Mengenal Fashion Smart Casual Outfit di Kalangan Para Pekerja Milenial

Di zaman yang sudah sangat modern seperti saat ini, umumnya berbagai perusahaan atau kantor memberikan kebebasan untuk para pekerjanya dalam menggunakan pakaian yang lebih santai, tapi tetap sopan formal, dan sesuai aturan yang berlaku. Nah, nama dari jenis pakaian tersebut dikenal dengan smart casual outfit.

Penampilan adalah hal yang sangat vital, khususnya untuk para pekerja yang bertugas di kantor. Walaupun memang terdengar sederhana, berpakaian yang benar dan baik sangat wajib dan penting. Pasalnya, berpakaian secara tidak langsung akan menciptakan pandangan orang lain pada diri Anda.

Seiring dengan perkembangan waktu, kini karyawan milenial sudah semakin memerhatikan gaya berpakaian mereka. Karena dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan percaya diri, hal tersebut akan memberikan dampak yang baik dan memberikan semangat tersendiri dalam bekerja.

Berpakaian dengan smart casual outfit pun nyatanya kini sering digunakan para karyawan milenial dalam bekerja. Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih mendalam tentang smart casual outfit.

Apa itu Smart Casual Outfit?

Smart casual outfit adalah pakaian profesional yang menggabungkan tren terkini, sehingga hasilnya bisa terlihat lebih rapi, formal, namun tetap nyaman.

Terdapat berbagai jenis pakaian yang bisa digunakan untuk membuat tampilan smart casual outfit, seperti dengan setelan gaun, celana, rok, kemeja, atau blazer, dengan berbagai jenis pakaian kasual lain, seperti jeans, kaos t-shirt, atau sweater.

Hal tersebut karena smart casual outfit pada dasarnya harus bisa mencakup beberapa jenis pakaian yang nyaman dan bervariasi, sehingga bisa Anda padukan dengan pakaian yang nyaman dan formal.

Tentunya menggunakan smart casual outfit menjadi hal yang banyak dilakukan oleh para pekerja, karena selain terlihat lebih profesional, mode pakaian ini juga terasa lebih nyaman dan trendy, yang bisa digunakan sepanjang hari.

Jadi, smart casual outfit secara singkat adalah jenis pakaian yang menggabungkan beragam pakaian terkin yang menarik dan nyaman, namun tidak meninggalkan kesan profesional. Sehingga bisa digunakan sebagai pakaian untuk bekerja di kantor.

Sebagai seorang karyawan, hal ini perlu Anda perhatikan, khususnya untuk Anda yang ingin bertemu dengan calon klien atau kolega.

Perlu Anda ketahui juga terdapat jenis pakaian lain yang biasa dikenal dengan bisnis kasual atau yang dikenal dengan business casual dan terkadang masih banyak orang yang kebingungan untuk membedakannya dengan smart casual outfit.

Baca juga: Berbagai Sumber Tenaga Kerja dan Cara untuk Memperolehnya

Apa Bedanya Smart Casual Outfit dengan Business Casual Outfit

Saat ini, sebagian besar kantor atau perusahaan sudah lebih cenderung mengadopsi tipe berpakaian smart casual outfit. Karena, jenis mode pakaian ini mempunyai interpretasi yang berbeda pada setiap bidang pekerjaan.

Banyak juga yang beranggapan bahwa pakaian smart casual outfit cenderung lebih formal daripada business casual. Lebih dari itu, smart casual outfit pun ternyata dianggap lebih santai untuk bisa bergabung secara langsung di dalam pertemuan besar.

Untuk mode pakaian yang kasual dan elegan, umumnya identik dengan penggunaan pakaian yang sopan dan baik. terdapat penggabungan unsur dalam menggunakan pakaian agar bisa tampil lebih menarik.

Untuk Anda yang ingin menggunakan jenis mode pakaian ini, cobalah untuk memilih beberapa unsur warna yang cerah pada pakaian yang ingin Anda gunakan.

Disisi lain, banyak juga karyawan yang menggunakan pakaian kasual untuk bisnis dengan menggunakan pakaian yang lebih fleksibel. Mode pakaian kasual umumnya identik dengan gaya informal yang tidak bertentangan dengan etika bisnis.

Biasanya, pakaian business casual akan terlihat lebih profesional untuk meningkatkan persepsi orang lain terkait kualitas seseorang karena cara berpakaiannya. Pakaian kasual ini juga biasanya identik dengan busana kasual yang tertutup dan juga rapi.

Baca juga: Proses Perencanaan SDM yang Baik dan Tepat

Tips Bergaya Smart Casual untuk Pria dan Wanita

1. Memadukan Atasan dan Bawahan yang Sesuai

Agar bisa tampil lebih smart casual, Anda harus bisa menggabungkan atasan dan bawahan dengan cara yang tepat. Cobalah untuk menghindari warna yang terlalu kontras dan bertabrakan, serta pakaian yang terlalu rumit. Lalu, cobalah untuk memilih atasan dan bawahan yang lebih sederhana.

Anda juga bisa menggunakan bawahan dan atasan dengan warna yang senada. Artinya, Anda tidak harus memilih warna yang sama, tapi bisa menggabungkan warna yang terang seperti putih dengan warna yang sedikit gelap agar bisa menunjukkan kesan yang sedikit kaku yang menjadi ciri khas dari busana perkantoran.

2. Pilihlah Warna yang Sesuai

Hal mendasar yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan smart casual outfit adalah memperhatikan warna atasan dan bawahan yang ingin Anda gunakan. Umumnya, gaya pakaian formal lebih identik dengan warna yang gelap, begitu juga sebaliknya.

Anda bisa secara bebas menggabungkan tone warna agar bisa menghasilkan tampilan yang lebih smart casual dan cocok untuk Anda gunakan.

Contohnya, untuk pria dan wanita bisa menggunakan pakaian luar berwarna gelap, kaos polos putih, celana jeans yang terang, dan menggunakan sepatu sneakers. Anda juga bisa menggunakan pakaian luar dalam bentuk jaket dan celana jeans berwarna gelap yang akan menampilkan kesan yang lebih kasual.

3. Hindari Menggunakan Rok atau Dress Mini untuk Para Wanita

Selain diminta untuk bersikap lebih profesional, akan lebih baik lagi bila pekerja juga terlihat lebih profesional agar bisa memperoleh kepercayaan dari teman kerja atau klien.

Untuk itu, hindarilah menggunakan gaun atau rok yang terlalu pendek, karena hal tersebut identik dengan kesan yang tidak formal. Anda bisa juga menggunakan atau menggabungkan rok plisket untuk kesan yang lebih manis dan rok pensil agar bisa terlihat lebih stylish.

4. Kombinasikan Sweater atau Cardigan

Jenis pakaian luar ini memang tidak cocok bila Anda gunakan disaat musim yang tidak menentu seperti saat ini. tapi, pakaian luar ini akan memberikan kesan yang lebih maskulin pada pria, dan feminim pada para wanita.

Pakaian luar seperti cardigan dan sweater bisa Anda gunakan dengan cara memadukannya dengan kemeja dan bisa Anda gabungkan juga dengan bawahan celana bahan atau celana jeans.

5. Gunakanlah Aksesoris yang Tepat

Selain harus menggabungkan warna pakaian secara tepat. Hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah aksesoris. Beberapa aksesoris yang sesuai untuk penampilan smart casual outfit untuk para pria adalah sabuk, jam tangan kulit atau jam tangan stainless, kacamata, dan leather bag yang mampu memberikan kesan luxury serta gagah daripada tas yang menggunakan material kanvas atau material lain.

Sedangkan untuk wanita, cobalah untuk memilih warna sepatu yang senada agar bisa memberikan kesan yang senada dengan cara menyesuaikan warna sepatu dan tas dengan salah satu outfit yang ingin Anda gunakan, seperti pakaian luar, tas, dan juga aksesoris lainnya.

Baca juga: Hitungan Lembur di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang

Penutup

Demikianlah berbagai penjelasan singkat dari kami tentang mode smart casual outfit. Jadi, mode smart casual outfit adalah pakaian profesional yang menggabungkan tren terkini, sehingga hasilnya bisa terlihat lebih rapi, formal, namun tetap nyaman.

Tapi, selain memerhatikan gaya berpakaian yang lebih nyaman dan modern, sebagai karyawan juga Anda harus bisa memerhatikan kenyamanan dalam bekerja agar bisa menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan secara baik. Nah, Anda bisa menggunakan teknologi digital dalam mengatasi hal tersebut, seperti menggunakan teknologi aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dibuat oleh anak bangsa dengan teknologi cloud computing dan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan super ketat. Aplikasi ini juga didesain dengan tampilan dashboard yang sangat sederhana, sehingga bisa digunakan secara aman, nyaman, dan juga mudah.

Accurate Online pun sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam menghasilkan aplikasi bisnis yang terpercaya. Bahkan, Accurate Online sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Awards dari tahun 2016.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi Anda akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat serta akurat.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Penasaran ingin menggunakan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.