Apa itu Thought Leader Marketing? Ini Pengertian dan 6 Cara Mudah Memaksimalkannya

oleh | Jun 19, 2023

source envato.

Apa itu Thought Leader Marketing? Ini Pengertian dan 6 Cara Mudah dalam Memaksimalkannya

Secara sederhana, thought leadership marketing atau yang banyak dikenal dengan thought leader marketing adalah salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk bisa meningkatkan kredibilitas, value, dan visibilitas dari perusahaan itu sendiri.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang thought leader marketing? Baca terus artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan pengertian dan cara paling mudah untuk memaksimalkannya.

Pengertian Thought Leader Marketing

accurate.id gambar Thought Leader Marketing-1

Berdasarkan laman Forbes, thought leader marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan penggunaan kepemimpinan intelektual dan pengaruh yang besar dalam suatu industri atau bidang tertentu untuk membangun reputasi dan pengaruh.

Dirangkum dari laman Harvard Business Review, seorang thought leader adalah seseorang yang dianggap memiliki pengetahuan dan wawasan mendalam dalam bidangnya, dan mereka menggunakan pengetahuan ini untuk memimpin dan mempengaruhi pemikiran dan pandangan orang lain.

Thought leader marketing akan lebih banyak melibatkan berbagi pengetahuan, wawasan, dan ide-ide melalui berbagai channel, seperti artikel, blog, presentasi, wawancara media, dan media sosial.

Dengan menjadi sumber informasi yang dihormati dan diakui, thought leader dapat membangun kredibilitas dan meningkatkan brand visibility dari perusahaan yang mereka wakili.

Baca juga: Mengenal Brand Evolution dan Perbedaannya dengan Rebrand dalam Dunia Marketing

Manfaat Thought Leader Marketing

accurate.id gambar Thought Leader Marketing-2

Thought leader marketing memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu brand atau perusahaan dalam mencapai tujuan pemasaran mereka. Disadur dari laman Content Marketing Institute, berikut ini adalah beberapa manfaat dari thought leader marketing:

  • Meningkatkan kredibilitas

Dengan menjadi thought leader dalam bidang tertentu, Anda membangun kredibilitas dan kepercayaan di antara audiens Anda. Hal Ini akan dapat membantu meningkatkan brand image Anda dan membuat Anda dianggap sebagai orang yang mampu memberikan pengaruh besar di dalam industri Anda.

  • Meningkatkan brand visibility

Melalui kehadiran dan partisipasi aktif dalam diskusi-diskusi industri, Anda dapat meningkatkan brand visibility. Orang-orang nantinya akan mencari pandangan dan opini Anda, yang akan membawa lebih banyak perhatian dan brand awareness Anda.

  • Meningkatkan pengaruh dan kepemimpinan

Dengan menjadi seorang thought leader, Anda memiliki kesempatan untuk mempengaruhi pemikiran dan pandangan orang lain dalam industri Anda. Hal ini akan dapat membantu Anda dalam memainkan peran yang lebih aktif dalam membentuk arah dan tren di industri tersebut.

  • Meningkatkan pemahaman pelanggan

Melalui thought leader marketing, Anda dapat berbagi pengetahuan dan wawasan yang penting kepada pelanggan atau audiens Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang industri atau masalah yang relevan, dan pada akhirnya nanti akan memperkuat hubungan Anda dengan mereka.

Baca juga: Apa itu Branding Merchandise? Ini Pengertian dan 7 Cara Ampuh dalam Melakukannya

Kelebihan dan Kekurangan Thought leader Marketing

accurate.id gambar Thought Leader Marketing-3

Thought leader marketing memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Bersumber dari laman Hubspot, kelebihan dan kekurangan thought leader marketing adalah sebagai berikut:

Kelebihan thought leader marketing:

  1. Meningkatkan kredibilitas: Sebagai thought leader, Anda membangun kredibilitas dan kepercayaan di antara audiens Anda, yang dapat membantu memperkuat brand reputation.
  2. Meningkatkan visibilitas: Dengan berbagi pengetahuan dan wawasan yang penting, Anda dapat meningkatkan brand visibility dan menarik perhatian yang lebih besar dari audiens yang relevan.
  3. Memperkuat hubungan dengan pelanggan: Melalui thought leader marketing, Anda dapat memberikan nilai tambahan kepada pelanggan Anda dengan berbagi wawasan dan solusi yang relevan. Hal ini akan membantu memperkuat hubungan dan memperluas jangkauan pelanggan Anda.
  4. Mempengaruhi pemikiran dan pandangan: Sebagai thought leader, Anda memiliki kesempatan untuk mempengaruhi pemikiran dan pandangan orang lain dalam industri Anda. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memainkan peran yang aktif dalam membentuk tren dan arah industri tersebut.

Kekurangan thought leader marketing:

  1. Membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten: Membangun kehadiran sebagai thought leader akan membutuhkan waktu dan upaya yang berkelanjutan. Hal ini akan melibatkan penelitian, pembuatan konten, dan keterlibatan aktif dengan audiens Anda secara teratur.
  2. Risiko perolehan otoritas yang buruk: Jika konten atau ide-ide yang Anda bagikan tidak terbukti akurat atau tidak berkualitas, maka akan dapat mengurangi pengaruh dan reputasi Anda sebagai thought leader. Oleh karena itu, Anda harus membuat konten yang berdasarkan pada penelitian yang solid dan pengalaman praktis yang relevan.
  3. Persaingan yang ketat: Di dunia marketing yang ketat saat ini, menjadi thought leader membutuhkan upaya untuk membedakan diri dari kompetitor. Anda perlu menawarkan sudut pandang yang unik dan konten yang berkualitas agar terlihat menonjol dan mendapatkan perhatian dari audiens.

Baca juga: Pengertian Branding Startup dan 6 Alasan Kenapa Bisnis Startup Memerlukannya

Bagaimana Cara Memaksimalkan Thought leader Marketing?

Untuk memaksimalkan thought leader marketing, Anda dapat mengikuti beberapa langkah dan strategi yang ampuh. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk memaksimalkan thought leader marketing:

1. Identifikasi bidang kepakaran Anda

Tentukan area di mana Anda memiliki pengetahuan dan wawasan yang mendalam. Fokuslah pada bidang tersebut dan pastikan bahwa konten yang Anda bagikan relevan dan berharga bagi audiens Anda.

2. Membangun konten berkualitas

Buatlah konten yang informatif, dengan berdasarkan penelitian yang solid dan pengalaman praktis. Tulis artikel, blog, dan buat video yang memberikan pengetahuan dan solusi bagi audiens Anda.

3. Berbagi konten secara konsisten

Jadwalkan waktu untuk secara teratur membagikan konten Anda melalui channel online seperti blog, media sosial, atau melalui publikasi industri yang relevan. Pertahankan konsistensi dalam publikasi konten Anda untuk membangun kehadiran yang kuat.

4. Bangun jaringan dengan orang-orang di industri Anda

Terlibatlah dalam komunitas online dan offline yang relevan dengan industri Anda. Hadiri konferensi, acara industri, atau diskusi panel untuk membangun koneksi dengan orang-orang yang memiliki minat serupa.

5. Jadilah aktif di media sosial

Manfaatkanlah media sosial untuk berbagi wawasan, mendiskusikan tren terkini, dan berinteraksi dengan audiens Anda. Gunakan juga beberapa platform, seperti LinkedIn, Twitter, atau Medium untuk membangun profil Anda sebagai seorang thought leader.

6. Terlibat dalam wawancara atau acara industri

Ambil juga kesempatan untuk menjadi narasumber dalam wawancara media, podcast, atau panel diskusi. Hal ini akan membantu Anda dalam meningkatkan visibilitas dan pengaruh Anda sebagai thought leader.

Baca juga: Pengertian Lengkap 7P Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

Penutup

Jadi, thought leader marketing memiliki sejumlah kelebihan yang dapat membantu brand atau perusahaan dalam mencapai tujuan marketing.

Melalui kepemimpinan intelektual dan pengaruh dalam industri atau bidang tertentu, thought leader dapat meningkatkan kredibilitas, visibilitas, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan mempengaruhi pemikiran dan pandangan orang lain.

Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti waktu dan upaya yang konsisten yang dibutuhkan, risiko perolehan otoritas yang buruk jika konten tidak berkualitas, dan persaingan yang ketat di dunia marketing.

Dalam melakukan thought leader marketing, Anda harus membuat konten yang didukung dengan penelitian solid dan pengalaman praktis yang relevan, serta untuk membedakan diri dari pesaing dengan menawarkan sudut pandang yang unik dan konten berkualitas.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan thought leader marketing, Anda dapat mengembangkan strategi yang tepat dan memanfaatkan potensi marketing ini untuk mencapai tujuan Anda.

Namun, apapun strategi pemasaran yang ingin Anda jalankan, Anda harus bisa mengelola anggaran pemasaran Anda dengan baik. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi berbasis website ini akan memudahkan Anda dalam mengelola seluruh anggaran yang dibutuhkan dalam pos bisnis Anda, dari mulai produksi, pengembangan, distribusi, hingga pemasaran. Seluruh biaya yang keluar dan masuk pun akan tercatat dan Anda bisa mendapatkan laporan keuangan tersebut secara otomatis, cepat, dan akurat.

Segera klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencobanya selama 30 hari, Gratis!

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait