Apa Itu MUFG Bank? Ini Sejarah dan Sepak Terjangnya di Indonesia

Berdasarkan laman Wikipedia, MUFG Bank adalah salah satu bank paling besar di Jepang dan mempunyai banyak sekali cabang yang tersebar di berbagai negara Asia ataupun Eropa. Beberapa Negara Asia yang sudah diakuisisi oleh MUFG Bank adalah Vietnam, Thailand, Myanmar, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Sejarahnya MUFG Bank

MUFG Bank atau yang sebelumnya bernama The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (BTMU) adalah gabungan dari The Bank of Tokyo-Mitsubishi dan UFJ Bank. Selain itu, bank ini juga menjadi bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group yang merupakan salah satu grup finansial besar di Jepang dan berkantor pusat di di Chiyoda, Jepang.

Mereka berkantor pusat di Marunouchi, Tokyo, Jepang dan sampai sekarang sudah bergerak di seluruh negara di dunia, termasuk di Indonesia. MUFG Bank mempunyai karyawan sebanyak 34 ribu dan memiliki kantor cabang sebanyak 754 di Jepang, dan 79 kantor cabang di seluruh dunia.

The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (BTMU) telah resmi merubah namanya menjadi MUFG Bank pada tanggal 1 April 2018. Pada saat itu juga terdapat banyak konsolidasi yang terbentuk, yaitu:

1. Sanwa Bank

Awal mulanya dimulai dari Keluarga Samurai, Konoike, yang mengawali bisnis perkapalan mereka di tahun 1656. Lalu, mereka membangun rumah penukaran uang Konoike, yakni Konoike Money Exchange yang berada di daerah Osaka, Jepang.

Lantas di tahun 1933, Sanwa Bank berdiri dan berhasil merger dengan Konoike Bank pada tahun 1877, Yamaguchi Bank di tahun 1879, serta Sanjuushi Bank pada tahun 1878.

2. Mitsubishi Bank

Selanjutnya di tahun 1870, Baron Yataro Iwasaki, yang merupakan mantan samurai, membuka perusahaan dengan nama Tsukumo Shokai. Lantas, mengubah namanya menjadi Mitsubishi Shokai, dan terus berkembang menjadi tempat penukaran uang Mitsuishi atau Mitsubishi Kawase-ten pada tahun 1880 lalu.

Setelah lima tahun lamanya, perusahaan ini berhasil mengambil alih Bank Nasional 119 atau Dai Hyaku Juu Kyuu Ginko. Lantas, namanya berganti menjadi Mitshubishi Bank di tahun 1919.

3. Bank of Tokyo

Di sisi lain, Yokohama Specie Bank atau Yokohama Shokin Ginkgo mulai bergerak di Jepang pada tahun 1880 yang berkantor pusat di Kota Pelabuhan Yokohama. Bank ini memiliki perkembangan pesat dengan ekspansinya ke luar negeri. Bahkan, Bank ini turut serta dalam pembiayaan perdagangan serta mata uang asing.

Sayangnya, Yokohama dibubarkan pada tahun 1946 oleh Komando Tertinggi Sekutu yang berhasil menduduki Jepang selama beberapa waktu. Tapi, namanya bertahan dan mengalami perubahan menjadi Bank of Tokyo.

4. Tokai Bank

Tokai Bank sukses membuka cabang pertamanya di New York pada tahun 1965 lalu. Selain itu, ekspansi yang mereka lakukan juga menyebar di California dan Kanada. Sebelumnya, bank ini juga merupakan gabungan dari beberapa bank di Nagoya yang terbentuk di tahun 1941.

5. Merger

Di sekitar tahun 80 hingga 90-an, negara Jepang sempat mengalami ledakan gelembung ekonomi. Tapi di tahun 1996, Bank of Tokyo dan Mitsubishi sukses menghadapinya dan bergabung lagi menjadi The Bank of Tokyo-Mitsubishi.

Sedangkan di tahun 2002 lalu, Sanwa Bank, Tokai Bank dan Toyo Trust & Banking Co pun turut bergabung menjadi United Financial of Japan (UFJ) Bank.

Hingga akhirnya, kedua bank besar tersebut berhasil menggabungkan dirinya di tahun 2006 menjadi The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (BTMU) tahun 2006. BTMU hadir sebagai bank paling besar di negara Jepang, bahkan salah satu bank terbesar di Dunia.

Baca juga: Bank Umum: Definisi, Ragam Jenis, Fungsi, dan Kegiatan Usahanya

Sepak Terjang MUFG Bank di Indonesia

Pada kenyataannya, MUFG Bank sudah lama bergerak di Indonesia, yakni sekitar 50 sampai 100 tahun yang lalu. Hal tersebut membuat MUFG Bank menempatkan Indonesia sebagai negara yang harus menjadi fokus utama untuk mengembangkan bisnis pada bidang jasa perbankan korporasi di daerah Asia Tenggara, selain Thailand.

Untuk saat ini, pusat MUFG bank di Indonesia terletak di Jakarta dan mempunyai satu kantor cabang pembantu di Surabaya dan beberapa kantor pelayanan lainnya yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Baca juga: Likuiditas Bank Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengelolanya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang MUFG Bank, mulai dari sejarah dan sepak terjangnya di tanah air Indonesia ini.

Sebagai pebisnis, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui salah satu bank terbesar di dunia ini. Karena, bagaimanapun juga nantinya pasti Anda akan memerlukan jasa mereka, terlebih lagi bila Anda menjalankan bisnis impor atau impor.

Namun, hal lainnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah tentang penggunaan dan penerapan teknologi berbagai lini bisnis Anda. Nah, salah satu yang harus Anda pertimbangkan adalah penggunaan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi buatan anak bangsa yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing dan telah dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi. Aplikasi inipun didesain dengan tampilan yang sangat sederhana. Sehingga, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah, aman, dan juga nyaman kapanpun Anda perlukan.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan arus kas, laporan neraca, laporan laba rugi, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya.

Selain itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, mengelola persediaan barang secara mudah, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau dan Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia