Mengenal Strategi Market Positioning Agar Bisnis Anda Lebih Populer daripada Kompetitor

oleh | Feb 22, 2023

source envato.

Mengenal Strategi Market Positioning Agar Bisnis Anda Lebih Populer daripada Kompetitor

Jika saat ini Anda ingin membuat bisnis Anda lebih terkenal dari kompetitor lain, maka Anda harus segera menentukan market positioning. Kenapa? Karena berdasarkan laman Disruptive Advertising, strategi ini sangat tepat saat Anda harus membangun citra bisnis di mata para pelanggan.

Ketika cita Anda telah terbentuk, maka bisnis Anda akan mampu menarik banyak perhatian dan bisa menarik para pelanggan baru.

Lalu, apa itu market positioning? Bagaimana cara menerapkannya? Baca terus artikel tentang market positioning di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Apa itu Market Positioning?

accurate.id Gambar Strategi Market Positioning1

Dilansir dari laman Corporate Finance Institute, market positioning adalah kemampuan suatu perusahaan untuk membentuk persepsi pelanggan terkait produk mereka yang sama dengan produk yang dimiliki kompetitor.

Strategi ini akan membantu perusahaan untuk mempunyai produk yang kualitasnya bisa mengalahkan kualitas kompetitor. Hal ini bisa dicapai dengan terus meneliti tren di pasar dan juga meneliti competitive intelligence secara baik.

Tujuan dari dilakukannya strategi market positioning adalah agar bisa menetapkan image atau citra identitas pada suatu brand, sehingga pelanggan bisa menggambarkan pandangan tertentu.

Contohnya seperti perusahaan otomotif Toyota dan Subaru yang telah menempatkan brand mereka sebagai mobil merakyat yang dijual dengan harga murah.

Di lain hal, Mercedes dan Rolls Royce sudah berjuang sekuat tenaga untuk mengklaim brand mereka sebagai mobil kelas atas dengan tampilan yang sangat elegan dan kualitas dunia.

Baca juga: Lingkungan Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Aspek yang Mempengaruhinya

Jenis-Jenis Strategi Market Positioning

accurate.id Gambar Strategi Market Positioning2

Posisi suatu brand di pasar umumnya akan terbentuk dari impresi, persepsi, dan juga perasaan yang dimiliki pelanggan atas produknya.

Pelanggan bisa memposisikan produk pada benak mereka tanpa adanya bantuan iklan. Tapi, setiap pebisnis atau marketer yang ingin lebih aktif dalam memposisikan produknya harus membuat strategi yang tepat agar bisa mendapatkan profit yang besar di pasar.

Nah, bila Anda salah satunya, maka Anda bisa menggunakan salah satu dari jenis strategi market positioning di bawah ini:

1. Pricing

Menurut laman Iedunote, pricing adalah salah satu strategi ampuh untuk bisa mencapai posisi tertinggi di pasar. Strategi ini dilakukan dengan cara menetapkan harga yang lebih murah daripada kompetitor.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa harga adalah faktor terpenting yang bisa mempengaruhi minat pelanggan. Produk perusahaan dengan harga yang paling rendah dan kualitas yang cukup umumnya bisa lebih unggul di pasar.

2. Quality

Sama seperti namanya, cara ini akan membantu perusahaan untuk terus mengembangkan kualitas produknya. Strategi ini biasanya akan lebih mengembangkan kualitas yang bermanfaat untuk produk luxury dan produk makanan, yang mana didalamnya para pelanggan lebih mengutamakan kualitas daripada harga.

3. Differentiation

Dilansir dari laman Mage Plaza, differentiation dilakukan oleh perusahaan dengan cara menempatkan fitur baru yang ada pada produk mereka. Selain itu, fitur tersebut juga harus unik dan tidak bisa ditemukan pada produk milik kompetitor.

Nantinya, strategi ini akan memberikan competitive advantage yang sangat besar untuk produk perusahaan secara tidak langsung. Karena, fitur yang unik akan selalu menarik di mata pelanggan.

Contoh brand yang telah menggunakan strategi ini adalah Tesla. Mereka berhasil masuk ke pasar mobil listrik dengan tampilannya yang sporty dan hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh perusahaan otomotif lainnya.

4. Customer Service

Strategi market positioning yang satu ini akan menekankan bahwa perusahaan akan selalu siap sedia membantu para pelanggannya. Sehingga, perusahaan akan mempunyai tingkat kredibilitas yang tinggi karena selalu siap dalam menyelesaikan masalah para pelanggannya.

Strategi customer service ini sangat ampuh diterapkan dalam industri bisnis tertentu, seperti perbankan dan restoran.

Baca juga: Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

Cara Kerja Market Positioning

accurate.id Gambar Strategi Market Positioning3

1. Identifikasi Keunggulan Kompetitif

Untuk bisa membentuk strategi market positioning yang baik, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengidentifikasi keunggulan kompetitif.

Langkah ini bersifat wajib dan harus dilakukan pada awal tahap membuat strategi market positioning. Dikatakan wajib karena tahap ini akan membantu perusahaan dalam menentukan keunggulan mereka dan berbagai langkah nyata yang bisa diambil agar bisa memanfaatkannya.

Selain itu, keunggulan kompetitif juga bisa menjadi trik ampuh dalam menarik perhatian pelanggan.

2. Menganalisis Posisi Dalam Pasar

Tahap kedua dalam menerapkan strategi market positioning adalah menganalisis posisi dalam pasar, seperti yang dijelaskan dalam laman Product Marketing Alliance,

Tahapan ini dibutuhkan karena akan membantu perusahaan memperoleh informasi terkait pergeseran ekonomi, tren pasar, kompetitor, dan kecenderungan pembelian para pelanggan.

Analisis posisi di dalam pasar juga menjadi unsur yang sangat penting karena akan membantu perusahaan untuk menetapkan keputusan yang tepat.

3. Menganalisis Posisi Kompetitor Dalam Pasar

Langkah penting lainnya dalam membuat strategi market positioning adalah menganalisis posisi kompetitor di pasar. Tahapan ini juga memiliki peran yang penting karena perusahaan nantinya akan bisa menemukan lubang di pasar yang bisa diisi olehnya.

Selain itu, tahapan ini juga akan membantu perusahaan dalam menemukan kelemahan dan kekuatan kompetitor di pasar.

4.Tentukan Kebutuhan Pelanggan dan Buat Strategi

Tahapan terakhir dalam membuat strategi market positioning adalah menentukan kebutuhan pelanggan dan menetapkan strateginya.

Langkah ini bisa dilakukan dengan mengembangkan strategi setelah memeriksa berbagai faktor yang telah dijelaskan di atas dan telah mendapatkan informasi terkait kekuatan, posisi dan peluang perusahaan.

Memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan juga menjadi sangat penting agar proses membentuk citra bisa berjalan secara lebih mudah.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang market positioning, lengkap dengan jenisnya yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Pada intinya, strategi yang satu ini sangat baik untuk membuat produk Anda lebih terkenal di pasar. Namun, jangan lupa juga untuk mempelajari seluruh kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu memeriksa kondisi keuangan perusahaan Anda agar bisa semakin yakin menempatkan brand di posisi puncak.

Untuk itu, diperlukan sistem yang mampu mengelola keuangan perusahaan secara #lebihbaik, dan sistem tersebut adalah Accurate Online.

Aplikasi akuntansi dan bisnis ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan membantu Anda mengelola keuangan dan bisnis secara menyeluruh.

Belum yakin? Silakan buktikan sendiri dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

marketingmanajemenbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait