People Management: Pengertian, Keterampilan yang Dibutuhkan, dan Cara Meningkatkannya

People management adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap manajer atau pimpinan tim. Kemampuan ini dibutuhkan agar mereka bisa meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan produktivitas karyawannya.

Pasalnya, di dalam sebuah tim, seorang manajer bertanggung jawab untuk mengorganisasi banyak orang dan tugas yang berbeda. Jika tidak memiliki kemampuan mengorganisasi orang, akan sulit bagi mereka untuk mengatur dan membuat proses kerja berjalan dengan semestinya.

Untuk itu, artikel berikut ini akan menguraikan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer dalam melakukan proses people management, beserta cara meningkatkannya. Namun sebelum itu, mari pahami lebih lanjut mengenai pengertiannya.

Pengertian People Management

Melansir dari Indeed, people management adalah proses melatih, memotivasi, dan mengarahkan karyawan untuk dapat mengoptimalkan produktivitas kerja dan mendorong pertumbuhan profesional. Proses ini penting untuk dilakukan dan dikuasai oleh pemimpin di tempat kerja, baik itu pimpinan tim, manajer, ataupun kepala departemen.

Pasalnya, pemimpin dengan kemampuan people management yang baik dapat membuat karyawan merasa nyaman untuk bekerja di bawahnya. Hal tersebut karena karyawan merasa dibimbing, diperhatikan, dan dimotivasi agar pekerjaannya bisa selesai dengan baik dan kinerjanya pun meningkat setiap saat.

Pada intinya, proses atau kemampuan ini ditujukan untuk mengorganisasi sumber daya manusia ke arah yang lebih baik. Dengan begitu, perusahaan dapat terus bertumbuh dan berkembang hingga mencapai tujuannya.

Baca Juga: Human Capital Management: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Manfaatnya

Keterampilan yang Dibutuhkan dalam People Management

Dalam proses people management, terdapat lima keterampilan yang setidaknya harus dimiliki oleh setiap pimpinan kerja, yakni keterampilan berkomunikasi, mendengarkan, manajemen konflik, kolaborasi, dan fleksibel.

1. Komunikasi

Komunikasi sebenarnya adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Terutama bagi para pemimpin di tempat kerja yang akan sering berkomunikasi secara langsung dengan karyawan. Tanpa kemampuan berkomunikasi yang baik, akan sulit bagi mereka untuk dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan detail kepada seluruh karyawan.

2. Kemampuan Mendengarkan

Seorang pimpinan di tempat kerja juga harus harus memiliki kemampuan mendengarkan atau active listening. Pasalnya, karyawan pasti akan mengalami kendala di dalam pekerjaannya, sehingga mereka membutuhkan tempat untuk bertanya atau bercerita mengenai kendala tersebut.

Dalam kondisi ini, Anda harus terbiasa untuk mendengar dan menyimak dengan baik. Ketika mereka meminta saran pun, berikan saran yang terbaik agar mereka dapat menyelesaikan masalahnya.

3. Manajemen Konflik

Potensi konflik akan selalu ada di setiap lingkungan kerja. Karena itu, pimpinan tim harus bisa menjadi penengah jika sewaktu-waktu konflik ini terjadi. Tujuannya, jelas agar konflik tidak bertambah parah dan tidak berdampak buruk terhadap kinerja tim ke depannya.

4. Kolaborasi

Seorang pimpinan tim juga harus memiliki kemampuan berkolaborasi karena ia akan menangani beberapa tugas yang berbeda. Kemampuan berkolaborasi ini tentu tidak hanya dengan karyawannya saja, melainkan juga dengan pimpinan tim lain di dalam atau di luar perusahaan.

5. Fleksibel

Terakhir, seorang pimpinan tim harus bisa bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi. Pasalnya, akan ada waktu di mana Anda diharuskan mengambil keputusan dan tindakan dengan cepat. Hal ini tentu harus diimbangi dengan kemampuan berpikir yang cepat agar dapat memutuskan dengan tepat.

Baca Juga: Task Management: Pengertian, Tips, dan Metode yang Bisa Anda Gunakan

Cara Meningkatkan Kemampuan People Management

Melihat banyaknya keterampilan yang dibutuhkan dalam proses people management, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan atau meningkatkannya. Beruntungnya, keterampilan tersebut bisa diasah sedini mungkin selama Anda mau untuk terus belajar dan mengevaluasi diri, tepatnya dengan cara-cara berikut ini.

1. Fokus dalam Satu Keterampilan Terlebih Dahulu

Seperti diketahui, ada banyak keterampilan yang dibutuhkan dalam proses people management, di mana semua ini tidak bisa dikuasai secara sekaligus. Karena itu, fokuslah pada satu keterampilan terlebih dulu. Jika telah dikuasai dengan baik, Anda dapat berlanjut untuk mengasah keterampilan lainnya. Umumnya, ketika berhasil menguasai satu keterampilan, akan lebih mudah bagi Anda untuk mempelajari keterampilan lainnya.

2. Belajar dari Ahli

Jika merasa membutuhkan saran atau bantuan, Anda bisa meminta saran dari manajer lain atau mencari seseorang yang memang ahli di bidang ini. Ketika mendapatkan mentor yang tepat, Anda dapat memahami dan menguasai keterampilan dengan lebih cepat, tepat, dan maksimal.

3. Dengarkan Umpan Balik dari Karyawan 

Anda pun bisa meminta umpan balik dari karyawan mengenai performa Anda dalam menangani tim. Sebab, bagaimana pun, karyawan adalah pihak yang berkaitan dengan kinerja Anda.

Cobalah dengarkan dengan baik tanpa memotong pembicaraan. Setelahnya, pahami poin-poin yang disampaikan karyawan dan segera evaluasi kekurangan tersebut.

Baca Juga: Demand Management: Tahapan, Fungsi dan Manfaatnya

Penutup

People management adalah hal yang harus dikuasai oleh manajer atau pimpinan tim agar karyawan dapat meningkatkan kinerjanya dan mengoptimalkan produktivitasnya. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih terdorong pertumbuhan bisnisnya sehingga mampu mencapai tujuannya.

Untuk memaksimalkan upaya ini, perusahaan harus lebih memerhatikan manajemen keuangannya agar dapat tercipta kondisi keuangan yang sehat. Dalam hal ini, perusahaan bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang mudah untuk digunakan dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja. Di dalamnya, tersedia pula berbagai fitur yang akan mempermudah perusahaan dalam proses kepengurusan pajak, buku besar, pembelian, penjualan, hingga aset tetap.

Ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia pun telah memercayakan Accurate Online sebagai aplikasi yang membantunya dalam mencapai kesuksesan finansial. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, segera klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.