11 Jenis Direct Marketing yang Harus Anda Tahu

Pemasaran langsung atau direct marketing adalah salah satu bagian terpenting dari pertumbuhan perusahaan mana pun karena sering kali merupakan kesan pertama yang dimiliki konsumen terhadap sebuah bisnis.  Perusahaan menggunakan berbagai jenis direct marketing untuk berkomunikasi tentang produk atau layanan mereka, menanggapi umpan balik konsumen secara efektif dan menyajikan nilai dan penawaran mereka dalam iklan.

Memahami direct marketing dapat membantu Anda menjangkau konsumen dan membentuk hubungan yang lebih baik antara perusahaan dan konsumen. Dalam artikel ini, kami membahas berbagai jenis direct marketing dan mengajarkan Anda tips untuk membangun kampanye pemasaran langsung.

Apa itu direct marketing?

Direct marketing atau pemasaran langsung adalah bentuk pemasaran yang mengkomunikasikan hak kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara periklanan, dan melibatkan penyajian informasi hanya kepada audiens target yang ditentukan untuk tertarik membeli produk atau layanan.

Tujuan pemasaran langsung adalah untuk membujuk khalayak menjadi pelanggan untuk setidaknya mengunjungi situs web perusahaan, mendaftar ke milis atau menelepon untuk informasi lebih lanjut.

Jenis direct marketing

Berikut adalah 11 jenis direct marketing yang paling umum:

1. Pemasaran jarak jauh

Pemasaran jarak jauh atau biasa dikenal telemarketing melibatkan menghubungi klien melalui telepon untuk menjual produk atau layanan kepada mereka. Dengan bentuk pemasaran langsung ini, perusahaan dapat memiliki karyawan atau mesin otomatis untuk menjangkau banyak individu pada satu waktu.

Ini bermanfaat karena memudahkan untuk menjangkau khalayak luas dalam waktu singkat, yang dapat meningkatkan produktivitas.

Beberapa contoh telemarketing meliputi:

  • Inbound calls: Ini adalah panggilan yang diprakarsai oleh pelanggan, apakah mereka menelepon ke perusahaan secara langsung atau jika mereka mengatur waktu bagi perusahaan untuk menelepon mereka.
  • Outbound calls: Disebut juga panggilan dingin, ini adalah saat perusahaan menelepon konsumen secara langsung.

2. Email marketing

Pemasaran email adalah ketika perusahaan menjangkau konsumen dengan mengirimkan pesan email kepada mereka. Konsumen dapat berlangganan daftar email perusahaan atau perusahaan dapat membeli daftar email konsumen terverifikasi melalui layanan milis.

Beberapa contoh pemasaran email meliputi:

  • Newsletter
  • Email promosi
  • Iklan

Baca juga: Karakteristik Tenaga Penjual dan Cara Meningkatkan Kemampun Penjualan

3. Pemasaran teks

Pemasaran teks adalah ketika perusahaan menghubungi konsumen melalui pesan teks. Seringkali ada tingkat respons yang lebih tinggi dengan pemasaran teks karena seberapa sering konsumen menggunakan ponsel mereka.

Ada beberapa paket telepon yang dapat digunakan perusahaan untuk mengirim pesan teks ke pelanggan seharga 1000 hingga 5000 per teks, yang bisa lebih hemat biaya.

Pemasaran teks dapat mencakup:

  • Layanan pesan singkat (SMS) dan pesan bolak-balik di mana penerima dapat menanggapi pertanyaan singkat dan memberikan informasi perusahaan tentang preferensi
  • Tautan ke situs web perusahaan tempat penerima dapat memperoleh informasi lebih lanjut atau memilih untuk menerima penawaran seluler
  • Pemberitahuan push, di mana penerima mendapat peringatan dari perusahaan

4. Direct mail

Direct mail memungkinkan perusahaan mengirim informasi tentang produk, penawaran khusus, layanan, dan penjualan ke alamat jalan melalui layanan pos. Dua manfaat pemasaran surat langsung termasuk keserbagunaan, yang berarti mereka dapat mempersonalisasikannya kepada konsumen, dan fleksibilitas, yang berarti bisnis dapat mengubah jumlah surat yang mereka kirim.

Berikut adalah beberapa contoh surat langsung:

  • Surat
  • Pamflet
  • Brosur

5. Pemasaran kios

Pemasaran kios adalah cara hemat biaya untuk menjangkau banyak konsumen yang berbeda di tempat yang ramai, seperti mal atau toko kelontong. Ini melibatkan penjualan produk dan layanan kepada pelanggan melalui mesin, paling sering mesin penjual otomatis.

Paling sering, mesin penjual otomatis digunakan untuk menjual produk makanan dan minuman, meskipun perusahaan dapat menjual beragam produk melalui mesin penjual otomatis, seperti kacamata hitam, pakaian, dan rias wajah. Contoh lain dari pemasaran kios termasuk ATM, di mana bank dapat menarik pelanggan apakah mereka memiliki rekening di bank atau tidak.

Baca juga: Mengetahui Jenis Iklan dalam Bisnis dan Bagaimana Parameter Iklan yang Sukses

6. Direct selling

Direct selling melibatkan konsultan yang menjual produk atau layanan kepada pelanggan secara langsung di rumah atau tempat kerja pelanggan. Misalnya, beberapa bisnis memiliki karyawan yang pergi dari rumah ke rumah untuk mengiklankan dan menjual langganan, peralatan rumah tangga, atau rias wajah kepada pelanggan.

Jenis direct marketing ini memungkinkan perusahaan untuk lebih membangun hubungan pribadi dengan pelanggan dan mempelajari preferensi mereka karena ada lebih banyak interaksi tatap muka.

7. Sosial media marketing

Pemasaran media sosial menggunakan berbagai platform media sosial untuk terhubung dengan konsumen, mempopulerkan merek mereka, memulai transaksi bisnis, dan mempromosikan penawaran khusus.

Ini adalah cara yang hemat biaya untuk memasarkan bisnis Anda karena sebagian besar platform media sosial bebas untuk bergabung. Perusahaan juga dapat membeli program iklan di mana mereka dapat meningkatkan posting tertentu untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan menarik lebih banyak penjualan.

8. Brosur

Brosur adalah kertas iklan yang dihias untuk menarik perhatian pelanggan menggunakan gambar dan warna yang cerah, dan berisi beragam informasi tentang bisnis, seperti tujuan perusahaan, penawaran khusus, atau sejarah.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menambahkan bakat artistik dan informasi yang terorganisir dengan baik ke kampanye pemasaran. Dan meskipun ini adalah pendekatan yang kurang tepat sasaran, ini dapat membantu perusahaan menjangkau audiens yang lebih luas ketika mereka ingin mencari konsumen baru.

Sangat membantu untuk mendistribusikan selebaran di acara-acara yang menjadi tuan rumah pasar yang ditargetkan. Misalnya, jika Anda menjual suplemen olahraga, Anda dapat memilih untuk membagikan brosur di kompetisi olahraga.

Baca juga: 12 Strategi Promosional Untuk Memasarkan Bisnis Anda Secara Efektif

9. Direct-response marketing

Direct-response marketing, kadang-kadang dikenal sebagai iklan siaran, melibatkan periklanan bisnis melalui televisi, radio, dan multimedia. Gaya pemasaran ini nyaman bagi perusahaan dan konsumen karena popularitas televisi dan radio, yang memudahkan konsumen untuk mendengarkan, menonton, atau membaca tentang perusahaan.

Beberapa contoh pemasaran tanggapan langsung adalah:

  • Iklan TV
  • Iklan radio
  • Koran
  • Majalah

10. Katalog

Katalog adalah buklet atau majalah kecil yang memamerkan dan mengiklankan produk dan layanan serta spesial atau item dan fitur baru. Alat pemasaran ini dapat memudahkan perusahaan untuk mengirim informasi produk dalam jumlah besar ke audiens yang ditargetkan.

Banyak perusahaan juga mengirimkan katalog kepada pelanggan yang kembali atau yang diharapkan sehingga mereka dapat membeli barang dari katalog melalui telepon, dengan mengembalikan amplop pembelian yang disertakan dalam katalog atau dengan mengunjungi situs web perusahaan menggunakan informasi yang terdapat dalam katalog.

Biasanya department store melakukan ini agar mereka dapat memamerkan koleksi besar barang mereka di berbagai area, seperti peralatan rumah tangga, pakaian, dan furnitur.

11. Internet marketing

Pemasaran internet menggunakan mesin pencari online untuk menghasilkan lalu lintas ke situs web perusahaan. Menggunakan internet untuk memasarkan perusahaan seringkali menguntungkan, fleksibel, dan berjangkauan luas. Karena internet populer di seluruh dunia, ia menawarkan audiens yang beragam untuk pengiklan.

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah bentuk pemasaran internet populer yang melibatkan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs web perusahaan berdasarkan hasil mesin pencari konsumen.

Beberapa contoh pemasaran internet termasuk iklan bergambar, yaitu iklan yang ditautkan ke situs web perusahaan, dan pemasaran mesin pencari, yang berfokus pada menghasilkan lalu lintas melalui hasil pencarian berbayar.

Tips untuk membangun kampanye direct marketing

Membangun kampanye direct marketing dapat berguna bagi perusahaan untuk memperluas audiens mereka dan terhubung dengan konsumen. Berikut adalah beberapa tip untuk membangun kampanye pemasaran langsung:

Temukan audiens target Anda

Audiens target Anda adalah fondasi tempat Anda membangun merek. Ini menunjukkan kepada siapa Anda menjual (konsumen ideal Anda), mengapa Anda menjual kepada mereka dan apa yang dapat Anda tawarkan kepada mereka. Memiliki audiens yang spesifik membantu Anda melihat jenis pemasaran apa yang harus Anda gunakan.

Pertama, tentukan kepada siapa Anda ingin menjual. Delapan demografi kunci dalam pemasaran adalah:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Pekerjaan
  • Penghasilan
  • Jumlah keluarga
  • Status pernikahan
  • Pendidikan
  • Agama

Selanjutnya, putuskan jenis pemasaran mana yang paling cocok untuk audiens Anda. Teliti bentuk pemasaran mana yang paling efektif berdasarkan berbagai demografi. Misalnya, audiens yang mencakup generasi muda dapat merespons lebih baik terhadap kampanye pemasaran berbasis internet, sementara audiens yang melibatkan individu berusia 55 tahun ke atas mungkin lebih mudah menerima pemasaran respons langsung.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan untuk menentukan siapa audiens target Anda:

  • Siapa yang diuntungkan dari produk atau layanan Anda? Ini memperjelas siapa yang ingin Anda jangkau saat pemasaran.
  • Mengapa mereka membeli produk atau layanan Anda? Ini mempersempit audiens target Anda sehingga Anda memiliki demografi yang lebih spesifik.
  • Kapan dan di mana mereka akan membeli ini? Ini dapat membantu menentukan kapan mereka akan membeli, seperti apakah audiens Anda lebih cenderung membeli selama obral, saat ketersediaan terbatas, atau setelah mereka melihat beberapa ulasan positif.

Mengatur anggaran

Penganggaran adalah bagian penting dari pertumbuhan perusahaan, dan memiliki anggaran untuk upaya pemasaran organisasi Anda dapat memastikan organisasi Anda hanya menghabiskan sebanyak yang dibutuhkan untuk menemukan dan mengamankan konsumen.

Beberapa jenis pemasaran langsung mungkin lebih mahal daripada yang lain, jadi Anda mungkin perlu meneliti biaya strategi pemasaran langsung yang Anda pertimbangkan dan membandingkan biaya tersebut dengan anggaran Anda.

Misalnya, perusahaan dengan anggaran yang lebih kecil untuk kampanye pemasaran dapat menggunakan pemasaran internet dan media sosial untuk menghemat uang.

Untuk proses penganggaran dan pembukuan yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online yang memiliki fitur anggaran dan fitur akuntansi terlengkap dengan harga yang terjangkau.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan

Libatkan konsumen

Dalam pemasaran langsung Anda, sertakan ajakan bertindak, yang berarti Anda meminta konsumen untuk bertindak atas iklan tersebut. Ini mungkin termasuk meminta konsumen untuk mendaftar dengan email mereka di situs web perusahaan atau meminta mereka untuk menghubungi nomor telepon perusahaan untuk informasi lebih lanjut. Permintaan harus sederhana dan jelas untuk diikuti konsumen.

Baca juga: Customer Journey: Pengertian, Elemen, Manfaat, Tahapan, dan Contohnya

Mengukur tanggapan

Setelah Anda memulai kampanye pemasaran Anda, penting untuk mengukur tanggapan yang Anda terima dari konsumen. Ini memungkinkan Anda melihat apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki. Gunakan tanggapan sebagai cara untuk meningkatkan kampanye.

Misalnya, jika Anda memperhatikan bahwa audiens target Anda sangat menanggapi iklan media sosial, pertimbangkan untuk memperluas kehadiran media sosial Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Jika Anda melihat konsumen tidak menanggapi penjualan langsung, maka lebih fokus pada jenis pemasaran langsung lain yang menarik bagi mereka.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menentukan reaksi terhadap upaya pemasaran Anda dan mengukur respons pelanggan:

  • Survei umpan balik pelanggan: Anda dapat memberikan survei kepada pelanggan untuk diisi yang menanyakan bagaimana mereka mendengar tentang bisnis Anda, yang membantu Anda mengukur jenis pemasaran mana yang paling efektif untuk bisnis Anda.
  • Umpan balik kinerja penjualan: Saat meluncurkan kampanye, ukur dengan cermat kinerja penjualan di perusahaan Anda. Ini menunjukkan seberapa besar dampak kampanye terhadap bisnis Anda.
  • Penilaian klik-tayang online: Ini mengungkapkan berapa banyak pelanggan yang melihat iklan online Anda, pelanggan mana yang mengklik iklan dan berapa lama setiap pelanggan melihat iklan (dalam hitungan detik).