10 Tips Efektif untuk Meningkatkan Konversi Penjualan Bisnis Anda
Meningkatkan tingkat konversi penjualan adalah salah satu kunci keberhasilan dalam dunia bisnis.
Ketika lebih banyak prospek atau pengunjung berubah menjadi pelanggan yang sebenarnya, bisnis Anda akan tumbuh lebih cepat dan lebih menguntungkan.
Dalam artikel ini, kami akan menghadirkan sepuluh tips efektif yang akan membantu Anda meningkatkan konversi penjualan bisnis Anda.
Dari pemahaman perilaku konsumen hingga pengoptimalan tampilan website Anda, kami akan membahas berbagai strategi yang dapat Anda terapkan untuk mencapai tingkat konversi yang lebih tinggi.
Mari kita mulai dengan menggali lebih dalam ke dunia meningkatkan konversi penjualan.
Daftar Isi
Tips Ampuh Meningkatkan Konversi Penjualan
Setiap bisnis memiliki tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan atau profit dari usaha yang dilakukan.
Untuk memperoleh keuntungan yang besar maka perlu ada tindakan lebih lanjut pada website bisnis yang dijalankan atau yang lebih dikenal dengan konversi penjualan.
Nah untuk meningkatkan konversi penjualan bisnis maka bisa melakukan beberapa tips berikut ini.
1. Melakukan A/B Testing
Tips pertama untuk meningkatkan konversi penjualan adalah dengan melakukan A/B Testing.
Dilansir dari Wikipedia, Pengujian A/B adalah metodologi penelitian pengalaman pengguna. Pengujian A/B terdiri dari eksperimen acak yang biasanya melibatkan dua varian, meskipun konsep ini juga dapat diperluas ke beberapa varian dari variabel yang sama.
A/B Testing sendiri merupakan metode eksperimen yang biasa digunakan untuk mengurangi resiko kesalahan pada pengambilan keputusan bisnis.
Dengan melakukan eksperimen maka tim pemasaran akan memiliki ruang gerak yang lebih leluasa dalam berinovasi dan eksplorasi terhadap peluang baru.
Penerapan A/B Testing digunakan untuk menguji dua hal yang diberikan untuk meningkatkan konversi penjualan.
Misal saat sebuah bisnis dihadapkan dengan dua kemungkinan headline pada homepage maka sulit menentukan pilihan dari salah satunya. Untuk itu gunakan A/B Testing (alternative A dan B) untuk melihat mana yang lebih baik.
2. Berikan Tawaran yang Menarik
Pertanyaan seputar kelebihan produk yang datang dari konsumen merupakan hal yang sudah pasti didapatkan pada sebuah bisnis.
Jika berada di posisi konsumen maka sudah sewajarnya jika seseorang punya ekspektasi, keinginan dan poin khas dari produk yang ditawarkan.
Oleh karena itu, pebisnis haru memberikan tawaran sesuai kebutuhan dan keinginan calon konsumen.
Sebaiknya lakukan refleksi terlebih dahulu terhadap produk yang dimiliki dan pantas ditawarkan kepada calon konsumen dan bisa meningkatkan konversi penjualan.
Produk tersebut harus memiliki keunikan dan buat dalam satu kalimat yang bisa menarik kepercayaan konsumen.
Baca juga : Menggunakan Data untuk Membangun Strategi Marketing yang Baik
3. Gunakan Kalimat Singkat dan Jelas
Sebelum menawarkan produk, sebaiknya pahami dulu pangsa pasar dari bisnis yang dijalankan. Setiap konsumen memiliki pemahaman yang berbeda dalam memaknai suatu kalimat.
Jangan sampai menawarkan produk dengan Bahasa bisnis yang sulit dan tidak semua orang memahaminya.
Bukannya meningkatkan konversi penjualan seperti tujuan awalnya, malah akan mendapatkan kerugian.
Untuk itu buatlah kalimat dengan Bahasa yang sederhana seperti Bahasa yang digunakan dalam kehidupan bermasyarakat.
Cara terbaik untuk memasarkan melalui website bisnis adalah dengan menggunakan Bahasa seperti saat berbicara dengan teman dekat.
4. Pilih Leader yang Tepat
Keberhasilan suatu bisnis salah satunya dilihat dari kepemimpinan seorang leader. Kesuksesan bisnis tidak hanya dilihat dari seberapa berkualitasnya produk yang dimiliki, namun orang – orang yang bekerja didalamnya juga sangat penting.
Kehadiran tim dalam sebuah bisnis tentu memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam penjualan produk. Untuk itu buatlah tim yang mampu bekerja dan bersinergi dengan baik untuk memajukan perusahaan.
Meskipun begitu, tim tidak akan bekerja dengan baik tanpa kehadiran seorang leader yang memberikan arahan dan merangkul anggota tim.
Baca juga : Apa Itu Biaya Konversi? Berikut Pengertian dan Contohnya
5. Headline Testing
Untuk meningkatkan konversi penjualan bisnis melalui website perlu juga memperhatikan headline dari website tersebut. Headline merupakan kesan pertama yang dapat dilihat oleh calon konsumen.
Jika heading buruk maka hal itu dapat berdampak kepada citra website bisnis yang dimiliki di mata calon konsumen.
Untuk itu headline harus berisi kalimat dengan proporsi yang unik dan menarik untuk dibaca bahkan memberikan solusi masalah untuk pembaca.
Headline ini juga bisa diisi dengan kata-kata promosi atau penawaran kepada pembaca dengan menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti. Pada headline ini buat kalimat yang menunjukkan keunggulan produk.
6. Formulir yang Sederhana
Tips lain dalam peningkatan konversi penjualan adalah dengan memberikan formulir dengan format yang sederhana.
Dalam formulir pendaftaran untuk calon konsumen sebaiknya dibuat singkat saja, tidak usah terlalu panjang dan membuat orang malas membaca dan mengisi.
Selain itu formulir pendaftaran ini juga sebaiknya diisi dengan poin-poin yang dianggap penting saja.
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada calon konsumen juga harus sejalan dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh calon konsumen.
Jangan mempertanyakan hal-hal yang tidak penting dan tidak ada hubungannya dengan kebutuhan bisnis.
Baca juga : Conversion Funnel: Pengertian Lengkap dan Tahapannya
7. Membangun Kepercayaan Konsumen
Apa gunanya bisnis yang dijalankan jika tidak ada kepercayaan yang diberikan oleh konsumen? Tentu saja hal ini akan mendatangkan untuk pebisnis.
Orang-orang biasanya tidak mempercayai sebuah bisnis karena beberapa hal kredibilitas konten dalam website yang tidak bagus.
Untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang dijalankan tunjukkan bahwa bisnis tersebut benar-benar ada.
Selain itu tonjolkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki serta produknya melalui testimoni pelanggan yang puas berbelanja.
8. Tambah Site Speed Website
Sebagai pebisnis sangat penting untuk meningkatkan kecepatan (site speed) website bisnis yang dimiliki.
Hal ini karena website tempatnya segala informasi mengenai bisnis dan produk maka perlu adanya peningkatan kecepatan ini.
Website yang lambat akan membuat orang akan merasa kesal dan meninggalkan halaman website.
Ini sama saja membuat bisnis tersebut ditinggalkan dan tidak dikenal orang. maka dari itu sebaiknya pelajari opsi untuk menambah kecepatan akses website agar calon konsumen yang ingin mencari informasi lebih puas.
Baca juga : Apa itu Search Engine Marketing? Mari Ketahui Secara Lengkap
9. Optimalisasi Website
Salah satu jalan yang paling baik untuk meningkatkan konversi penjualan melalui website bisnis adalah mengoptimalisasi halaman website.
Optimalisasi ini akan membuat website bisnis berada pada pencarian teratas di Search Engine dan menarik konsumen berdatangan ke website tersebut.
10. Gambar Deskripsi Produk Secara Detail
Untuk menarik konsumen membeli produk maka harus ada gambar produk yang menarik dengan deskripsinya secara detail.
Gambar tersebut sebaiknya merupakan gambar asli produk yang dimiliki dengan teknik pengambilan gambar yang bagus. Selain itu deskripsi produk harus ditulis selengkap mungkin sebagai bahan pertimbangan konsumen dalam membeli.
Baca juga: Pengertian Marketing, Jenis, Proses, Tujuan dan Contohnya
Kesimpulan
Itulah beberapa tips meningkatkan konversi penjualan bisnis melalui website yang dibahas pada kesempatan kali ini.
Jika konversi penjualan sudah meningkat, catat setiap seluruh pemasukan secara detail melalui pembukuan.
Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah untuk merencanakan pengembangan bisnis melalui data yang faktual.
Jika Anda kesulitan menggunakan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Gunakanlah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja, dimana saja dan memiliki keamanan data yang terjamin, contohnya Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan bisa digunakan oleh semua jenis bisnis di Indonesia.
Terbukti dengan telah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis mulai dari UMKM sampai perusahaan manufaktur besar.
Tertarik mengggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama sebulan melalui tautan gambar di bawah ini :