Bagaimana Cara Membuat Strategi Influencer Marketing yang Efektif?
Influencer marketing adalah salah satu strategi marketing yang penting saat ini. Bayangkan, adakah proses yang biasa Anda ikuti saat ingin membeli sesuatu yang baru untuk diri sendiri? Bagaimana Anda memutuskan apa yang akan dibeli? Apakah Anda mungkin membaca ulasan yang berbeda, masukan dari para ahli, bertanya kepada teman, keluarga, dll.?
Anehnya, bukan hanya Anda yang membuat keputusan dengan cara ini, tetapi semua pelanggan Anda juga. Orang tidak hanya membaca ulasan online, tetapi 84% mempercayai rekomendasi pribadi sebanyak ulasan online. Pertanyaannya di sini adalah bagaimana Anda membangun rekomendasi yang baik sehingga Anda dapat mempengaruhi pelanggan Anda untuk membeli produk Anda?
Influencer adalah orang yang memiliki kemampuan persis seperti ini. Influencer adalah pakar dalam niche produk tertentu, yang memengaruhi keputusan pelanggan secara positif karena kekuatan persuasif dan basis pengikut mereka.
71% pemasar setuju bahwa trafic dari influencer marketing jauh lebih tinggi daripada sumber pemasaran lainnya. Tetapi meskipun begitu banyak pemasar yang mengadopsi strategi ini, apakah pantas bagi merek Anda untuk terlibat dalam influencer marketing?
Mari kita cari tahu secara mendalam.
Daftar Isi
Apakah Anda Membutuhkan Strategi Influencer Marketing?
Untuk memulai, mari kita pahami apakah strategi influencer marketing adalah strategi yang tepat untuk bisnis Anda.
Untuk menentukan ini, Anda harus memetakan perjalanan pelanggan Anda atau Customer Journey Mapping. Hanya ketika Anda memahami proses yang dilalui pelanggan Anda saat membuat keputusan, Anda dapat memahami apakah strategi influencer marketing cocok dengan bisnis Anda atau tidak.
Lakukan Customer Journey Mapping
Analisis perjalanan pembeli berarti menganalisis langkah-langkah yang dilalui pembeli sebelum membeli produk.
Ini mengharuskan Anda untuk meneliti bagaimana pelanggan Anda berperilaku, apa yang mereka suka dan tidak suka, latar belakang, reaksi, tanggapan mereka, dan pada akhirnya apakah mereka membeli produk atau pergi (dan ketahui apa yang menyebabkan hal ini).
Ini akan, pada gilirannya, membantu memahami apakah strategi ini menguntungkan Anda atau tidak.
Untuk memetakan perjalanan pelanggan Anda, mari kita mulai dengan mengidentifikasi perilaku konsumen di tiga titik kontak utama ini menggunakan contoh Lmnop, merek yang menjual “Saya suka Kota Jakarta”:
Sebelum Pelanggan Melakukan Kontak dengan Merek
Riset menunjukkan bahwa pelanggan Lmnop adalah remaja dan dewasa muda yang suka mengikuti tren fashion dan menjadi populer. Mereka berasal dari budaya barat dengan latar belakang keuangan yang kaya. Mereka aktif di media sosial dan sangat sering membagikan pengalaman merek mereka.
Karakteristik pelanggan tersebut menunjukkan bahwa calon pelanggan Lmnop memiliki karakteristik yang dapat dibarengi dengan strategi pemasaran influencer untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness.
Ketika Pelanggan Terlibat Dengan Merek
Saat pelanggan Lmnop melihat kaus dan topi “I love DKI”, mereka menanyakan teman dan forum online, pertanyaan seperti:
- “Hei, apa ini keren?”
- “Hei, apakah ini terlihat trendi”
- “Ini seni yang keren”
- “Apakah ini mode hari ini”
Dan jika teman dan keluarganya menjawab positif, mereka akan membeli produk dari lmnop.
Ini menunjukkan bahwa ketika pelanggan melakukan kontak dengan merek, mereka bergantung dan dibujuk oleh validasi sosial dan pemimpin opini. Artinya Lmnop membutuhkan strategi di mana orang-orang yang persuasif, populer, dan trendi dapat mempengaruhi keputusan pembelian.
Setelah Pelanggan Melakukan Pembelian
Setelah pelanggan Lmnop membeli kaos dan topi “I love DKI”, mereka membagikan fotonya kepada teman-teman mereka menggunakan teks dan tagar terkait.
Karakteristik psikologi pelanggan Lmnop ini memberi tahu kita bahwa mereka selalu berhubungan dengan orang-orang dan pakar dari komunitas.
Demikian pula, jika riset perjalanan pelanggan Anda memberi tahu Anda bahwa pelanggan bergantung pada rekomendasi dan ulasan oleh pakar khusus, selamat karena membuat strategi influencer marketing dalam bisnis Anda adalah pilihan yang tepat.
Tetapi sekarang setelah Anda tahu influencer marketing cocok untuk bisnis Anda, apakah itu lebih penting bagi Anda daripada strategi pemasaran lainnya?
Pentingnya Strategi Influencer Marketing dalam Bisnis
Sekarang setelah Anda menentukan bahwa pelanggan Anda cenderung menanggapi strategi influencer marketing, mari kita pahami mengapa 91% pemasar menganggap strategi ini penting?
Membangun Kepercayaan
Internet dipenuhi dengan ratusan bahkan ribuan merek yang menyulitkan pelanggan untuk memahami siapa yang harus dipercaya dan dari siapa harus membeli.
Seringkali keputusan tentang siapa yang harus dipercaya dan siapa yang akan membeli dibuat berdasarkan rekomendasi yang diketahui. 92% pelanggan mempercayai merek berdasarkan rekomendasi dari orang-orang daripada iklan tradisional.
Oleh karena itu, sangat penting bagi merek Anda untuk mengembangkan strategi influencer marketing untuk mendapatkan kepercayaan dari audiens targetnya.
Meningkatkan Visibilitas Online
Influencer marketing tidak hanya penting sebagai strategi pemasaran tetapi juga secara positif memengaruhi visibilitas online Anda.
Review, saran, reaksi dari influencer sering muncul di hasil pencarian setiap kali seseorang mencari brand Anda di Google atau saluran media sosial.
Lebih Banyak Konten
Salah satu komponen influencer marketing adalah menghasilkan konten segar dan menarik dalam jumlah besar. Oleh karena itu, influencer marketing menjadi penting karena lebih banyak konten mengarah pada lebih banyak visibilitas, kesadaran, dan keterlibatan.
Lebih Banyak Mentions
Karena influencer adalah orang-orang yang memiliki pengikut populer dan basis pengikut tepercaya, pengikut mungkin berbicara tentang merek lebih banyak lagi melalui komentar, obrolan, pertanyaan, penyebutan cerita, dll.
Orang-orang cenderung berbicara lebih banyak dan bertahan sekitar tujuh kali lebih lama ketika seorang influencer berbicara tentang merek daripada media periklanan lainnya.
Biaya Ekonomis
Strategi influencer marketing sangat penting untuk merek yang baru diluncurkan serta merek dengan anggaran lebih rendah.
Bisnis semacam itu mungkin tidak mampu membeli dan berinvestasi dalam saluran pemasaran dan periklanan berbayar. Rata-rata, setiap $ 1 yang dihabiskan untuk pemasaran influencer, menghasilkan pendapatan senilai $ 6,50. Jika Anda membandingkan ini dengan sistem bayar per klik, setiap $ 1,60 menghasilkan $ 3.
Oleh karena itu, pengembalian investasi (ROI) pemasaran influencer jauh lebih tinggi dan menguntungkan sebanding dengan uang yang dihabiskan untuk strategi.
Keterlibatan yang Lebih Baik
Keterlibatan telah menjadi bagian besar dari pemasaran dan periklanan. Jika strategi pemasaran Anda dapat membuat audiens target Anda ingin terlibat dengan merek Anda, Anda akan berhasil mencapai sasaran nilai Anda. Pemasaran influencer membangun keterlibatan 3,5 kali lebih banyak daripada keterlibatan dari iklan tradisional.
Meningkatkan Jangkauan Pelanggan
Influencer marketing penting karena membantu bisnis Anda untuk menjangkau setiap sudut audiens target Anda. Percakapan tentang merek diketahui meningkat dari tiga kali menjadi sepuluh kali ketika seorang influencer berbicara tentang suatu merek.
Cara terbaik untuk memahami hal ini adalah dengan mengambil contoh merek Lord & Taylor. Lord & Taylor bermitra dengan 50 influencer dan semuanya 50, memposting gambar di Instagram pada hari yang sama mengenakan gaun baru mereka.
Setelah ini, gaun tersebut terjual habis dalam waktu kurang dari seminggu. Kesimpulan utama di sini adalah bahwa pemasaran influencer penting tidak hanya untuk membangun kepercayaan tetapi juga menjangkau pelanggan Anda untuk mengubah kepercayaan mereka menjadi penjualan.
Berikut beberapa artikel tentang marketing lainnya yang bisa Anda baca:
- Value Proposition Adalah: Pengertian dan Cara Membuat Value Proposition
- Manajemen Merek: Pengertian, Strategi dan Contohnya
- BCG Matrix: Pengertian, Kuadran, dan Strategi Mengembangkannya
- Mengenal Media Promosi dan Metode Periklanan untuk Bisnis Anda
- Niche Market: Pengertian dan 11 Rencana dalam Membuat Niche Marketing
Bagaimana Mengembangkan Strategi nfluencer Marketing?
Influencer marketing menjadi semakin penting di zaman sekarang, tetapi bagaimana Anda sebenarnya membangun strategi untuk influencer marketing? Bagian ini secara komprehensif menguraikan langkah-langkah untuk menyusun strategi dan membuat rencana pemasaran influencer.
Langkah 1 – Tentukan Tujuan Anda
Langkah awal untuk mengembangkan strategi pemasaran influencer Anda adalah menentukan tujuan Anda.
Apakah Anda berniat untuk fokus pada peningkatan keterlibatan atau mengurangi pekerjaan dengan churn rate minimal atau mencapai tingkat konversi yang lebih tinggi?
Menentukan tujuan Anda di awal akan memberikan struktur yang konsisten pada strategi Anda. Dua tujuan yang paling umum digunakan untuk strategi influencer marketing adalah:
- Meningkatkan kesadaran merek
- Meningkatkan penjualan
Tetapi alih-alih menetapkan tujuan yang begitu luas, akan bermanfaat untuk mempersempit tujuan Anda menjadi apa yang sebenarnya harus dicapai dari strategi Anda. Beberapa tujuan untuk Anda mulai, seperti contoh:
- Tingkatkan basis pelanggan Anda di antara target pasar Anda
- Tingkatkan penjualan sebesar 30% selama tahun depan
- Kelola reputasi online Anda secara positif
- Dapatkan peningkatan 40% pengikut di akun media sosial Anda
- Dapatkan otoritas atas kategori produk di pasar
Langkah 2 – Tentukan Cara Memanfaatkan Target Audiens Anda
Setelah Anda menentukan tujuan Anda, muncul pertanyaan tentang bagaimana mencapai tujuan ini untuk memanfaatkan audiens target Anda.
Salah satu cara untuk secara strategis memanfaatkan pikiran pelanggan Anda untuk memengaruhi mereka adalah dengan mengikuti model Awareness-Interests-Desire-Action (AIDA) atau kesadaran, ketertarikan, keinginan dan tindakan, yang juga disebut corong pembelian.
Kesadaran
Kesadaran adalah saat Anda ingin menjangkau lebih banyak orang untuk mengenali dan mengetahui merek Anda. Pada tahap ini orang belum mengetahui tentang produk Anda, jadi Anda perlu memastikan bagaimana influencer Anda akan membuat lebih banyak orang mengetahuinya. Apakah melalui isyarat dalam foto, video, posting blog, dll.?
Ketertarikan
Tahap ketertarikan adalah ketika pelanggan mengetahui penawaran (dan pesaingnya) tetapi mengembangkan pesan yang berbeda untuk merek Anda.
Ini sering kali dicapai dengan memancing minat pelanggan, mengedukasi mereka, dan membuatnya menginginkan lebih.
Misalnya, OnePlus sering mengirimkan hadiah kepada influencer terkenal dan meminta mereka untuk meninjau ponsel merek dan penawaran lainnya, unboxing, dan membangkitkan minat di antara audiens target sebelum penawaran benar-benar diluncurkan.
Keinginan
Pelanggan Anda mungkin menyukai produk Anda, tetapi tidak membelinya. Oleh karena itu, jika Anda ingin memanfaatkan audiens target Anda, buatlah jenis konten apa yang ingin Anda gunakan untuk memastikan bahwa minat tetap ada untuk berubah menjadi keinginan.
Misalnya, Daniel Wellington mampu mengubah bisnis $ 15.000 mereka menjadi bisnis $ 220 juta hanya dalam 4 tahun mengikuti strategi pemasaran influencer yang memicu keingian. Melalui visual yang menarik, warna-warna indah, influencer membuat pelanggan ingin mengunjungi situs web mereka dan membeli jam tangan.
Tindakan
Sekarang setelah pelanggan tertarik dan mau membeli, dia akan pindah untuk membeli penawaran tersebut. Strategi pemasaran influencer Anda pada tahap ini harus fokus pada bagaimana memfasilitasi tindakan ini.
Memanfaatkan audiens target Anda sangat penting karena ini menentukan jenis konten apa yang harus dibuat oleh influencer Anda. Nada, nuansa, dan jenis konten yang dibuat melalui strategi pemasaran influencer harus cocok untuk audiens yang Anda targetkan.
Langkah 3 – Tetapkan Anggaran
Setelah Anda merumuskan tujuan dan target audiens Anda, Anda harus membuat struktur anggaran untuk strategi influencer marketing Anda. Saat menetapkan anggaran, Anda harus mempertimbangkan:
Tujuan
Sasaran adalah penentu penting dari strategi penganggaran Anda karena berdasarkan apa yang Anda inginkan, Anda merencanakan apa yang ingin Anda belanjakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Bayangkan tujuan Anda termasuk – menggandakan penjualan Anda dari tahun lalu. Sekarang, menggandakan penjualan adalah tujuan yang ambisius. Jika Anda menginginkan tujuan yang ambisius, Anda harus membelanjakan uang dengan ambisius dan cerdas.
Jika sasaran Anda termasuk – meningkatkan pengikut sebesar 20% selama kuartal berikutnya, Anda mungkin memiliki anggaran yang lebih rendah daripada seseorang yang ingin melipatgandakan penjualan mereka.
Oleh karena itu, pertama, bandingkan proporsi sumber daya yang akan dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Menggunakan perbandingan itu merumuskan anggaran.
Untuk memudahkan Anda dalam merumuskan anggaran, Anda harus membuat pembukuan yang baik agar seluruh proses finansial terpantau secara optimal. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang mimiliki fitur pembukuan terlengkap, termasuk pembuatan anggaran
Jenis Influencer
Aspek penting kedua saat membuat rencana anggaran adalah jenis influencer yang ingin Anda ajak kerja sama. 5 jenis influencer utama yang bisa Anda pilih adalah:
- Mega-Influencer: Mega-influencer termasuk selebriti, pakar online, atau pemimpin opini yang memiliki lebih dari 1 juta pengikut di setidaknya salah satu platform media sosial mereka.
- Makro Influencer: Ini termasuk pemimpin opini, pakar, dan tokoh terkenal yang memiliki pengikut dari kisaran 500.000 dan 1 juta di setidaknya salah satu platform media sosial mereka.
- Influencer Tingkat Menengah: Ini adalah pakar niche pemula atau tokoh terkenal dengan pengikut berkisar antara 50.000 dan 500.000.
- Mikro-Influencer: Ini adalah orang-orang biasa yang terkenal karena pengetahuan mereka tentang suatu niche atau karena beberapa alasan khusus. Mikro-influencer memiliki pengikut berkisar antara 10.000 – 50.000 di salah satu akun media sosial mereka.
- Nano Influencer: Influencer ini memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit (1.000 – 10.000) tetapi memiliki keterlibatan yang sangat tinggi dengan mereka karena mereka dianggap ahli di bidangnya.
Memutuskan jenis influencer yang Anda inginkan akan menentukan berapa banyak anggaran yang harus Anda alokasikan untuk strategi pemasaran influencer Anda.
Apakah Anda menginginkan mega influencer dengan ribuan pengikut dan basis pengikut yang besar? Apakah Anda ingin memulai dengan mega influencer dan kemudian mengalihkan fokus ke makro dan mikro? Atau Anda ingin memulai dengan nano-influencer dan terus berkembang?
Berikut beberapa artikel tentang marketing lainnya yang bisa Anda baca:
- Asosiasi Merek: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya
- Segmentasi Pelanggan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya
- 10 Tips Dalam Merespon Keluhan Pelanggan
- Inbound Marketing Adalah: Pengertian, Tahapan, Dan Bedanya Dengan Outbound Marketing
- Brand Ambassador: Pengertian, Fungsi dan Tips Efektif Memilihnya
Langkah 4: Cara Menemukan Influencer
Tiga langkah pertama menetapkan dasar untuk strategi influencer marketing Anda. Setelah fondasi ini ditetapkan, kami beralih ke mencari influencer.
Penting untuk diperhatikan bahwa Anda tidak ingin hanya mencari influencer – Anda ingin menemukan influencer yang sesuai dengan tujuan dan anggaran Anda. Influencer yang sesuai adalah orang yang selaras dengan identitas, misi, dan visi merek Anda.
Apa yang Membuat Influencer yang Baik?
Untuk memahami apakah seorang kandidat adalah influencer yang tepat untuk Anda, Anda harus memperhatikan kualitas influencer berikut ini:
Kepercayaan
Kepercayaan seperti kulit dari influencer yang sukses. Seorang influencer yang percaya diri akan memastikan bahwa sebuah merek digambarkan sebagai merek yang kuat, berwibawa, dan berpengaruh.
Rasio keterlibatan tinggi
Influencer tidak semuanya tentang pengikut. Pengikut dapat ditingkatkan melalui metode anorganik oleh siapa saja. Tetapi seorang influencer organik dan asli akan memiliki suka, berbagi, dan komentar, sebanding dengan jumlah pengikut yang mereka miliki. Proporsi ini disebut rasio keterlibatan.
3 R dari seorang influencer – Relevansi, resonansi, dan reach (jangkauan)
Pastikan kepribadian sosial pemberi pengaruh relevan dengan apa yang Anda cari untuk merek Anda. Jika influencer Anda benar-benar percaya dan selaras dengan tujuan merek Anda, dia juga dapat membuat pengikut Anda percaya.
Ketiga, influencer harus memiliki jangkauan yang baik dan benar-benar mampu memengaruhi orang. Jumlah pengikut yang banyak tidak membuat semua orang menjadi influencer.
Seorang influencer harus dapat menjangkau pelanggan, memengaruhi keputusan pembelian mereka dengan cara yang positif untuk Anda.
Misalnya, jika Anda adalah pemilik merek yang membuat camilan bernutrisi untuk orang yang berlatih yoga dan meditasi. Salah satu influencer di daftar Anda adalah seseorang yang suka bermalas-malasan, beristirahat, tidur, mengemil junk food, dan menonton Netflix secara berlebihan sepanjang hari.
Tetapi dia memiliki jumlah pengikut tertinggi dibandingkan dengan yang lain. Apakah akan menjadi strategi yang bagus untuk bekerja dengannya?
Jawabannya: Tidak!! Hal ini karena:
- Kepribadian sosialnya tidak relevan dengan arti merek Anda
- Profilnya tampaknya tidak selaras dengan produk merek Anda
- Orang yang tertarik padanya adalah orang yang suka bersantai, mengambil cuti, dan menghabiskan hari dengan menonton pesta. Jangkauannya tidak sesuai dengan target audiens Anda.
Passion
Seorang influencer yang baik harus bersemangat dengan pekerjaan ini. Passion berarti influencer haus akan lebih banyak keterlibatan, lebih banyak kepercayaan, dan lebih banyak penjualan.
Influencer harus mengikuti semua tren media sosial dan memasukkannya dengan strateginya. Influencer yang bersemangat dapat diandalkan karena passion memperkuat kemitraan antara merek dengan influencer.
Keaslian atau originalitas
Keaslian adalah kualitas kunci lain yang harus dicari. Jika influencer Anda asli, pengikut akan percaya bahwa merek Anda adalah sesuatu yang perlu diperhatikan, dibicarakan, dan diperiksa. Praktik tidak autentik termasuk menyalin aspek profil seperti foto, keterangan, poster, struktur poster, dll.
Karenanya, saat Anda mencari influencer, jangan hanya merekrut berdasarkan jumlah pengikut atau biayanya. Gali lebih dalam untuk menemukan kualitas yang akan membantu Anda membangun strategi pemasaran influencer yang kuat.
Menemukan Seorang Influencer
Untuk mencari influencer, Anda bisa mengikuti dua cara:
Cari Secara Manual
Saat melakukan pencarian manual, Anda dapat menggunakan alat-alat berikut:
- Google atau mesin telusur lainnya – Telusuri frasa seperti ‘influencer sampo teratas’, ‘influencer permen top’, ‘pinfluencer kecantikan terbaik’, dll.
- Instagram atau aplikasi media sosial lainnya – Cari tagar yang sedang tren terkait dengan topik Anda, seperti – BestShampoo, ClearSkin, TopGame, ComfortableAirline, dll.
Setelah menemukan orang yang memeriksa kualitas yang tepat dan sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat menyusun daftar detail kontak mereka di spreadsheet. Pastikan spreadsheet ini mencakup:
- Nama
- Semua tautan profil media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, dll.)
- Jumlah pengikut
- Rasio keterlibatan
- Nilai apa yang mereka bawa ke merek Anda
- Nilai apa yang tidak mereka bawa / Apa yang perlu dikerjakan
- Biaya yang mereka kenakan
- Merek sebelumnya yang bermitra dengan mereka / Merek saat ini yang menjadi mitra mereka
Mencari melalui alat online
Mesin pencari gratis untuk menemukan influencer. Dengan menggunakan ini, Anda dapat dengan mudah mencari kata kunci atau frase apa pun dan database akan menyusun daftar hasil dengan semua influencer yang terkait dengan topik itu.
BuzzSumo adalah mesin pencari berbayar untuk menemukan influencer, konten, pesaing, dll. Dengan menggunakan BuzzSumo, Anda tidak hanya dapat menemukan kontak influencer tetapi juga jumlah pengikut twitter yang mereka miliki, jumlah retweet rata-rata yang mereka terima, rasio balasan mereka, dll.
Selain itu, fitur yang disebut “konten pencarian bersama” juga menampilkan semua konten yang telah dibagikan terkait dengan topik yang relevan. Ini membantu Anda memahami berapa banyak orang yang membuat konten yang relevan untuk Anda dan bagaimana mereka dapat menjadi pemberi pengaruh potensial bagi Anda.
Upfluence adalah database influencer gratis. Mirip dengan Deep Social, Anda dapat mempersempit pencarian Anda di Upfluence menggunakan kategori seperti lokasi, jumlah pengikut, dll.
Upfluence juga menawarkan plugin Chrome, yang membantu Anda dalam menganalisis profil influencer dari Facebook, Instagram, YouTube, Pinterest, dan blog. langsung dari browser Anda.
Langkah 5: Buat Strategi Manajemen
Terakhir, Anda harus memastikan bahwa Anda mengelola strategi untuk keuntungan terbaik Anda. Strategi pemasaran influencer yang sukses akan mencakup hal-hal berikut sebagai bagian dari rencana manajemennya:
Mengatur Metrik Kinerja Utama atau KPI
Beberapa metrik kinerja utama dasar untuk pemasaran influencer meliputi:
- Kesadaran merek
- Keterikatan
- Menghasilkan lebih banyak prospek
- Penjualan
- Mengklik tautan afiliasi
Strategi Konten Influencer
Setelah Anda menetapkan KPI, tentukan jenis strategi konten yang akan digunakan influencer Anda. Konten yang efektif dan dapat memenangkan kepercayaan audiens Anda meliputi:
Penempatan produk
Kunci penempatan produk influencer bukanlah memberikan kesan iklan secara langsung, tetapi kesesuaian yang wajar dalam sebuah skenario.
Integrasi merek
Integrasi merek akan lebih langsung, dengan produk sebagai fokus dalam sebuah skenario.
Konten yang Dibuat Influencer
Ini adalah konten yang dibuat oleh influencer untuk pemasaran. Ini mungkin termasuk membuat blog dan menulis review.
Influencer takeover
Influencer takeover adalah ketika Anda membiarkan influencer Anda menangani akun merek Anda untuk waktu tertentu seperti beberapa jam atau satu hari penuh di mana mereka berbagi konten yang disesuaikan berdasarkan arahan yang diberikan untuk produk Anda.
Membuat Kontrak yang Jelas
Influencer marketing sangat memengaruhi citra merek Anda. Jika Anda menetapkan istilah yang membingungkan dan tidak jelas, hal itu dapat berdampak negatif pada reputasi merek Anda. Saat membuat kontrak dengan influencer, beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan adalah:
- Durasi influencer akan bekerja.
- Tingkat otonomi yang dimiliki influencer atas citra merek.
- Ketentuan pertukaran moneter.
- Jika Anda memberikan barang dagangan gratis kepada influencer, tetapkan syarat dan ketentuan untuk itu di awal.
- Pastikan influencer setuju untuk tidak pernah merugikan atau tidak menghormati citra merek, visi, dan identitas.
- Perjelas apakah influencer dapat bermitra dengan merek lain selama masa jabatannya dengan merek Anda.
- Tetapkan rata-rata tingkat keterlibatan yang diharapkan untuk basis harian, mingguan, dua minggu, dll
- Mintalah jaminan untuk aspek-aspek berikut – keaslian, transparansi, kejujuran, dan kreativitas.
Membangun Hubungan Ramah Dengan Influencer
Terakhir, perlu diingat bahwa influencer adalah manusia juga. Untuk melindungi pemasaran, citra, dan kesopanan merek Anda, Anda harus memastikan untuk bersikap ramah dengan pemberi pengaruh Anda.
Pastikan Anda tidak membebani mereka dengan pekerjaan secara berlebihan. Tujuan memiliki hubungan yang ramah adalah agar pemberi pengaruh merasa terhubung dengan merek karena hubungan seperti itu akan bekerja secara positif untuk citra merek Anda.
Kesimpulan
Itulah pembahasan mendalam mengenai strategi influencer marketing serta tahapan yang bisa Anda lakukan agar strategi Anda berjalan dengan optimal.
Disaat penggunaan sosial media dan internet semakin berkembang, influencer marketing merupakan salah satu cara pemasaran terbaik dengan ROI yang tinggi saat ini. Namun seperti cara pemasaran lain, Anda membutuhkan perencanaan yang matang agar proses kampanye pemasaran Anda bisa sukses.
Catat setiap biaya yang Anda keluarkan untuk strategi ini, dan pastikan bisnis Anda mendapatkan keuntungan dari apa yang Anda keluarkan. Untuk kemudahan pencatatan tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terlengkap dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.
Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: