Apa itu Advertising Plan? Ini Pengertian dan 7 Cara Mudah Mempersiapkannya

Sebagian besar dari Anda pasti sudah sering mendengar tentang istilah advertising. Namun, masih banyak yang mengira bahwa advertising dan advertising plan adalah dua hal yang sama, padahal jelas berbeda.

Advertising adalah kegiatan yang dilakukan untuk membuat iklan pada suatu produk ataupun jasa. Disisi lain, advertising plan adalah salah satu kegiatan yang mampu menunjang proses advertising.

Di zaman sekarang, advertising memiliki peran yang sangat penting agar bisa memperluas jangkauan pelanggan dan meningkatkan traffic serta pendapatan.

Lalu, apa itu advertising plan? Dapatkan penjelasan lengkapnya dengan membaca artikel tentang advertising plan di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Advertising Plan?

accurate.id gambar advertising plan-1

Dilansir dari The Balance SMB, advertising plan atau rencana periklanan adalah dokumen yang menyajikan strategi dan taktik periklanan yang akan digunakan oleh suatu perusahaan atau organisasi dalam upaya mempromosikan produk atau layanan brand Anda kepada pasar yang dituju.

Rencana periklanan biasanya mencakup tujuan periklanan, analisis pasar, target audiens, pesan yang ingin disampaikan, media periklanan yang akan digunakan, anggaran periklanan, serta metrik yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye periklanan.

Tujuan dari membuat advertising plan adalah untuk memastikan bahwa semua keputusan periklanan didasarkan pada strategi yang terencana dengan baik dan diukur dengan baik, sehingga kampanye periklanan dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Baca juga: Apa itu Sponsorship Marketing? Ini Pengertian dan 6 Manfaat Luar Biasanya Untuk Bisnis

Manfaat Memiliki Advertising Plan

accurate.id gambar advertising plan-2

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan memiliki advertising plan, di antaranya:

1. Mengarahkan Fokus Perusahaan

Dengan memiliki advertising plan, perusahaan dapat memfokuskan upaya dan sumber daya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dengan lebih efektif. Advertising plan membantu perusahaan untuk menentukan target pasar yang tepat, pesan yang ingin disampaikan, dan media yang paling efektif untuk digunakan.

2. Menghemat Biaya

Dengan merencanakan kampanye iklan dengan baik, perusahaan dapat menghemat biaya iklan dengan memilih media yang paling efektif dan menghindari biaya iklan yang tidak efektif.

3. Meningkatkan Efektivitas Kampanye Iklan

Dengan merencanakan kampanye iklan secara sistematis dan memperhitungkan target pasar dan pesan yang ingin disampaikan, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas kampanye iklan dan mencapai tujuan pemasaran dengan lebih efektif.

4. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Dengan memiliki advertising plan yang baik, perusahaan dapat membangun kampanye iklan yang lebih menarik dan informatif untuk konsumen, sehingga meningkatkan keterlibatan konsumen dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

5. Memperkuat Brand

Advertising plan membantu perusahaan untuk membangun citra brand yang kuat dan meningkatkan brand awareness di pasar. Dengan memilih pesan dan media iklan yang tepat, perusahaan dapat memperkuat posisi brand dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand tersebut.

6. Memantau dan Mengevaluasi Kampanye Iklan

Dengan memiliki advertising plan yang baik, perusahaan dapat memantau dan mengevaluasi kampanye iklan secara teratur untuk melihat apakah kampanye tersebut mencapai tujuan yang ditetapkan dan apakah ada perbaikan yang dapat dilakukan pada kampanye berikutnya.

Baca juga: Pengertian Paid Media 4 Contohnya yang Bisa Perluas Jangkauan Brand Anda

Cara Mempersiapkan Advertising Plan

accurate.id gambar advertising plan-3

Mempersiapkan advertising plan yang efektif dapat membantu memastikan keberhasilan kampanye periklanan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mempersiapkan advertising plan:

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dari advertising plan tersebut. Tujuan dapat berupa peningkatan penjualan, awareness brand, pengenalan produk baru, atau lainnya. Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai, maka dapat memudahkan dalam merancang strategi dan taktik yang tepat.

2. Kenali Target Audience

Selanjutnya, kenali target audience yang ingin dituju. Hal ini penting karena dapat membantu dalam menentukan media dan pesan yang tepat untuk target audience tersebut. Identifikasi profil dan karakteristik target audience seperti usia, jenis kelamin, lokasi, hobi, atau kebiasaan yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Pilih Media Advertising

Setelah mengetahui target audience, langkah selanjutnya adalah memilih media advertising yang tepat untuk menjangkau target audience tersebut. Media advertising dapat berupa media online seperti website, social media, email, atau media offline seperti TV, radio, koran, billboard, dan lainnya. Pilih media yang tepat untuk target audience dan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

4. Tentukan Pesan

Buat pesan yang menarik dan relevan untuk target audience. Pesan yang tepat dapat meningkatkan efektivitas kampanye advertising dan mempengaruhi perilaku konsumen. Pastikan pesan yang dibuat sesuai dengan tujuan kampanye advertising dan brand yang ingin dibangun.

5. Tentukan Anggaran

Langkah terakhir adalah menentukan anggaran advertising yang tersedia. Anggaran yang cukup dapat mempengaruhi pilihan media advertising dan strategi yang digunakan. Pastikan anggaran yang ditentukan sesuai dengan tujuan kampanye advertising dan efektif dalam mencapai target audience.

6. Tentukan Jangka Waktu Kampanye

Tetapkan jangka waktu kampanye Anda. Berapa lama kampanye ini akan berlangsung? Apakah ada waktu yang lebih baik untuk meluncurkan kampanye iklan?

7. Ukur dan Analisis Hasil

Setelah kampanye selesai, ukur dan analisis hasilnya. Apakah kampanye ini mencapai tujuan yang ditetapkan? Apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan di masa mendatang?

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Penerapan dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang advertising plan. Di era digital seperti saat ini, memasang iklan memiliki peran yang penting agar Anda bisa mengembangkan bisnis secara lebih cepat.

Dengan mempersiapkan advertising plan yang matang dan tepat, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas kampanye advertising dan mencapai tujuan yang diinginkan. Hasil ini nantinya bisa menjadi bahan diskusi untuk pembuatan iklan atau kampanye lain ke depannya.

Namun hal tersebut tidak akan bisa berjalan dengan lancar bila Anda tidak bisa mengelola dan mengatur keuangan bisnis dengan baik, terlebih lagi dalam hal anggaran. Untuk itu, #lebihbaik jika Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara real-time dan akan membantu Anda dalam membuat anggaran yang tepat untuk setiap pos operasional bisnis Anda.

Fitur bisnis luar biasa di dalamnya juga sudah saling terintegrasi, sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Jadi tunggu apa lagi? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!