Sales Qualified Lead (SQL): Pengertian dan 3 Cara Sederhana Mendapatkan SQL

oleh | Mar 17, 2023

source envato.

Sales Qualified Lead (SQL): Pengertian dan 3 Cara Sederhana Mendapatkan SQL

Dalam dunia sales dan marketing, SQL atau sales qualified lead adalah salah satu unsur yang sangat penting dan harus ditingkatkan.

Tap, apa itu sales qualified lead? Bagaimana cara meningkatkan SQL? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang SQL di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Sales Qualified Lead (SQL)?

accurate.id gambar Sales Qualified Lead-1

Sebelum lebih jauh membahas tentang sales qualified lead, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah terdapat banyak sekali tahapan untuk masing-masing pelanggan. Rangkaian tahapan ini juga termasuk ke dalam strategi inbound marketing.

Berdasarkan laman Marketo, berbagai tahapan tersebut dipecah menjadi tiga, yakni awareness, consideration, dan decision.

Dalam tahap awareness, para pelanggan hanya akan dianggap menjadi lead biasa. Mereka sadar akan produk barang atau layanan jasa yang ditawarkan, namun belum memikirkan tahapan selanjutnya.

Sedangkan dalam tahapan consideration, lead tersebut telah berubah menjadi MQL atau marketing qualified lead. Kenapa? Karena mereka masih memiliki kemungkinan untuk membeli produk atau jasa saja.

Nah, SQL atau sales qualified lead adalah leads yang sudah masuk ke dalam tahapan ketiga, yakni decision.

Setelah mereka mengetahui bahwa produk atau layanan jasa Anda adalah yang paling tepat, maka mereka telah siap untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk bisa menyelesaikan transaksi.

Sederhananya, sales qualified lead adalah para calon pelanggan yang telah siap untuk melakukan kegiatan transaksi. Biasanya, mereka hanya harus menanyakan dan mempertimbangkan beberapa hal saja sebelum pada akhirnya membeli produk Anda.

Baca juga: Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

Peran Penting Sales Qualified Lead

accurate.id gambar Sales Qualified Lead-2

Dilansir dari laman Hubspot, dengan memahami apa itu sales qualified lead dan marketing qualified lead, maka tugas yang harus diselesaikan oleh tim sales dan tim marketing akan jauh lebih mudah.

Karena, saat sudah mengetahui lead mana saja yang paling mempunyai potensi, Anda bisa lebih fokus pada waktu dan biaya guna memberikan pelayanan pada leads tersebut.

Jadi, Anda bisa memberikan penawaran dan pelayanan yang tepat pada mereka yang sudah hampir pasti membeli produk Anda secara lebih efektif.

Peran penting lain dari melakukan identifikasi sales qualified lead adalah agar bisa mengetahui strategi apa saja yang sukses dijalankan.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Membuat Sales Plan Agar Urusan Penjualan Makin Lancar

Cara Mendapatkan SQL

accurate.id gambar Sales Qualified Lead-3

Sebelum mengetahui cara mendapatkan sales qualified lead dan mengubah MQL menjadi SQL, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui perbedaan keduanya.

Marketing qualified lead adalah kelompok leads yang sudah tertarik dengan layanan yang Anda tawarkan, lalu mereka menunjukkannya seperti dengan berlangganan newsletter mingguan.

Namun, leads ini masih memerlukan penawaran dan persuasi yang lebih tepat dari tim marketing agar bisa melanjutkan transaksi.

Di sisi lain, sales qualified lead adalah kelompok leads yang telah menunjukkan ketertarikan, namun berada dalam satu atau dua langkah yang lebih jauh. Biasanya, mereka telah mendapatkan penawaran yang cukup, sehingga mereka hanya memerlukan beberapa pertimbangan kecil saja untuk bisa menyelesaikan transaksi.

Lantas, bagaimana cara mengubah MQL menjadi SQL? Berikut ini adalah caranya:

1. Menggunakan Long-Tail Keyword

Dilansir dari laman PIPZ, salah satu cara yang paling efektif dalam mendatangkan sales qualified lead langsung ke situs website Anda adalah dengan menggunakan long tail keyword ketika sedang membuat konten.

Long-tail keyword adalah kelompok kata yang sangat spesifik. Biasanya, keyword ini digunakan oleh orang lain saat mencari sesuatu di mesin pencari.

Lalu, kenapa long-tail keyword bisa mendatangkan para pengunjung yang berpotensi menjadi SQL? Karena, mereka yang melakukan pencarian di internet menggunakan long-tail keyword telah mengetahui apa yang sedang mereka cari.

Walaupun memang jumlah traffic-nya tidak sebesar short-tail maupun medium-tail keyword, namun minimal long-tail keyword mampu menawarkan pada pelanggan yang mempunyai potensi lebih besar dalam mengunjungi situs dan melakukan konversi.

2. Memahami Pelanggan

Untuk mendapatkan lead yang berkualitas, laman resmi Databox menjelaskan bahwa Anda harus memahami target pasar Anda lebih serius. Anda harus mengetahui cara apa yang mereka perlukan dan inginkan, lalu tunjukkanlah pada mereka bahwa Anda mengetahui hal tersebut.

Dengan adanya data yang Anda miliki, Anda bisa mengetahui riwayat browsing mereka di situs ataupun aplikasi Anda.

Jangan lupa juga untuk memberikan email yang berisi rekomendasi barang yang menurut mereka suka, atau Anda juga bisa menambahkan promo yang akan membuat mereka lebih semakin tertarik untuk melakukan pembelian.

3. Memberikan Penawaran Terbaik

Bila Anda sudah memahami target pasar dan berbagai hal yang mereka inginkan, maka cara selanjutnya untuk bisa meningkatkan sales qualified lead adalah dengan memberikan penawaran terbaik.

Saat Anda ingin mengubah MQL menjadi SQL, maka Anda harus mengetahui pertimbangan mereka dalam membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa mencoba menawarkan free trial selama satu minggu pertama jika produk yang Anda tawarkan adalah software.

Anda juga bisa memberikan diskon kupon atau melakukan konsultasi secara lebih lanjut dengan tim sales. Sehingga, calon pelanggan Anda akan merasa bahwa mereka diperhatikan dan mereka bisa lebih tertarik untuk menyelesaikan transaksi.

Baca juga: Lingkungan Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Aspek yang Mempengaruhinya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sales qualified lead atau SQL, mulai dari pengertian, peran penting dan cara sederhana untuk mendapatkannya.

Namun, strategi untuk bisa mendapatkan SQL ini tentu memerlukan anggaran yang tepat dan Anda harus mengelola anggaran tersebut dengan baik. Nah, agar lebih mudah dan #lebihbaik dalam membuat anggaran, Anda bisa menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis terlengkap di Indonesia ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan mampu membantu Anda membuat berbagai jenis anggaran yang diperlukan untuk memperlancar operasional bisnis Anda, termasuk dalam memperlancar kegiatan sales dan marketing.

Penasaran dengan Accurate Online? Silakan coba dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

9 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait