Promosi Produk: Pengertian dan 10 Tips Promosi yang Terbukti Efektif

Dalam kegiatan berbisnis, mempromosikan suatu produk, bisa berupa barang atau jasa, wajib hukumnya. Mempromosikan suatu produk atau layanan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan agar calon konsumen tertarik untuk membeli. Meski terkesan sepele, ternyata belum banyak yang mengetahui cara promosi produk yang baik dan benar. Artikel berikut ini akan membahas cara mempromosikan suatu produk lengkap dengan tipsnya.

Pengertian Promosi Produk

Dilansir dari sebuah media, kegiatan mempromosikan suatu produk adalah kegiatan mengiklankan produk atau merek yang menghasilkan suatu penjualan dan menciptakan loyalitas atas merek tersebut. Kegiatan promosi ini baru satu dari tujuh elemen dasar yang berada dalam lingkup pemasaran atau marketing mix.

Sementara yang lainnya mengatakan bahwa pengertian promosi merupakan suatu bentuk upaya dalam memberitahukan atau menawarkan produk dan bertujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli. Sehingga setelah pemilik usaha melakukan promosi, diharapkan muncul terjadinya kenaikan angka penjualan terhadap produk yang dipromosikan tersebut.

Lain halnya menurut para pakar pemasaran. Pakar pemasaran menyebutkan bahwa kegiatan promosi merupakan suatu proses dalam memberikan informasi, membujuk, dan mempengaruhi konsumen terhadap suatu keputusan pembelian.

Meski memiliki banyak pengertian, tetapi secara kesimpulan kegiatan promosi produk memiliki garis besar yang sama. Pengertian promosi merupakan sebuah kegiatan menyebarluaskan produk pada calon konsumen yang bertujuan agar terjadinya transaksi pembelian oleh konsumen tersebut.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Tips Melakukan Promosi Produk yang Efektif

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari kegiatan promosi, selanjutnya yang harus dilakukan adalah memikirkan bagaimana caranya agar promosi yang dilakukan berjalan efektif.

Melakukan promosi tidak hanya sekedar memberitahukan produk, tetapi juga menarik perhatian agar terjadi suatu pembelian. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti agar promosi produk yang dilakukan berjalan efektif.

1. Memberikan Diskon

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon atau potongan harga. Diskon atau potongan harga merupakan hal yang paling ditunggu oleh konsumen. Adanya diskon atau potongan harga menjadi faktor utama konsumen untuk mengambil tindakan berupa pembelian produk.

Keberadaan promo berbentuk diskon atau potongan harga ini pasti sangat menarik perhatian konsumen. Bahkan di luar negeri, terdapat sebuah event yang diselenggarakan secara khusus untuk menghadirkan promo berbentuk diskon. Event tersebut dikenal sebagai event Black Friday. Sementara di Indonesia juga ada momen yang serupa dalam bentuk Hari Belanja Online Nasional.

2. Memberikan Gratis Ongkos Kirim

Selain memberikan potongan harga langsung pada barang, ada juga strategi lain yaitu dalam bentuk memberikan gratis ongkos kirim.

Pemberian gratis ongkos kirim ini sangat cocok pada pemilik usaha yang menjual barangnya secara daring. Dan terbukti, bahwa adanya diskon berupa gratis ongkos kirim ini mampu menarik minat konsumen dalam bertransaksi.

Promosi semacam ini menjadi sangat gencar bermunculan semenjak munculnya kegiatan transaksi online. Kegiatan promosi ini begitu ditunggu-tunggu oleh konsumen dan bisa menjadi sebuah strategi promosi yang sangat jitu.

Baca juga: Produksi Massal: Pengertian, Tahapan, Manfaat, Keuntungan dan Kekurangannya

3. Menawarkan Cashback

Memberikan Cashback merupakan salah satu bentuk promosi yang bisa dilakukan. Cashback ini merupakan kegiatan mengembalikan sebagian uang dari konsumen setelah melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Meski bersyarat, ternyata promosi dalam bentuk cashback ini juga sangat efektif.

4. Mengadakan Flash Sale

Bentuk promosi produk  lain yang juga efektif adalah dengan mengadakan Flash Sale. Flash Sale ini merupakan suatu bentuk metode penjualan dalam waktu waktu yang terbatas dan sangat singkat.

Dalam flash sale ini, barang-barang yang dijual dibandrol dengan harga yang lebih murah dibanding pada waktu biasa.

Belajar dari pengalaman beberapa toko atau bisnis yang menerapkan promosi seperti ini, kegiatan promosi ini juga berguna untuk memecah konsumen agar tidak membeli pada satu waktu saja. Kegiatan flash sale juga sangat efektif diterapkan karena banyak konsumen yang rela untuk mengorbankan hal lain demi flash sale.

Baca juga: 10 Cara Memasarkan Produk Terbaik Di Era Digital

5. Beli 1 Gratis 1 dan Sejenisnya

Bila sedang berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, sering dijumpai bentuk promosi yang satu ini, yaitu beli satu gratis satu atau sejenisnya. Promosi ini sudah lazim digunakan di tengah-tengah masyarakat dan menjadi cara promosi yang sangat efektif. Dilihat dari kacamata konsumen, adanya promosi ini sangat menyenangkan dan menarik minat untuk membeli.

promosi produk 2

6. Memberikan Gift

Memberikan gift atau hadiah berbentuk barang lain yang masih berkaitan dengan produk yang dijual juga merupakan bentuk promosi yang menarik. Umumnya, kegiatan promosi ini dilakukan pada produk-produk barang elektronik seperti kamera dengan hadiah memory card atau tas kamera.

Namun, cara ini juga bisa diterapkan pada berbagai produk lain, selain elektronik. Dalam melakukan kegiatan promosi dengan cara ini, yang perlu dilakukan hanya memberikan produk berbeda yang digunakan sebagai hadiah. Tips ini sangat jitu dan terbukti bisa menarik konsumen untuk membeli.

Baca juga: Pengertian Mark Up dan Mark Down dalam Penentuan Harga Produk

7. Menerapkan Loyalty Program

Loyalty Program merupakan salah satu bentuk promosi yang bisa dilakukan untuk menarik para calon konsumen baru. Loyalty Program adalah kegiatan memberikan suatu promo khusus bagi konsumen yang sudah tergolong menjadi konsumen tetap. Biasanya dalam Loyalty Program ini, pelaku usaha memberikan tanda, bisa berupa stiker atau cap.

Nantinya para konsumen yang membeli produk tersebut mengumpulkan stiker atau cap yang diberikan. Setelah terkumpul sejumlah tertentu, konsumen dapat menukarkannya dengan promo yang ditawarkan. Contoh Loyalty Program yang bisa ditemui adalah pada usaha minuman, yaitu ketika konsumen sudah mendapatkan 10 stiker atau cap, pemilik usaha akan memberikan satu minuman gratis.

8. Membagikan Voucher atau Kupon Promo

Kegiatan promosi seperti ini sering dijumpai pada aplikasi ojek online dan sejenisnya. Biasanya dalam aplikasi tersebut ditawarkan berbagai diskon atau promo dalam bentuk voucher. Voucher ini dapat ditukarkan ketika melakukan transaksi pada aplikasi yang sudah ditentukan. Pengiriman voucher ini bisa melalui email atau langsung pada aplikasi tersebut.

Baca juga: Tips Menyusun To Do List Untuk Pengembangan Bisnis Yang Menyeluruh

9. Memberikan Garansi Kualitas

Garansi juga menjadi salah satu bentuk promosi yang sangat efektif. Garansi yang dimaksud bisa berupa keaslian barang atau kualitas barang yang lebih baik dari kompetitor. Pemberian garansi ini bisa disampaikan pada tagline ketika melakukan iklan atau promosi. Garansi kualitas atau keaslian barang ini juga menjadi salah satu alasan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian.

10. Membagikan Giveaway

Cara ini terbilang sebagai cara paling mudah dan sangat efektif dalam melakukan promosi produk. Memberikan giveaway kepada calon konsumen ini mirip dengan pemberian hadiah atau gift seperti yang sudah disampaikan di atas. Namun bedanya, pemberian giveaway ini dilakukan secara Cuma-Cuma.

Tujuan pemberian giveaway ini juga lebih kepada menarik perhatian calon konsumen baru untuk mengetahui adanya produk atau bentuk brand awareness. Sehingga dengan memberikan giveaway, proses promosi dan iklan bisa menjangkau lebih banyak orang.

Baca juga: Rencana Pemasaran: Penjelasan dan Pembahasan yang Mendalam

Kesimpulan

Untuk melakukan kegiatan promosi produk ini bisa dilakukan dengan berbagai media. Saat ini, ketika sedang berkembangnya teknologi informasi, memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi adalah suatu hal yang sangat tepat. Melakukan promosi melalui sosial media juga bisa membuat jangkauan pasar menjadi lebih luas, telebih jika Anda memiliki toko online atau menjual produk secara daring.

Namun terkadang hal yang menyulitkan dalam melakukan penjualan online adalah melakukan proses pembukuan dan juga pemantauan stok secara berkala, apalagi jika Anda menjual produk Anda di banyak toko online, tentunya hal ini memakan banyak waktu dan tenaga.

Solusinya, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur pembukuan, manajemen stok dan integrasi dengan banyak ecommerce di Indonesia salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah  cloud accounting software buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah memantau persediaan dan proses keuangan bisnis online Anda kapanpun dan dimanapun Anda mau. Hal ini dikarenakan Accurate Online memiliki fitur smartlink ecommerce yang memudahkan integrasi laporan penjualan dan stok di toko online Anda dari berbagai marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee.

Tertarik membuat kemudahan dalam pengelolaan pembukuan bisnis online Anda? Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu