14 Tips Agar Anda Sukses Melakukan Penjualan

Menjadi sukses dalam penjualan membutuhkan kombinasi tekad, intuisi, dan semangat. Sebagian besar profesional penjualan sangat termotivasi dengan memenuhi tujuan penjualan mereka dan menggunakan setiap penjualan untuk menghasilkan lebih banyak bisnis. Sukses dalam karir penjualan dapat memberikan peluang tambahan baik secara profesional maupun finansial.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara sukses dalam melakukan penjualan menggunakan 14 tips dan teknik ini. Cara ini berguna bagi Anda yang ingin mengembangkan karir sebagai seorang sales atau pemilik bisnis yang sedang berusaha membesarkan usaha Anda.

Cara Sukses dalam Melakukan Penjualan

Meskipun banyak tenaga penjualan atau sales memiliki bakat alami untuk profesi ini, siapa pun yang bekerja di bidang penjualan harus terus mengasah keterampilan mereka agar memiliki karier yang sukses.

Keberhasilan dalam penjualan tergantung pada kemampuan Anda untuk menetapkan tujuan yang ambisius, memenuhi tenggat waktu, dan membangun jaringan yang andal.

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk mengasah kemampuan bidang penjualan untuk meningkatkan keuntungan bisnis? Atau saat ini Anda merupakan tenaga penjual yang ingin maju dalam karier mereka, langkah-langkah ini dapat membantu mendukung kemampuan Anda untuk berhasil dalam penjualan:

1. Tetapkan tujuan

Tetapkan tujuan penjualan yang ambisius dan realistis untuk memajukan karier Anda. Pertimbangkan untuk menetapkan tujuan harian dan mingguan selain tujuan jangka panjang. Sasaran penjualan Anda harus mendukung ambisi dan sasaran pribadi Anda yang lebih besar juga.

Jika Anda ingin pindah dari posisi tingkat rekanan ke pekerjaan eksekutif, perhatikan bagaimana setiap sasaran penjualan Anda akan meningkatkan keterampilan dan reputasi Anda.

2. Ambil inisiatif

Saat melakukan penjualan, Anda harus mengambil inisiatif untuk mengejar prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan. Melakukan penjualan adalah proses yang mengharuskan wiraniaga untuk maju dari satu langkah ke langkah berikutnya.

Jika perusahaan Anda memiliki jumlah penjualan standar yang harus dilakukan, usahakan untuk melebihi harapan itu. Dengan mencari peluang untuk menghasilkan lebih banyak penjualan, mendapatkan klien baru, atau meningkatkan keterampilan Anda, Anda dapat menunjukkan kemampuan Anda untuk menambah nilai bagi perusahaan Anda.

Baca juga: SMS Blast Adalah Media Pemasaran yang Ramah Lingkungan

3. Bersikaplah gigih

Pelanggan mungkin awalnya tidak menerima promosi penjualan Anda, tetapi jika Anda yakin dengan kualitas prospek Anda, Anda harus gigih dalam melakukan penjualan.

Pelanggan potensial Anda mungkin tidak langsung memahami bagaimana layanan Anda menguntungkan mereka, jadi bersiaplah untuk menggunakan berbagai teknik. Dengan menjadi gigih, Anda dapat menentukan metode penjualan mana yang paling cocok untuk pelanggan individu.

4. Ajukan pertanyaan

Ajukan pertanyaan untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan kebutuhan mereka. Dengan menggunakan keterampilan mendengarkan secara aktif, Anda dapat menentukan motivasi mereka dan bagaimana produk atau layanan Anda dapat mendukung tujuan mereka

. Ajukan pertanyaan menyeluruh dan catat baris pertanyaan mana yang menghasilkan penjualan. Semakin banyak Anda tahu tentang kebutuhan pelanggan, semakin mudah Anda dapat meyakinkan mereka bahwa produk atau layanan Anda dapat membantu memecahkan masalah mereka.

5. Kelola waktu Anda

Meskipun penting untuk gigih dengan prospek, Anda harus tetap menyadari berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk setiap penjualan. Asah keterampilan pengambilan keputusan Anda untuk memutuskan kapan pelanggan tidak mau atau tidak dapat melanjutkan penjualan.

Catat bagian mana dari pekerjaan Anda yang membutuhkan waktu paling lama dan pertimbangkan kemungkinan cara untuk menjadi lebih efisien. Dengan mengelola waktu Anda dengan baik, Anda akan dapat menghasilkan lebih banyak penjualan secara keseluruhan dan mencurahkan lebih banyak waktu Anda untuk memajukan karier Anda.

Baca juga: Video Marketing: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

6. Temukan audiens Anda

Keberhasilan Anda dalam penjualan juga dapat dipengaruhi oleh kemampuan Anda untuk menemukan audiens Anda. Bila memungkinkan, temukan ceruk di mana Anda dapat menemukan pelanggan yang tertarik dengan andal.

Pelajari riset pasar untuk mempelajari demografi mana yang paling diuntungkan dari produk atau layanan Anda. Anda juga dapat menemukan audiens Anda dengan memproduksi konten yang berhubungan dengan masalah umum yang dapat dipecahkan oleh produk Anda. Ini kadang-kadang akan mengakibatkan pelanggan mendekati Anda untuk meminta nasihat dan menerima penjualan.

7. Bersikaplah tulus

Ketulusan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda yakin dengan produk Anda. Untuk menunjukkan ketulusan kepada pembeli Anda, tunjukkan minat yang tulus pada minat dan tujuan mereka serta masalah yang mungkin dapat Anda selesaikan dengan produk Anda. Seorang wiraniaga yang sukses akan mendukung pembeli mereka dalam membuat keputusan yang tepat dan dapat membuat pelanggan merasa nyaman dengan pendekatan jujur ​​mereka.

8. Persiapkan terlebih dahulu

Menjadi tenaga penjual yang baik membutuhkan persiapan dan penelitian yang cermat. Antisipasi pertanyaan dan kekhawatiran yang mungkin dimiliki pelanggan potensial Anda dengan mempelajari penjualan sebelumnya atau meneliti pesaing Anda. Semakin banyak Anda tahu tentang pelanggan Anda sebelum Anda mempresentasikan promosi penjualan, semakin mudah untuk membentuk koneksi dan menyelesaikan penjualan.

9. Edukasi pelanggan

Mendidik pelanggan selama proses penjualan membantu mereka membuat keputusan yang tepat tentang pembelian mereka. Ide pelanggan akan merasa diberdayakan untuk memilih produk jika mereka memahami bagaimana hal itu akan menguntungkan mereka dan bisnis mereka. Pelanggan yang berpendidikan baik juga dapat meningkatkan reputasi Anda dengan berbagi pengalaman mereka dengan orang lain dan merujuk Anda ke jaringan mereka.

Baca juga: Cara Melakukan Penjualan: 16 Strategi dan Contohnya

10. Bangun sebuah harapan

Tanyakan kepada pelanggan Anda apa harapan dan harapan mereka untuk pengalaman penjualan mereka dan pengalaman mereka dengan produk Anda. Menentukan harapan mereka dapat membantu Anda memastikan bahwa prospek layak untuk dikejar dan memberi Anda wawasan tentang seberapa siap pelanggan untuk memberi Anda penjualan.

11. Gunakan kerja tim

Jika Anda bekerja sebagai bagian dari tim penjualan, gunakan sumber daya yang tersedia untuk Anda dengan bekerja sama dengan rekan kerja Anda untuk memajukan kesuksesan Anda. Anda mungkin meminta tenaga penjualan tingkat yang lebih tinggi untuk menggunakan jaringan mereka untuk menghubungkan Anda dengan kontak.

Meminta anggota tim Anda yang terhormat untuk nasihat tentang bekerja dengan klien yang sulit atau meningkatkan efisiensi Anda dapat meningkatkan penjualan Anda dan menunjukkan semangat dan dorongan di tempat kerja

12. Tiru rekan kerja Anda

Mengembangkan gaya Anda sendiri dalam melakukan penjualan itu penting, tetapi mengamati bagaimana rekan-rekan Anda melakukan penjualan dapat membantu Anda mempelajari metode baru dan memotivasi kesuksesan Anda.

Dengarkan teknik dan frasa penutup yang cocok untuk orang lain dan pertimbangkan untuk menerapkannya dalam proses penjualan Anda. Membayangi rekan kerja juga dapat memberi Anda tolok ukur kesuksesan dan membantu Anda mengetahui cara menonjol di antara rekan-rekan Anda.

13. Mintalah umpan balik atau feedback

Anda dapat meminta umpan balik dari atasan di perusahaan, kolega, dan pelanggan Anda. Mintalah rekan kerja yang dihormati untuk mengamati teknik penjualan Anda dan berikan kritik yang membangun.

Orang lain akan dapat memberikan wawasan tentang kekuatan dan kelemahan Anda yang mungkin tidak Anda sadari. Memasukkan umpan balik reguler ke dalam proses penjualan Anda dapat membantu meningkatkan kinerja Anda sebagai tenaga penjualan.

Baca juga: Penawaran dan Permintaan: Pengertian Lengkap dan Cara Kerjanya

14. Carilah seorang mentor

Menemukan seorang mentor di bidang Anda dapat membantu Anda menentukan langkah-langkah spesifik yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan hasil karir yang Anda inginkan. Carilah orang-orang yang telah maju di bidang Anda dan mencapai tujuan yang Anda cita-citakan. Pelajari bagaimana mereka membuat kemajuan di bidang Anda dan jika mungkin, atur pertemuan rutin untuk membahas tujuan karir Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan jika Anda ingin sukses melakukan penjualan. Ingat, tips ini tidak hanya berguna jika Anda adalah seorang sales, tapi juga berguna bagi Anda pemilik bisnis yang baru memulai sebuah usaha.

Jika proses penjualan sudah berhasil, jangan lupa untuk mencatat seluruh transaksi dan biaya yang Anda keluarkan dalam proses tersebut untuk mendapatkan data keuangan yang faktual dan transparan. Data ini nantinya berguna dalam mengambil keputusan bisnis yang penting.

Untuk memudahkan proses pencatatan keuangan dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah terbukti selama lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Jika penasaran, Anda bisa mencoba untuk menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1