4 Alasan Pulang Kerja Tenggo Itu Baik dan Tips Menerapkannya

Istilah tenggo (‘Teng’ langsung ‘Go!’) merupakan istilah yang dipakai oleh karyawan ketika pulang tepat waktu setelah jam kerja selesai. Meski tidak ada yang salah, istilah ini sering dianggap sebagai hal negatif di lingkungan kerja.

Beberapa orang menganggap mereka yang pulang kerja tepat waktu cenderung pemalas, enggan bersosialisasi, dan tidak loyal. Padahal, pulang kerja tepat waktu adalah hak setiap pekerja. Terlebih jika semua pekerjaan sudah selesai dilakukan.

Pada artikel kali ini, akan disebutkan beberapa alasan kalau pulang kerja tenggo itu baik, yang disertai dengan tips cara menerapkannya.

Alasan Pulang Kerja Tenggo

1. Melatih Manajemen Waktu dan Efektivitas Kerja

Kebanyakan pekerja tenggo memiliki pola pikir yang mengedepankan kualitas pekerjaan dibanding kuantitas. Mereka akan belajar cara mengelola waktu dan disiplin terhadap apa yang telah mereka jadwalkan.

Mereka juga akan berpikir bagaimana agar bisa bekerja secara efektif dan efisien. Dengan manajemen waktu yang baik ini, mereka bisa pulang tepat waktu dan tetap produktif dalam pekerjaan.

2. Memiliki ‘Kehidupan Lain’ di Luar Rutinitas Kerja

Perlu diingat bahwa kehidupan yang Anda jalani bukan hanya seputar pekerjaan dan kantor. Anda berhak memiliki kehidupan di luar kantor dan melakukan hal-hal yang Anda suka.

Pulang tenggo memungkinkan Anda untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan hal yang disuka. Anda bisa meluangkan waktu untuk merawat diri, melakukan hobi, atau sekedar menonton film kesukaan di rumah. Bisa juga dengan berkumpul bersama teman-teman Anda.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga pun quality time yang Anda punya akan lebih banyak. Lelah fisik dan pikiran yang didapat selama bekerja bisa hilang seketika saat memandang anak, istri/suami, atau orang tua.

Baca juga: Workaholic: Ini Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Tips Mencegahnya

3. Waktu Istirahat yang Lebih Banyak

Seperti disebutkan di atas, pulang tenggo memberikan Anda lebih banyak waktu luang. Jika tidak ada kegiatan di luar, Anda bisa menghabiskan waktu dengan beristirahat dan mengisi ulang tenaga yang terkuras selama bekerja.

Hal ini juga sangat baik bagi Anda yang bertempat tinggal jauh dari tempat kerja. Dengan waktu istirahat yang cukup, Anda bisa lebih bersemangat dan bugar saat bekerja keesokan harinya.

4. Peluang Kerja Sampingan

Anda bisa mencari pekerjaan sampingan apabila punya lebih banyak waktu selepas bekerja. Anda bisa mendapatkan penghasilan di luar gaji tambahan sekaligus menambah portofolio.

Begitu pun apabila Anda sudah memiliki pekerjaan sampingan tersebut. Anda punya lebih banyak waktu untuk mengerjakannya sehingga hasil yang diberikan juga lebih maksimal.

Jadi, stigma yang mengatakan bahwa pulang tenggo berarti tidak produktif adalah tidak benar adanya. Anda justru bisa lebih produktif, baik di tempat kerja maupun di luar tempat kerja, serta mengembangkan potensi yang Anda punya.

Baca juga: Kerja Kantoran: Plus-Minus Hingga Tipe Pekerja yang Sering Ditemui

Cara dan Tips Agar Bisa Pulang Tenggo

Lantas, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara pulang tepat waktu jika belum biasa melakukannya. Berikut ini cara dan tips bagi Anda agar bisa pulang tenggo.

1. Datang Tepat Waktu

Datanglah tepat waktu apabila ingin pulang tepat waktu pula. Datang terlambat akan membuat jadwal kerja Anda bergeser sehingga jam pulang Anda pun menjadi mundur.

Meski terkadang ada hal-hal di luar kendali yang bisa membuat Anda terlambat sampai kantor, tetaplah berusaha untuk datang tepat waktu.

2. Buat To Do List dan Kerjakan Sesuai Prioritas

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu membuat to do list atau daftar tugas yang perlu Anda kerjakan sesuai dengan prioritas. Urutkan dari yang paling mendesak dan rumit, hingga yang paling cepat selesai. Dengan mengatur skala prioritas, Anda tahu tugas mana yang harus fokuskan dan kerjakan lebih dulu.

Baca juga: Cari Muka dalam Dunia Kerja, Ini Ciri Cari Muka Karyawan Pada Atasan

3. Abaikan Gangguan

Dalam pekerjaan, gangguan bisa berarti banyak hal. Bisa ajakan mengobrol hal yang kurang penting oleh rekan kerja atau notifikasi dari ponsel.

Seperti kita tahu, ada saja rekan kerja di kantor yang senang mengobrol untuk menceritakan gosip terbaru. Dalam hal ini, Anda bisa menghindari obrolan secara sopan dan kembali mengerjakan tugas Anda.

Anda pun juga baiknya menghindari mengecek ponsel terlalu sering sebab ini dapat mendistraksi fokus Anda.

4. Rencanakan Pulang Tepat Waktu

Ketika memiliki deadline, Anda pasti berusaha untuk menyelesaikannya tepat waktu, bukan? Dalam hal ini, coba gunakan konsep yang sama untuk pulang tenggo.

Jadikan waktu pulang kerja sebagai deadline yang harus ditepati. Dengan begitu, Anda akan berusaha untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan Anda dan memenuhi target untuk pulang tepat waktu.

Baca juga: Kutu Loncat Adalah Sifat Buruk yang Harus Dihindari dalam Dunia Kerja, Ini Dampaknya!

Penutup

Melalui artikel ini, istilah tenggo diharap tidak lagi dinilai sebagai hal negatif yang ada di lingkungan kerja. Pulang tepat waktu justru menunjukkan bahwa karyawan tersebut memiliki manajemen waktu yang baik dan tingkat disiplin yang tinggi. Dengan rata-rata 8 – 9 jam waktu kerja, mereka bisa tetap produktif dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Manajemen waktu yang baik akan mengantarkan kita pada work-life balance dan kualitas hidup yang baik pula. Sebagaimana halnya manajemen keuangan yang baik akan mengantarkan kita pada kesuksesan dan tercapainya tujuan finansial.

Hal ini bisa dicapai dengan pengelolaan dan pencatatan keuangan yang baik pula. Dimana Anda membutuhkan metode pengelolaan keuangan yang lebih cepat, akurat, dan otomatis. Seperti halnya yang ditawarkan oleh Accurate Online.

Accurate Online merupakan software akuntansi dan bisnis yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Accurate Online menyediakan berbagai fitur dan keunggulan yang terbukti mampu membantu pebisnis mencapai kesuksesannya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.