Mengetahui Secara Mendalam Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
Strategi komunikasi pemasaran terintegrasi merupakan strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan atau individu untuk mencapai target pasarnya melalui berbagai jenis komunikasi. Ini mencakup pesan Anda (apa yang harus dikatakan), media (di mana itu akan dikatakan), dan target (kepada siapa pesan Anda sampai).
Komunikasi pemasaran atau Hubungan Masyarakat adalah bagian “Promosi” dari “4P pemasaran” yang mungkin telah Anda pelajari selama ini.
Biasanya, strategi ini berarti membangun kesadaran teratas di antara pelanggan ideal Anda tentang produk atau penawaran.
Bagaimana Anda melakukannya akan sangat bergantung pada pengalaman, industri, dan anggaran Anda. Jika rencana pemasaran Anda memiliki anggaran satu juta dolar, Anda dapat menjangkau pasar sasaran Anda dengan bauran promosi yang mencakup iklan TV atau Facebook.
Namun, jika Anda seperti kebanyakan wirausahawan, Anda ingin mempromosikan bisnis tanpa menghabiskan banyak uang.
Dan tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain dengan mengelola kampanye Anda sendiri secara internal tanpa mempertahankan layanan perusahaan hubungan media atau perusahaan pemasaran layanan penuh.
Apakah strategi komunikasi pemasaran terintegrasi bisa dilakukan secara gratis?
Bisa! Jika Anda menerapkan metode dalam posting ini ke strategi komunikasi pemasaran dalam bisnis sendiri, Anda akan belajar bagaimana membangun hubungan yang langgeng dengan jurnalis dan influencer, mendapatkan pers gratis, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui pendekatan organik yang berkelanjutan.
Daftar Isi
Apa itu Komunikasi Pemasaran Terintegrasi?
Komunikasi pemasaran terintegrasi atau Integrated Marketing Communications (IMC) adalah fungsi pemasaran strategis, kolaboratif, dan promosi di mana audiens yang ditargetkan menerima pesan merek yang konsisten dan persuasif melalui berbagai saluran pemasaran secara terintegrasi untuk menggerakkan pembeli melalui proses pengambilan keputusan.
Pada tingkat yang paling dasar, komunikasi pemasaran terintegrasi membantu memastikan bahwa pemasar menggunakan semua saluran yang tersedia bagi mereka untuk memperkuat kampanye pemasaran dan / atau pesan merek untuk menjangkau audiens target mereka, atau persona pembeli.
Bayangkan Anda mencoba menemukan pesan merek atau lebih memahami misi perusahaan. Jika tim penjualan menyampaikan pesan yang berbeda dari spesialis pemasaran media sosial, Anda akan kesulitan memahami apa kebenaran organisasi itu. IMC berupaya menghilangkan ketidakkonsistenan ini dan memastikan Anda mengirimkan sinyal yang sama terlepas dari tim atau prioritasnya.
Komunikasi pemasaran terintegrasi bermanfaat bagi banyak audiens. Pertama, ini membantu konsumen lebih mempercayai perusahaan Anda dan nilai-nilainya. Selanjutnya, ini bermanfaat bagi pemangku kepentingan di organisasi Anda.
Pemilik atau mereka yang menjadi stakehoder akan senang melihat tim pemasaran Anda menyampaikan pesan yang konsisten kepada audiens yang akan membuat perusahaan Anda sukses.
Baca juga: Brand Identity: Pengertian, Manfaat Dan Tips Dalam Membangunnya
Jika Anda menemukan tim pemasaran Anda kesulitan untuk menyampaikan pesan yang kohesif, kemungkinan besar itu berasal dari kurangnya pemahaman tentang pentingnya pendekatan pemasaran terintegrasi.
Setiap strategi komunikasi pemasaran terintegrasi (IMC) harus memiliki tiga prinsip panduan:
Penyelarasan merek
Saluran pemasaran apa pun yang Anda pilih harus memiliki persepsi merek yang sama seperti milik Anda. Misalnya, jika Anda menjual jam tangan mewah, bangun hubungan dengan jurnalis dari majalah TIME, bukan dengan yang menulis di koran lokal Anda.
Keselarasan pelanggan
Ikuti aturan tertua dalam pemasaran – ‘berada di tempat yang menjadi favorit pelanggan Anda’. Pilih saluran tempat konsumen Anda sudah aktif. Jika Anda menargetkan generasi muda, beriklanlah di platform media sosial seperti Instagram, bukan Facebook, dan tentunya bukan TV di siang hari!
Penyelarasan anggaran
Pilih saluran pemasaran yang sesuai dengan anggaran Anda yang jelas. Jika Anda tidak memiliki anggaran, mendapatkan iklan cetak di koran nasional mungkin berada di luar jangkauan Anda. Pilihlah proses periklanan yang lebih murah namun tetap efektif seperti menggunakan influencer lokal.
Rencana pemasaran perusahaan besar mana pun akan memiliki beberapa kampanye di beberapa saluran secara bersamaan. Kombinasi dari semua saluran ini – PPC, media sosial, iklan di TV, media cetak, radio, dll. – disebut “bauran pemasaran” dari strategi komunikasi pemasaran Anda.
Namun, bisnis yang lebih kecil biasanya berpegang pada satu atau dua saluran pemasaran untuk menjangkau pelanggan sasaran mereka. Jika tidak, Anda berisiko melemahkan anggaran dan fokus Anda.
Langkah Membangun Komunikasi Pemasaran Terintegrasi yang Efektif
1. Identifikasi Metode Komunikasi Pemasaran yang Berbeda
Sebagai bagian dari strategi pemasaran terintegrasi Anda, penting untuk menentukan berbagai metode komunikasi pemasaran yang ingin Anda manfaatkan sebagai bagian dari rencana Anda.
Pertimbangkan audiens target Anda dan bagaimana mereka suka menerima informasi, mengumpulkan fakta, dan melakukan penelitian tentang masalah yang mereka coba selesaikan. Dari sana, tentukan saluran apa yang paling relevan untuk kampanye spesifik Anda. Beberapa contoh termasuk:
Pemasaran Konten: Jadikan konten Anda tersedia secara online melalui konten blog, pemasaran video, konten premium (di balik halaman arahan untuk menangkap informasi), pop-up, dan konten situs web dinamis untuk membantu calon pembeli Anda terhubung dan mempelajari lebih lanjut tentang Anda bahkan sebelum mereka memulai proses pengambilan keputusan.
Pemasaran Email: Gunakan email untuk melibatkan kembali audiens Anda yang ada melalui konten yang unik dan bermanfaat. Selalu pertimbangkan kontak Anda yang ada dan bagaimana Anda dapat melibatkan mereka kembali melalui konten.
Ini tidak selalu tentang menghasilkan prospek baru, tetapi seringkali upaya pemasaran Anda yang paling berdampak datang dari mengirimkan konten yang tepat pada waktu yang tepat untuk pelanggan Anda yang ada.
Pemasaran Media Sosial: Media sosial membuka pintu untuk membangun hubungan, mengembangkan kesadaran merek, dan menghasilkan lalu lintas situs web.
Ketika dikombinasikan dengan pemasaran email dan pemasaran konten, kampanye pemasaran digital yang memanfaatkan media sosial benar-benar dapat membawa hasil yang luar biasa dengan terhubung dengan audiens target Anda di platform yang sudah sering mereka habiskan. Berikut adalah studi kasus lain yang bermanfaat tentang mendorong perolehan prospek dan hasil konten melalui media sosial.
Baca juga: Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manajemen Usaha
2. Mengembangkan Rencana Komunikasi Pemasaran
Setelah Anda menentukan saluran pemasaran yang akan beresonansi dengan audiens Anda, inilah saatnya mengembangkan rencana komprehensif untuk melaksanakan inisiatif pemasaran Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu fokus pada tiga item utama:
Audiens: Tentukan persona pembeli untuk setiap metode pemasaran Anda. Misalnya, jika salah satu persona Anda adalah baby boomer, pertimbangkan pemasaran email dan Facebook. Jika persona Anda yang lain adalah milenial, pertimbangkan untuk mengirim pesan teks dan Instagram. Persona Anda akan menentukan saluran apa yang Anda gunakan untuk terlibat dengan mereka, bukan sebaliknya.
Konten: Tentukan konten yang paling efektif untuk berbicara dengan audiens Anda. Misalnya, jika Anda mencoba membuat kontak baru untuk database Anda, Anda mungkin ingin memiliki penawaran paling atas seperti berlangganan buletin, atau mengunduh daftar periksa di situs Anda.
Tips dari kami: Anda bahkan dapat memiliki ini sebagai formulir pop-up yang ditampilkan ketika orang keluar dari situs Anda. Ini memberi Anda satu cara terakhir untuk terhubung dengan mereka. Anda akan terkejut seberapa baik ini bekerja, karena kami telah melihat konversi hingga 17% pada formulir pop-up.
Jika Anda mencoba menggali informasi keterlibatan kembali dalam database Anda untuk mengubah prospek yang ada menjadi peluang, pertimbangkan untuk memberikan studi kasus, testimonial video, dan banyak lagi. Ini akan membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan.
Irama: Penting untuk memahami seberapa sering orang suka menerima informasi. Anda bisa mendapatkan data ini dari berbagai platform otomasi pemasaran.
Misalnya, di HubSpot kita dapat melihat seberapa sering orang membaca email, terlibat di situs web, dan bahkan di media sosial. Kita dapat menggunakan informasi tersebut untuk memastikan kami mengirim konten cukup sering, tetapi tidak terlalu sering sehingga membuat prospek menganggak pesan yang kita kirim merupakan spam.
Jika Anda melihat bahwa untuk produk atau layanan tertentu yang Anda tawarkan, siklus penjualan umum adalah sekitar 90 hari, Anda ingin irama email Anda selaras dengan jangka waktu tersebut. Gunakan data yang tersedia untuk Anda untuk membuat keputusan terbaik berdasarkan audiens Anda dan seberapa sering mereka terlibat dengan merek Anda.
Baca juga: Blue Ocean Strategy: Pengertian, Cara Mengembangkan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya
3. Memahami Proses Pengambilan Keputusan Pelanggan
Pahami apa yang membuat pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan, dan kemudian temukan mengapa mereka memutuskan untuk membeli dari Anda.
Yang penting di sini adalah memahami masalah yang Anda pecahkan untuk mereka, dan bagaimana membantu mereka dalam perjalanan pengambilan keputusan itu. Anda akan melihat bahwa beberapa pelanggan menggunakan proses pengambilan keputusan yang diperpanjang, tetapi yang lain menggunakan tingkat keterlibatan yang rendah untuk membuat keputusan yang terbatas, nominal, atau spontan.
Itu semua tergantung pada bisnis Anda dan apa yang Anda jual. Jika itu adalah barang konsumen dengan harga rendah, jangka waktu Anda akan lebih pendek. Jika Anda menjual perangkat lunak B2B, kemungkinannya lebih lama karena jumlah orang yang terlibat.
Sebagian besar keputusan pelanggan mengikuti pola dasar saat terlibat dalam situasi tertentu yang dapat menghasilkan penjualan. Ini disebut Proses Pengambilan Keputusan, dan berikut ini adalah contoh yang menguraikan proses tersebut.
Alur Pengambilan Keputusan:
- Mereka mengenali masalah.
- Mereka mencari informasi.
- Mereka mengidentifikasi produk dan layanan yang dapat memecahkan masalah.
- Mereka memilih alternatif mana yang akan mereka beli.
- Mereka menilai pengalaman purna jual.
Perusahaan yang memahami sifat kompleks dari perilaku konsumen dan pengambilan keputusan dapat meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran mereka dengan menyesuaikan pesan mereka dengan proses keputusan audiens mereka.
Baca juga: STP Marketing: Pengertian dan Cara Tepat untuk Menerapkannya
4. Terapkan Rencana Komunikasi Pemasaran Anda
Sekarang saatnya menerapkan rencana Anda dan melihat hasilnya. Berikut beberapa langkah untuk membantu Anda melakukannya.
Kalender: Pastikan Anda menggunakan kalender untuk mengetahui konten apa yang dikirim pada waktu apa ke prospek, dan di saluran apa. Ini akan membantu Anda mengatur aset kampanye dan berkomunikasi dengan prospek Anda di tempat dan waktu yang tepat dalam perjalanan pengambilan keputusan mereka.
Perangkat Lunak Otomasi: Untuk melakukan ini dalam skala besar, Anda akan memerlukan beberapa jenis perangkat lunak otomasi pemasaran yang selaras dengan CRM Anda sehingga Anda dapat melihat proses penjualan lengkap.
Dengan menggunakan perangkat lunak untuk membantu Anda mengimplementasikan program Anda, Anda dapat menjangkau audiens Anda secara paling efektif dan menyajikan pesan yang terintegrasi, mulus, dan konsisten kepada mereka di berbagai saluran dengan mudah.
Analisis: Untuk membantu membuat strategi komunikasi pemasaran Anda komprehensif dan didorong oleh hasil, terus pantau kebutuhan prospek Anda, dengan fokus pada kapabilitas produk atau layanan Anda yang memecahkan masalah mereka, dan membangkitkan kegembiraan audiens.
Anda dapat melakukan ini melalui pemantauan keterlibatan dengan kampanye Anda, rasio buka email dan rasio klik, interaksi sosial, permintaan untuk berbicara dengan penjualan, dan pada akhirnya kesepakatan tertutup. Berikut adalah artikel blog bermanfaat tentang analitik pemasaran masuk untuk Anda mulai.
Tetap Mengikuti Tren: Selalu berada di depan untuk menemukan cara baru untuk membuat strategi komunikasi pemasaran Anda berbeda dari pesaing Anda, sehingga upaya komunikasi Anda berkontribusi pada nilai merek Anda. Selalu ada alat dan taktik baru yang diperkenalkan ke industri pemasaran.
Pastikan Anda mengetahui apa yang dapat menambah nilai pada strategi komunikasi pemasaran terintegrasi Anda sehingga Anda dapat menguji alat dan strategi baru yang mungkin selaras dengan audiens target Anda.
Baca juga: 5 Tips Untuk Mengasah Sifat Kepemimpinan Karyawan Anda
Kesimpulan
Seperti yang Anda lihat, komunikasi pemasaran terintegrasi itu kompleks. Ini tidak hanya membutuhkan pemikiran tentang saluran yang akan Anda manfaatkan, tetapi juga audiens target, konten, irama, teknologi, dan pelacakan untuk memastikan kampanye Anda benar-benar sukses dan mendorong pendapatan.
Apakah Anda ingin mengembangkan dan menerapkan strategi komunikasi pemasaran terintegrasi untuk organisasi Anda. Jika demikian, Anda harus mematangkan seluruh rencana integrasi pemasaran agar tidak terjadi miss pada audiens Anda yang akhirnya berujung pada peningkatan risiko kegagalan pemasaran.
Untuk proses anggaran pemasaran yang efektif, pastikan bisnis Anda menggunakan sistem pembukuan atau akuntansi yang modern untuk memudahkan Anda dalam merancang anggaran pemasaran Anda, salah satunya adalah Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur pembukuan terlengkap sampai fitur penganggaran bisnis yang akan membantu Anda dalam memantau proses pengeluaran bisnis dan budget plan.
Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: