7 Contoh Keterampilan Teamwork yang Penting dalam Bisnis
Keterampilan teamwork sangat penting untuk kesuksesan Anda di tempat kerja, apa pun industri atau jabatan Anda. Bekerja dengan baik dengan klien, kolega, manajer, dan orang lain di tempat kerja Anda dapat membantu Anda menyelesaikan tugas secara efisien sambil menciptakan lingkungan yang menyenangkan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Organisasi yang menekankan keterampilan kerja tim yang baik biasanya adalah tempat kerja yang sehat dan berfungsi tinggi.
Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat apa itu keterampilan teamwork atau kerja tim, bagaimana Anda dapat meningkatkannya, dan soft skill lain yang dapat membantu Anda menjadi rekan satu tim yang baik.
Daftar Isi
Apa itu Keterampilan Teamwork
Keterampilan teamwork atau kerja sama tim adalah kualitas dan kemampuan yang memungkinkan Anda bekerja dengan baik dengan orang lain selama percakapan, proyek, rapat, atau kolaborasi lainnya.
Memiliki keterampilan teamwork tergantung pada kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan baik, aktif mendengarkan dan bertanggung jawab dan jujur. Masih banyak soft skill tambahan lainnya yang bisa membantu Anda menjadi rekan kerja yang luar biasa di tempat kerja yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.
Mengapa Keterampilan Teamwork itu Penting?
Anda akan diminta untuk bekerja bersama orang lain di setiap industri di setiap level dalam karier Anda. Melakukannya dengan cara yang empatik, efisien, dan bertanggung jawab dapat membantu Anda mencapai tujuan karier, mengembangkan resume, dan memberikan kontribusi positif bagi organisasi Anda.
Ini juga dapat membantu Anda membangun hubungan baik dengan orang lain. Membangun hubungan dapat mengarah pada hubungan kerja yang lebih dalam, koneksi baru, dan kemungkinan peluang baru.
Baca juga: Tips Untuk Sukses Melakukan Direct Sales atau Penjualan Langsung
Contoh Keterampilan Teamwork
Keterampilan teamwork terdiri dari banyak keterampilan lunak lain yang dapat Anda kembangkan dari waktu ke waktu. B
erikut adalah beberapa contoh kualitas yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan kerja sama tim Anda:
Komunikasi
Kemampuan untuk berkomunikasi dengan cara yang jelas dan efisien adalah keterampilan kerja sama tim yang penting. Saat bekerja dengan orang lain, penting bagi Anda untuk berbagi pemikiran, ide, dan informasi penting yang relevan. Ada banyak jenis keterampilan komunikasi termasuk verbal dan nonverbal.
Tanggung jawab
Dalam dinamika kerja tim, penting bagi pihak-pihak yang terlibat untuk memahami pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya dan berupaya menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu dan sesuai standar yang diharapkan.
Dengan seluruh tim berfungsi dengan baik dengan mengambil tanggung jawab untuk pekerjaan mereka sendiri, mereka dapat bekerja sama menuju tujuan bersama.
Baca juga: Feedback Adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh Penerapannya
Kejujuran
Mempraktikkan kejujuran dan transparansi di tempat kerja mungkin berarti mengatasi ketidaksepakatan, menjelaskan bahwa Anda tidak dapat menyelesaikan tugas tertentu tepat waktu atau berbagi pembaruan yang sulit. Tanpa transparansi, akan sulit bagi tim untuk mengembangkan kepercayaan dan karenanya bekerja sama secara efisien.
Mendengarkan secara aktif
Sama seperti komunikasi, keterampilan mendengarkan secara aktif dapat membantu tim untuk memahami dan mempercayai satu sama lain. Mendengarkan secara aktif adalah tindakan berusaha untuk memusatkan perhatian pada satu orang saat mereka berbagi ide, pikiran, atau perasaan mereka. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan lanjutan untuk menggali lebih dalam apa yang mereka komunikasikan.
Empati
Memiliki empati untuk rekan tim Anda dapat memungkinkan Anda untuk lebih memahami motif dan perasaan mereka. Meluangkan waktu untuk mendengarkan dan memahami bagaimana orang lain berpikir dan bekerja dapat membantu Anda berkomunikasi dengan mereka dengan cara yang benar.
Baca juga: Cara Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan dan Mengembangkan Bisnis Anda
Kolaborasi
Kerja tim ada sehingga sekelompok individu dengan beragam keterampilan dan bakat dapat bekerja sama menuju tujuan bersama. Sangat penting untuk bekerja dengan rekan tim lain untuk berbagi ide, meningkatkan pekerjaan satu sama lain dan membantu satu sama lain untuk membentuk tim yang baik.
Kesadaran
Dalam kerja tim, penting bagi Anda untuk mengasah kemampuan Anda untuk menyadari dinamika tim setiap saat. Misalnya, jika satu orang mendominasi percakapan atau tidak mengizinkan orang lain untuk berbagi ide, penting untuk mengembalikan keseimbangan agar setiap rekan satu tim berkontribusi secara merata.
Atau, jika satu orang cenderung lebih pemalu atau ragu-ragu untuk berbagi ide, penting untuk menciptakan ruang sehingga semua rekan tim merasa nyaman untuk menyumbangkan keterampilan dan kemampuan unik mereka.
Bagaimana Cara Meningkatkan Keterampilan Teamwork Anda?
Meskipun perlu waktu dan kerja keras untuk meningkatkan soft skill seperti kerja sama tim, tentu saja Anda bisa membangun sikap ini. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan keterampilan kerja sama tim Anda:
Dapatkan umpan balik yang jujur. Mungkin sulit untuk mengidentifikasi area perbaikan Anda sendiri. Menemukan teman, kolega, atau mentor tepercaya yang dapat memberi Anda umpan balik yang jujur tentang kekuatan dan kelemahan kerja tim Anda dapat membantu Anda meningkatkannya.
Tetapkan tujuan pribadi. Menggunakan pengamatan Anda sendiri dan umpan balik dari orang lain untuk membentuk tujuan yang dapat dicapai, relevan, dan dibatasi waktu dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan kerja tim satu per satu. Menggunakan kerangka tujuan SMART adalah cara mudah untuk menetapkan tujuan yang sesuai untuk karir Anda.
Praktek. Dibutuhkan waktu dan latihan untuk melihat peningkatan dalam keahlian Anda. Perhatikan baik-baik interaksi kerja tim Anda sepanjang hari baik di dalam maupun di luar pekerjaan. Ambil langkah-langkah penuh perhatian untuk melatih kualitas spesifik yang Anda coba bangun.
Meniru orang lain dengan keterampilan teamwork yang kuat. Saat Anda melihat contoh kerja tim yang hebat, perhatikan dan identifikasi mengapa interaksi itu menonjol bagi Anda. Terapkan kualitas-kualitas itu dalam interaksi Anda sendiri saat bekerja dengan orang lain.
Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Project Management Plan? Berikut Penjelasannya
Kesimpulan
Mengembangkan keterampilan teamwork dapat membantu Anda baik dalam karier maupun saat mencari peluang bisnis baru. Luangkan waktu untuk mengevaluasi keahlian Anda saat ini dan mengidentifikasi area untuk perbaikan. Dengan waktu dan latihan, Anda dapat mulai membangun keterampilan kerja tim yang kuat.
Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang mencari solusi kemudahan pembukuan bisnis, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai pilihan yang tepat untuk proses pembukuan yang lebih baik.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.
Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: