Ingin Manajemen Waktu Yang Baik? Ini Tipsnya!

Saat ini, setiap pekerja profesional sudah waktunya mengetahui cara melakukan manajemen waktu yang baik. karena, manajemen waktu adalah suatu hal yang tidak boleh diabaikan, terutama ketika Anda ingin mengembangkan karir secara lebih cepat.

Manajemen waktu bukan hanya sekedar hal yang mempunyai common pattern dan harus selalu Anda ikuti, tapi juga hal yang akan terus mengalami perkembangan dan Anda bisa melakukan improvisasi.

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa terus melakukan pengembangan manajemen waktu yang sebelumnya sudah Anda miliki. Setiap tips mempunyai kapasitasnya masing-masing dalam mengefektifkan manajemen waktu, tapi di dalamnya akan tetap saling mendukung antara yang satu dengan yang lainnya.

Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mempelajari setiap langkah tersebut agar nantinya bisa memberikan manfaat yang baik. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memiliki manajemen waktu yang baik.

6 Tips Manajemen Waktu yang Baik

1. Menguasai Manajemen Stres

Tips pertama yang harus Anda lakukan bila ingin memiliki manajemen waktu adalah bisa menguasai manajemen stres.

Suatu tekanan akan selalu hadir di dalam pekerjaan. Tapi, tekanan bukanlah suatu hal yang buruk, karena tekanan juga bisa memotivasi Anda agar bisa terus bertindak dan juga menyelesaikan suatu pekerjaan.

Hal yang buruk adalah bila tekanan yang sudah ada berubah menjadi stress. Saat stress sudah melanda, maka seseorang umumnya akan menjadi sulit untuk berpikir secara jernih dan akan melakukan berbagai tindakan.

Karena stres memberikan dampak pada kinerja dalam melakukan berbagai kegiatan, tentunya stress juga akan memberikan dampak pada manajemen waktu yang sudah Anda buat.

Stress itu sendiri mempunyai dampak yang berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini membuktikan bahwa manajemen stress memang menjadi suatu hal yang bisa dipelajari.

Anda bisa mempelajarinya dari mulai sadar akan pentingnya manajemen stress, sehingga nantinya manajemen waktu yang baik juga bisa Anda miliki karena akan turut berkembang.

Untuk itu, mulailah dengan menerapkan manajemen stress sebagai suatu ritual wajib bila Anda ingin memiliki manajemen waktu yang baik.

2. Mulailah Untuk ‘Questioning And Challenging

Tips selanjutnya untuk memiliki manajemen waktu yang baik adalah dengan meningkatkan standar kerja Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menguasai kemampuan ‘questioning and challenging’.

Saat Anda diserahkan suatu pekerjaan, Anda harus menanyakan secara jelas terkait berbagai detail tentang pekerjaan yang sudah diserahkan tersebut.

Alih-alih mempertanyakan berbagai hal di tengah pekerjaan dan mengurangi waktu kerja Anda, akan lebih baik bila Anda meluangkan waktu di awal agar bisa mencari kejelasan dari pekerjaan tersebut.

Bila Anda mempunyai keberatan terkait pekerjaan tersebut, Anda harus mengungkapkannya dari awal. Sehingga, nantinya Anda bisa memiliki manajemen waktu yang baik.

Baca juga: Fungsi Manajemen Personalia Dalam Meningkatkan Performa Perusahaan

3. Tingkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Setiap pekerjaan akan mewajibkan Anda untuk melakukan interaksi pada banyak orang. Bahkan, hal tersebut akan berdampak pada jadwal kerja dan produktivitas Anda. Untuk itu, tips memiliki manajemen waktu yang baik dan harus Anda lakukan adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan membantu Anda dalam menjalin relasi yang baik dengan setiap orang yang akan bekerja sama dengan Anda. Bila relasi yang baik sudah terbangun, maka setiap hal nantinya akan lebih nyaman untuk dibicarakan.

Seperti contohnya bila terjadi kesalahan kerja, dengan adanya komunikasi yang baik, Anda bisa dengan sangat cepat dan tepat untuk menjelaskan berbagai hal yang kembali harus dipersiapkan. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk membuat setiap orang mengerti tentang standar kerja yang Anda inginkan.

Dengan berbagai hal yang bisa dilakukan secara cepat, tentunya akan lebih mudah juga untuk memiliki manajemen waktu yang baik.

4. Belajar Untuk Selalu Fokus

Dilansir dari laman Tony Robbins, tetap fokus adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk memiliki manajemen waktu yang baik.

Dalam hidup ini, tentunya ada banyak sekali hal yang harus Anda kerjakan, dan sulit sekali untuk mengabaikan hal lain walaupun ada tugas penting yang harus Anda kerjakan. Hal inilah yang akan membuat Anda untuk bisa lebih fokus pada kemampuan yang harus Anda kuasai untuk mengefektifkan manajemen waktu.

Cobalah untuk belajar fokus dalam mengerjakan suatu tugas. Untuk sementara, buanglah berbagai pemikiran yang bisa menghambat Anda saat sedang menjalankan tugas.

Dengan lebih fokus dalam menyelesaikan satu tugas sebelum beralih melanjutkan tugas lainnya, Anda akan memiliki manajemen waktu yang lebih efektif.

5. Membuat Perencanaan

Untuk membuat manajemen waktu yang baik, Anda harus membuat perencanaan jadwal yang ampuh. Perencanaan ini nantinya akan memudahkan Anda untuk menentukan tugas apa yang harus lebih dulu Anda kerjakan.

Dengan adanya perencanaan ini, Anda sudah tidak perlu lagi memikirkan tugas apa yang selanjutnya harus Anda lakukan setelah menyelesaikan suatu tugas. Suatu perencanaan mungkin tidak akan selalu berjalan dengan lancar. Untuk itu, Anda harus mempunyai rencana cadangan.

Berhubungan dengan poin sebelumnya, bila hal yang sudah Anda rencanakan ternyata terjadi kendala, maka kemampuan fokus dan manajemen waktu yang baik akan sangat membantu Anda.

6. Berani Mengambil Keputusan

Pengambilan keputusan ini tidak hanya diperlukan di dalam dunia kerja, tapi juga di semua aspek kehidupan. Untuk beberapa orang, memutuskan sesuatu mungkin saja bukanlah perkara yang mudah.

Bila Anda tidak pernah belajar untuk mengambil keputusan, maka Anda akan banyak membuang waktu untuk terus memikirkan dan mempertimbangkan berbagai hal.

Untuk itu, meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan bisa menjadi tips manajemen waktu yang harus Anda lakukan.

Baca juga: Risk Appetite: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Penutup

Demikianlah tips dari kami untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Perlu Anda ketahui juga bahwa manajemen akan selalu berkaitan dengan masalah finansial atau keuangan.

Namun untuk lebih memudahkan Anda dalam mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda untuk mengelola keuangan dan membuat keputusan bisnis yang tepat. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Saat ini, Anda bisa langsung mencoba dan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui banner di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.