Pengertian Rainmaker dan 7 Karakternya yang Mampu Memberikan Profit Berlimpah Bagi Perusahaan

Akhir-akhir ini, rainmaker menjadi salah satu aspek yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap tim sales dalam suatu perusahaan. Merekat terbukti mampu memberikan keuntungan yang berlimpah untuk perusahaan dengan kemampuannya yang bisa membawa klien dan peluan bisnis yang baru

Namun, walaupun tim sales di dalam suatu perusahaan telah dipenuhi dengan talenta yang berbakat, menemukan seorang rainmaker bukanlah hal yang mudah.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang rainmaker.

Apa itu Rainmaker?

accurate.id gambar rainmaker 1

Berdasarkan laman Tech Target, rainmaker merupakan istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada seseorang atau suatu usaha yang mampu menciptakan banyak peluang bisnis dan menghasilkan banyak pendapatan.

Istilah ini biasanya digunakan dalam konteks pemasaran dan penjualan, di mana seseorang atau suatu tim dianggap sebagai “rainmaker” jika mereka mampu menghasilkan banyak pelanggan baru, menumbuhkan bisnis, dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Istilah juga dapat merujuk pada sebuah strategi atau teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik pelanggan dan menghasilkan pendapatan.

Strategi ini biasanya melibatkan penggunaan teknik pemasaran yang kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian pelanggan potensial, seperti konten pemasaran yang menarik, iklan yang efektif, dan hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Dalam konteks bisnis, mereka sering dianggap sebagai seseorang yang memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan dan membangun jaringan yang kuat dengan pelanggan, mitra bisnis, dan rekan kerja.

Mereka juga dianggap sebagai orang yang memiliki keahlian dalam mengidentifikasi peluang bisnis dan memanfaatkan potensi bisnis yang ada untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Baca juga: Pengertian Micro Moment dan Peran Pentingnya dalam Dunia Marketing

Sektor Usaha yang Membutuhkan Rainmaker

accurate.id gambar rainmaker 2

Rainmaker adalah sebutan untuk seseorang yang mampu membawa peluang bisnis baru dan menghasilkan keuntungan besar bagi perusahaan.

Sebagai perwujudan dari kemampuan tersebut, mereka biasanya memiliki keahlian dalam membangun jaringan bisnis yang kuat, menjalin hubungan yang baik dengan klien, dan mampu mempengaruhi orang lain untuk membeli produk atau jasa perusahaan.

Berikut adalah beberapa sektor usaha yang biasanya membutuhkan rainmaker:

1. Investasi dan Perbankan

Di sektor ini, rainmaker diperlukan untuk membawa peluang investasi baru dan menarik investor untuk berinvestasi dalam perusahaan. Mereka juga dapat membantu bank atau lembaga keuangan lainnya untuk menarik klien baru dan memperluas basis klien yang ada.

2. Real Estate

Rainmaker di sektor real estate membantu mengembangkan dan mempromosikan proyek properti baru, serta menjalin hubungan dengan klien yang ingin membeli atau menjual properti.

3. Teknologi

Dalam industri teknologi, rainmaker dapat membantu perusahaan memperluas basis klien dan memperkenalkan produk atau layanan baru kepada pasar. Mereka juga dapat membantu membangun kemitraan bisnis dengan perusahaan lain atau mencari sumber pendanaan baru.

4. Pemasaran dan Periklanan

Rainmaker di sektor ini membantu perusahaan membangun merek yang kuat dan memperluas basis klien dengan cara memasarkan produk atau layanan perusahaan.

5. Konsultansi

Di sektor konsultansi, rainmaker dapat membantu perusahaan memperluas basis klien dan menarik klien baru untuk menggunakan layanan konsultansi perusahaan. Mereka juga dapat membantu dalam membangun hubungan yang baik dengan klien yang ada.

Baca juga: Sales Qualified Lead (SQL): Pengertian dan 3 Cara Sederhana Mendapatkan SQL

Karakteristik Seorang Rainmaker

accurate.id gambar rainmaker 3

Seorang Rainmaker adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menarik pelanggan baru dan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan atau organisasi. Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang umum ditemukan pada seorang Rainmaker:

1. Keterampilan Komunikasi yang Kuat

Mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, mengatasi kekhawatiran mereka, dan membuat mereka merasa nyaman dalam mempercayai perusahaan.

2. Fokus pada Hasil

Mereka juga terbiasa bekerja dengan target dan mengukur keberhasilannya berdasarkan pendapatan yang dihasilkan. Mereka juga berfokus pada hasil jangka panjang dan memperhatikan cara-cara untuk meningkatkan pendapatan di masa depan.

3. Pemikir Kreatif

Mereka pun harus memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif dan mencari cara-cara baru untuk menarik pelanggan. Mereka terbuka terhadap ide-ide baru dan inovatif yang dapat membantu meningkatkan pendapatan perusahaan.

4. Sikap Positif

Seorang Rainmaker harus memiliki sikap positif yang kuat dan mampu menghadapi kegagalan dengan cepat. Mereka memotivasi diri sendiri dan orang lain untuk terus maju.

5. Pengetahuan Pasar

Rainmaker harus mengetahui pasar dengan baik, memahami persaingan, tren, dan peluang. Mereka harus memahami produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan dan dapat mengkomunikasikannya dengan jelas kepada pelanggan.

6. Kemampuan Menjalin Hubungan

Mereka harus mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, mitra, dan kolega. Mereka harus memiliki keterampilan interpersonal yang kuat dan dapat membangun kepercayaan dengan cepat.

7. Keinginan untuk Belajar

Terakhir, mereka juga harus selalu ingin belajar dan mengembangkan keterampilan mereka. Mereka harus terbuka terhadap umpan balik dan dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan diri.

Baca juga: Apa itu Sales Training? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang rainmaker, mulai dari pengertian, sektor bisnis yang memerlukan rainmaker, dan karakteristiknya. Jadi, rainmaker adalah mereka yang mampu memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan.

Namun, keuntungan tersebut tentu harus dikelola dengan baik oleh perusahaan agar bisa mengembangkan bisnisnya. Keuntungan tersebut harus dicatat dengan baik dan tepat. Nah, untuk memudahkan perusahaan dalam melakukan hal tersebut, maka #lebihbaik menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu mencatat berbagai pemasukan dan pengeluaran yang terjadi secara otomatis dan tepat. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara instan. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Accurate footer image blog marketing

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!