Media Relation dan Peran Pentingnya dalam Perusahaan

Media mempunyai peran penting dalam pergerakan arus informasi yang ada di masyarakat. Karena kondisi tersebut, perusahaan kini terus berupaya menjalin hubungan baik dengan media melalui aktivitas media relation.

Media relation atau relasi media merupakan salah satu aktivitas yang masuk dalam ranah public relations atau PR. Kegiatannya berkutat pada pemberian informasi yang layak diberitakan atau diceritakan mengenai perusahaan. Lebih jauh, relasi media bahkan bisa membantu perusahaan ketika berada dalam masa krisis.

Selengkapnya, artikel berikut ini akan membahas mengenai pengertian dan peran penting media relation di dalam perusahaan, beserta skill yang diperlukan untuk mendukung aktivitasnya.

Pengertian Media Relation

Media relation atau relasi media dapat digambarkan sebagai interaksi yang dibangun oleh perusahaan dengan media massa, wartawan, atau pers. Interaksi ini dilakukan dengan memberikan informasi berupa pesan, berita, ataupun cerita yang layak disampaikan mengenai perusahaan.

Ketika perusahaan berhasil menjalin kerja sama dan hubungan baik dengan media, pemberitaan terkait perusahaan diharapkan dapat menonjolkan kesan positif di mata masyarakat. Sehingga, reputasi perusahaan dapat terjaga dan kepercayaan publik akan meningkat.

Sebaliknya, apabila media memberitakan hal buruk mengenai perusahaan, hal tersebut akan sangat berbahaya dan bisa merugikan perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan berbagai media yang ada.

Baca juga: 7 Rekomendasi Buku Marketing untuk Tambah Pengetahuan

Peran Penting Media Relation

Berdasarkan pengertian di atas, terlihat bahwa media relation memegang sejumlah peran penting dalam aktivitas perusahaan, seperti meningkatkan brand awareness, membangun hubungan baik dengan media, dan membantu perusahaan mengendalikan krisis.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Relasi media dapat menjadi pihak ketiga yang membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Terutama dalam hal meningkatkan brand awareness melalui liputan atau pemberitaan yang positif di berbagai media terpercaya.

2. Membangun Hubungan Baik dengan Media

Sebagaimana definisinya, relasi media berperan penting dalam membangun hubungan baik dengan media. Ketika aktivitas ini dilakukan secara maksimal, tidak menutup kemungkinan bahwa media akan tertarik untuk datang meliput perusahaan. Terlebih karena media dan perusahaan sebenarnya saling membutuhkan satu sama lain sehingga penting untuk membangun hubungan baik sejak dini.

3. Membantu Perusahaan Mengendalikan Krisis

Saat mengalami krisis, relasi media akan membantu perusahaan dalam mengembalikan nama baiknya. Namun, penting untuk mengirimkan pernyataan dan transparansi kepada media secara langsung. Sebab, seringkali berita tidak menyenangkan datang secara tiba-tiba saat terjadi krisis.

Begitu pun ketika perusahaan memang melakukan kesalahan, akui dan koreksi kesalahan tersebut, serta sampaikan usaha-usaha perbaikan yang akan dilakukan oleh perusahaan ke depannya.

Baca juga: Iklan Barang: Jenis, Contoh, dan Tips Membuatnya

Skill yang Diperlukan dalam Media Relation

Untuk mendukung aktivitas media relation, setidaknya dibutuhkan beberapa skill seperti kemampuan berkomunikasi, pemecahan masalah (problem solving), dan kemampuan menjaga hubungan baik (relationship).

1. Komunikasi

Karyawan yang bekerja di bidang relasi media harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan mumpuni. Mereka akan terus berhubungan dengan berbagai macam media, di mana masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri. Apabila tidak didukung dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, bisa dipastikan bahwa mereka akan mengalami kesulitan dalam menghubungi media dengan latar belakang yang berbeda.

Sebagai contoh, sebuah media memiliki background yang dikenal idealis. Maka, Anda sebagai relasi media harus paham bagaimana caranya berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki idealisme tinggi.

2. Problem Solving

Kemampuan memecahkan masalah adalah hal penting lain yang harus dimiliki oleh mereka yang bekerja di bidang ini. Sebab, seperti yang telah dijelaskan, relasi media yang baik dapat membantu perusahaan dalam mengendalikan pemberitaan di tengah krisis perusahaan. Bahkan, dalam kasus lain, masalah yang harus dihadapi terkadang bukan hanya yang terkait perusahaan, melainkan juga yang terkait langsung dengan media.

3. Relationship

Relasi media juga membutuhkan kemampuan relationship atau membangun hubungan dengan baik. Kemampuan membangun hubungan dengan baik ini dapat membantu dalam menjaga hubungan media dan perusahaan, bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Tentu saja, kemampuan ini harus diiringi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Baca juga: Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Medianya, dan Tujuannya

Kesimpulan

Media relation adalah bagian penting dalam perusahaan. Bagian ini bekerja dengan menjaga hubungan baik dengan media dan memberikan mereka informasi terkait perusahaan. Dalam menjalankan fungsinya, mereka yang bekerja di bidang relasi media memerlukan beberapa kemampuan seperti kemampuan membangun hubungan, berkomunikasi, dan pemecahan masalah yang baik.

Relasi media yang dilakukan dengan maksimal akan meningkatkan brand awareness, membangun hubungan baik dengan media, dan membantu perusahaan dalam mengendalikan krisis. Secara tidak langsung, pemberitaan yang baik juga akan membantu bisnis atau perusahaan untuk berkembang dan meningkatkan penjualan.

Untuk membantu memantau penjualan dan arus keuangan, perusahaan bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Di mana Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis.

Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap untuk memudahkan proses pencatatan dan pembuatan laporan keuangan menjadi lebih cepat, akurat, dan otomatis. Accurate Online juga mudah untuk digunakan dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online pun telah dipercaya dan digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia. Oleh karena itu, segera coba dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.