Direct Marketing Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Direct marketing atau pemasaran langsung adalah bagaimana Anda melahirkan suatu kontak langsung dengan pelanggan Anda dan pelanggan potensial Anda dalam melakukan kampanye iklan layanan atau produk. Seorang pakar pemasaran akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya secara lebih spesifik dan mampu memberikan pesan pribadi dengan teknik direct marketing.

Jika dilakukan secara tepat maka direct marketing akan mampu menghasilkan nilai penjualan yang tinggi dengan nilai biaya yang cenderung rendah. Saat ini, terdapat banyak sekali jenis direct marketing, mulai dari cara tradisional hingga cara modern dengan memanfaatkan internet.

Salah satu contoh direct marketing adalah pemasaran yang dilakukan dari jarak jauh, email marketing, penjualan pribadi, memberikan katalog secara langsung, dll.

Direct Marketing adalah: Penjelasan dari Para Ahli

Beberapa pakar bisnis dan marketing memberikan penjelasan secara singkat tentang direct marketing. Berikut ini adalah penjelasan dari direct marketing menurut para ahli:

  • Suyanto

Menurut Suyanto (2007: 219),  direct marketing adalah suatu sistem marketing yang menggunakan saluran langsung agar mampu menjangkau konsumen dan menyediakan barang atau jasa pada konsumen tanpa bantuan perantara.

  • Duncan

Menurut Duncan (2002: 573) direct marketing  adalah teknik marketing yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menjaga dan menjalin komunikasi secara langsung dengan pelanggannya. Strategi ini dinilai lebih efektif karena mampu berinteraksi dengan membuat suatu database yang bisa digunakan dengan mengaktifkan komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan beragam media untuk mendorong respon pelanggan.

  • Kotler – Gary Armstrong

Menurut Kotler-Gary Armstrong (1996: 53), direct marketing  adalah sistem pemasaran yang memanfaatkan berbagai media periklanan agar bisa berinteraksi langsung dengan target konsumen. Umumnya, interaksi ini akan terjalin melalui email, telepon, atau menemui pelanggan secara langsung agar mampu mendapatkan tanggapannya.

Baca juga: Pengertian Pemasaran Digital dan Bermacam Strateginya

Variabel Keputusan Direct Marketing

Terdapat beberapa variabel keputusan yang menjadi kerangka dasar dari teknik direct marketing, yaitu:

  • Offering

Offering atau penawaran adalah bentuk proposal lengkap berupa produk dan layanan, harga, serta atribut lainnya yang terdapat pada produk yang ditawarkan pada pelanggan.

  • Creative

Berbagai variabel yang termasuk di dalamnya meliputi platform penyalinan, teknik, elemen desain grafis, serta seluruh aspek manufaktur seperti kustomisasi.

  • Media

Terdapat berbagai macam media yang tersedia untuk teknik direct marketing, seperti telepon, sms, email, website, sosial media, dll.

  • Timing dan Sequencing

Terdapat pilihan waku dan disposisi komunikasi dalam teknik direct marketing, seperti dalam iklan umum. Direct marketing memiliki kontrol yang lebih tinggi dari teknik marketing lainnya, seperti saat email dikirim, pilihan media yang digunakan, dan pada segmen apa saja direct marketing itu dilakukan.

Hal ini tentunya berbeda dengan teknik pemasaran umum, yang biasanya mengikuti publikasi mereka, dan batasan tentang ruang serta program yang bisa diubah sesuai kemauan sendiri.

  • Customer Service

Dalam hal ini, perusahaan harus menyediakan suatu saluran gratis yang mana pelanggan bisa dengan mudah dan cepat dalam mengakses seluruh informasi dan memberikan tanggapan, keluhan, ataupun saran pada pihak perusahaan.

Baca juga: Mengenal Secara Mendalam Apa itu Marketplace dan Cara Kerjanya

Jenis Direct Marketing

Terdapat banyak sekali jenis direct marketing yang bisa dilakukan oleh perusahaan, yaitu:

  • Direct Mail

Direct mail merupakan suatu surat iklan bisnis atau produk dan layanan kami yang dikirimkan secara langsung pada target pelanggan pada suatu daerah. Beberapa bentuk surat langsung tersebut bisa berupa katalog produk, kartu pos produk, maillers, dll.

  • Telemarketing

Dalam teknik marketing jarak jauh, maka calon pelanggan bisa dihubungi melalui telepon untuk menjual suatu layanan atau produk. Teknik ini cukup ampuh dalam menarik para pelanggan baru ke tingkat yang relatif lebih besar, dan metode ini sangat efektif untuk melacak kampanye iklan marketing secara langsung.

Teknik telemarketing sangat efektif saat didukung oleh pelanggan potensial atau dara dari konsumen dengan profil yang lengkap.

  • Email Marketing

Email marketing adalah cara yang sederhana, ekonomis, dan bisa diatur skalanya dalam menjangkau pelanggan Adna. Email marketing bisa berupa buleten elektronik, email promosi, atau penawaran baru untuk pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli, atau iklan yang kemungkinan muncul dalam email perusahaan.

  • SMS Blasting

Dengan memanfaatkan sms, maka pihak perusahaan bisa menjangkau pelanggan individu dan mampu mengirim pesan pada sekelompok konsumen dengan biaya yang cukup terjangkau. Anda bisa menggunakan layanan sms untuk mengirim pemberitahuan penjualan pada pelanggan, memberikan tautan situs web Anda, atau memberikan pengingat pengiriman atau pesan pribadi.

  • Social Media Marketing

Media sosial bisa Anda manfaatkan secara efektif sebagai alat marketing untuk perusahaan, karena sosial media memungkinkan Anda untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, dan untuk bertukar informasi yang sesuai terkait layanan atau produk.

Platform media sosial juga akan memudahkan pelanggan untuk membagikan konten Anda dengan seluruh jaringan yang secara eksponensial mampu meningkatkan jangkauan brand Anda.

  • Direct Selling

Direct selling adalah cara yang sangat efektif dalam mendirikan bisnis yang lebih terjangkau dan fleksibel. Direct selling akan lebih mudah dipahami oleh calon pelanggan Anda. cara yang bisa dilakukan Adalah dengan mengunjungi rumah atau tempat kerja pelanggan secara langsung.

  • Leaflet Marketing

Leflet marketin adalah salah saru metode direct marketing dimana selebaran akan dikirim kepada target pelanggan.

  • Online Marketing

Teknik direct marketing juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan pemasaran onlin atau media online dengan menggunakan internet. Saat ini, terdapat banyak bentuk media online, seperti marketplace, situs toko online pribadi, iklan online seperti google ads atau facebook ads, dll.

Bahkan, saat ini hampir semua perusahaan memiliki situs website atau portal dalam menyajikan produk atau layanannya.

  • TV Home Shopping

Teknik pemasaran dengan menggunakan media TV atau belanja dirumah memang cukup populer dalam beberapa dekade lalu. Banyak stasiun televisi yang melakukan penyiaran pada program komersial tersebut. Cara ini dinilai efektif karena selain jangkauannya yang luas, sesi penjualan langsung juga akan lebih memungkinkan dan panggilan telepon juga kemungkinan akan lebih sering terjadi.

Baca juga: 11 Online Marketing Tools yang Harus Anda Gunakan Untuk Berbisnis

Manfaat Direct Marketing

Pada dasarnya, tujuan utama dari direct marketing secara umum adalah demi memasarkan produk atau layanan untuk konsumen dengan biaya marketing yang lebih rendah. Teknik direct marketing  adalah suatu bentuk kegiatan marketing yang dijalin secara langsung dengan target pelanggan, dimana kontak tersebut harus bersifat pribadi dan bisa memanfaatkan media-media tertentu.

Namun, yang terpenting adalah bagaimana Anda mampu memilih media dan cara yang efektif dan senyaman mungkin bagi Anda.

  • Manfaat Direct Marketing Bagi Penjual

Direct marketing mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi yang mana setiap pemasar mampu memilih cara yang paling tepat, waktu yang paling tepat, serta sarana yang paling tepat dalam menjangkau target pelanggannya.

Direct marketing juga akan memberikan kesempatan pada setiap pemasar untuk memilih pilihan yang berbada dan melakukan uji tes pasar dalam mendapatkan cara yang paling efektif. Setiap ahli marketing mampu membuat strategi marketing yang telah didesain khusus untuk mereka sendiri yang sangat sulit untuk ditiru, sehingga para calon pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman yang berbeda.

  • Manfaat Direct Marketing Bagi Konsumen

Setiap konsumen akan merasa nyaman dengan adanya teknik direct marketing ini karena mereka mampu mengenali dan menemukan kelebihan serta kekurangan produk yang ditawarkan.

Selain itu, para pelanggan juga akan merasa lebih nyaman karena mereka bisa membeli produk yang mereka inginkan langsung di rumahnya, tanpa harus mencari-carinya di luar. Para pelanggan juga akan mendapatkan kebebasan dan kenyamanan dalam memilih banyak varian produk di dalam katalog produk.

Para pelanggan juga memiliki kesempatan dalam mengetahui informasi seputar produk dari katalog, email, dll. sehingga mereka akan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan produk tersebut.

Baca juga: Marketing Executive : Pengertian, Job Description, dan Tugasnya

Kesimpulan

Direct marketing atau pemasaran langsung adalah bagaima Anda melahirkan suatu kontak langsung dengan pelanggan Anda dan pelanggan potensial Anda dalam melakukan kampanye iklan layanan atau produk. Seorang pakar pemasaran akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya secara lebih spesifik dan mampu memberikan pesan pribadi dengan teknik direct marketing.

Jika dilakukan secara tepat maka direct marketing akan mampu menghasilkan nilai penjualan yang tinggi dengan nilai biaya yang cenderung rendah. Salah satu contoh direct marketing adalah pemasaran yang dilakukan dari jarak jauh, email marketing, penjualan pribadi, memberikan katalog secara langsung, dll.

Namun, strategi direct marketing saja tidak bisa Anda andalkan untuk mengembangkan perusahaan Anda ke arah yang lebih baik. Kenapa? Karena Anda membutuhkan perencanaan keuangan dalam melakukan strategi tersebut, serta berbagai pembukuan keuangan dan akuntansi yang berguna untuk mengambil kebijakan finansial untuk perusahaan.

Anda akan lebih mudah dalam melakukan hal tersebut jika Anda menggunakan software akuntansi khusus dari Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1