Saham Blue Chip: Pengertian, Karakteristik dan Daftarnya di Indonesia

Saat ini, tren menjalankan investasi sudah semakin banyak digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak muda sampai dengan orang dewasa, pengusaha sampai wiraswasta pun lebih memilih untuk melakukan investasi di berbagai perusahaan yang tergolong dalam saham blue chip.

Bila kita membicarakan tentang investasi, maka akan kurang lengkap bila tidak membahas saham. Investasi sebelumnya tidak terlalu populer seperti saat ini karena banyak masyarakat yang menganggap bahwa saham mempunyai risiko yang sangat tinggi dan memerlukan dana yang lebih banyak dalam membeli satu lotnya.

Nah, dalam dunia saham ini terdapat istilah blue chip. Belakangan, saham ini tidak hanya diminati oleh investor profesional, mereka yang baru terjun di dalam investasi saham pun tertarik dengan saham ini. Kenapa? Karena saham ini mampu memberikan banyak sekali keuntungan.

Lantas, apa itu saham blue chip? Apa saja ciri-cirinya? Dan apa saja saham blue chip yang ada di Indonesia? Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan menjawab pertanyaan tersebut secara lengkap khusus untuk Anda di bawah ini.

Pengertian Saham Blue Chip

Pengertian saham blue chip adalah saham yang mempunyai pondasi baik dan sehat dalam segi finansial maupun fundamental. Berdasarkan laman investopedia, saham blue chip adalah saham dari suatu perusahaan yang umumnya mempunyai kapitalisasi pasar yang besar, mempunyai reputasi yang baik, dan sudah sukses selama bertahun-tahun dalam dunia bisnis.

Karena berasal dari perusahaan yang mempunyai reputasi bagus, maka saham ini tetap bisa memberikan keuntungan apapun kondisi ekonominya, baik itu dalam kondisi ekonomi yang baik ataupun kondisi ekonomi yang buruk.

Baca juga: Rekening Sekuritas: Pengertian dan 4 Tahap Dalam Membuka Rekeningnya

Ciri-ciri Saham Blue Chip

Ciri-ciri dari saham blue chip adalah sebagai berikut:

1. Harga Saham yang Mahal

Umumnya, harga saham ini dibandrol dengan harga yang mahal. Tapi, harga yang mahal tersebut akan sebanding dengan nilai keuntungan yang bisa diperoleh secara teratur, seperti pembagian dividen yang tinggi dalam setiap tahunnya.

Jadi walaupun mahal, harga saham ini cenderung lebih stabil. Tingkat fluktuasinya cenderung tidak terlalu tajam karena mempunyai performa yang baik serta fundamental yang sangat kuat.

Namun, tidak semua harga saham ini bisa menguras dompet Anda. Terdapat juga saham blue chip yang terjangkau dan bisa menjadi pilihan investasi saham Anda. Anda bisa melihat harga sahamnya secara langsung di laman resmi BEI (Bursa Efek Indonesia)

2. Nilai Kapitalisasi Pasar Yang Besar

Saham ini pun dikenal dengan saham lapis satu, yaitu jenis saham yang mempunyai nilai kapitalisasi pasar yang besar di atas 10 triliun rupiah. Untuk itu, saham blue chip adalah penggerak utama IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) dan Indeks LQ45.

3. Pemimpin dan Pemain Lama di Sektor Industrinya

Umumnya saham blue chip adalah market leader atau pemimpin pasar di dalam sektor industrinya.

Selain itu, perusahaan saham blue chip adalah pemain ulung yang sudah bergerak selama belasan atau puluhan tahun, sehingga bisnis ataupun keuntungannya sudah berkembang dengan pesat. Bisa juga pemain lama di BEI karena sudah melantai lebih dari 5 tahun lamanya.

4. Likuiditas Tinggi

Saham blue chip adalah saham yang memiliki likuiditas tinggi. Saham emiten yang melantai di BEI (Bursa Efek Indonesia) ataupun dimiliki oleh banyak orang juga bisa dikatakan sebagai likuid.

Likuiditas yang tinggi juga bisa diartikan sebagai saham yang sangat mudah untuk dijual kembali atau ditemukan penjualnya. Harga dari saham ini pun sangat sulit untuk dimanipulasi dan digoreng.

5. Langganan Bagi-Bagi Dividen

Karena memperoleh pendapatan yang stabil, umumnya perusahaan ini mampu secara konsisten membayarkan dividen ke investornya. Bahkan nilai dividen tersebut bisa cenderung meningkat.

6. Kinerjanya yang Baik atau Positif

Ciri yang terakhir dari saham blue chip adalah bisa menghasilkan performa yang baik di setiap saat. Salah satunya adalah dalam sisi finansial, perusahaan ini memiliki utang yang sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

Dengan kemampuannya tersebut, perusahaan ini mampu mencetak keuntungan dan perkembangan setiap tahun, serta bisa bertahan dengan baik walaupun kondisi ekonomi sedang krisis. Selain itu, mereka juga mampu menerapkan tata kelola usaha yang baik serta berkesinambungan.

Daftar Saham Blue Chip di Indonesia

Berikut ini adalah daftar saham blue chip di BEI.

1. BCA (BBCA)

Bergerak sebagai salah satu bank swasta paling besar di Indonesia, saham bank BCA termasuk ke dalam saham blue chip. Bank ini mempunyai jumlah nasabah yang sangat banyak serta jaringan yang sangat luas, baik itu dalam skala nasional maupun internasional.

Pengelolaan bisnis yang baik, efektif dan efisien membuat saham BCA mempunyai persentase ROI yang sangat tinggi daripada bank lainnya. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah reputasi dan fundamental yang baik serta kokoh pada bank ini, sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar saham blue chip yang layak untuk dibeli.

2. Unilever (UNVR)

Unilever dengan kode saham UNVR adalah perusahaan FMCG paling besar di Indonesia dan terkenal dengan produk sehari-hari masyarakat. Didukung dengan jaringan internasional perusahaan, UNVR tergolong menjadi salah satu perusahaan dengan saham yang layak untuk dibeli.

Bahkan, saham UNVR diketahui tidak mempunyai tunggakan hutang. Kenapa? Karena tingkat keuntungannya yang sudah sangat tinggi. Oleh karena itu, saham UNVR termasuk dalam jejeran saham yang mempunyai fundamental baik serta pas untuk dijadikan sebagai pilihan berinvestasi saham.

3. Telkom Indonesia (TLKM)

Perusahaan Telkom sangat erat dengan kehidupan sehari-hari kita. Perusahaan telekomunikasi Indonesia ini masuk ke dalam jajaran saham blue chip karena konsistensinya yang tinggi dalam mendapatkan laba.

Selain itu, TLKM adalah perusahaan paling besar dalam bidang telekomunikasi di Indonesia. Untuk itu, jangan heran bila saham TLKM menjadi salah satu favorit para investor untuk menanamkan modalnya.

4. BRI (BBRI)

Saham blue chip lainnya yang mempunyai banyak sekali peminat kembali dari sektor perbankan. BANK BRI disebut-sebut sebagai perusahaan perbankan dengan performa yang baik dan juga aktif di dalam perdagangan saham. BBRI dikenal memiliki tingkat kapitalisasi dan juga saham beredar dengan jumlah yang sangat banyak.

Konsistensi dan komitmennya dalam mengembangkan para pebisnis UMKM dalam memberikan kredit fundamental adalah yang membuat BBRI termasuk ke dalam jajaran saham blue chip. Sehingga, BBRI dikategorikan sebagai saham yang layak untuk dibeli.

5. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

Perusahaan ini dikenal dengan produk mie instannya yang sudah mendunia. Indofood adalah perusahaan induk produk Indomie yang sudah beredar luas di mancanegara. Saham perusahaan ini termasuk ke dalam saham blue chip karena dinilai mapan dalam hal finansial serta memiliki fundamental yang baik.

Selain itu, perkembangan penghasilan perusahaan yang terus berkembang secara konsisten di setiap tahunnya pun menjadi alasan lain kenapa perusahaan ini tergolong dalam perusahaan yang baik.

ICBP menjadi salah satu saham yang aman untuk para investor pemula karena mempunyai perkembangan dan nama baik perusahaan yang sudah dikenal dari dulu. Jadi, saham ICBP sangat baik untuk dijadikan pilihan investasi jangka panjang.

Baca juga: Lot Adalah Satuan Investasi Saham, Ini Penjelasan dan Manfaatnya!

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa saham blue chip adalah saham perusahaan yang mempunyai pondasi baik serta sehat dalam hal finansial maupun fundamental. Beberapa kode saham terbaik di Indonesia adalah BBCA, TLKM, BBRI, ICBP, dan UNVR.

Harus kita akui bersama bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memiliki pengelolaan dan pencatatan keuangan yang sangat baik. Dalam melakukan kegiatan tersebut, tentunya mereka pun sudah menggunakan aplikasi ataupun software pendukung yang di dalamnya sudah terintegrasi dengan teknologi terkini.

Nah, salah satu aplikasi akuntansi yang saat ini banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi dan bisnis yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia karena mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dibekali dengan berbagai fitur dan modul yang saling terintegrasi, sehingga sebagai pebisnis Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda.

Klik banner di bawah ini untuk mencoba seluruh keunggulan dan fitur dari Accurate Online selama 30 hari, Gratis!accurate1

 

 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia