Passion Adalah Suatu Hal yang Penting Untuk Memulai Karir, Ini Tips Menemukannya!

Pada dasarnya, passion adalah minat, ketertarikan, ataupun gairah yang sangat kuat untuk mengerjakan suatu tugas ataupun kegiatan. Sebagian besar dari kita pasti sudah banyak mendengar bahwa melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion akan memberikan hasil maksimal.

Namun, apakah ada rumus sakti dibalik sebuah arti psassion, sehingga mampu membuat banyak orang mencapai kesuksesannya? Untuk lebih mengenal arti dari passion, mari kita simak penjelasan tentang passion pada artikel di bawah ini.

Pengertian Passion Adalah

Pada dasarnya, pengertian passion adalah bukan suatu ambisi, angan-angan, impian, ataupun keinginan. Namun, passion adalah suatu hal yang diawali dari kesadaran.

Beberapa orang ada yang berpendapat bahwa passion adalh suatu jejak tujuan hidup serta panggilan dari hati. Ketika kita melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan passion, kita akan merasa lebih hidup dan merasa tidak terbebani dalam melakukan pekerjaan.

Walaupun begitu, terkadang masih banyak juga orang yang belum mengetahui apa passion mereka.

Jadi sebenarnya, passion adalah suatu keinginan seseorang dalam melakukan suatu hal atau kegiatan yang ia sukai atau dianggap penting untuk dilakukan. Mereka yang sudah memiliki passion akan rela dalam melakukan berbagai hal dalam mencapai sesuatu. Bahkan, mereka rela menghabiskan waktu, tenaga, dan pikirannya dalam mencapai sesuatu tersebut.

Nah, sesuatu inilah yang kita anggap sebagai passion. Jadi, bila Anda menemukan sesuatu hal atau kegiatan yang membuat Anda rela mengobarkan berbagai hal dalam hidup Anda, maka itu artinya Anda sudah menemukan passion yang Anda sukai.

Baca juga: Ingin Menjadi Lebih Produktif? Ikuti Beberapa Tips Ini

Jenis-Jenis Passion

Untuk beberapa orang, passion bisa menjadi suatu hal yang sangat unik, baik itu dari jenis ataupun dari intensitasnya. Tapi secara garis besar, jenis passion terbagi menjadi empat, yaitu:

1. Passion for Knowledge

Jenis pertama dari passion adalah Passion for Knowledge. Jenis passion ini harus dimiliki agar seorang individu memiliki kemauan untuk mempelajari suatu keahlian ataupun pengetahuan baru. Knowledge menjadi suatu pilar pertama yang harus dikuasai oleh seorang individu.

Karena, bila orang tersebut mempunyai tingkat kapabilitas yang cukup, maka mereka bisa menembangkan dirinya secara optimal ataupun membantu orang lain secara maksimal.

Salah satu contoh individu yang mempunyai passion for knowledge adalah David Attenborough. Dia adalah seorang berkebangsaan Inggris yang berprofesi sebagai penyiar dan sejarawan alam. David terkenal dengan tulisan dan siarannya yang berada di BBC Natural History Unit.

David sangat suka mengoleksi fosil, batu, dan spesimen alam lainnya dari kecil. Sampai beranjak dewasa, dirinya masih mempelajari tentang geologi dan juga zoologi.

Dia memulai karirnya dari editor buku sains untuk anak dan mulai bergabung dengan BBC di bagian pertelevisian. Dirinya saat ini menangani siaran ilmiah terkait hewan dan sayuran.

Dari hal tersebut, bisa kita perhatikan bahwa David mempunyai dan menjalani passionnya dalam ilmu tentang margasatwa dan juga tentang alam.

2. Passion for Business

Jenis kedua dari passion adalah passion for business. Jenis passion ini sangat dianjurkan untuk dimiliki agar setiap orang termotivasi untuk menjadi lebih mandiri dan tidak membebani orang lain dalam hal finansial. Selain itu, mereka bahkan bisa membantu orang lain dengan cara memberikan kontribusi penting, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

3. Passion for Service/People

Kehadiran jenis passion ini diperlukan karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Sehingga, secara fitrah akan ada motivasi untuk saling terhubung dengan sesamanya. Disadari ataupun tidak, dalam melakukan beragam interaksi, manusia akan mau memberikan pelayanannya pada orang lain.

Mereka seolah akan termotivasi untuk memberikan perhatian yang lebih pada orang lain.

Contoh Passion yang Dimiliki

1. Very Strong Feeling

Passion adalah suatu perasaan semangat yang luar biasa keluar ketika melakukan suatu pekerjaan atau tugas. Contohnya adalah perasaan yang semangat saat mengikuti ajang lomba sepak bola pada acara 17-an. Contoh lainnya adalah perasaan semangat yang sangat besar saat melakukan suatu hal yang Anda senangi.

2. Intense Emotion

Passion adalah suatu kondisi diri yang berada pada tingkat fokus yang tinggi dan penuh dengan keseriusan. Orang yang melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan passion nya seperti komputer yang berada dalam penggunaan memori maksimal.

Contoh sederhananya, banyak anak yang waktu kecilnya menyukai komputer ataupun IT, mereka penasaran untuk menemukan ataupun menciptakan berbagai hal baru. Kenapa? karena dirinya memiliki keinginan dan passion mereka. Kemungkinan besar, hal ini mampu memotivasi dirinya untuk menciptakan suatu hal yang berguna di masa depan.

3. Compelling Enthusiasm and Desire

Passion adalah berbagai hal yang mampu meningkatkan antusiasme yang tinggi dan juga pengharapan yang besar. bila ada suatu pekerjaan yang saat Anda lakukan membuat Anda merasa semangat, lupa waktu, dan membuat hari Anda terjebak di sana, maka bisa dibilang itu adalah passion Anda.

Anda tidak akan pernah berhenti untuk membicarakan, memikirkan, serta mendiskusikannya. Bahkan, Anda akan merasa tidak ada hari yang sempurna tanpa urusan dengannya. Anda akan melakukan pekerjaan tersebut dengan rasa bahagia, ikhlas, dan mau melakukannya walaupun tidak dibayar.

Tips Menemukan Passion Untuk Karir

Setiap orang mempunyai caranya tersendiri dalam menemukan passion nya, dan memang membutuhkan waktu yang tepat dalam menemukannya. Nah, cara untuk menemukan passion adalah sebagai berikut ini.

1. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Tentunya setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ini merupakan proses awal yang harus Anda lakukan untuk mengenal passion Anda sendiri.

Cobalah lakukan analisis SWOT, atau bila perlu mintalah bantuan rekan Anda dalam menilai kepribadian Anda. Cobalah untuk mengingat hal apa saja yang memang sudah Anda lakukan selama ini. Berdasarkan padatnya rutinitas yang sudah Anda kerjakan, hal apa sajakah yang memang terlihat paling menonjol.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan hal apa saja yang membuat Anda merasa sangat kesulitan.

2. Mengetahui Hobi

Cara selanjutnya dalam menemukan passion adalah mengetahui hobi. Hal ini akan membantu Anda dalam melihat sesuatu yang tersembunyi di dalam diri Anda. Masa kecil adalah awal dari mengenal kehidupan Anda.

Kemungkinan besar, berbagai hal yang sudah Anda sukai dari waktu kecil adalah passion yang selama ini belum Anda sadari sepenuhnya.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan pada mereka yang ada di sekeliling Anda sewaktu kecil. Lalu, cobalah tinjau lagi, apakah suatu hal yang suka tersebut masih berkaitan dengan hobi Anda saat ini.

3. Mengetahui Harapan Terbesar

Setiap orang pasti mempunyai harapan di masa depan, atau cita-cita. Waktu kecil, cita-cita mungkin bisa kita ketahui dari apa yang kita lihat menarik. Namun, hal itu tentunya berbeda dengan saat ini.

Anda sendirilah yang akan menentukan masa depan Anda setelah mengetahui kesempatan dan peluang yang Anda peroleh pada hari ini.

Itu artinya, Anda sudah mengenal passion yang akan mengantarkan Anda untuk berpikir tentang harapan tersebut secara tidak langsung dan tidak Anda sadari.

4. Mengetahui Aktivitas yang Disukai

Berdasarkan rutinitas yang setiap hari Anda kerjakan, apakah ada kegiatan yang membuat Anda merasa senang selain hobi? Dengan cara inilah Anda bisa mengenal karakter diri Anda sendiri.

Hal yang Anda sukai waktu kecil juga sangat erat kaitannya dengan hal ini. Cobalah untuk merenung dan menjawab pertanyaan ini, apakah hal yang Anda senangi saat ini adalah bagian dari suatu hal yang amat penting dalam kehidupan Anda?

Bila memang iya, itu artinya kegiatan tersebut adalah passion Anda. Dari ini, Anda bisa mengembangkannya lagi untuk memperoleh apa yang sebelumnya Anda harapkan. Sehingga, Anda bisa memperoleh harapan Anda lewat cara yang unik, yakni dengan melakukan hal yang Anda sukai.

Baca juga: Ingin Menjadi Seorang Profesional? Pahami 15 Karakteristiknya

Kesimpulan

Jadi, passion adalah suatu kegiatan yang bila Anda lakukan, tidak ada hambatan ataupun tantangan yang mampu menghalangi Anda dalam melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, Anda juga tidak merasakan adanya keraguan ataupun ketakutan saat menjalani kegiatan passion tersebut.

Bahkan, Anda akan terus tersenyum walaupun sejumlah orang di sekitar Anda merendahkan proses yang Anda lakukan saat mengejar passion tersebut.

Setiap orang sukses pasti akan selalu melekat dengan passion-nya. Pun sama halnya dengan para pebisnis, mereka pasti akan berusaha sekuat tenaga untuk menjalankan bisnis yang sesuai dengan passionnya untuk meraih kesuksesan.

Tapi, kesuksesan dalam berbisnis hanya bisa diraih dengan menerapkan strategi ampuh, seperti strategi pemasaran yang baik dan strategi mengelola finansial bisnis secara akurat.

Nah, untuk membantu Anda dalam mengelola finansial bisnis, cobalah menggunakan software akuntansi dan bisnis yang lengkap dari Accurate Online. Software ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, laporan tersebut bisa Anda jadikan dasar dalam mengelola finansial bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur menarik untuk mempermudah Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, kas dan bank, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya.

Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari.accurate 3 banner bawah