Bagaimana Cara Menjadi Tenaga Penjual yang Baik? Berikut Skill, Tips, dan Caranya

Karir di bidang penjualan dapat memberikan gaji yang tinggi, lingkungan kerja yang fleksibel, dan kesempatan untuk pengembangan profesional. Untuk menikmati manfaat ini, bagaimanapun, seorang tenaga penjualan harus membentuk hubungan saling percaya dengan pelanggan dan memenuhi atau melampaui tujuan penjualan. Seorang profesional penjualan yang baik memiliki seperangkat keterampilan, intuisi, dan pengalaman yang unik. Dalam artikel ini, kami membantu Anda mempelajari cara menjadi tenaga penjual atau salesman yang baik dengan menjelaskan keterampilan yang Anda butuhkan dan langkah-langkah yang harus Anda ambil.

Apa itu tenaga penjual?

Seorang tenaga penjualan atau salesman adalah seorang profesional yang menjual produk atau jasa kepada klien dan perusahaan. Mereka bekerja untuk dan mewakili perusahaan yang memproduksi satu atau banyak barang atau menawarkan layanan.

Seorang tenaga penjualan harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang apa yang mereka jual dan pasar yang mereka jual. Sebagian besar profesional penjualan mendapatkan gaji plus komisi dan harus melakukan jumlah penjualan minimum setiap bulan, kuartal, atau tahun. Namun, jika mereka melebihi tujuan tersebut, mereka mungkin menerima keuntungan finansial seperti bonus. Tugas pekerjaan salesman umum meliputi:

  • Berkomunikasi dengan pelanggan yang ada dan calon pelanggan
  • Membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan dan bisnis
  • Negosiasi kesepakatan penjualan
  • Memecahkan masalah dan keluhan pelanggan
  • Melacak penjualan dan tren pasar
  • Membuat laporan penjualan
  • Mengelola inventaris

Jika Anda ingin tahu bagaimana menjadi seorang salesman yang baik, Anda harus merasa nyaman bekerja di lingkungan yang serba cepat dan terus berubah.

Baca juga: Sales Automation: Pengertian dan Pembahasan Lengkapnya

Apa yang membuat seorang menjadi tenaga penjual yang baik?

Tenaga penjual yang baik memiliki keterampilan alami dan terpelajar dalam layanan pelanggan dan tekad untuk berhasil. Saat mempelajari cara menjadi salesman, kembangkan keterampilan utama ini:

  • Komunikasi: Tenaga penjual yang baik dapat menjelaskan produk atau layanan dengan cara yang meyakinkan dan dalam istilah yang mudah dipahami.
  • Mendengarkan: Seorang wiraniaga harus mendengarkan dengan cermat apa yang dikatakan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan menghasilkan penjualan.
  • Kesabaran: Butuh waktu untuk menutup penjualan, dan seorang salesman mungkin perlu menghabiskan banyak waktu dengan klien untuk melakukannya.
  • Empati: Jika seorang wiraniaga dapat memahami apa yang dirasakan atau dialami pelanggan, mereka dapat memprediksi apa yang diinginkan klien dan menjual produk dengan lebih efektif.
  • Inisiatif: Seorang tenaga penjualan harus memiliki ambisi dan antusiasme untuk mengejar penjualan melalui cara apa pun.
  • Daya Saing: Seorang tenaga penjual yang baik berkembang pesat dalam mencapai tujuan, membandingkan kesuksesan mereka dengan orang lain dan berusaha menjadi yang terbaik dalam apa yang mereka lakukan.
  • Jaringan: Berinteraksi dengan orang-orang dan mengembangkan hubungan profesional datang secara alami kepada tenaga penjual yang baik. Keterampilan jaringan membantu mereka menumbuhkan hubungan pelanggan yang sudah ada dan membentuk yang baru.
  • Perhatian terhadap detail: Tenaga penjual yang baik mengenali dan mengingat informasi tentang klien. Mereka mungkin menunjukkan bahwa mereka peduli dengan bertanya kepada pelanggan bagaimana keadaan anggota keluarga atau dengan mengirimkan kartu pada hari ulang tahun pelanggan.
  • Pesona: Pelanggan bereaksi dengan baik terhadap kesan pertama yang positif dan profesional, jadi seorang wiraniaga harus pandai berbicara, berpakaian rapi, dan penuh perhatian.
  • Keyakinan: Seorang tenaga penjual harus percaya dan bersemangat tentang produk mereka dan kemampuan mereka untuk menjualnya.
  • Kemampuan beradaptasi: Tenaga penjual yang baik dapat mengatur jadwal, produk, dan taktik penjualan yang terus berubah.
  • Multitasking: Seorang tenaga penjualan mengerjakan banyak transaksi secara bersamaan, menanggapi panggilan dan email sepanjang hari dan harus mengatur banyak detail.
  • Antusiasme: Ketika seorang tenaga penjualan termotivasi tentang suatu produk, mereka menemukan cara baru untuk melakukan penjualan. Pelanggan juga memberi makan kegembiraan itu.

Baca juga: Pengertian Sales Letter, Cara Membuat dan Contohnya

Bagaimana menjadi seorang tenaga penjual yang baik?

Untuk menjadi tenaga penjualan yang baik, Anda harus memiliki keterampilan, pendidikan, dan pengalaman yang dicari oleh para pemberi kerja dalam staf penjualan mereka. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menjadi penjual yang baik, ikuti langkah-langkah ini untuk memulai di industri ini.

Dapatkan ijazah atau gelar

Sebagian besar posisi penjualan memerlukan tingkat pendidikan tertentu. Anda mungkin hanya memerlukan ijazah sekolah menengah untuk pekerjaan penjualan tingkat awal atau nonteknis. Jika Anda ingin menjual produk atau layanan teknis atau farmasi, Anda mungkin memerlukan gelar sarjana dalam bidang bisnis, pemasaran, keuangan, atau bidang terkait. Pertimbangkan untuk mengambil kursus di bidang pemasaran, psikologi, manajemen penjualan, perilaku konsumen, dan bisnis.

Lakukan penelitian Anda

Pelajari industri dan produk yang ingin Anda jual. Tunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa Anda sudah memahami bidang mereka, layanan yang mereka jual, dan cara mendiskusikannya.

Mendapatkan pengalaman

Mempekerjakan manajer suka melihat pelamar dengan pengalaman kerja sebelumnya, terutama dalam penjualan. Bangun pengalaman dan pelatihan Anda bekerja di posisi penjualan tingkat pemula seperti ritel. Banyak perusahaan juga menawarkan pelatihan penjualan di tempat kerja.

Baca juga: Sales Pitch: Pengertian dan Cara Membuatnya

Bagaimana cara menjadi tenaga penjual terbaik?

Setelah Anda memasuki industri penjualan, Anda harus melanjutkan peningkatan diri dan profesional Anda untuk mendapatkan penjualan dan pengalaman serta meningkatkan penghasilan Anda. Ikuti langkah-langkah ini jika Anda ingin tahu cara menjadi salesman terbaik:

Ketahui apa yang Anda jual

Memiliki pemahaman mendalam tentang produk atau layanan yang disediakan perusahaan Anda dan setiap detail tentang cara kerjanya. Pengetahuan ini membuat Anda memiliki otoritas pada produk dan memungkinkan Anda memberikan semua informasi yang mereka butuhkan kepada pelanggan.

Percaya pada apa yang Anda jual

Lebih mudah untuk bersikap positif dan bersemangat tentang produk yang Anda gunakan dan percayai. Berikan contoh dan testimoni pelanggan sebagai bukti nilai produk.

Ikuti proses yang berulang

Tetapkan proses penjualan terukur yang mengarah pada hasil positif, dan ikuti secara konsisten. Melakukannya memungkinkan Anda mengetahui langkah apa yang harus diambil dan kapan. Tinjau hasil Anda secara teratur, dan buat perubahan pada proses Anda sesuai kebutuhan untuk meningkatkan penjualan.

Pahami persona pembeli Anda

Persona pembeli adalah representasi dari audiens ideal yang Anda coba jual. Ini adalah pelanggan potensial terbaik Anda dan siapa yang harus Anda targetkan.

Personalisasi pengalaman

Perlakukan setiap calon pelanggan sebagai individu. Pelajari tentang pembeli itu, dan sesuaikan pesan atau teknik penjualan Anda agar sesuai dengan mereka. Pahami masalah yang mereka coba selesaikan dan bagaimana produk Anda dapat membantu.

Baca juga: Tips Untuk Sukses Melakukan Direct Sales atau Penjualan Langsung

Latih keterampilan terus menerus

Bekerja untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda, pesona dan komunikasi dalam segala hal yang Anda lakukan. Mulai percakapan dengan orang-orang di pesta atau acara untuk melatih jaringan dan mendengarkan secara aktif. Baca reaksi dan bahasa tubuh mereka. Kemudian gabungkan apa yang Anda pelajari ke dalam panggilan dan pertemuan harian Anda dengan klien.

Belajarlah dari rekan kerja Anda

Tanyakan kepada tenaga penjualan paling sukses di perusahaan Anda apakah Anda dapat mengamati atau membayangi mereka selama sehari. Dengarkan panggilan dan percakapan mereka, dan pelajari cara mereka mengamankan kesepakatan dan menyelesaikan konflik.

Tindak lanjuti dengan pelanggan

Jangkau pelanggan potensial setelah mengirim proposal dan pelanggan yang sudah ada setelah melakukan penjualan. Tunjukkan layanan pelanggan yang baik dengan menanyakan apakah mereka memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut tentang produk.

Selalu lakukan persiapan.

Sebelum menelepon atau bertemu dengan pelanggan potensial, teliti kebutuhan individu itu, antisipasi pertanyaan yang mungkin mereka ajukan dan buat rencana sebelumnya.

Cari pelanggan di mana-mana

Cobalah untuk mengidentifikasi kemungkinan pelanggan ke mana pun Anda pergi, baik selama maupun di luar jam kerja. Jaringan dengan orang-orang di acara, makan malam, dan pesta. Pertahankan mentalitas tenaga penjual Anda karena Anda tidak pernah tahu di mana Anda akan menemukan petunjuk berikutnya.

Mintalah referensi

Saat Anda melakukan penjualan, mintalah pelanggan tersebut untuk merujuk produk Anda kepada orang lain atau merekomendasikan pelanggan lain yang mungkin. Tindak lanjuti informasi ini dengan cepat, karena dapat menghasilkan penjualan yang cepat dan mudah.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Sales yang Hebat? Berikut 19 Karakteristiknya

Tahu kapan harus berhenti

Beri diri Anda batas untuk berapa lama Anda ingin menghabiskan pada kemungkinan kesepakatan. Jika tidak, Anda mungkin membuang-buang waktu yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan penjualan yang lebih menguntungkan.

Jujur

Dapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan Anda dengan bersikap jujur. Jika Anda terlalu banyak berjanji pada produk, harga, atau layanan, Anda mungkin kehilangan bisnis pelanggan itu atau mendapatkan ulasan yang buruk.

Terima penolakan

Jika Anda tidak menyelesaikan penjualan, terima dan segera beralih ke kesepakatan berikutnya. Pertahankan sikap positif, dan pahami bahwa kesepakatan yang hilang adalah bagian dari proses penjualan.

Jadilah bagian dari tim

Tenaga penjualan sering bekerja secara mandiri dan memiliki tujuan penjualan individu. Agar sebuah perusahaan berhasil, bagaimanapun, setiap orang harus bekerja sebagai sebuah tim. Tanyakan kepada rekan kerja Anda apakah mereka membutuhkan bantuan, dan mintalah bantuan pada diri Anda sendiri saat Anda membutuhkannya. Saling mendukung, dan membangun hubungan profesional yang kuat yang mungkin bermanfaat bagi Anda di masa depan.

Ketahui apa yang memotivasi Anda

Identifikasi apa yang mendorong Anda menjadi tenaga penjual terbaik, dan gunakan itu sebagai motivasi. Anda mungkin hanya berkembang dalam persaingan menjadi yang terbaik, atau Anda mungkin menabung untuk pembelian besar dan membutuhkan komisi tambahan itu.

Istirahat yang cukup

Beristirahatlah sepanjang hari, dan tidurlah setidaknya delapan jam setiap malam. Kebiasaan sehat ini membuat Anda tetap tajam selama rapat dan panggilan. Mereka juga dapat membantu mengurangi stres dan mencegah kelelahan di lingkungan kerja yang serba cepat.

Bekerja keras

Bahkan jika Anda telah memenuhi target penjualan bulanan Anda, tetaplah bekerja. Jadwalkan rapat, kirim email, dan hubungi prospek setelah jam kerja, jika diperlukan. Manajemen memperhatikan tenaga penjual yang terus-menerus melebihi harapan. Melakukannya memberi Anda peluang terbaik untuk mendapatkan promosi dan bonus.

Baca juga: Ingin Membangun Merek? Perhatikan 4 Langkah ini

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan skill  yang harus Anda bangun jika Anda ingin menjadi tenaga penjual yang baik. Dengan mempelajari tips dan skill diatas, peluang Anda untuk menjadi salesman yang berhasil akan lebih besar, dan secara bersamaan akan meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh transaksi penjualan pada proses pembukuan yang baik dan sesuai standar agar Anda bisa dengan memantau dan menghitung berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, dan beralihlah menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pembukuan dan pengelolaan akuntansi yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis dan berpangalaman lebih dari 20 tahun.

Jadikan proses pembukuan, manajemen stok, pengelolaan pajak, hingga pembuatan laporan keuangan pada bisnis Anda mudah dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah