7 Rekomendasi Buku Marketing untuk Tambah Pengetahuan

Belakangan ini, permintaan terhadap tenaga kerja di bidang marketing semakin meningkat. Berbagai macam kursus dan pelatihan tersedia untuk memenuhi kebutuhan akan pembelajaran terkait ilmu dan teknik dasar marketing. Begitu pun buku-buku marketing yang semakin dibutuhkan untuk menambah pengetahuan.

Apabila Anda tertarik untuk mempelajari dunia pemasaran ini, Anda bisa memulainya dengan membaca buku seputar marketing. Di bawah ini, telah diuraikan tujuh rekomendasi buku marketing yang bisa Anda coba baca untuk menambah pengetahuan dan membantu mempersiapkan diri menjadi seorang marketer yang handal.

Rekomendasi Buku Marketing Untuk Tingkatkan Wawasan

1. How to Win Friends & Influence People (1936)

Buku marketing karya Dale Carnegie ini mungkin sudah tidak asing terdengar di kalangan para marketer. Sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1936, buku ini sudah terjual hingga 15 juta salinan di seluruh dunia.

Meski tergolong sebagai buku klasik, pelajaran dalam buku ini masih relevan dan bermanfaat bagi para marketer di era sekarang. Buku ini pun membahas aspek yang terkait dengan dunia pemasaran, seperti komunikasi, psikologi, penjualan, hingga pengembangan diri. Sehingga, dari hasil membaca buku ini, Anda diharapkan bisa mendapatkan ide dan visi baru, teman dan relasi baru, klien dan konsumen baru, serta popularitas yang meningkat.

2. All Marketers are Liars: The Underground Classic That Explains How Marketing Really Works and Why Authenticity is the Best Marketing of All (2005)

Buku marketing selanjutnya ditulis oleh penulis terbaik di bidang bisnis, yaitu Seth Godin. Buku ini akan memberi Anda tiga pertanyaan penting sebagai marketer, yakni “Apa ceritamu?”, “Apakah orang yang mendengar ceritamu akan percaya?”, dan “Apakah cerita itu benar?”.

Ia mengatakan bahwa marketer yang baik tidak hanya bercerita mengenai keuntungan dari produk yang dijual, melainkan juga menyajikan sebuah cerita yang menarik dan akan dipercaya oleh konsumen. Dengan kata lain, tugas seorang marketer adalah membagikan cerita yang bisa mempengaruhi konsumen.

Baca juga: Peran Penting Branding Voice dalam Bisnis dan Cara Mengembangkannya

3. The Sales Acceleration Formula: Using Data, Technology, and Inbound Selling to Go from $0 to $100 million (2015)

Ketika menjabat sebagai Senior Vice President Worldwide Sales and Services di HubSpot, Mark Roberge selaku penulis buku ini, membuat sebuah formula yang dapat menaikkan jumlah penjualan dan membantu perusahaannya mendapatkan 100 juta dolar dalam seminggu.

Buku ini menjelaskan tentang empat komponen yang menjadi formula dalam meningkatkan penjualan tersebut, yakni The Sales Hiring Formula, The Sales Training Formula, The Sales Management Formula, dan The Demand-Generation Formula.

Baca juga: Brand Story dan Manfaatnya Bagi Bisnis

4. The Power of Digital Marketing (2017)

Buku karya seorang praktisi digital marketing sekaligus entrepreneur G. M. Susanto ini dibuat khusus untuk memperkenalkan seberapa besar kekuatan digital marketing terhadap suatu bisnis. Di mana yang dibagikan di dalamnya adalah pengalaman penulis ketika menggeluti dunia digital marketing selama bertahun-tahun.

Buku ini akan mengajarkan Anda cara meningkatkan penjualan sebanyak 3 hingga 10 kali lipat, beserta studi kasus untuk meningkatkan omzet hingga 339% dalam dua bulan. Anda pun akan mendapatkan online course dan berbagai video tutorial secara gratis.

5. This Is Marketing: You Can’t Be Seen Until You Learn to See (2018)

Rekomendasi buku marketing selanjutnya ialah karya lain dari Seth Godin. Melalui buku ini, ia menjelaskan esensi pemasaran di era modern yang menekankan pada pendekatan emosional dan empati dengan konsumen.

Seperti diketahui, Seth Godin awalnya adalah seorang digital marketer yang pertama kali mencetuskan commercial email. Ia kemudian menjadi mentor dan penasihat bisnis bagi banyak pengusaha kelas dunia, sembari mengeluarkan buku-buku seputar marketing.

Baca juga: Contoh Iklan Kreatif di Indonesia yang Bisa Anda Jadikan Referensi

6. They Ask You Answer: A Revolutionary Approach to Inbound Sales, Content Marketing, and Today’s Digital Consumer (2019)

Buku karya Marcus Sheridan memberi Anda penjelasan mengenai struktur untuk strategi konten yang berkualitas, yang dapat mendorong kinerja situs dengan menjawab apa yang dicari oleh audiens. Buku ini juga akan membahas tentang video marketing, inbound marketing, dan strategi pemasaran digital lain.

Pada intinya, buku marketing ini memberikan gambaran kedinamisan audiens dari waktu ke waktu, serta bagaimana para pelaku marketing perlu menyesuaikan strategi agar tetap mendapat kepercayaan di dunia industri.

7. Marketing 5.0: Technology for Humanity (2021)

Buku marketing ini merupakan karya dari tiga pakar pemasaran yakni Herma Kartajaya, Iwan Setiawan, dan Philip Kotler. Philip Khotler sendiri dikenal sebagai The Father of Modern Marketing karena gagasan-gagasannya yang menjadi terobosan baru dalam dunia bisnis dan pemasaran.

Karena itu, buku ini menjelaskan bagaimana perkembangan teknologi mampu membantu pembuatan strategi marketing yang lebih logis, prediktif, dan berbasis data.

Baca juga: Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Tips Membuatnya

Penutup

Itulah tujuh rekomendasi buku marketing yang bisa Anda coba baca untuk menambah pengetahuan ataupun mempersiapkan diri menjadi seorang marketer yang handal. Pasalnya, baik offline marketing maupun digital marketing, semuanya membutuhkan ilmu dan teknik dasar yang mumpuni agar bisa meningkatkan penjualan dan mempertahankan keberlangsungan bisnis.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada hal lain yang tidak boleh dilupakan yakni pengelolaan keuangan secara bijak dan benar. Pengelolaan keuangan ini perlu didukung oleh software yang mampu mempermudah proses pencatatan dan pembuatan laporan keuangan, seperti yang dilakukan oleh software akuntansi dan bisnis bernama Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Jika tertarik untuk mencobanya, klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.