Support System dan Peran Pentingnya di Lingkungan Kerja

Dewasa ini, istilah tentang support system telah semakin banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.  Berdasarkan laman Highlandspringsclinic, istilah ini sebenarnya merujuk pada berbagai orang tertentu yang ada di sekitar Anda dan selalu hadir untuk Anda. Umumnya, support system akan selalu memberikan saran, dukungan, sampai bantuan saat Anda sedang memerlukannya.

Semakin bertambahnya umur dan usia, setiap permasalahan yang akan Anda hadapi tentu akan sangat beragam, sehingga sangat penting sekali peran dari support system dalam kehidupan.

Di dalam dunia kerja, permasalahan yang hadir juga terbilang sangat kompleks. Untuk itu, kehadiran support system di dalam lingkungan kerja akan membantu Anda untuk bisa mengatasi berbagai permasalahan dan mendapatkan dukungan dari rekan kerja.

Sedangkan untuk pebisnis atau pemilik perusahaan, membangun lingkungan kerja yang saling mendukung akan memberikan dampak yang baik untuk perusahaan. Pasalnya, karyawan akan merasa lebih nyaman dan performanya bisa terus meningkat.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami sudah merangkum beberapa manfaat penting dalam memiliki support system di dalam lingkungan kerja. Apa saja? baca terus artikel tentang support system di bawah ini hingga selesai.

Peran Penting Support System di Dalam Lingkungan Kerja

Kesehatan mental setiap karyawan menjadi salah satu hal yang harus selalu diperhatikan setiap perusahaan. Stabilnya kondisi mental setiap karyawan menjadi salah satu hal yang akan memberikan dampak besar pada performa perusahaan.

Dari sisi karyawan, kehadiran orang yang selalu memberikan dukungan pekerjaan menjadi suatu hal yang mampu membantu menstabilkan kesehatan mental mereka. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan penting kenapa support system.

1. Adanya Dukungan Sosial

Bila ada seseorang yang terbiasa untuk menyendiri, maka kemungkinan besar kondisi mental orang tersebut bisa semakin memburuk.

Nah, kehadiran support system akan membantu orang tersebut untuk memiliki teman untuk berbagi cerita bahkan hingga meminta pertolongan. Selain itu, hal tersebut pun memiliki peran penting untuk menjadi perantara agar bisa memperbaiki interaksi dengan dunia luar dan membantu untuk bisa beradaptasi di dalam lingkungan baru.

2. Adanya Bantuan Tanpa Harus Terlebih Dahulu Diminta

Saat kondisi mental Anda sedang terpuruk, Anda akan lebih cenderung meminta bantuan pada orang lain dan akan lebih banyak untuk mengurung diri. Bila hal tersebut terjadi dan dibiarkan saja, maka akan semakin memperburuk kondisi dan melewati batas.

Dalam hal ini, bila Anda mempunyai support system yang baik, orang-orang yang berada pada support system tersebut akan menanyakan kondisi Anda dan memberikan bantuan pada Anda, sehingga berbagai hal buruk pun tidak akan terjadi pada Anda.

Baca juga: Mengenal Fashion Smart Casual Outfit di Kalangan Para Pekerja Milenial

Manfaat Mempunyai Support System di Lingkungan Kerja

Banyaknya tuntutan yang terjadi di dalam lingkungan kerja kerap kali memberikan dampak yang besar pada kesehatan mental seseorang. Oleh karena, kehadiran support system di dalam lingkungan kerja akan sangat penting sekali.

Alasannya adalah karena Anda bisa mempunyai orang-orang yang akan terus mendukung Anda, baik itu secara emosional ataupun praktikal, sehingga kondisi stress Anda bisa terus berkurang.

Lebih lanjut lagi, beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan bila mempunyai support system yang akan terus mendukung Anda di lingkungan kerja adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Komunikasi Secara Efektif

Lingkungan kerja yang selalu mendukung tentunya akan menjadikan karyawan bisa jauh lebih terbuka pada permasalahan yang dihadapinya. Dengan saling mengetahui permasalahan yang dihadapi antar karyawan, maka setiap karyawan akan bisa memberikan beragam saran, sehingga permasalahan yang terjadi bisa lebih cepat diselesaikan.

Nantinya, hal tersebut akan memberikan dampak yang besar pada berkurangnya rasa stress karyawan dan bisa meningkatkan produktivitas kerja mereka.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kehadiran support system di dalam lingkungan kerja akan memungkinkan para karyawan untuk bisa memperoleh apresiasi dan juga dukungan yang lebih banyak. Lalu, dengan adanya banyak dukungan dan apresiasi tersebut, akan bisa meningkatkan rasa percaya diri karyawan, sehingga mereka tidak akan ragu dalam melakukan berbagai hal baru yang lebih inovatif.

3. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa lingkungan kerja yang sehat bisa membuat seseorang bisa lebih baik secara fisik ataupun secara mental. Hal ini sejalan dengan kehadiran support system di dalam lingkungan kerja.

Mempunyai support system menjadi hal yang sangat penting karena akan memberikan dampak pada penurunan tingkat stress para karyawan.

4. Menjadi Lebih Puas dalam Melakukan Pekerjaan

Karyawan yang mempunyai support system di lingkungan kerja akan merasa lebih puas saat menjalani atau mengerjakan pekerjaannya. Hal tersebut terjadi karena karyawan tersebut mendapatkan dukungan penuh, sehingga setiap pekerjaan bisa dilakukan dengan perasaan yang lebih bahagia.

Pegawai yang memiliki support system cenderung akan merasa lebih puas saat menjalani pekerjaan. Hal tersebut karena pegawai memperoleh dukungan secara penuh sehingga pekerjaan dikerjakan dengan perasaan bahagia.

5. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Kehadiran orang-orang yang selalu mendukung dalam tim dan lingkungan kerja akan memberikan dampak yang baik dalam kesejahteraan di dalam dunia kerja. Selain selalu bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan, kehadiran mereka pun bisa memberikan energi yang positif dan bisa lebih berbahagia.

Baca juga: Berbagai Sumber Tenaga Kerja dan Cara untuk Memperolehnya

Bagaimana Cara Menumbuhkan Support System di Lingkungan Kerja?

Dengan adanya banyak manfaat support system di lingkungan kerja pasti akan membuat Anda terpicu untuk bisa memilikinya juga. Pada dasarnya, usaha untuk bisa menumbuhkan support system di dalam lingkungan kerja bisa dimulai dari berbagai hal kecil.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan hal tersebut:

1. Sediakan Waktu Khusus untuk Berdiskusi

Karena karyawan memiliki peran yang penting di dalam perusahaan, maka sudah seharusnya Anda bisa menjaga kesejahteraan karyawan, termasuk kesehatannya, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Bila karyawan mempunyai kesehatan mental dan fisik yang bagus, maka kondisi perusahaan pun akan lebih positif. Nah untuk bisa menumbuhkan hal tersebut, maka Anda harus memberikan kesempatan pada para karyawan untuk melakukan diskusi ringan. Dengan begitu, rasa kepercayaan dan kegiatan komunikasi pun bisa berjalan lebih baik karena karyawan merasa lebih didengarkan.

2. Cobalah Untuk Berikan Feedback dan Pembinaan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk bisa menciptakan support system adalah dengan memberikan feedback dan juga pembinaan pada karyawan Anda. Dengan adanya penyampaian saran dan juga pujian pada hasil kerja karyawan, maka akan bisa meningkatkan semangat bekerja yang lebih tinggi dan mendorong karyawan untuk terus berkembang.

3. Berikan Pengakuan dan Rewards

Sama halnya seperti feedback dan pembinaan, bila ada karyawan yang sudah melebihi target yang sudah ditentukan atau hasil pekerjaannya sangat memuaskan, maka Anda harus bisa memberikan hadiah pada karyawan tersebut.

Memberikan hadiah bisa menjadi suatu wujud dukungan yang baik, karena nantinya karyawan akan merasa lebih dihargai. Lebih jauh lagi, karyawan yang memberikan hadiah akan lebih memperbaiki kinerjanya lebih lanjut, sehingga tingkat produktivitas perusahaan akan terus melaju.

4. Jalin Komunikasi Secara Terbuka

Komunikasi adalah hal penting dalam menciptakan support system di dalam lingkungan kerja. Komunikasi yang baik harus bisa terjalin secara baik antar setiap karyawan, atau antara karyawan dengan manajemen top perusahaan.

Dengan kehadiran komunikasi yang baik ini, maka ide yang ada di dalam pikiran karyawan akan bisa disampaikan secara lebih mudah. Selain itu, pemahaman yang terjadi antar setiap karyawan juga akan terjadi secara lebih baik, sehingga akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif.

Baca juga: Proses Perencanaan SDM yang Baik dan Tepat

Penutup

Beban kerja yang dialami setiap karyawan akan membuat mereka mengalami stress. Stress yang terjadi pada karyawan ini nantinya akan memberikan dampak yang buruk pada kinerja perusahaan dan jika dibiarkan, maka perusahaan akan mengalami kerugian.

Untuk itu, kehadiran support system di dalam lingkungan kerja merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan perusahaan.

Sebagai pemilik perusahaan, salah satu dukungan terbaik yang bisa Anda berikan pada karyawan adalah dengan menyediakan sistem atau aplikasi khusus yang bisa membantu pekerjaan mereka, seperti aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka karyawan Anda tidak perlu lagi mencatat setiap transaksi dan membuat laporan keuangan secara manual. Karena, Accurate Online akan mencatatnya secara otomatis dan menghadirkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang lengkap dan akurat.

Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu para karyawan Anda untuk melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan perusahaan, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, kinerja karyawan bisa meningkat dan berujung pada meningkatkan performa perusahaan secara menyeluruh.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Daftarkan segera bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari, Gratis!

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.