Problem Solving Adalah Suatu Hal yang Penting Untuk Diasah, Ini Alasannya!

Kebanyakan orang beranggapan bahwa pemecahan masalah atau problem solving adalah salah satu kemampuan yang diasah dengan praktik langsung. Padahal, anggapan ini kurang tepat. Walaupun memang bagian dari soft skill, Anda bisa mempelajari penyelesaian persoalan ini seperti hard skill pada umumnya.

Kenapa bisa demikian? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang problem solving di bawah ini.

Pengertian Problem Solving Adalah

Sama seperti namanya, problem solving adalah suatu kemampuan dalam mencari solusi atau seluruh masalah yang menghambat tujuan Anda. Semakin baik Anda dalam menguasai kemampuan ini, maka akan semakin cepat dan efektif juga permasalahan tersebut bisa diselesaikan. Hal yang sama pun berlaku sebaliknya.

Baca juga: Ingin Menjadi Seorang Profesional? Pahami 15 Karakteristiknya

Proses dan Contoh Problem Solving

Jika Anda masih bingung tentang pengertian dari problem solving di atas, jangan khawatir. Karena, keterampilan ini memang sifatnya abstrak.

Namun, kami sudah merangkum cara efektif dalam memecahkan masalah berdasarkan laman resmi The Balance Careers. Dengan adanya penjelasan di bawah ini, Anda akan mendapatkan gambaran secara menyeluruh. Selain itu, terdapat juga contoh dalam menyelesaikan masalah agar Anda bisa lebih paham.

Seperti contohnya bila Anda adalah pebisnis toko kue, katakanlah dalam sehari Anda bisa menjual 100 roti dan 100 bolu kukus. Tapi ternyata pada hari ini, produksi roti Anda mengalami masalah. Tentunya hal ini bisa menyebabkan kerugian. Nah untuk menyelesaikan masalah tersebut, cara melakukan problem solving adalah sebagai berikut ini.

1. Analisis Situasi

Cara pertama dalam melakukan problem solving adalah mencari tahu akar masalahnya. Dalam tahapan ini, Anda membutuhkan keterampilan, seperti pengumpulan data, analisis data, serta analisis historis. Untuk itu, Anda harus bisa mencari tahu terlebih dahulu penyebab masalah toko kue Anda.

2. Buat Daftar Solusi

Tahap kedua dalam problem solving adalah mencari jalan keluar. Tentunya setiap masalah memiliki jalan keluarnya masing-masing. Untuk itu, Anda harus membuat daftar berbagai kemungkinan solusi yang ada terlebih dahulu.

Dalam menyelesaikan tahap ini, Anda memerlukan keterampilan berpikir kreatif, perencanaan proyek pekerjaan, serta desain proyek yang baik.

Sedangkan untuk masalah pada toko kue, beberapa pilihan solusinya adalah dengan membeli mesin penggiling baru, memperbaiki mesin penggiling, hanya membuat bolu kukus saja, membuat roti tanpa menggunakan mesin penggiling, dan masih banyak lagi. Intinya, kumpulkanlah seluruh kemungkinan solusi tersebut menjadi satu.

3. Pilih Solusi Terbaik

Bila Anda sudah berhasil menulis berbagai pilihan solusi, maka saat ini Anda harus memilih solusi terbaik diantara banyaknya pilihan solusi tersebut. Perlu diingat bahwa setiap pilihan memiliki konsekuensinya masing-masing.

Terlebih lagi, akan ada saatnya Anda bukan menjadi satu-satunya pihak yang bisa mengambil keputusan. Untuk itu, dalam tahap problem solving ini, Anda memerlukan kemampuan analisis, diskusi, kerja sama tim, dan menentukan skala prioritas.

Untuk masalah toko kue yang sebelumnya, katakanlah di hari tersebut terdapat pesanan 50 buah roti yang harus diselesaikan di hari yang sama. Pada akhirnya, Anda memutuskan untuk mengurangi pembuatan bolu kukus. Namun, Anda sudah menyiapkan tenaga tambahan untuk membuat pesanan roti tanpa menggunakan mesin penggiling.

Ingatlah selalu bahwa setiap masalah memiliki konteks yang berbeda. Untuk itu, solusi paling baiknya juga tentu akan berbeda.

Agar bisa memahami hal ini, maka kami akan memberikan satu lagi contoh tambahan. Contohnya, katakanlah roti yang kemarin masih ada dan masih sangat layak untuk dijual serta dikonsumsi. Untuk itu, Anda tidak perlu membuatnya lagi dan bisa memfokuskan tenaga kerja untuk membuat bolu kukus.

Oleh karena itu, Anda harus bisa memahami konteks permasalahannya terlebih dahulu.

4. Rancang Rencana

Bila Anda sudah memiliki solusi, maka inilah saatnya untuk mengeksekusi. Dalam tahapan ini, Anda memerlukan kemampuan manajemen proyek, manajemen waktu, dan kolaborasi yang penting.

Ketika Anda mengurangi produksi bolu kukus, Anda harus mengetahui siapa saja yang pindah ke produksi roti dan berapa waktu yang diperlukan.

Bila memang tidak ada mesin, tentunya bekerja di dapur akan lebih melelahkan. Untuk itu, Anda juga harus memikirkan waktu istirahat karyawan Anda. Anda harus bisa membuat perencanaan ini dengan matang. Solusi yang Anda buat akan bisa dilakukan secara baik dengan panduan yang jelas.

5. Evaluasi

Bila sudah selesai, maka selanjutnya Anda harus melakukan evaluasi atas solusi yang sudah Anda pilih. Dalam tahapan ini, maka kemampuan yang harus Anda miliki adalah analisis, komunikasi, serta mengumpulkan data.

Tips Meningkatkan Skill Problem Solving

Berdasarkan laman Indeed, beberapa tips dalam meningkatkan problem solving adalah sebagai berikut.

1. Asah Skill Teknis

Tips pertama dalam meningkatkan kemampuan problem solving adalah dengan mengasah skill teknis. Faktanya, kemampuan problem solving memang sangat melekat pada hard skill Anda. Kenapa? karena dengan memiliki kemampuan teknikal, Anda bisa memiliki teori. Sehingga, solusi dari masalah yang Anda hadapi pun bisa lebih mudah untuk dirumuskan.

Mengikuti kelas webinar selama satu hingga dua jam juga bisa meningkatkan pengetahuan Anda. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk meningkatkan pengetahuan tersebut.

2. Mencari Kesempatan Baru

Anda harus terus mengasah kemampuan Anda dengan melakukan praktik di berbagai tempat baru. Anda bisa melakukannya dengan cara mencari proyek baru, tim yang berbeda dengan tim saat ini, bergabung dengan organisasi atau komunitas di luar tempat kerja, dll.

3. Perhatikan orang lain di Sekitar Anda

Selain mengasah kemampuan diri sendiri, Anda juga harus mengamati cara orang lain dalam menyelesaikan masalah. Perhatikanlah bagaimana partner atau atasan Anda dalam menyelesaikan masalah. Tidak menutup kemungkinan cara tersebut bisa Anda modifikasi untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi saat ini.

Perang Penting Skill Problem Solving

Dilansir dari laman Cleverism dan Institute of Chartered Accountants in England and Wales, peran penting kemampuan problem solving adalah sebagai berikut

1. Bukti Mampu Menerapkan Ilmu

Tentunya proses belajar memerlukan kemampuan analisis yang baik. Anda akan lebih mudah dalam memahami masalah dan mencari jalan keluarnya secara otomatis.

Tapi, seperti yang sudah kami jelaskan di atas, setiap masalah memiliki solusinya masing-masing. Selain itu, setiap masalah pun memiliki banyak sekali konteksnya. Sehingga, solusinya pun tentu sangat berbeda.

Lantas, apa tandanya bahwa Anda mampu memahami konteks dan memilih solusi yang tepat? Jawabannya adalah skill problem solving.

Belajar adalah salah satu tanda bahwa Anda sedang menguasai teori. Nah, praktiknya bisa Anda buktikan sendiri dengan skill problem solving.

2. Menarik Pelamar Kerja

Problem solving adalah suatu kemampuan yang terdiri dari berbagai jenis sub-kemampuan, seperti analisis, tingkat kreativitas, manajemen proyek, hingga kemampuan kerja sama dalam tim. Nah, pihak perusahaan umumnya menyukai orang yang mampu menyelesaikan berbagai masalah. Hal tersebut menandakan Anda memiliki banyak kemampuan lain yang tersembunyi.

3. Penting Untuk Promosi

Memiliki skill problem solving adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh pemimpin. Untuk itu, bila Anda ingin mendapatkan promosi jabatan, maka Anda harus memiliki kemampuan ini.

Baca juga: Multitasking Adalah: Pengertian, Tips dan Peran Pentingnya Di Dunia Bisnis

Kesimpulan

Jadi, problem solving adalah salah satu kemampuan yang harus Anda miliki, khususnya bila Anda sedang berada dalam suatu organisasi perusahaan atau sedang menjalankan bisnis.

Untuk bisnis, kemampuan problem solving sangat diperlukan karena sangat berkaitan dengan keuntungan dan kerugian perusahaan. Anda harus bisa menyelesaikan dengan baik bila tidak ingin bisnis Anda rugi ataupun bangkrut.

Contohnya, Anda memiliki masalah dengan laporan keuangan, laporan barang, stok bahan baku, dan hal lainnya, yang dalam setiap periodenya selalu menghasilkan laporan yang berantakan. Terlebih lagi bila Anda masih melakukan pendataan secara manual, Anda akan banyak menghabiskan waktu karena cara tersebut memang sangat berisiko.

Nah, solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan tepat. Selain itu, Anda juga bisa mengakses laporan keuangan tersebut di mana saja dan kapan saja, karena Accurate Online dikembangkan dengan sistem cloud yang aman.

Lebih dari itu, proses pengelolaan bisnis Anda juga bisa dilakukan secara lebih efisien, karena Anda bisa menikmati fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakkan, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya yang disediakan oleh Accurate Online.

Penasaran? Anda bisa membuktikannya sendiri dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.accurate 2 banner bawah