Apa itu Search Engine Marketing? Mari Ketahui Secara Lengkap

SEM atau search engine marketing merupakan sebuah kegiatan marketing di mana  seseorang menggunakan layanan iklan berbayar yang kemudian muncul dalam halaman pencarian google.  Ini merupakan sebuah metode yang biasa diterapkan dalam dunia internet marketing. Tentunya SEM ini memiliki fungsi yang besar terhadap perkembangan bisnis di era digital seperti sekarang ini.

Persaingan bisnis dewasa ini semakin kompetititf sehingga jika tidak dibarengi dengan metode serta strategi yang baik akan membuat bisnis menjadi terbelakang. Banyak sekali pihak yang berusaha mencari sebanyak mungkin audiens yang ada dalam satu niche. Hal ini membuat persaingan menjadi semakin ketat dan juga kompetetitif pastinya.

Berbagai metode dilakukan oleh pihak perusahaan dan pemilik usaha dalam mengembangkan bisnisnya dalam era yang penuh persaingan ini. Pangsa pasar sudah berubah, di mana Indonesia menjadi salah satu pasar e-commarce terbesar di Asia Tenggara. Tentunya hal ini menjadi factor penyebab kemudian banyak yang mulai mempelajari SEM untuk mengembangkan bisnis mereka.

Baca juga : Menggunakan Data untuk Membangun Strategi Marketing yang Baik

Apa Sih Pengertian Search Engine Marketing Itu?

Bagi yang masih awa soal dunia digital marketing mungkin tidak familiar dengan istilah search engine marketing ini. Memang istilah ini bukanlah istilah sehari-hari yang banyak digunakan dalam dunia bisnis. Pernahkah terpikirkan bahwa seseorang rela membayar mesin pencari google? Mungkin orang awam mengatakan tidak. Padahal kenyataannya adalah sebaliknya.

Berdasarkan kutipan dari Searchengineland.com, SEM merupakan sebuah aktivitas membeli traffic dengan cara membayar mesin pencari google untuk keperluan bisnisnya. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh seorang marketer. Seorang marketer memiliki tugas untuk membidding kata kunci yang menjadi keinginan para marketer.

Hal ini dilakukan oleh para marketer dengan harapan agar setiap pengunjung atau orang yang tengah melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci tadi, akan memilih mengunjungi website atau iklan dari perusahaan yang membidding keyword tadi. Dengan begitu, bisnis akan menjadi semakin banyak peminatnya dan membuat bisnis semakin berkembang.

Baca juga : 17 Tips untuk Membuat Akun Instagram yang Baik bagi Bisnis Anda

Bagaimana Format Dari Search Engine Marketing Itu?

Setelah mengetahui pengertian darri SEM, mari membahas satu persatu  format yang ada di dalamnya. Dalam SEM, ada beberapa format yang digunakan, yakni dalam bentuk text, dan juga PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) yang memiliki bentuk seperti produk, rting bersifat visual, review, dan juga dalam bentuk harga.

Format teks dari SEM ini pada umumnya menggunakan Google Adwords, Yahoo Gemini, dan juga Bing.  Google adwords merupakan salah satu cara dari metode SEM. Iklan biasanya muncul  ketika seseorang mengetikkan sebuah keyword pada halaman pencarian goggle. Tentunya, kata kunci ini bisa langsung ada di halaman karena para marketer ini sudah membidding keyword sebelumnya.

Lalu bagaimana sistematika pembayaran kepada google? Nah, setelah iklan yang diklik oleh pengunjung website maka marketer akan melakukan Pay Per Click  (PPC) kepada pihak google. Ada pula cara  meningkatkan traffic secara natural adalah dengan metode SEO atau Search Engine Optimization. Cara ini juga tergolong ampuh dalam meningkatkan traffic dan bisnis digital tentunya.

Baca juga :  Cara Melakukan Analisa Pasar dalam 4 Langkah dengan Mudah

Manfaat Search Engine Marketing Bagi Usaha

Dari pengertian dan contoh metode dari SEM ini, bisa diraik sebuah kesimpulan bahwa keberadaan metode pengembangan bisnis digital ini sangatlah banyak. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat melalui penejelasan di bawah ini:

1. Memberikan Hasil Yang Nyata

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari adanya SEM ini adalah mampu memberikan impact yang positif terhadap  bisnis yang dilakoni. Proses pemasangan iklan dalam google adward tergolong mudah, cepat, dan terbukti memberikan hasil yang sangat signifikan. Dibandingkan metode SEO yang lainnya, google adwards sebagai salah satu metode SEM ini dapat memberikan insight yang baik pada bisnis.

SEO tergolong lamban dalam memberikan insight positif pada bisnis. Hal tersebut dikarenakan prosesnya bisa memakan waktu yang berbulan-bulan lamanya. Jadi, bagi yang menginginkan perubahan dalam perintisan usaha sebaiknya menggunakan salah satu metode search engine marketing satu ini, yakni google adwords ini.

2. Budget Dapat Disesuaikan

Kelebihan dari SEM yang juga menjadi manfaat yang baik untuk perkembangan bisnis yang ditekuni adalah adanya kesesuaian antara budget  dan hasil yang diinginkan. Artinya, budget yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan yang dimiliki oleh pemilik bisnis. Ketika budget habis, maka iklan pun akan otomatis terhenti dan itu tidak akan membuat bisnis memiliki tunggakan pembayaran.

Begitu pun sebaliknya, jika penggunaan SEM ini bisa mendatangkan berbagai macam keuntungan dan juga profit maka tidak ada salahnya untuk memasifkan iklan agar bisa lebih berkembang lagi. Hasil dari setiap budget yang dikeluarkan tentunya berbeda, tapi jangan khawatir, setiap iklan pastinya memiliki dampaknya masing-masing dalam menarik pelanggan.

Baca juga : Tips dan Keuntungan Pemasaran Online untuk Bisnis yang lebih Optimal

3. Mencapai Target Marketing

Menjalankan suatu bisnis pasti sudah ada target marketing yang ditentukan sebagai bentuk goals usaha kita. Nah, dalam menggunakan metode-metode SEM maka aka nada kelebihan yang didapatkan yakni, pencapaian target marketing. Ini menjadi sebuah keuntungan besar bagai pegiatnya. Peluang yang didapatkan oleh seorang marketer dalam menyampaikan iklan langsung kepada para audiens.

Misalnya seorang marketer yang ingin menjual semisalnya rumah yang sudah tidak ditinggali lagi. Iklan yang dipasang bisa dijangkau oleh para audiens dengan mengetikkan keyword “rumah dijual”. Dengan adanya ini pastinya bisnis akan semakin mudah dijangkau dan bisa memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan bisnis yang digeluti ke depannya.

Demikianlah tadi ulasan mengenai search engine marketing. Bagaimana sudah ada pencerahan tentang bagaimana sebenarnya SEM itu dan manfaatnya terhadap bisnis? Sangat banyak bukan?

Baca juga : Perilaku Konsumen Untuk Pengembangan Bisnis yang Lebih Baik

Penggunaan search engine marketing memang sangatlah baik, terutama untuk membangun brand awareness pada perusahaan Anda melalui strategi digital,namun yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa melakukan search engine marketing  membutuhkan dana dan pembiayaan yang harus Anda anggarkan untuk interval waktu tertentu.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan penganggaran biaya, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur penganggaran dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki banyak fitur yang bisnis Anda butuhkan guna pengembangan usaha yang lebih baik, diantaranya fitur penganggaran, payroll, penghitungan pajak otomatis, rekonsiliasi bank otomatis, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate berhenti membuang waktu