Pengertian Strategi Account Planning dan 5 Manfaatnya Demi Menghemat Waktu Penjualan

oleh | Apr 18, 2023

source envato.

Pengertian Strategi Account Planning dan 5 Manfaatnya Demi Menghemat Waktu Penjualan

Jika saat ini Anda sedang kesulitan dalam mencari klien baru, maka account plan atau account planning bisa Anda jadikan salah satu solusinya.

Tapi, apa itu account planning? Bagaimana cara menjalankan strategi tersebut? Tenang, karena kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang account planning pada artikel di bawah ini.

Apa itu Account Planning?

accurate.id gambar acount planning-1

Berdasarkan laman HubSpot, account planning atau perencanaan akun adalah proses yang dilakukan oleh agen periklanan atau pemasaran untuk memahami dan merencanakan strategi pemasaran yang efektif untuk klien mereka.

Tujuan utama dari account planning adalah untuk memastikan bahwa strategi dan pesan pemasaran yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis klien, serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar yang dituju.

Account planner bertanggung jawab untuk melakukan penelitian pasar dan memahami perilaku konsumen, serta memahami nilai dan brand image klien mereka.

Dengan informasi ini, mereka kemudian mengembangkan rencana pemasaran yang mencakup pesan pemasaran, platform media, dan strategi yang relevan untuk mencapai tujuan bisnis klien mereka.

Account planning juga melibatkan kolaborasi erat dengan tim kreatif untuk menghasilkan kampanye pemasaran yang efektif dan menarik bagi konsumen.

Hal ini memastikan bahwa pesan pemasaran yang dibuat dapat terhubung dengan konsumen secara emosional dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh klien.

Baca juga: Predictive Marketing, Strategi Pemasaran Kekinian yang Bergantung pada Data

Manfaat Account Planning

accurate.id gambar acount planning-2

Account planning adalah proses merencanakan strategi pemasaran dan penjualan yang terfokus pada akun atau pelanggan tertentu. Manfaat dari account planning antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik

Dengan account planning, tim penjualan dapat mengumpulkan informasi yang lebih detail tentang pelanggan mereka, seperti kebutuhan, preferensi, dan tantangan yang dihadapi. Hal ini memungkinkan mereka untuk memahami pelanggan dengan lebih baik dan membuat rencana pemasaran dan penjualan yang lebih efektif.

2. Fokus Pada Akun yang Tepat

Dalam account planning, tim penjualan dapat menentukan akun atau pelanggan mana yang paling berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Dengan fokus pada akun yang tepat, tim penjualan dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan penjualan mereka dan memaksimalkan hasil yang dicapai.

3. Meningkatkan Kolaborasi Antara Tim

Account planning melibatkan tim penjualan dan berbagai departemen lain di perusahaan seperti pemasaran, keuangan, dan produksi. Ini memungkinkan kolaborasi antara tim untuk merencanakan strategi yang lebih terpadu dan lebih efektif.

4. Meningkatkan Kinerja Penjualan

Dengan account planning, tim penjualan dapat mengidentifikasi peluang penjualan baru dan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan yang ada. Hal ini dapat meningkatkan kinerja penjualan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

5. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Account planning juga dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Dengan memperkuat hubungan dengan pelanggan, perusahaan dapat mempertahankan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Secara keseluruhan, account planning dapat membantu perusahaan meningkatkan efektivitas pemasaran dan penjualan mereka, meningkatkan kinerja keuangan, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Baca juga: Apa itu Advertising Plan? Ini Pengertian dan 7 Cara Mudah Mempersiapkannya

Tips Membuat Account Planning

accurate.id gambar acount planning-3

Account planning adalah rencana strategis yang dibuat untuk memperluas bisnis atau menjaga hubungan dengan klien yang sudah ada. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat account planning:

1. Kenali Kebutuhan Klien

Pertama, kenali kebutuhan klien dan apa yang diharapkan dari bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut tentang bisnis mereka dan peran Anda dalam memenuhi kebutuhan mereka.

2. Tentukan Tujuan dan Sasaran

Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang serta sasaran yang ingin dicapai dari account planning. Tujuan harus jelas, spesifik, dan terukur.

3. Evaluasi Kinerja Saat Ini

Lakukan evaluasi kinerja saat ini untuk memahami kondisi bisnis Anda dan pelanggan Anda. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang telah berhasil dan apa yang belum berjalan sesuai harapan.

4. Identifikasi Kesempatan Baru

Identifikasi peluang baru untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan kinerja Anda. Pelajari tentang tren pasar terbaru, perkembangan industri, dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan.

5. Buat Rencana Tindakan

Buat rencana tindakan terperinci yang mencakup strategi pemasaran, kebijakan harga, dan rencana pengembangan produk atau layanan. Pastikan rencana tindakan Anda sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

6. Identifikasi Risiko

Identifikasi risiko yang mungkin terjadi dalam mencapai tujuan dan sasaran Anda, dan buat rencana untuk mengurangi atau mengelola risiko tersebut.

7. Tentukan Pengukuran Kinerja

Tentukan metrik yang akan digunakan untuk mengukur kinerja Anda dalam mencapai tujuan dan sasaran. Pastikan metrik yang dipilih relevan dan dapat diukur dengan mudah.

8. Berkomunikasi dengan Klien

Terakhir, berkomunikasilah secara teratur dengan klien Anda tentang account planning dan kemajuan yang telah dicapai. Pastikan klien merasa terlibat dan diberikan pembaruan secara berkala.

Baca juga: Apa itu Sponsorship Marketing? Ini Pengertian dan 6 Manfaat Luar Biasanya Untuk Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang account planning, dari mulai pengertian, manfaat, dan tips dalam membuat account planning.

Namun, hal yang paling penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan dalam melakukan penjualan adalah mencatat setiap penjualan yang terjadi secara tepat. Fungsinya adalah agar Anda bisa memastikan pemasukkan Anda secara lebih pasti.

Namun bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencatatnya, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu mencatat setiap pemasukkan dan pengeluaran yang terjadi dalam bisnis Anda secara otomatis dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan serta laporan bisnis lainnya secara akurat.

Lebih dari itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang saling terintegrasi, sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan, mengelola stok, melaporkan pajak, dan masih banyak lagi.

Masih ragu dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya langsung selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait