Internship adalah Program yang Berguna Untuk Fresh Graduate, Ini Manfaatnya!

Internship adalah suatu kata yang sangat melekat pada mahasiswa, mulai dari mahasiswa tingkat akhir atau lulusan baru yang sedang ingin mencari pengalaman pekerjaan. Magang atau internship adalah suatu pelatihan kerja yang umumnya dilakukan oleh mahasiswa semester tingkat akhir atau wisudawan yang baru lulus di suatu perusahaan.

Program internship ini tentunya sangat diminati karena mampu memberikan banyak sekali keuntungan, seperti ilmu dan juga pengalaman kerja yang bermanfaat yang belum pernah dimiliki sebelumnya.

Lantas apa itu program internship yang sebenarnya? Apa saja manfaatnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang internship ini hingga selesai.

Pengertian Internship Adalah

Internship adalah sebutan ataupun kata yang mengacu pada waktu periode pengalaman kerja yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada para siswa ataupun lulusan baru di lingkungan pekerjaan yang sesungguhnya.

Intern atau internship adalah suatu kegiatan yang seringkali dilakukan oleh perusahaan tertentu yang berhubungan dengan bidang mereka. Dilansir dari laman AllAboutCareers, internship adalah suatu kegiatan magan singkat yang biasa dilakukan selama paling sebentar satu minggu dan paling lama satu tahun. Mereka yang tergabung di dalam kegiatan ini akan dibayar secara sukarela.

Baca juga: Surat Paklaring: Pengertian, Fungsi dan Berbagai Syarat Pembuatannya

Tujuan dan Fungsi Internship

Untuk lebih mengetahui pengertian dari internship kita juga harus mengetahui berbagai fungsi dan tujuan dari dilakukannya kegiatan ini.

Tujuan dari dilakukannya program internship adalah untuk membantu siapa saja yang tergabung di dalamnya untuk melihat seperti apa dunia kerja dan tempat kerja. Contohnya katakanlah Anda ikut program internship di salah satu stasiun berita, maka nantinya Anda bisa menentukan apakah Anda memang menyukai suasana kerja di program berita yang cepat dan kegiatannya sangatlah sibuk.

Atau bila Anda mengikuti program internship di perpustakaan, penelitian, atau programming, Anda nantinya akan menemukan pekerjaan yang sangat sunyi dan menyendiri setiap harinya.

Dengan mengikuti program internship, maka pengetahuan dan keterampilan Anda akan meningkat. Hal tersebut akan memberikan rasa percaya diri dan pencapaian yang lebih besar, sehingga akan membuat perusahaan senang dalam melihatnya.

Ketika Anda berhasil menyelesaikan kegiatan magang, maka berbagai keterampilan komunikasi, organisasi dan kerja tim Anda akan meningkat, yang mana keterampilan tersebut akan berguna untuk posisi kerja Anda di masa depan.

Tujuan lain dari internship adalah untuk membantu Anda dalam membuat koneksi yang berharga. Mereka yang menjadi atasan Anda selama program internship berlangsung bisa menjadi mentor yang mampu memberikan informasi yang berguna dan membimbing Anda selama menjalani karir.

Manfaat Internship Adalah

1. Merasakan Pengalaman Bekerja

Manfaat yang akan Anda rasakan selama mengikuti program internship adalah memperoleh pengalaman kerja yang nyata. Anggap saja pengalaman ini sebagai ajang pemanasan sebelum benar-benar menekuni dunia kerja yang sesungguhnya.

Selama menjalani program internship ini, terdapat banyak sekali hal yang bisa Anda pelajari, seperti sistem kerja perusahaan, etika dalam bekerja, dan mempraktekan secara langsung ilmu yang selama ini Anda tekuni di dunia perkuliahan.

Agar Anda tidak salah pilih perusahaan dalam menjalankan program internship, ada baiknya untuk terlebih dahulu melakukan survey. Bila ternyata Anda berhasil masuk ke perusahaan yang sesuai dengan yang Anda cari, maka proses program internship Anda nantinya akan berjalan sesuai rencana dan akan ada banyak sekali ilmu yang bisa Anda dapatkan.

Sehingga, saat Anda sudah terjun ke dalam dunia pekerjaan yang sudah Anda impikan selama ini, Anda sudah mempunyai bekal dan bisa langsung beradaptasi dengan cepat.

2. Punya Teman/Relasi Baru

Manfaat lain yang akan Anda rasakan saat mengikuti program internship adalah Anda akan menemukan banyak orang baru. Untuk itu, cobalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Di sana Anda akan menjumpai para senior yang sudah cukup profesional pada bidangnya.

Anda bisa mempelajari cara meningkatkan karir dan mengembangkan potensi diri Anda dari mereka. Bila Anda sudah terbiasa berteman dengan mereka yang lebih kompeten, maka mereka bisa Anda jadikan perantara dalam meraih kesuksesan di masa depan.

3. Keluar dari Zona Nyaman

Tentunya dunia kampus dan dunia kerja sangatlah berbeda. Ketika Anda masuk ke dalam dunia kerja, maka Anda harus mengeluarkan berbagai kemampuan yang Anda miliki agar Anda bisa memberikan kontribusi untuk perusahaan.

Meskipun dalam hal ini memang Anda harus bekerja keras, tapi Anda akan merasakan manfaatnya di masa depan. Sehingga, Anda bisa mengetahui kemampuan Anda yang sebenarnya, jati diri Anda, dan Anda akan mengerti hal apa yang harus Anda tingkatkan lagi.

4. Skill Komunikasi yang Meningkat

Ketika mengikuti program internship, tentunya Anda akan bertemu dengan banyak orang, mulai dari para atasan, hingga rekan kerja ataupun klien Anda. Tentunya cara menjalin komunikasi dengan mereka tidak sama ketika Anda berkomunikasi dengan teman atau keluarga Anda.

Tanpa Anda sadari, kemampuan komunikasi Anda akan meningkat karena hal tersebut, sehingga akan sangat berdampak pada kehidupan karir Anda di masa depan nanti.

5. Merealisasikan Ilmu yang Sudah Dipelajari

Manfaat kelima dari menjalani program internship adalah Anda bisa mempraktekan seluruh ilmu yang sebelumnya sudah Anda pelajari selama kuliah. Bila sebelumnya Anda hanya belajar saja, maka sekarang Anda sudah bisa mempraktekkannya secara langsung. Untuk itu, sangat penting sekali untuk mencari tempat magang yang memang sesuai dengan bidang Anda.

6. Menambah Pengalaman dalam Curriculum Vitae

Ketika melakukan perekrutan karyawan baru, setiap HRD pasti akan lebih mengutamakan mereka yang sebelumnya sudah memiliki pengalaman kerja. Untuk itu, momen dalam menjalankan program internship bisa Anda cantumkan ke dalam curriculum Vitae Anda sebagai pengalaman kerja.

Terlebih lagi bila Anda pernah menjalankan program internship di perusahaan besar, hal ini tentunya akan sangat menguntungkan Anda. Apalagi bila Anda memperoleh prestasi atau manfaat lain ketikan menjalankan internship di perusahaan tersebut, tentunya hal ini bisa meningkatkan nilai Anda dan tingkat persentase untuk diterima kerja pun akan semakin meningkat.

Dari Anak Magang Jadi Pegawai Tetap

Saat ini, sebagian besar orang menganggap bahwa masa internship adalah masa latihan kerja saja. Selain itu, gaji yang diterima saat melakukan program internship umumnya lebih kecil dan sangat jauh berbeda dari pada karyawan resmi. Hal tersebut membuat sebagian besar orang menjadi tidak serius dalam menjalankan program internship tersebut.

Pemikiran seperti ini harus Anda buang jauh-jauh. Karena, saat ini banyak perusahaan yang merekrut karyawan magang karena mempunyai performa kerja yang baik.

Daripada mereka mengeluarkan biaya lebih mahal untuk proses seleksi karyawan baru, mereka akan lebih mengutamakan karyawan magang yang sudah memiliki potensi untuk langsung bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Ingin Menjadi Lebih Produktif? Ikuti Beberapa Tips Ini

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa program internship adalah program yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Kenapa, karena bisa saja program internship tersebut menjadi awal mula Anda dalam memulai kesuksesan.

Dengan terjun langsung ke dunia kerja yang sesuai dengan bida Anda, maka Anda bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Pihak perusahaan juga bisa langsung merekrut karyawan dari program internship bila memang karyawan internship tersebut memiliki performa yang baik.

Namun, mencapai kesuksesan dalam dunia kerja tentunya harus bisa diiringi dengan cara mengatur finansial yang baik. Nah, untuk mengetahui berbagai informasi terkait data karyawan magang atau karyawan biasa, lengkap dengan upah atau gaji yang harus Anda keluarkan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan integrasi pada seluruh informasi bisnis Anda tanpa harus menggunakan software yang berbeda. Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, akurat dan bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja Anda perlukan.

Selain itu, Anda juga menikmati fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, manufaktur dan fitur lainnya yang tentunya akan membuat kegiatan pengelolaan Anda menjadi lebih sederhana.

Penasaran? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba langsung Accurate Online selama 30 hari gratis.accurate 2 banner bawah