Apa itu User Persona? Ini Pengertian & Tips Membangunnya!

Untuk Anda yang sedang dalam mengembangkan produk, atau pemasaran, user persona adalah suatu istilah yang tentu sudah sangat akrab di telinga Anda. Jadi, apa itu user persona bisa diartikan sebagai suatu representasi dari tujuan yang didasarkan pada keperluan pokok sekelompok orang ketika menggunakan produk.

Menerapkan user persona adalah suatu nilai yang sangat penting bagi rencana strategi bisnis agar bisa mencapai target tujuan Anda secara lebih cepat dan juga lebih mudah.

Tujuan dari user persona adalah meningkatkan daya tarik dan minat setiap pelanggan. Dengan menerapkan metode ini, maka informasi ataupun pesan pemasaran bisa lebih tepat sasaran pada para pengguna produk.

User persona dibangun saat proses pembuatan produk. Kenapa? Karena dalam proses ini Anda akan melakukan suatu penentuan spesifikasi dan citra produk yang sudah disesuaikan dengan karakteristik pengguna. Sehingga, setiap user produk pun nantinya bisa merasa dipahami dan juga dipedulikan.

Apa itu User Persona?

Berdasarkan laman Adobe, pengertian dari apa itu user persona adalah suatu karakter fisik, dimana karakter tersebut tidak dibuat secara sembarangan. Karena, user ini bisa mewakili seorang user yang ideal. Untuk itu, Anda harus mengetahui untuk siapa produk Anda tersebut dibuat.

Tokoh fiksi ini juga harus bisa mewakili kebutuhan dari setiap kelompok pengguna, dan umumnya profil tersebut akan dituangkan pada satu atau dua halaman. Berikut ini adalah contoh template user persona.

Berdasarkan template di atas, maka tim desainer produk harus bisa menambahkan beragam hal secara lebih detail, seperti perilaku, sikap, skil, dan beragam informasi penting lainnya. Penciptaan user persona ini juga masuk ke dalam suatu proses yang dikenal dengan design thinking.

Di dalam tahap inilah nantinya setiap desainer produk harus memberikan beragam riset serta pengumpulan data, yang mana nantinya data tersebut akan dibuat sebagai karakter fiksi yang terdapat di dalam proses define.

Baca juga: Buyer Persona: Pengertian, Fungsi, Dan Cara Menentukannya

Tips Membangun User Persona

1. Melakukan Riset Pasar

Tips pertama dalam membangung user persona adalah menghimpin referensi sebanyak mungkin agar nantinya bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh para pengguna. Tujuannya adalah agar produk yang Anda buat memang suatu hal yang sangat berguna dan juga berguna untuk para pengguna.

Penelitian ini bisa Anda lakukan dengan dua cara, yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang lebih berdasarkan pada kualitas produk dalam bentuk ide ataupun konsep.

Sedangkan penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan agar bisa membuktikan hipotesis yang sebelumnya sudah ada. Penelitian ini dilakukan dengan sejumlah user berskala besar dengan menggunakan metode survei.

2. Lakukan Segmentasi Pasar yang Baik

Dalam suatu user persona, Anda harus bisa mendapatkan segmentasi pasar agar bisa menggambarkan perilaku serta karakteristik dari para pengguna produk Anda. Anda juga bisa melakukan strategi pemasaran STP yang nantinya akan memudahkan Anda dalam mengumpulkan data untuk setiap pengguna produk.

Sehingga, Anda bisa dengan mudah membuat suatu target secara lebih jelas, dan bisa melakukan perhitungan customer acquisition cost dan juga lifetime value.

3. Temukan Pola User yang Beragam

Ketika melakukan wawancara, maka Anda harus bisa menemukan apa saja pola yang ada pada pengguna. Tujuannya adalah agar bisa menentukan kelompok pada user produk Anda.

Selanjutnya, buatlah suatu model awal dengan acuan berbagai pola sebelumnya. Lalu, tunjukkanlah model awal yang telah Anda lakukan kepada tim desain atau tim pemasaran agar mereka bisa memahami model tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Customer Journey Map yang Efektif?

4. Gunakan Template

Agar bisa lebih memudahkan Anda, cobalah untuk menggunakan template gratis yang sebelumnya sudah ada. Selain akan memperindah tampilan, template juga akan lebih memudahkan Anda dalam mengisi beragam data pendukung pengguna yang lainnya.

Sama seperti kebiasaan sehari-hari, teknologi yang sering digunakan, dan brand terkenal yang mungkin sering digunakan. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi membuat desainnya dari nol.

5. Mulai Melakukan User Persona

Saat sudah berhasil melakukan beragam cara di atas, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat user persona. Tapi, sangar disarankan untuk membuat user persona sebanyak 3 hingga 7 orang terlebih dulu.

Sejumlah orang tersebut diharapkan bisa mewakili semua pengguna yang nantinya akan menggunakan produk. Tapi walaupun begitu, Anda juga harus tetap memilih pengguna yang menjadi prioritas utama.

6. Sampaikan Hasil Akhirnya Kepada Rekan

Jika Anda sudah melakukan user persona dengan baik, maka hasil tersebut nantinya bisa Anda presentasikan pada setiap stakeholders, rekan satu tim, dan lainnya. tujuannya tentu agar Anda bisa memperoleh saran ataupun kritik terkait hal yang nantinya harus Anda perbaiki.

Baca juga: User Research: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Melakukannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang user persona dan beragam tips dalam menciptakan user persona yang tepat. Dengan kehadiran informasi seperti ini, maka Anda akan lebih mudah dan juga terbantu untuk membuat produk yang lebih ideal dan diinginkan oleh setiap pengguna, sehingga akan sangat meningkatkan keuntungan Anda.

Tapi, Anda harus tetap mencatat keuntungan tersebut di dalam laporan arus kas bisnis Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa memantau setiap arus kas yang keluar dan masuk pada perusahaan Anda dan juga memastikan kondisi keuangan bisnis saat ini.

Nah, agar lebih mudah dalam mencatat setiap arus kas bisnis atau aktivitas akuntansi yang lainnya, maka gunakanlah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka siklus keuangan perusahaan Anda nantinya akn lebih mudah terkontrol dan juga lebih efisien. Anda juga akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis cepat dan akurat.

Silahkan coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini, gratis.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.