Surat Paklaring: Pengertian, Fungsi dan Berbagai Syarat Pembuatannya

Pada dasarnya, surat paklaring adalah suatu surat bukti pengalaman kerja dari seseorang atau individu bahwa dirinya pernah bekerja di perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut.

Umumnya, surat paklaring berisi jenjang karir karyawan tersebut, mulai dari awal dirinya bekerja, hingga akhir masa kerjanya di perusahaan tersebut. Surat yang umumnya diterbitkan oleh HRD ini diperlukan oleh seorang karyawan sebelum dirinya pindah ke perusahaan lain. Selain perusahaan, surat ini juga bisa dikeluarkan oleh lembaga kecil.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang surat paklaring, seperti pengertian, fungsi, hingga syarat untuk mendapatkannya.

Pengertian Surat Paklaring Kerja

Surat paklaring bukan sekedar surat yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda memutuskan untuk resign atau keluar saja. Surat paklaring adalah suatu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi terkait pengalaman dan posisi kerja Anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

Isi dari surat paklaring akan menjelaskan tentang jenjang karir Anda, mulai dari masuk hingga akhir masa kerja Anda. Contohnya, dari awal mula Anda masuk bekerja, Anda berada pada jabatan junior relationship, setahun kemudian ternyata jabatan Anda meningkat jadi relationship manager. Di tahun berikutnya, Anda diangkat menjadi Manager Relationship.

Karena performa kerja Anda bagus dan di akhir kerja Anda berada di jabatan manager, maka Anda pun memilih untuk resign.

Surat paklaring tidak bisa Anda buat sendiri, karena yang berhak menerbitkannya adalah perusahaan terakhir tempat Anda bekerja sebelum Anda pindah ke perusahaan baru. Selain itu, surat ini juga bisa diterbitkan oleh lembaga kecil

Dalam hal ini, lembaga kecil mempunyai hak untuk menerbitkan surat paklaring. Sehingga, pembuatan dan penerbitan surat tersebut tidak melulu bisa dibuat oleh perusahaan saja.

Surat paklaring umumnya sering dijadikan sebagai syarat yang harus dilampirkan ketika mendaftar di perusahaan baru. Selain itu, untuk Anda yang ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, seringkali surat ini juga dijadikan persyaratan.

Kenapa? karena dengan surat paklaring, maka perusahaan hingga universitas bisa menilai kemampuan seseorang melalui informasi yang terdapat di dalamnya.

Dokumen penting ini umumnya bisa diminta secara langsung oleh karyawan yang sudah berhenti, yakni saat mereka sudah mengajukan resign dan dengan berbagai syarat tertentu.

Baca juga: Ingin Menjadi Lebih Produktif? Ikuti Beberapa Tips Ini

Fungsi Surat Paklaring Kerja

1. Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Perlu Anda ketahui bahwa surat paklaring bisa Anda manfaatkan untuk mencairkan dana tunjangan JHT dari BPJS Ketenagakerjaan saat Anda memutuskan untuk resign dari tempat kerja lama Anda.

Dengan surat paklaring, maka Anda bisa mencairkan seluruh atau sebagian dana Anda yang ada di BPJS, Anda hanya cukup melampirkan surat ini Anda saja.

Caranya mudah, Anda hanya harus membawa hasil legalisir serta dokumen asli tersebut. Pastikan juga untuk menjaga dokumen penting ini.

2. Untuk Bantu Melamar Kerja Baru

Fungsi selanjutnya dari surat paklaring adalah untuk melamar kerja ditempat baru. Untuk beberapa perusahaan, mereka biasanya akan meminta surat ini sebagai bukti bahwa Anda memang pernah bekerja pada perusahaan tersebut.

Surat paklaring juga diperlukan untuk menempati posisi baru di suatu perusahaan. Karena, surat tersebut akan membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menempati posisi baru.

Untuk itu, surat paklaring memiliki peran yang sangat penting untuk keberlangsungan karir Anda di masa depan. Khususnya, bila Anda harus berhenti secara tiba-tiba atau harus meninggalkan pekerjaan karena satu dan lain hal.

Dokumen penting ini juga bisa Anda jadikan sebagai penghargaan serta kebanggan atas diri Anda sendiri. Terlebih lagi bila tempat Anda bekerja saat ini adalah perusahaan yang sudah besar, ternama, dan terkenal.

3. Mengajukan Beasiswa dengan Jalur Profesional

Selain bisa digunakan untuk melamar pekerjaan baru, surat paklaring juga bisa Anda gunakan sebagai syarat masuk universitas di jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, seperti Strata II atau Strata III.

Jadi, bila Anda ingin mengejar gelar khusus, maka Anda bisa memanfaatkan surat ini untuk bisa mengajukan program beasiswa dengan jalur profesional.

Biasanya, beasiswa akan diberikan dari pihak pemerintah atau pihak swasta. Nah, berbagai beasiswa tersebut akan diberikan kepada karyawan yang memang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Mengajukan Pinjaman Bank dan Kartu Kredit

Surat paklaring ternyata bisa juga Anda gunakan sebagai salah satu dokumen pendukung agar bisa mendapatkan pinjaman dana, KTA, KKB, ataupun KPR.

Kenapa? karena agar bisa mengajukan pinjaman dari pihak bank, umumnya seseorang harus terlebih dahulu memiliki status sebagai karyawan. Nah, lampiran surat paklaring bisa dijadikan sebagai buktinya.

Surat ini juga akan membantu pihak bank agar bisa mengetahui bahwa pihak debitur mempunyai penghasilan yang tetap dengan jumlah nominal tertentu yang bisa dilihat dari posisi terakhir kerjanya.

Bila pihak bank sudah mendapatkan informasi calon debitur, maka pihak bisa menentukan jumlah cicilan pinjaman yang bisa dibayar oleh calon debitur tersebut. Jadi, surat ini akan dimanfaatkan oleh pihak bank untuk menilai kemampuan finansial seseorang.

Syarat Membuat Surat Paklaring

1. Resign dengan Cara yang baik

Syarat pertama untuk mendapatkan surat paklaring adalah Anda harus mengajukan resign terlebih dahulu. Namun, anda harus resign dengan meninggalkan nama baik dan tidak mempunyai berbagai masalah apapun sebelumnya.

Karena, surat paklaring ini berguna juga sebagai surat referensi ataupun surat rekomendasi dari perusahaan lama. Bila Anda resign dengan cara yang buruk, maka akan percuma saja, karena surat tersebut bisa menjadi surat yang akan merugikan Anda saat ingin melamar di perusahaan baru.

Namun jika Anda resign dengan cara yang baik, maka informasi yang ada di dalamnya akan berisi berbagai kebaikan yang pernah Anda lakukan.

2. Minimal Kerja Satu Tahun

Syarat kedua dalam memperoleh hak surat paklaring adalah Anda harus bekerja minimal satu tahun di dalam perusahaan tersebut. Jika Anda baru bekerja tidak lebih dari satu tahun, maka jangan harap untuk bisa mendapatkan surat ini.

Biasanya HRD akan memberikan penjelasan bahwa surat paklaring baru bisa diterbitkan bila karyawan yang mengajukan resign sudah memenuhi masa kontrak kerjanya minimal selama satu tahun.

Bila Anda belum genap satu tahun, maka perusahaan akan menilai bahwa Anda adalah karyawan yang belum matang dalam menjalankan kinerja atau tugas Anda.

3. Penuhi Segala Kewajiban Sebelum Resign

Syarat terakhir untuk memperoleh surat paklaring adalah dengan memenuhi seluruh kewajiban, seperti menyerahkan tugas ke karyawan baru, menyelesaikan tugas yang sudah dikerjakan, dll.

Jadi intinya, Anda harus menyelesaikan seluruh tanggung jawab yang belum Anda selesaikan. Setelah itu, Anda baru bisa mengurus surat pengunduran diri dengan memberikan surat resign.

Bacajuga: Ingin Menjadi Seorang Profesional? Pahami 15 Karakteristiknya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mendalam dari kami tentang surat paklaring, lengkap dengan manfaat, fungsi, dan syarat dalam mendapatkannya. Untuk karyawan, surat paklaring memiliki peran yang sangat penting untuk melanjutkan karir masa depannya.

Untuk itu, HRD harus bisa menyiapkan berbagai informasi dan dokumen terkait dengan proses pembuatan surat paklaring.

Hal tersebut tidak mudah untuk di data, terlebih lagi bila laporan keuangan Anda masih dikerjakan secara manual dan di dalam perusahaan Anda memiliki jumlah karyawan yang banyak.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan, maka gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Dengan menggunakan software ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan akuntansi secara otomatis, mudah, tepat, dan bisa Anda akses di manapun Anda butuhkan.

Selain itu, di dalamnya Anda juga bisa menikmati berbagai fitur yang akan semakin memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan berbagai fungsi lainnya.

Saat ini, Accurate Online sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari pebisnis kecil hingga pebisnis besar. Maka dari itu, jangan heran bila Accurate Online sudah berhasil meraih penghargaan Top Brand Award sebanyak enam kali berturut-turut, dari mulai tahun 2016 hingga tahun 2021.

Biaya investasi yang harus Anda keluarkan juga sangat minim, karena Accurate Online bisa Anda nikmati dengan harga 200 ribuan saja perbulannya.

Penasaran, silahkan coba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1