Memahami Apa Itu Ergonomi dan Hubungannya dengan Peningkatan Kualitas Kerja

Berbicara mengenai kualitas sebuah lingkup pekerjaan tentu tidak terlepas dari penerapan disiplin ilmu ergonomi. Apa itu ergonomi? Ergonomi dapat diartikan sebagai ilmu yang berkaitan dengan manusia terkait dengan pekerjaan atau kegiatannya sehari-hari. Yang apabila ditelisik lebih jauh, ilmu ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pekerja dengan menciptakan sebuah sistem yang aman dan nyaman.

Oleh karena itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk menerapkan ilmu-ilmu ergonomi jika ingin menciptakan sebuah lingkungan kerja yang nyaman yang bisa memberi hasil pekerjaan yang maksimal.

Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa itu ergonomi, prinsip, serta manfaatnya bagi lingkup pekerjaan.

Apa Itu Ergonomi?

Ergonomi menurut The International Ergonomics Association adalah suatu disiplin ilmu yang mendesak yang memperhatikan interaksi antara manusia dan elemen lain dalam sebuah sistem serta profesi yang membutuhkan pengaplikasian dari teori, prinsip, data, dan metode. Dimana hal ini dirancang untuk mengoptimalkan kesejahteraan manusia dan seluruh kinerja dalam sebuah sistem.

Adapun penjelasan lain mengenai apa itu ergonomi oleh National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) ialah suatu penerapan ilmu pengetahuan yang menitikberatkan pada rancangan fasilitas, peralatan, perkakas sesuai anatomi, fisiologi biomekanik, persepsi, dan sikap serta kebiasaan pekerja.

Begitu pun Departemen Kesehatan Republilk Indonesia yang mengumumkan bahwa ergonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Yang dapat dijabarkan sebagai penyesuaian tugas kerja dengan kondisi tubuh pekerja yang bertujuan untuk mengurangi stres yang akan dihadapi.

Berdasarkan definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa ergonomi merupakan ilmu yang amat penting untuk diterapkan di lingkungan kerja guna menciptakan kondisi dan ruangan kerja senyaman mungkin dengan resiko kecelakaan yang kecil.

Baca juga: Serba-Serbi Kerja Kantoran: Plus-Minus Hingga Tipe Pekerja yang Sering Ditemui

Prinsip Ergonomi

Setelah mengetahui apa itu ergonomi, kini mari membahas prinsip-prinsip yang ada di dalam sebuah disiplin ilmu ergonomi. Secara umum, terdapat lima prinsip ergonomi yang perlu diperhatikan dalam pemilihan produk yang digunakan untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan para pekerja, yaitu:

1. Kegunaan (Utility)

Prinsip kegunaan memiliki arti bahwa setiap produk memiliki manfaat bagi seseorang dalam menunjang kegiatan atau kebutuhan secara maksimal tanpa perlu mengalami kesulitan atau kendala dalam penggunaannya.

2. Keamanan (Safety)

Prinsip keamanan berarti setiap produk memiliki fungsi yang bermanfaat tanpa membahayakan keselamatan penggunanya.

3. Kenyamanan (Comfortability)

Prinsip kenyamanan artinya produk mempunyai tujuan yang konsisten, tidak menganggu, dan dapat menunjang aktivitas seseorang.

4. Keluwesan (Flexibility)

Prinsip ini memungkinkan sebuah produk dapat digunakan di berbagai kondisi atau fungsi.

5. Kekuatan (Durability)

Prinsip kekuatan mengharuskan produk agar awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak saat digunakan.

Baca juga: Cari Muka dalam Dunia Kerja, Ini Ciri Cari Muka Karyawan Pada Atasan

Manfaat Penerapan Ergonomi dalam Lingkup Kerja

Sebagaimana dijelaskan pada pengertian apa itu ergonomi, tujuan akhir ergonomi ialah untuk menciptakan kondisi dan lingkungan kerja yang lebih kondusif, aman, dan nyaman bagi pekerja. Lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat dari penerapan ergonomi di tempat kerja.

1. Mengurangi Biaya

Dilansir dari Antea Group, penerapan ergonomi yang baik penting untuk menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan penyakit muskuloskeletal yang meliputi badan, leher, dan punggung.

Apabila resiko penyakit tersebut berhasil diturunkan, maka perusahaan bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan sebagai kompensasi pekerja yang mengalami penyakit akibat ergonomi yang tidak baik.

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Ergonomi kerja juga dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dimana penerapan ergonomi memungkinkan pekerja untuk mendapatkan lingkungan atau tempat kerja yang lebih kondusif dan efisien.

3. Meningkatkan Kualitas Kerja

Saat pekerjaan terlalu membebani pekerjanya secara fisik, mereka akan semakin rentan untuk melakukan kesalahan dan tidak bisa menghasilkan pekerjaan sesuai standar yang ditentukan. Dengan ini, penerapan ergonomi dapat membantu para pekerja dalam meningkatkan kualitas pekerjaan mereka tanpa hambatan.

4. Menciptakan Lingkungan dan Budaya Kerja yang Aman

Budaya perusahaan merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan perusahaan. Ketika sebuah perusahaan mampu mengintegrasi nilai-nilai ergonomi yang baik dan benar, maka akan tercipta sebuah budaya yang aman dan nyaman.

Dalam sebuah riset, sebanyak 75% karyawan perusahaan menyatakan bahwa mereka merasa lebih aman di tempat kerja dengan ergonomi yang baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Bekerja Lebih Cepat? Berikut Tips dan Contohnya

Penutup

Demikianlah uraian singkat mengenai apa itu ergonomi, prinsip-prinsip ergonomi, dan manfaat yang dapat diberikan dari penerapannya. Sebagaimana disebutkan, ergonomi dapat menurunkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja karyawan, serta meningkatkan lingkungan dan budaya kerja yang aman.

Jadi, sekalipun suatu pekerjaan terlihat memiliki resiko rendah, ergonomi tetaplah harus menjadi bagian penting dari keseharian semua karyawan.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang sesuai dengan prinsip-prinsip ergonomi, perusahaan tentu perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memenuhi itu. Anda mungkin bisa menentukan terlebih dahulu anggaran untuk alat-alat penunjang kerja tersebut dan mencatatnya di laporan keuangan bisnis Anda.

Untuk pencatatan yang lebih akurat, cepat, dan otomatis, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis, termasuk laporan arus kas.

Accurate Online telah terbukti mampu membantu pebisnis dalam mencapai kesuksesannya. Berbagai fitur dan keunggulan juga telah tersedia di dalamnya yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik tautan gambar di bawah ini. accurate1

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.