Mengenal Public Affairs dan Peran Pentingnya Untuk menjaga Hubungan Perusahaan

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah public affairs. Sebenarnya, public affairs adalah salah satu istilah yang sama pentingnya dengan public relations.

Selain harus menjaga nama baik perusahaan, terdapat agenda penting lainnya di dalam departemen tersebut. Dari mulai mengurus masalah internal, hingga mengurus masalah eksternal yang berkaitan dengan pihak yang mempunyai kepentingan tertentu dengan sebuah perusahaan.

Lantas, apa itu public affairs? Apa saja fungsinya? Lalu, apa bedanya dengan public relation? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang public affairs di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Public Affairs?

accurate.id gambar public affair-1

Berdasarkan laman Public Affairs Networking, istilah public affairs merujuk pada hubungan yang terjadi pada suatu organisasi ataupun perusahaan dengan para stakeholder atau pihak pemangku kepentingan perusahaan.

Stakeholder ini adalah kelompok ataupun individu yang mempunyai kepentingan khusus dengan sebuah perusahaan ataupun organisasi.

Mereka yang masuk ke dalam kategori ini adalah pelanggan, karyawan, investor, klien, komunitas, media, politikus, dan lain sebagainya.

Tentunya setiap stakeholder mempunyai kepentingannya tersendiri. Untuk itu, tujuan utama dari para pelaku public affairs adalah memberikan penjelasan pada mereka terkait organisasi perusahaan.

Hal tersebut berlaku untuk tujuan bisnis, peraturan perusahaan, pandangan perusahaan atas peraturan publik, hukum yang berlaku di negara tersebut, dan lain sebagainya.

Departemen ini akan mempermudah perusahaan atau organisasi dalam melobi berbagai isu yang ada di dalam perusahaan kepada mereka dengan kepentingan khusus. Sehingga, pihak stakeholder nantinya bisa memiliki informasi terkini dan resmi secara lebih langsung.

Contohnya setiap kali ada produk baru yang ingin diluncurkan, maka tim dari perusahaan Anda akan memberikan informasi produk baru tersebut pada calon pelanggan atau komunitas yang sudah dibuat oleh perusahaan.

Kabar seperti ini sangat penting sekali untuk datang dari perusahaan secara langsung, demi menjaga kebenaran informasi serta hubungan antara berbagai pihak yang penting. Nah, terdapat banyak sekali profesi dalam bidang yang satu ini, seperti advocacy, public policy, government relation, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa itu Stakeholder Management? Ini Pengertian dan 4 Cara Mudah Membuatnya!

Fungsi Public Affairs

accurate.id gambar public affair-2

Dirangkum dari laman Quorum, fungsi utama dari public affairs adalah agar bisa mengatur kebijakan publik serta perusahaan dan menciptakan hubungan yang baik dengan para pihak yang membuat peraturan, dalam hal ini para pembuat undang-undang.

Departemen yang satu ini juga harus melakukan hubungan langsung dan mengatur setiap langkah yang ditempuh oleh setiap public affairs.

Namun, perlu Anda ketahui bila Anda memiliki departemen public affairs, maka Anda tidak boleh melupakan kebutuhan utama perusahaan Anda.

Agar bisa terhindar dari hal tersebut, maka sangat penting sekali untuk mempersiapkan strategi yang matang dan telah terbukti hasilnya.

Misalnya saja Anda menggunakan media sosial, karena engagement yang bisa diperoleh dari media sosial bisa dipastikan dan jadi jauh lebih besar serta lebih efektif bila dijadikan sebagai media pemberian informasi, dan lain sebagainya.

Jika kebutuhan bisnis Anda sudah terpenuhi, maka fungsi tim ini adalah untuk menyampaikan pada mereka yang membutuhkan informasi tersebut.

Baca juga: Pengertian Struktur Organisasi, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya

Perbedaan Public Affairs dengan Public Relations

accurate.id gambar public affair-3

Hingga kini, masih banyak orang yang sulit membedakan public affairs dengan public relation. Keduanya memang sama-sama bisa digunakan dalam praktik organisasi politik, perusahaan pribadi, NGO, dan lain sebagainya.

Namun, perbedaan yang paling mendasar antara public affairs dengan public relation adalah fokus utamanya.

Public affairs akan lebih fokus pada industri politik dan peraturan apa saja yang nantinya bisa diurus. Sedangkan public relation lebih fokus pada nama perusahaan dan bagaimana cara mereka bisa terlihat lebih baik serta sesuai dengan harapan.

Nantinya, hal tersebut mampu meningkatkan brand awareness perusahaan atau memperbaiki citra perusahaan karena pemberitaan buruk yang lewat.

Lebih dari itu, public affairs pun bisa lebih fokus pada kegiatan yang berhubungan langsung dengan hukum serta peraturan yang berlaku. Untuk itu, mereka harus bisa mendalami berbagai peraturan yang ada di dalam industri perusahaan.

Baca juga: Apa itu Company Confidential? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang public affairs, dari mulai pengertian, fungsi, hingga perbedaannya dengan public relation.

Namun, hal penting lainnya yang harus dilakukan oleh bisnis atau perusahaan adalah mencatat dan membuat laporan keuangan secara tepat. Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, tentu mencatat dan membuat laporan keuangan melalui cara lama atau cara yang manual akan membutuhkan waktu yang lama, belum lagi terdapat risiko kesalahan pencatatan di dalamnya.

Nah untuk mengatasinya, akan jauh #lebihbaik jika Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena aplikasi ini mampu mencatat dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, serta akurat.

Tampilan dashboard di dalamnya pun didesain sangat menarik dan mudah untuk digunakan. Sehingga, orang awam pun bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah dan nyaman.

Setiap fitur yang dibekali di dalamnya pun sudah saling terintegrasi, sehingga Anda bisa mengelola dan mengembangkan bisnis secara lebih mudah dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Lebih menariknya lagi, semua kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sekitar 200 ribuan saja perbulannya.

Bagaimana, masih kurang yakin dengan Accurate Online? Tenang, karena Anda bisa mencobanya dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

7 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!