Apa itu Outing Kantor? Ini Pengertian, Manfaat dan Rekomendasinya

Bila Anda adalah seorang pebisnis, pasti Anda tahu bahwa karyawan Anda sudah melewati berbagai hari yang penat dengan segudang beban berat yang sudah dikerjakannya. Nah, untuk mencegah kejenuhan para karyawan, maka Anda bisa melakukan outing kantor.

Lalu, apa itu outing kantor? Apa saja manfaatnya untuk karyawan? Ini jawaban singkatnya.

Apa itu Outing Kantor?

Sama seperti namanya, outing kantor adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk kesenangan dan umumnya berlangsung selama satu hingga tiga hari. Berdasarkan laman Smallbusiness, Outing adalah suatu bentuk kepedulian Anda pada karyawan agar mereka bisa kembali bersemangat untuk bekerja dan membuat antara karyawan kompak serta saling mengenal.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa di dalamnya harus dilakukan perencanaan kegiatan yang jelas dan tidak hanya sekedar kekompakkan saja. Anda bisa saja menyertakan kegiatan gathering ataupun outbond dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Apa Bedanya Outing, Outbound dan Gathering?

  • Outing

Outing adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan dan bersifat menyenangkan, seperti rekreasi di alam terbuka. Kegiatan ini dilakukan dengan acara bebas atau hanya dengan permainan ringan yang tidak berat dalam hal pikiran, fisik, dan juga emosional.

  • Outbound

Outbound adalah suatu kegiatan edukatif yang dilakukan oleh perusahaan di alam terbuka. Jenis permainan di dalamnya memerlukan fisik, pikiran, dan juga emosional, seperti brain games, strategi, fun games, team building, ataupun ice breaking.

  • Gathering

Suatu aktivitas yang diadakan oleh perusahaan dalam suatu titik lokasi tertentu, baik itu di luar ataupun di dalam ruangan. Aktivitas tersebut sekedar hiburan atau rekreasi agar bisa meningkatkan rasa keakraban, kekeluargaan, dan juga silaturahmi.

Baca juga: Peran SDM dalam Perusahaan dan Fungsi Penting Mereka

Apa Saja Manfaat dari Outing Kantor?

  • Saling Mengenal

Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai cara yang tepat untuk menciptakan team building antar karyawan di dalam perusahaan Anda. Baik itu permainan yang bersifat ringan ataupun ketika beristirahat, setiap karyawan nantinya bisa menjalin komunikasi secara lebih baik dan saling mengenal antara yang satu dengan yang lainnya.

  • Mengistirahatkan Tubuh

Setelah berbagai hari kerja yang sudah dilakukan oleh karyawan, maka ini adalah waktu yang tepat untuk outing, dimana karyawan karyawan bisa istirahat sementara waktu agar mereka bisa lebih produktif dan kembali pada rutinitas hariannya.

  • Bentuk Kepedulian Perusahaan

Ketika melakukan outing, Anda bisa menunjukkan bahwa diri Anda sangat peduli dengan karyawan dengan cara memberikan kesempatan pada mereka untuk saling berdiskusi terkait lingkungan pekerjaan ataupun berbagai masalah yang ada.

Saat karyawan sudah merasa saling mengenal, maka nantinya mereka akan lebih mudah untuk membuka diri dan mengeluarkan keluh kesah mereka selama bekerja. Namun, hal tersebut tidak boleh dipaksakan bila kondisinya belum mendukung.

Baca juga: Sistem Informasi SDM: Pengertian, Fungsi dan Berbagai Manfaatnya untuk Perusahaan

Rekomendasi Tempat Outing Kantor di Jakarta

1. Pulau Seribu

Pulau seribu adalah destinasi wisata yang cukup sering dipilih oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan outing. Dari sekian banyaknya pulau di sana, setiap pulau umumnya akan disesuaikan dengan tema outing kantor. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi pulaunya.

  • Pulau Alam Kotok

Pulau ini begitu sangat natural dengan ditonjolkannya berbagai vegetasi yang belum dijamah oleh manusia. Pulau ini bahkan digunakan sebagai konservasi elang bondol, maskot provinsi dari DKI Jakarta. Pulau alam kodok ini bisa ditempuh selama 90 menit dari Ancol dengan kapasitas hingga 100 orang.

  • Pulau Macan

Pulau macan terdiri dari dua pulau, yakni pulau Macan Besar dan Macan Kecil yang dipisahkan dengan pantai indah. Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan perusahaan di sana adalah kayaking, snorkeling, sampai diving. Di sana juga terdapat cottage sebagai tempat bermalamnya

  • Pulau Pantara

Pulau ini terkenal dengan wisata baharinya yang masih sangat alami dan menakjubkan. Selain itu, pulau ini juga sangat sesuai untuk digunakan sebagai lokasi outing dengan kapasitas hingga 150 orang. Terdapat penginapan dalam bentuk cottage sebanyak 57 buah.

2. Bumi Perkemahan Ragunan

Bumi perkemahan ragunan adalah salah satu tempat outdoor yang berada tepat di di Jl. RM. Harsono No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, RT.9/RW.4, Kota Jakarta Selatan.

Selain sangat luas, Bumi Perkemahan Ragunan juga menyediakan suatu aula tipe kecil sampai tipe besar. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas penunjang lain, seperti mushola, lahan parkir, MCK, dan lain sebagainya. Tempat ini tentunya bisa dijadikan sebagai tempat outing kantor untuk perusahaan yang mempunyai banyak karyawan.

Paket yang tersedia di tempat ini dibanderol dari mulai 290 ribu hingga 350 ribu rupiah per orang.

3. Pandora Experience Escape Room

Suatu wahana permainan yang penuh dengan misteri dan menuntut kemampuan kerjasama, keberanian, dan keahlian dalam membuat strategi serta keterampilan dalam memecahkan masalah. Pandora Express Escape Room bisa dijadikan sebagai ide outing kantor yang menarik

Di dalamnya terdapat berbagai cerita misteri, seperti Segitiga Bermuda, Jack The Ripper, dan The Flying Dutchman. Kapasitas setiap cerita di dalamnya adalah 2 hingga 14 orang selama 120 menit atau dua jam.

4. Dunia Fantasi

Salah satu program di Dufan atau Dunia Fantasi yang pas untuk outing kantor adalah Amazing Race dengan basis teknologi web app. Berbagai misi bisa dituntaskan dengan mengeksplor area Dufan.

Walaupun seru, namun para peserta Amazing Race harus pandai dalam menghitung waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan misi, karena kriteria pemenangnya akan ditentukan dari kelompok yang paling cepat dalam menyelesaikan misi.

Tentunya hal tersebut akan menjadi kegiatan outing yang seru untuk kantor Anda.

5. Kampung Main Cipulir

Bila Anda ingin menyelenggarakan kegiatan outing dengan biaya yang hemat, maka Kampung Main Cipulir adalah pilihannya. Berbagai permainan seperti kolam renang, flying fox, berkuda, lapangan futsal, trampolin, paintball, shooting target, dan ATV bisa dilakukan oleh setiap karyawan. Selain itu, terdapat paket murah outbound seharga 25 hingga 35 ribu rupiah.

Baca juga: Pengembangan SDM: Pengertian, Strategi dan Fungsinya Bagi Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang outing kantor, lengkap dengan manfaat dan rekomendasi tempat outing kantor di Jakarta. Anda juga sudah tidak perlu lagi khawatir terkait biaya outing yang harus Anda keluarkan.

Dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online, Anda bisa membuat laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa menghitung biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan outing kantor.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis luar biasa yang bisa membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis Anda dan nikmati free trial selama 30  hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.