Tujuan Promosi untuk Proses Pemasaran: Pengertian, Tips dan Contohnya

Saat memiliki bisnis atau bekerja di industri pemasaran, penting bagi Anda untuk mempertahankan pemahaman Anda tentang terminologi dan strategi industri untuk meningkatkan kontribusi Anda. Tujuan promosi membantu pemasar menetapkan metode yang efektif untuk terlibat dengan pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek.

Kemampuan Anda untuk memahami dan menggunakan sasaran promosi dalam strategi pemasaran memungkinkan Anda meningkatkan kedudukan profesional dan memaksimalkan hasil kampanye.

Dalam artikel ini kami mendefinisikan apa tujuan promosi dalam pemasaran, mendiskusikan kapan pemasar menerapkan tujuan promosi, meninjau mengapa penting untuk memiliki tujuan pemasaran promosi dan memberikan informasi tambahan tentang cara membuat tujuan pemasaran promosi untuk departemen Anda dengan contoh.

Apa tujuan promosi dalam pemasaran?

Dalam pemasaran, tujuan promosi adalah akhir dari rencana yang ditetapkan oleh tim pemasaran untuk memandu strategi kampanye pemasaran mereka. Sasaran-sasaran ini mencakup kerangka waktu dan jumlah atau persentase yang ditetapkan untuk tujuan tim pemasaran selama proses berlangsung. Tujuan dalam melakukan proses promosional juga bisa jangka pendek atau jangka panjang, tergantung pada inisiatif pemasaran perusahaan dan kebutuhan promosi.

Kapan harus menerapkan tujuan promosi dalam pemasaran?

Ada beberapa situasi di mana perlu untuk menerapkan tujuan yang jelas dalam strategi mempromosikan sebagai bagian dari inisiatif pemasaran. Berikut adalah beberapa contoh:

Untuk mempromosikan produk baru

Pemasar mengembangkan tujuan dari rencana promosional produk untuk memutuskan metode terbaik dalam mempromosikan produk baru dan mengukur keberhasilannya dengan konsumen. Biasanya, tujuan promosional ini menguraikan tujuan penjualan atau tujuan keterlibatan pelanggan yang dihasilkan dari inisiatif pemasaran untuk produk baru.

Untuk menjaga loyalitas pelanggan

Ketika sebuah bisnis memiliki banyak pesaing dengan produk serupa, tim pemasaran menerapkan tujuan promosi untuk memastikan bahwa pelanggan terus menggunakan merek mereka daripada merek pesaing. Mereka melakukan ini dengan mengembangkan kampanye pemasaran saingan, meningkatkan peringkat SEO mereka dan menggunakan penawaran promosi seperti penjualan untuk mendorong pelanggan agar tetap terlibat dengan bisnis mereka.

Baca juga: 12 Strategi Promosional Untuk Memasarkan Bisnis Anda Secara Efektif

Untuk mempromosikan penjualan untuk produk yang sudah ada

Pemasar menggunakan tujuan promosional untuk memandu inisiatif pemasaran untuk produk perusahaan yang ada. Ini termasuk memberi tahu publik tentang fitur, desain, atau opsi warna baru. Ini juga termasuk menemukan cara-cara kreatif untuk mempertahankan atau meningkatkan angka penjualan saat ini untuk suatu produk.

Untuk mendorong penjualan di lokasi ritel

Di perusahaan besar, pemasar datang dengan tujuan mempromosikan merek atau produk untuk memotivasi mereka yang bekerja di lokasi toko ritel untuk menjual sejumlah produk mereka dalam jangka waktu tertentu. Mereka mengukur keberhasilan proses promosi internal dengan meninjau data penjualan untuk lokasi ritel yang berbeda dari waktu ke waktu.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan mereka

Promosi seperti kartu keanggotaan, aplikasi, atau email newslettter memungkinkan pemasar mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pelanggan mereka melalui saluran umpan balik dan data akun.

Dalam situasi ini, pemasar menggunakan tujuan promosional untuk membuat rencana tindakan untuk menarik lebih banyak pelanggan agar menggunakan program keanggotaan. Mereka juga menggunakan perencanaan dalam membuat materi promosi untuk menentukan keberhasilan menciptakan materi pemasaran untuk menarik minat pelanggan.

Mengapa penting untuk memiliki tujuan promosi dalam pemasaran?

Sangat penting untuk memiliki tujuan promosi dalam pemasaran karena beberapa alasan. Berikut adalah beberapa cara menggunakan tujuan yang jelas menguntungkan tim pemasaran dan inisiatif perusahaan dalam mempromosikan sebuah produk:

  • Mengingatkan tim pemasaran tentang tujuan pekerjaan mereka: Tujuan promosi sangat membantu ketika tim pemasaran bekerja pada proyek kampanye yang panjang. Ini karena tujuan promosi membantu anggota tim untuk memfokuskan kembali pada tujuan keseluruhan dalam kaitannya dengan tugas pekerjaan masing-masing seperti memperbarui jadwal kampanye atau membuat konten promosi.
  • Memotivasi profesional pemasaran untuk memenuhi tujuan: Dengan memasukkan angka atau poin persentase yang ditetapkan dalam tujuan promosional, profesional pemasaran dapat menggunakannya sebagai titik referensi yang menjadi dasar kesuksesan mereka saat ini. Hal ini mendorong mereka untuk melakukan perubahan atau menciptakan ide-ide lain guna memenuhi angka-angka yang digariskan dalam tujuan awal.
  • Mendorong pemasar untuk membuat rencana tindakan yang terperinci: Memulai dengan tujuan pemasaran yang jelas membantu tim pemasaran menetapkan apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapainya. Ini termasuk menetapkan tenggat waktu, mengembangkan materi promosi dan membuat jadwal untuk merilis materi promosi kepada konsumen.
  • Memberi tim pemasaran standar untuk mengukur hasil: Setelah kampanye pemasaran berakhir, penting untuk menganalisis hasil untuk mengukur keberhasilan dan belajar untuk kampanye mendatang. Dengan menetapkan tujuan promosi sejak dini, tim pemasaran memiliki nomor tertentu untuk mengevaluasi keberhasilan mereka.

Baca juga: Mampu Mendatangkan Keuntungan, Ini Fungsi Media Promosi

Cara membuat tujuan promosi dalam pemasaran

Berikut adalah cara membuat sasaran pemasaran promosi yang selaras dengan produk dan saluran pemasaran perusahaan Anda:

1. Identifikasi apa yang ingin Anda capai dan mengapa

Untuk membuat tujuan yang jelas untuk tim pemasaran Anda, Anda harus mulai dengan menetapkan hasil spesifik yang Anda inginkan, dan tujuan dari hasil tersebut. Misalnya, Anda ingin meningkatkan kehadiran media sosial perusahaan Anda, karena Anda ingin menyamakan kehadiran media sosial Anda dengan pesaing Anda.

2. Tinjau anggaran dan kebutuhan tenaga kerja Anda

Terlepas dari apa yang ingin Anda capai, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki anggaran yang tepat dan profesional yang tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda. Pikirkan tentang berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan, dan apakah Anda perlu mempekerjakan profesional lepas dalam prosesnya.

Dengan meninjau bakat yang Anda miliki saat ini dan jumlah uang yang harus Anda sumbangkan untuk tujuan Anda, Anda dapat mengembangkan angka realistis yang menjadi dasar kesuksesan Anda.

Jika Anda kesulitan dalam mengelola pencatatan keuangan atau melakukan penganggaran dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online yang akan memudahkan Anda dalam pengelolaan dan pencatatan keuangan bisnis yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia, yang memiliki fitur terlengkap seperti pencatatan pembelian dan pembayaran, penganggaran, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, manajemen persediaan, multi gudang, pengelolaan pajak, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

3. Revisi apa yang ingin Anda capai untuk mencerminkan sumber daya Anda

Dengan meninjau bakat yang Anda miliki saat ini dan jumlah uang yang harus Anda sumbangkan untuk tujuan Anda, Anda dapat mengembangkan angka realistis yang menjadi dasar kesuksesan Anda. Misalnya, Anda awalnya ingin meningkatkan kehadiran media sosial perusahaan Anda sebesar 60% dalam waktu tiga bulan, tetapi setelah meninjau sumber daya Anda, Anda memutuskan bahwa Anda memiliki cukup anggaran untuk mencapai peningkatan keterlibatan sekitar 12%.

Baca juga: 14 Cara Promosi Bisnis yang Efektif

4. Tetapkan kerangka waktu yang realistis untuk mencapai tujuan Anda

Tujuan promosi Anda harus mencakup kerangka waktu yang ditetapkan di mana Anda ingin mencapainya. Konsultasikan dengan tim Anda tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan promosi Anda dan bagaimana aktivitas pemasaran lainnya dapat memengaruhi linimasanya. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan harapan yang realistis bagi tim Anda untuk menyelesaikan tujuan dengan sukses.

5. Buat tonggak untuk melacak kemajuan Anda dalam mencapai tujuan Anda

Menguraikan pencapaian setelah Anda menetapkan tujuan promosi memastikan Anda mempertahankan produktivitas dan mencapai setiap pencapaian untuk akhirnya mencapai tujuan Anda dalam kerangka waktu yang Anda tetapkan. Ini dapat membantu Anda menghemat uang dan memastikan konsumen tetap terlibat selama proses berlangsung.

Contoh tujuan promosi untuk pemasaran

Tinjau contoh sasaran pemasaran promosi jangka pendek dan jangka panjang ini untuk mendapatkan inspirasi bagi Anda sendiri:

Contoh tujuan promosi jangka pendek

Pemasar menggunakan jenis tujuan pemasaran promosi ini untuk menyelesaikan tugas selama beberapa minggu atau sebulan. Ini adalah beberapa tujuan pemasaran promosi jangka pendek:

  • Jual semua persediaan out-of-season pada akhir bulan depan.
  • Dapatkan 10 pengikut baru di saluran media sosial per minggu.
  • Selenggarakan acara promosi di media sosial Kamis depan untuk meningkatkan penjualan produk baru kami sebesar 15%.
  • Buat penjualan online kilat Jumat depan untuk menyaingi penjualan pesaing dan mendorong pembelian pelanggan baru sebesar 10%.

Contoh tujuan promosi jangka panjang

Tujuan promosi jangka panjang berfokus pada penyelesaian tugas selama beberapa bulan hingga satu tahun. Berikut adalah beberapa tujuan promosi jangka panjang:

  • Meningkatkan brand awareness dalam skala nasional sebesar 20% paling lambat 31 Desember 2021.
  • Tingkatkan tingkat konversi sebesar 10% dalam delapan bulan ke depan.
  • Ubah platform media sosial untuk mencerminkan perubahan merek yang efektif pada 1 Januari 2022.
  • Tingkatkan pendaftaran keanggotaan melalui iklan media sosial sebesar 15% dalam sembilan bulan ke depan.

Baca juga: Trade Marketing: Strategi Jitu dalam Mempromosikan Produk Bisnis Anda

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai tujuan promosi dalam proses pemasaran bisnis. Ingatlah, rencana yang berhasil dimulai dari tujuan yang jelas. Oleh sebab itu jika Anda ingin merencanakan strategi pemasaran yang baik, Anda harus memiliki tujuan yang baik, bisa diukur, relevan, dan mempunyai rencana untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Pastikan juga masalah keuangan dan penganggaran tidak menjadi masalah bagi Anda untuk mencapai tujuan yang optimal. Seperti yang telah kami sebutkan diatas, jika Anda kesulitan dalam mengelola proses pembukuan dan penganggaran dalam seluruh perencanaan bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 360 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terkangkau.

Jadi, apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.