Pengertian Social Proof dan 5 Cara Memanfaatkannya demi Efektivitas Strategi Marketing

oleh | Mar 7, 2023

source envato.

Mengenal Social Proof dan 5 Cara Memanfaatkannya demi Efektivitas Strategi Marketing

Social proof saat ini sudah menjadi senjata andalan para pemasar dalam mengembangkan bisnis perusahaannya. Kenapa? Karena social proof menjadi salah satu fenomena psikologis yang memiliki peran penting dalam kesuksesan strategi pemasaran.

Hal yang satu ini bisa dimanfaatkan pada online marketing maupun offline marketing.

Nah, bila brand Anda ingin lebih dikenal dan berkembang secara pesat, coba pahami istilah ini dengan membaca artikel di bawah ini.

Pengertian Social Proof

accurate.id gambar social proof-1

Laman resmi Sprout Social mengatakan bahwa social proof adalah sebuah konsep yang menunjukkan bahwa seseorang akan terpengaruh dan mengikuti tindakan sekelompok orang lain. Kenapa bisa demikian? Karena dirinya menganggap bahwa hal yang dilakukan oleh banyak orang adalah suatu hal yang benar.

Sebagai contoh, katakanlah Anda sedang berjalan-jalan pada suatu kota yang baru saja Anda kunjungi dan melihat ada deretan restoran makanan. Tapi, Anda melihat ada salah satu restoran yang ramai, bahkan para pembelinya harus antre sebelum bisa menikmati makanan dari restoran tersebut.

Lalu, apa yang Anda pikirkan? Anda pasti akan berpikir bahwa restoran tersebut mempunyai makanan yang enak dan bermutu, sehingga banyak orang yang rela antre.

Contoh ini menunjukkan bahwa memang social proof mampu memberikan pengaruh pada seseorang untuk bertindak.

Jadi, dengan hanya karena melihat banyak orang yang mencoba makan pada restoran tersebut, Anda pada akhirnya akan ikut tertarik dalam membelinya.

Tingginya dampak social proof pada psikologi seseorang ini bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi marketing di era digital seperti sekarang.

Karena, dengan adanya bantuan media sosial, Anda akan lebih mudah untuk melakukan branding dan bisa dikenal lebih banyak orang.

Baca juga: Product Placement: Pengertian dan 4 Jenisnya Strategi di Dalamnya

Bagaimana Cara Menggunakan Social Proof untuk Marketing?

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memanfaatkan social proof sebagai salah satu strategi marketing. Tapi, ada hal utama yang menjadi dasar dari social proof itu sendiri, yakni menginformasikan pada publik bahwa brand Anda memang menawarkan hal yang disukai oleh banyak orang.

Dengan begitu, maka orang lain akan tertarik untuk mencoba produk Anda karena sudah mempunyai banyak penggemar dan disukai oleh banyak orang.

Nah agar bisa berhasil, Anda bisa menerapkan social proof melalui cara di bawah ini.

1. Manfaatkan Review Positif Dari Pelanggan

accurate.id gambar social proof-2

Sebuah survei yang dilakukan oleh Bright Local melaporkan bahwa terdapat setidaknya 88% pelanggan yang percaya dengan ulasan online, seperti ketikan mereka memperoleh rekomendasi dari orang yang dikenalnya.

Untuk itu, suatu penilaian atau review yang positif dari pelanggan mampu memberikan pengaruh pada orang lain untuk ikut mencoba produk.

Review yang positif dari para pengguna ini nantinya bisa Anda jadikan bukti agar banyak orang yang penasaran dalam mencoba produk yang Anda tawarkan.

2. Lebih Aktif dalam Berinteraksi dengan Pelanggan Media Sosial

accurate.id gambar social proof-3

Pelanggan yang menyukai produk bisa dipastikan akan selalu membicarakannya di dunia maya. Seperti misalnya jika ada pelanggan yang memberikan mention di media sosial, ada baiknya untuk tidak ragu membalasnya dan mencoba berinteraksi langsung dengannya.

Berdasarkan laman Oberlo, bila Anda bisa lebih interaktif di media sosial, maka Anda bisa membantu brand untuk menjangkau lebih banyak audiens, sehingga brand Anda bisa lebih banyak dikenal.

Baca juga: Apa itu Promotion Mix? Apa Manfaatnya untuk Strategi Marketing?

3. Melakukan Endorsement dari Influencer

accurate.id gambar social proof-4

Saat ini, influencer terus mengalami perkembangan dan hal tersebut bisa memberikan kesempatan pada sebuah brand untuk menjangkau lebih banyak pelanggan baru.

Ketika suatu produk memperoleh penilaian yang baik dari seorang influencer terkenal, maka hal tersebut akan mampu memberikan pengaruh pada penggemarnya.

Efek social proof yang berasal dari endorsement seorang influencer ini sangat besar. Untuk itu, ada baiknya untuk tidak ragu dalam bekerja sama dengan influencer atau figur publik terkenal.

4. Lakukanlah User Generated Content (UGC)

accurate.id gambar social proof-5

Laman resmi Buffer menjelaskan bahwa user generated content sebagai salah satu strategi kesukaan mereka karena sangat efektif untuk memperoleh social proof.

Strategi yang banyak dikenal dengan content marketing terkini ini memang mempunyai efek yang besar dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan pada suatu brand.

Sederhananya, Anda hanya harus memposting ulang ulasan yang sudah diberikan oleh pelanggan. Untuk itu, Instagram masih menjadi platform yang tepat dalam melakukan strategi ini.

5. Membuat Event dan Berkolaborasi dengan Seorang Ahli di Media Sosial

accurate.id gambar social proof-6

Menjalankan kolaborasi dengan seorang ahli juga bisa dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan social proof. Untuk itu, cobalah untuk membuat event di media sosial seperti Facebook Live atau Instagram Live, dengan mengundang mereka yang ahli dalam industri bisnis Anda.

Contohnya, bila Anda memiliki produk fashion, maka Anda bisa mengajak seseorang yang memang fashionable untuk diajak berkolaborasi.

Dengan melakukan kolaborasi ini, maka akan meningkatkan peluang Anda dalam memperoleh pengaruh yang positif dari ahli yang diundang ke dalam acara Anda.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang social proof, mulai dari pengertian dan cara mudah untuk melakukan. Di zaman yang sudah serba internet ini, social proof bisa lebih mudah untuk dilakukan dengan memanfaatkan media sosial.

Untuk itu, manfaatkan media sosial bisnis Anda sebaik mungkin agar bisa dikenal lebih banyak orang dan memperoleh pengakuan dari banyak orang.

Tapi, jangan lupa juga untuk mengelola anggaran pemasaran Anda agar strategi marketing ini bisa berjalan dengan lancar. Nah, Anda bisa lebih mudah dan #lebihbaik dalam mengelola anggaran melalui software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat. Sehingga, akan lebih memudahkan Anda dalam mengelola anggaran bisnis.

Selain itu, fitur bisnis di dalamnya juga sangat lengkap, yang mana berbagai fitur tersebut akan membantu Anda dalam mengelola bisnis secara otomatis. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Bagaimana, tertarik dengan Accurate Online? Silahkan coba dan gunakan Accurate Online selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait