, yakni jangkauan kartu kredit yang luas hingga seluruh dunia.

Walaupun demikian, pengetahuan umum yang harus Anda pahami adalah bahwa VISA dan Mastercard adalah nama perusahaan yang beda. Mastercard adalah perusahaan yang berpusat dai Purchase, New York dengan nama Mastercard Worldwide. Jaringan penggunanya lebih terkenal dan meluas hingga daratan Eropa dan Amerika.

Sedangkan Visa adalah perusahaan yang bermarkas di Foster City California dengan nama perusahaan VISA International Service Association atau VISA.Inc, yang mana jaringannya lebih dikenal luas di daratan ASIA.

Jadi saat ingin mengajukan kartu kredit, Anda harus menentukan sendiri logo sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: Bunga Bank Adalah: Ini Definisi, Jenis, Fungsi, Serta Manfaatnya

Beda BCA Card dengan Mastercard BCA dan BCA Visa

  • BCA CARD

Secara fisik, kartu kredit ini sudah jelas diterbitkan oleh BCA. Perbedaannya adalah dari berbagai fasilitas dan kebijakan yang ada di dalamnya sepenuhnya berasal dari BCA.

Selain itu, suku bunga bulanannya pun lebih murah dan meringankan, terutama bila Anda menggunakannya di lokasi yang tepat.

Contohnya, kartu kredit BCA Indomaret, selain keuntungan dasar dari kartu kredit pada umumnya, Anda juga kan mendapatkan reward lain dalam bentuk cashback, free item, atau reward lainnya sesuai promo yang diberlakukan dan disepakati oleh BCA dan Indomaret. Tapi, kartu BCA ini hanya bisa digunakan oleh merchant dengan logo BCA saja.

  • Mastercard BCA dan VISA BCA

Pada jenis kartu kredit ini, BCA sudah menjalin kerjasama yang terikat dengan Mastercard atau VISA dalam menentukan fasilitas dan kebijakan yang ada didalamnya. Mempunyai tingkatan yang beragam akan menggambarkan kelas ataupun kemampuan finansial dari penggunanya, yakni Platinum, Gold, hingga Classic.

Suku bunga dan jenis biayanya juga lebih beragam dan sesuai dengan tingkatannya. Jangkauan penggunanya pun lebih luas, bisa digunakan pada berbagai merchant dan mesin EDC mana saja yang memiliki logo Mastercard atau VISA. Penggunaannya juga sudah luas sampai luar negeri tanpa harus lagi memikirkan kurs mata uang dan berbagai hal lainnya.

Baca juga: Apa Itu Saldo dan Jenis-Jenisnya dalam Dunia Perbankan

Penutup

Demikianlah pengertian dasar yang harus Anda ketahui tentang BCA CARD dan bedanya dengan Mastercard BCA dan Visa BCA.

Intinya, dalam hal fungsi ketiganya mampu memberikan kemudahan dan memberikan keuntungan pada penggunanya. Tapi, Anda harus lebih bijak dalam mempertimbangkan setiap kelebihan dan kekurangan yang ada didalamnya. Pastikan Anda memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan Anda.

Selain itu, aturlah keuangan Anda dengan baik. Mengelola keuangan secara baik adalah tugas yang penting untuk dilakukan oleh setiap entitas, baik itu individu, perusahaan, hingga negara. Untungnya, saat ini sudah ada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online uang akan membuat Anda lebih mudah dalam mengelola keuangan.

Dengan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat yang bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja Anda butuhkan.

Selain itu, software yang dikembangkan dengan basis cloud ini juga sudah dibekali dengan fitur penjualan, persediaan, pembelian, perpajakan dan berbagai fitur luar biasa lainnya yang akan membuat bisnis Anda berjalan lebih efektif dan efisien. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis dan mengembangkan bisnis.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur lengkap dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Namun, Anda bisa lebih dulu mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis dengan cara klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia