Pengertian Allowance, 8 Jenisnya, dan Manfaat Pentingnya untuk Karyawan

oleh | Mei 29, 2023

source envato.

Pengertian Allowance, 8 Jenisnya, dan Manfaat Pentingnya untuk Karyawan

Perlu Anda ketahui bahwa para karyawan yang bekerja di dalam suatu perusahaan tidak hanya memiliki hak untuk mendapatkan gaji pokok saja, tapi terdapat kompensasi lain yang dikenal dengan allowance.

Allowance atau tunjangan adalah tambahan pendapatan yang berhak diterima oleh para karyawan, selain dalam bentuk uang, bisa juga dalam bentuk manfaat lain yang ditawarkan oleh perusahaan agar terlihat menarik di mata karyawan dan membuat mereka mau bekerja di perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan allowance yang berbeda-beda. Ingin mengetahui lebih dalam tentang allowance? Baca terus artikel tentang allowance di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Allowance

accurate.id gambar allowance-1

Menurut laman Wikipedia, allowance dapat merujuk pada beberapa hal tergantung pada konteksnya. Berikut adalah beberapa pengertian umum untuk istilah “allowance“:

  • Tunjangan: Allowance sering digunakan untuk merujuk pada tunjangan yang diberikan kepada seseorang di atas gaji atau pendapatan utamanya. Tunjangan ini bisa bersifat periodik atau satu kali bayar, dan tujuannya adalah untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan khusus atau memberikan tambahan finansial.
  • Uang saku: Allowance juga dapat merujuk pada uang yang diberikan kepada anak-anak oleh orang tua mereka. Ini bisa berupa uang harian, mingguan, atau bulanan yang diberikan kepada anak-anak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau keinginan mereka.
  • Batasan atau persetujuan: Dalam beberapa konteks, allowance bisa berarti batasan atau persetujuan yang diberikan kepada seseorang. Misalnya, dalam pengaturan bisnis, allowance dapat mengacu pada batasan yang diberikan kepada seorang manajer dalam hal anggaran atau keputusan yang dapat diambil tanpa persetujuan lebih lanjut.
  • Pengurangan atau toleransi: Allowance juga bisa merujuk pada toleransi atau pengurangan tertentu dalam hal tertentu. Misalnya, dalam konstruksi, allowance dapat merujuk pada toleransi dalam ukuran atau dimensi yang diperbolehkan dalam spesifikasi proyek.

Perlu dicatat bahwa makna “allowance” dapat bervariasi tergantung pada konteksnya, dan pengertian di atas hanya merupakan beberapa contoh umum.

Baca juga: Mengetahui 7 Hak Pekerja yang Penting untuk Dipahami Pebisnis dan Karyawan

Jenis-jenis Allowance

accurate.id gambar allowance-2

Berikut adalah beberapa jenis umum dari tunjangan (allowance) yang sering ditemukan:

1. Tunjangan transportasi

Ini adalah tunjangan yang diberikan kepada karyawan untuk mengompensasi biaya transportasi mereka. Tunjangan transportasi bisa berupa uang tunai, subsidi kendaraan pribadi, atau tiket transportasi umum.

2. Tunjangan makan

Tunjangan makan adalah tunjangan yang diberikan kepada karyawan untuk membantu membiayai biaya makan sehari-hari selama jam kerja. Ini bisa berupa uang tunai atau kupon makan yang dapat digunakan di restoran atau kantin perusahaan.

3. Tunjangan perumahan

Tunjangan perumahan adalah tunjangan yang diberikan kepada karyawan untuk membantu dalam membayar biaya sewa atau hipotek rumah. Besarannya dapat berbeda tergantung pada lokasi dan tingkat kebutuhan.

4. Tunjangan pendidikan

Tunjangan pendidikan adalah tunjangan yang diberikan kepada karyawan atau keluarganya untuk membantu dalam biaya pendidikan, seperti sekolah atau perguruan tinggi. Ini dapat mencakup biaya sekolah, buku, seragam, atau biaya lainnya terkait pendidikan.

5. Tunjangan kesehatan

Tunjangan kesehatan adalah tunjangan yang diberikan kepada karyawan untuk membantu dalam membayar biaya perawatan kesehatan, premi asuransi kesehatan, atau biaya medis tertentu seperti obat-obatan, rawat inap, atau pemeriksaan medis.

6. Tunjangan liburan

Tunjangan liburan adalah tunjangan tambahan yang diberikan kepada karyawan saat liburan atau waktu istirahat tertentu. Ini dapat berupa uang tambahan, cuti tambahan, atau insentif lainnya untuk merayakan liburan.

7. Tunjangan kinerja

Tunjangan kinerja adalah tunjangan yang diberikan kepada karyawan sebagai penghargaan atas pencapaian target atau kinerja yang baik. Ini bisa berupa bonus, komisi, atau insentif lainnya.

8. Tunjangan anak

Tunjangan anak adalah tunjangan yang diberikan kepada karyawan untuk membantu dalam biaya pengasuhan anak. Ini bisa berupa uang tunai bulanan atau fasilitas pengasuhan anak di tempat kerja.

Penting untuk dicatat bahwa jenis tunjangan yang diberikan oleh suatu organisasi atau perusahaan dapat bervariasi tergantung pada kebijakan internal mereka.

Baca juga: Hitungan Lembur di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang

Manfaat Allowance

accurate.id gambar allowance-3

Tunjangan (allowance) memiliki beberapa manfaat baik bagi individu maupun organisasi, antara lain:

  • Motivasi karyawan

Memberikan tunjangan kepada karyawan dapat menjadi sumber motivasi yang kuat. Tunjangan seperti tunjangan kinerja atau tunjangan bonus dapat mendorong karyawan untuk mencapai target yang ditetapkan dan meningkatkan kinerja mereka. Ini dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif.

  • Menarik dan mempertahankan bakat

Menawarkan tunjangan yang kompetitif dapat membantu organisasi menarik dan mempertahankan bakat terbaik. Tunjangan seperti tunjangan perumahan, tunjangan kesehatan, atau tunjangan pendidikan dapat menjadi faktor penentu dalam keputusan individu untuk bergabung atau tetap bekerja dalam suatu perusahaan.

  • Work-life Balance

Beberapa tunjangan, seperti tunjangan fleksibilitas waktu atau tunjangan liburan, dapat membantu menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Ini dapat meningkatkan kepuasan karyawan dan mengurangi stres yang terkait dengan tuntutan pekerjaan.

  • Meningkatkan kesejahteraan finansial

Tunjangan yang diberikan kepada karyawan, seperti tunjangan makan, tunjangan transportasi, atau tunjangan anak, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan finansial mereka. Ini membantu mengurangi beban keuangan sehari-hari dan memberikan rasa keamanan finansial.

  • Meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan

Dengan memberikan tunjangan kepada karyawan, organisasi dapat memperkuat hubungan mereka dengan karyawan. Hal ini dapat menciptakan rasa loyalitas yang lebih tinggi dan meningkatkan tingkat retensi karyawan. Karyawan yang merasa dihargai dan diberikan manfaat tambahan cenderung lebih setia dan tetap bekerja dalam perusahaan.

  • Meningkatkan kepuasan karyawan

Tunjangan yang relevan dan bermanfaat dapat meningkatkan kepuasan karyawan secara keseluruhan. Karyawan yang merasa dihargai dan diberikan tunjangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka akan cenderung lebih puas dengan pekerjaan mereka dan lebih termotivasi untuk berkontribusi secara positif.

Penting untuk disesuaikan dengan kebijakan dan kondisi setiap organisasi dalam memberikan tunjangan kepada karyawan.

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen: Arti, Fungsi, Contoh, dan Manfaatnya

Penutup

Jadi, tunjangan atau allowance dapat memiliki manfaat yang signifikan bagi individu maupun organisasi. Mereka dapat memotivasi karyawan, menarik bakat terbaik, menciptakan keseimbangan kerja-hidup, meningkatkan kesejahteraan finansial, meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan, serta meningkatkan kepuasan karyawan secara keseluruhan.

Jenis tunjangan yang diberikan dapat bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan dan kebutuhan karyawan. Penting bagi organisasi untuk mempertimbangkan dengan hati-hati tunjangan yang ditawarkan agar sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan, sambil memenuhi kebutuhan karyawan.

Untuk bisa memberikan allowance ini, tentunya kondisi keuangan perusahaan harus sehat dan baik. Kondisi tersebut bisa tercapai bila perusahaan bisa mengelola dan mencatat keuangannya dengan tepat.

Nah, untuk membantu Anda melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, setiap pemasukan dan pengeluaran Anda akan tercatat secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara otomatis, cepat dan akurat.

Lebih dari itu, Anda juga bisa lebih mudah dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Masih ragu dengan Accurate Online? Silakan buktikan sendiri dengan mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

9 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Anggi

Artikel Terkait