Mengenal Flanking Marketing dan Manfaat Besarnya untuk Bisnis
Flanking marketing adalah salah satu strategi pemasaran produk barang atau jasa dari sebuah unit bisnis. Sejumlah perusahaan yang pernah menggunakan strategi ini adalah Adidas, Red Bull, Mercedes Benz, hingga Telkomsel.
Saat menerapkan strategi ini, umumnya perusahaan akan melakukan diversifikasi pada produk atau jasa yang mereka tawarkan pada para calon pelanggan.
Sehingga, perusahaan akan berusaha agar membuat produk barang atau layanan jasa mereka berbeda dengan para kompetitor lain di pasar.
Tujuannya sudah pasti untuk bisa menghindari persaingan yang terjadi secara langsung dengan produk barang atau layanan jasa milik para kompetitor atau yang berasal dari industri sejenis.
Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang flanking marketing, lengkap dengan manfaat besarnya untuk bisnis.
Daftar Isi
Apa itu Flanking Marketing?
Berdasarkan laman Marketing Schools, flanking marketing adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa menggantikan ataupun menyingkirkan kompetitor mereka pada suatu peripheral market.
Peripheral market ini adalah suatu sub atau ceruk dari pasar utama. Sederhananya, peripheral market adalah segmen pasar khusus atau segmen pasar pinggir.
Biasanya, berbagai perusahaan yang menerapkan strategi marketing ini akan berupaya untukx“ memperoleh segmen pasar yang tidak atau belum terlayani dengan baik oleh para kompetitornya.
Berdasarkan laman Lapaas, jika berhasil dalam menerapkan strategi ini, maka Anda bisa memperoleh akses ke pasar baru yang belum terjamah oleh para kompetitor. Selain itu, mereka juga bisa menjadi pemimpin pasar tersebut.
Jika ada perusahaan yang berhasil dalam menerapkan flanking marketing, maka kompetitor harus bisa mengalokasikan kembali sumber dayanya.
Lalu, sumber daya ini harus didistribusikan pada ceruk yang diserang oleh strategi flanking marketing. Bila diabaikan, maka mereka akan kehilangan pelanggan yang berasal dari ceruk tersebut, karena semuanya telah menjadi pelanggan dari perusahaan yang melakukan flanking marketing.
Baca juga: Pengertian Social Proof dan 5 Cara Memanfaatkannya demi Efektivitas Strategi Marketing
Prinsip Flanking Marketing
Dirangkum dari laman Marketing Schools dan Lapaas, setidaknya terdapat tiga hal yang menjadi prinsip utama dari flanking marketing. Nah, ketiga prinsip tersebut adalah sebagai berikut:
1. Menghindari Konfrontasi Secara Langsung: Melakukan upaya marketing agar bisa membuka segmen pasar baru yang sebelumnya tidak pernah atau belum pernah terjamah oleh kompetitor.
2. Bergerak Secara Cepat dan Hening: Tujuannya adalah agar bisa memperoleh pasar baru yang belum disadari oleh kompetitor bisnis.
3. Berusaha Menjaga Gerakan Marketing: Tujuannya adalah agar kompetitor bisnis tidak menganggapnya sebagai strategi sebagai upaya yang lebih mengancam.
Baca juga: Product Placement: Pengertian dan 4 Jenisnya Strategi di Dalamnya
Manfaat Diterapkannya Flanking Marketing
Biasanya, strategi marketing ini dilakukan oleh berbagai perusahaan inovatif agar bisa terus bersaing dengan perusahaan yang lebih besar dari industri yang sama. Perusahaan yang lebih besar ini biasanya lebih suka melakukan pemasaran secara konfrontasi atau secara langsung.
Pada posisi mereka, bisnis yang lebih kecil akan lebih memilih untuk melakukan kegiatan marketing secara cepat, hening, dan tidak memiliki resiko yang tinggi.
Nah, salah satu pilihannya adalah dengan melakukan strategi flanking marketing, yang mana strategi ini akan mampu membuka peluang pada segmen pasar pinggir. Hal ini juga akan bisa menjaga stabilitas infrastruktur bisnis yang telah mereka bangun.
Walaupun demikian, strategi flanking marketing ini juga bisa diterapkan oleh perusahaan besar yang telah mendominasi di pasar.
Melalui cara ini, maka mereka akan mampu mempertahankan posisi mereka di pasar dengan skala yang lebih luas dan juga mengurangi potensi terjadinya serangan flanking marketing dari pesaing dalam industri yang sama.
Nah, beberapa manfaat lainnya dari menerapkan strategi flanking marketing adalah memenangkan pelanggan yang kurang dilayani secara baik di pasar serta mengarahkan pasar secara lebih spesifik.
Contohnya seperti pasar untuk lokasi yang lebih spesifik pada regional tertentu atau pasar dengan anggaran belanja tertentu, seperti pasar generik ataupun pasar premium.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran
Bagaimana Cara Mengatasi Serangan Flanking Marketing dari Kompetitor?
Berdasarkan laman Marketing Schools, terdapat empat cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi atau merespon serangan flanking marketing yang dilakukan oleh pesaing bisnis. Keempat cara tersebut adalah sebagai berikut:
- Melakukan alokasi ulang sumber daya milik perusahaan, lalu mendistribusikannya pada segmen pasar khusus yang diserang
- Meningkatkan kualitas produk ataupun jasa yang bersaing di pasar yang nantinya akan diserang
- Memperkenalkan produk ataupun merek dagang yang lebih baru
- Melakukan strategi reposisi produk ataupun merek dagang pada pasar dengan melakukan kampanye iklan.
Baca juga: Keunggulan Kompetitif: Pengertian, Fungsi, Strategi, Analisa dan Alat Ukurnya
Penutup
Demikianlah penjelasan dari kami tentang flanking marketing. Jadi, flanking marketing bisa dibilang adalah taktik pemasaran produk yang lebih fleksibel, karena mempunyai pilihan strategi yang sudah siap untuk diterapkan.
Umumnya, pembuatan keputusan dan juga eksekusi dari strategi flanking marketing ini akan melibatkan berbagai posisi tertentu, seperti manajer pemasaran, analisis pasar, dan public relation manager.
Namun, tetap saja strategi ini membutuhkan anggaran dan alokasi pendanaan yang tepat agar bisa berjalan secara lancar. Untuk bisa lebih mudah dalam melakukan hal tersebut, akan #lebihbaik jika Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap dari Accurate Online.
Kenapa? Karena aplikasi bisnis terlengkap ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam membuat anggaran serta membuat keputusan yang tepat.
Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat Anda butuhkan dalam menjalankan operasional bisnis. Sehingga, Anda akan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda.
Ayo segera gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga melalui tautan gambar di bawah ini.