Apa itu Human Resource Management? Ini Pengertian dan Fungsi Penerapannya!

Mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan memiliki keterkaitan yang erat dengan human resource management atau yang banyak dikenal dengan HRM. HRM merupakan hal umum yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menunjang performa karyawan.

Human resource management pun sering diterapkan oleh perusahaan berskala besar yang telah mempunyai pola serta prosedur yang baik dalam membantu mewujudkan visi dan misi perusahaan. Namun, beberapa karyawan ada yang abai dan menyepelekan hal ini, sehingga tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang human resource management, kami sudah menyiapkan rangkumannya di bawah ini.

Apa itu Human Resource Management?

Setiap perusahaan mempunyai beragam jenis sumber daya sebagai input dan bisa diolah menjadi output dalam bentuk produk barang atau layanan jasa. Nah, salah satu sumber daya perusahaan tersebut adalah modal dan teknologi agar bisa menunjang operasional produksi dan strategi yang diterapkan perusahaan.

Bila dilihat dari sisi perusahaan, berdasarkan laman techtarget, human resource management adalah suatu proses yang di dalamnya membantu perusahaan untuk bisa mencapai tujuannya dengan cara memanfaatkan sumber daya manusia yang dimiliki.

Human resource management menjadi suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengembangkan kemampuan dan juga kompetensi sumber daya yang dimiliki.

Saat ini, human resource management memiliki perkembangan dalam hal fungsinya, yakni untuk bisa mengembangkan kebijakan SDM yang sesuai dengan prosedur dan sistem yang ada pada perusahaan. Namun, saat ini fungsinya telah lebih luas dengan menyediakan SDM yang diperlukan oleh perusahaan.

Salah satu contoh HRM dalam hal ini adalah melakukan proses seleksi calon karyawan, pengembangan karir, pelatihan keterampilan dan juga keahlian karyawan, serta hal lainnya.

Baca juga: Cara Menciptakan Sense of Belonging Pada Karyawan di Dalam Bisnis Anda

Manfaat Human Resource Management

Terdapat banyak sekali manfaat HRM untuk suatu perusahaan bila fungsinya bisa berjalan dengan baik. Nah, manfaat dari diterapkannya human resource management adalah sebagai berikut:

  • Membuat standar dan prosedur operasional perusahaan
  • Memberikan gambaran nilai yang memberikan prinsip panduan agar bisa diterapkan dalam mengelola SDM
  • Menyediakan prosedur formal dan metode yang dapat digunakan agar bisa menempatkan rencana strategis dan juga kebijakan perusahaan
  • Menjadi pedoman yang bisa menjelaskan berbagai nilai, prinsip, dan strategi yang wajib diaplikasikan oleh perusahaan
  • Bisa mengidentifikasi tujuan perusahaan
  • Membuat strategi SDM, kebijakan, serta praktik yang akan diterapkan bisa sesuai dengan rencana yang telah ditentukan
  • Sebagai pendekatan informal dalam mengelola SDM
  • Terdapat solusi dari risiko yang mungkin terjadi di dalam perusahaan.

Baca juga: Cara Ampuh Membuat Offering Letter yang Menarik

Fungsi Human Resource Management

1. Job Analysis

Sesuai dengan strategi yang telah dibuat oleh management, maka divisi SDM bisa membuat analisa kemampuan, ability, pengetahuan dari yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan strategi perusahaan. Analisa tersebut umumnya dikenal dengan job analysis.

Lalu, analisa ini dikembangkan menjadi struktur organisasi dengan job description untuk bisa menjalankan strategi perusahaan. Di dalam job description tersebut tentunya terdapat requirement skill, ability dan knowledge. Proses tersebut dikenal dengan job design.

2. Recruitment and Selection

Divisi SDM selanjutnya akan membuat iklan lowongan kerja dan mengadakan perekrutan serta menyeleksi berbagai pelamar kerja. Proses perekrutan ini adalah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencari pelamar agar bisa menemukan karyawan yang tepat.

3. Training and Development

Bila departemen SDM memperoleh staf yang sesuai dengan job requirement, akan ada beberapa posisi tertentu yang membutuhkan pelatihan tertentu karena sudah dimiliki staf baru. Divisi juga harus memberikan berbagai pengembangan soft skill agar bisa melihat potensi leadership dari setiap staf yang sudah direkrut.

4. Performance Management

Tujuan dari dilakukannya performance management adalah agar bisa memastikan bahwa kegiatan, hasil kerja dan juga produktivitas sudah sesuai dengan strategi perusahaan. Departemen SDM harus membuat suatu sistem penilaian karyawan agar terdapat peningkatan produktivitas dari sisi karyawan.

5. Pay Structure, Incentives, and Benefits

Divisi HR harus membuat struktur gaji, seperti gaji pokok dan juga tunjangan. Tujuannya adalah agar standarisasi struktur penggajian perusahaan menjadi lebih jelas, dan pengeluaran perusahaan untuk gaji bisa sesuai produktivitas karyawan.

Oleh karena itu, perusahaan harus bisa lebih pandai dalam mengelola pay structure, incentives dan benefits agar produktivitas karyawan menjadi tinggi dan tidak membebani perusahaan. 

Pihak perusahaan juga harus menjaga hubungan yang baik dengan para karyawannya. Divisi HR harus bisa memahami peraturan tenaga kerja dan menjaga hubungan baik bila ada serikat buruh di dalam perusahaan tersebut.

Baca juga: Apa itu Notice Period? Ini Pengertian dan Tujuan Pentingnya!

Penerapan HRM di Perusahaan

Tentunya penerapan human resource management di dalam perusahaan bukan suatu hal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras dari tim HRD untuk bisa mengelompokkan keahlian setiap karyawan dan menempatkan mereka di posisi yang tepat. Dengan begitu, maka manfaat dari human resource management bisa diperoleh dan fungsi HRM pun bisa terasa lebih maksimal.

Baca juga: Mengenal Fashion Smart Casual Outfit di Kalangan Para Pekerja Milenial

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang human resource management. Namun selain harus memerhatikan komponen human resource management, Anda juga harus memerhatikan manajemen keuangan perusahaan. Kenapa? Karena kondisi keuangan perusahaan memiliki peran yang penting dalam operasionalnya.

Nah, untuk bisa memudahkan Anda dalam mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Kenapa? Karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan.

Selain itu, aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang mampu membantu Anda dalam mengembangkan bisnis secara lebih mudah.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari hanya dengan klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.