Apa itu Website? Kenapa Sangat Penting untuk Bisnis Online!

Saat ini, sudah banyak sekali media yang digunakan oleh para pebisnis untuk berjualan di dunia maya, dan website adalah salah satu diantaranya.

Melihat cerahnya masa depan bisnis online saat ini, maka bisnis online tidak bisa kita anggap remeh. Semakin banyak masyarakat yang terjun ke dalam dunia bisnis online, maka akan membuat persaingan bisnis kian meningkat. Untuk itu, dibutuhkan strategi ampuh untuk bisa memenangkan persaingan tersebut.

Website adalah salah satu media yang penting untuk bisa memenangkan persaingan bisnis. kenapa? berikut ini kami berikan alasan lengkapnya khusus untuk Anda.

10+ Alasan Memiliki Website

Sama seperti berjualan di dunia nyata, berjualan di dunia online juga membutuhkan toko. Website adalah tokonya para pebisnis online. Website adalah media yang tepat untuk mengumpulkan berbagai informasi bisnis online Anda, mulai dari harga produk, sampai dengan cara pembayaran.

Agar suatu website atau situs bisa diakses oleh banyak orang secara online, maka dibutuhkan web hosting. Hubungan yang terjadi antara situs dan web hosting sama seperti toko dan pusat perbelanjaan. Anda harus membayar sejumlah dana sewa pada pemilik pusat perbelanjaan untuk bisa berjualan di toko.

Pun sama seperti situs, agar bisa digunakan secara dalam waktu yang panjang, maka suatu situs harus menyewa layanan web hosting agar bisa diakses dan dikunjungi oleh banyak orang secara online.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami sudah membuat berbagai alasan lengkap kenapa situs adalah salah satu kunci sukses suatu bisnis online.

Tentu untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis online ada banyak sekali caranya, namun memiliki situs adalah salah satu caranya. Kenapa? berikut ini adalah alasannya.

1. Pelanggan Anda Menginginkannya!

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh American Marketing Association, sebanyak enam dari sepuluh konsumen lebih menyukai sebuah produk yang sudah mempunyai situs resmi. Selain itu, sebanyak 50% konsumen yang mencari produk secara online pun akan langsung memilih situs resmi produk yang mereka inginkan.

Dengan memiliki website, maka konsumen Anda akan lebih mudah dalam memeriksa produk, mulai dari harga, spesifikasi, sampai proses pengirimannya.

Baca juga: Ddos Adalah Serangan yang Mengganggu Website Bisnis, Ini Cara Mengatasinya!

2. Anda Sendiri yang Mengontrol Kontennya

Bila Anda sudah memiliki website bisnis sendiri, maka yang menjadi pengendali dalam mengontrol setiap hal yang ingin ditampilkan adalah Anda sendiri. Hal tersebut tentunya akan jauh lebih efisien ketimbang menitipkan produk di situs situs jual beli online lain.

Bila Anda pun ingin menitipkan barang produk Anda di situs marketplace, maka Anda bisa menjadikan situs Anda sebagai bahan rujukan bila ada perbedaan informasi produk di situs marketplace tersebut. Sehingga, konsumen tidak akan kebingungan lagi, karena mereka sudah bisa mengakses pusat informasi resmi dari toko.

3. Anda dapat Berhemat

Walaupun Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menyewa web hosting dan membeli nama domain, namun biaya yang Anda keluarkan akan setara dengan apa yang Anda peroleh, yakni eksposur di Internet.

Dengan mempunyai situs resmi bisnis secara mandiri, maka secara tidak langsung Anda juga sudah berinvestasi jangka panjang dalam membangun toko online.

4. Brosur Online

Dalam bisnis konvensional, kita tentu sangat akrab dengan strategi pemasaran yang membagikan kertas brosur di pinggir jalan.

Nah, dalam bisnis online pun Anda bisa melakukannya, dan website adalah salah satu jenis brosur online tersebut. Situs bisa berisi seluruh informasi penting terkait produk Anda dan Anda bisa membagikannya secara gratis di hasil pencarian Google atau pada media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

5. Tidak Harus Ahli Coding

Tidak selamanya mereka yang mempunyai situs harus ahli dalam dunia pemrograman atau ahli coding. Sebelumnya, situs memang dikuasai oleh mereka yang sudah ahli dengan bahasa pemrograman atau hal teknis terkait di dalamnya.

Tapi, dengan semakin berkembangnya teknologi, Anda sebagai orang pun bisa memilikinya. Caranya, Anda bisa menggunakan aplikasi website builder yang saat ini sudah banyak tersedia, seperti WordPress, Joomla, Wix, dll.

6. Kompetitor Anda juga Memiliki Website

Sebagian besar dari kita pasti ingin menjadikan produk Anda menjadi produk pertama yang dicari oleh pelanggan daripada produk yang disediakan oleh kompetitor. Namun, apa yang terjadi bila kompetitor Anda sudah mempunyai situs dan Anda belum? Sudah pasti Anda akan kesulitan melawan kompetitor yang sudah lebih dulu memiliki website.

Saat para pelanggan mencari produk sesuai dengan spesifikasi yang mereka inginkan, tentu produk yang sudah mempunyai situs akan lebih unggul di mesin pencarian daripada yang belum mempunyai situs. Pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi, kan?

7. Bisnis Anda Selalu Buka 24 Jam

Kelebihan lain dari website adalah bisnis online Anda akan selalu buka 24 jam penuh daripada bisnis konvensionall tentu kita tahu tidak semua orang mau berbelanja di siang hari yang panas, ada beberapa orang yang baru memiliki waktu luang pada malam hari, atau bahkan dini hari.

Nah, dalam hal ini, Anda harus bisa memilih layanan penyedia hosting yang tepat agar mampu menjamin server uptime hingga 100%. Sehingga, para pelanggan bisa selalu mengakses toko Anda kapan saja mereka inginkan.

8. Berguna untuk Karyawan Anda

Dalam hal ini, Anda bisa membuat suatu halaman yang tidak akan muncul di website kecuali melalui direct link tertentu. Halaman ini disebut dengan orphan page. Halaman ini berisi berbagai materi ataupun instruksi ataupun dokumen internal yang harus diketahui oleh para karyawan.

Mereka hanya perlu mengakses link yang sudah Anda berikan agar mereka bisa mengakses link tersebut dan mendapatkan berbagai informasi yang mereka perlukan.

9. Bisnis Anda akan Muncul di Mesin Pencarian Google

Manfaat lainnya dari website adalah mampu menampilkan produk Anda di mesin pencarian Google. Setiap konsumen tentu akan selalu melakukan riset terkait produk yang dibelinya sebelum pada akhirnya mereka membeli produk atau jasa secara online.

Hal ini sangat wajar, karena konsumen tidak bisa melihat atau memeriksa produk secara langsung bila mereka berbelanja online.

Nah, salah satu cara yang bisa mereka lakukan untuk memeriksa produk yang ingin mereka belu adalah dengan mencari di mesin pencarian Google. Selain itu, dilansir dari laman adweek, sebanyak 81% pelanggan yang melakukan pembelian online selalu melakukan riset terlebih dahulu.

Dengan angka tersebut, tentunya Anda tidak boleh melewatkan kesempatan besar agar produk Anda bisa lebih mudah ditemukan oleh para calon pelanggan di mesin pencarian Google.

10. Etalase untuk Produk dan Jasa Anda

Salah satu fungsi website adalah menampilkan seluruh produk dagangan Anda secara bebas. Jadi, Anda bisa lebih bebas dalam mengatur etalase yang pas untuk Anda.

Sama seperti etalase toko fisik, etalase yang Anda buat di website pun akan mempermudah pelanggan dalam melihat dan memilih produk yang mereka butuhkan.

11. Lebih Mudah untuk Mencoba Ide-Ide Baru

Website adalah solusi untuk Anda yang ingin menampilkan berbagai inovasi atau ide baru yang masih dalam tahap percobaan. Ide tersebut bisa Anda publikasikan secara semantara pada website Anda untuk bisa mendapatkan respon dari mereka.

Respon tersebut nantinya bisa Anda jadikan sebagai bahan rujukan untuk produk perusahaan yang lebih baik lagi.

12. Menjalankan Bisnis dengan Cara Anda Sendiri

Saat Anda menjual produk di toko milik orang lain, sudah tentu Anda harus mengikut aturan pemilik toko tersebut. Seperti, Anda menjual produk di situs marketplace online lain, dalam hal ini Anda harus bisa menuruti ketentuan yang diberlakukan oleh situs marketplace tersebut. Bahkan, terkadang ada beberapa hal yang Anda enggan untuk menyetujuinya.

Tapi akan beda kondisinya bila Anda mempunyai situs sendiri, semua ketentuan yang berlaku di website adalah sesuai dengan model bisnis yang Anda pilih. Bila situs Anda lebih efektif dan unik, maka Anda juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Ketahui Perbedaan HTTP dan HTTPS Secara Mendalam

Kesimpulan

Di jaman yang sudah serba digital seperti saat ini, mempunyai suatu website bulan lagi menjadi suatu kebenggaan. Membuat website untuk bisnis online saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan primer untuk jenis bisnis apapun.

Jadi, bila Anda masih ingin bertahan di dalam dunia bisnis online, maka salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk memenangkan persaingan bisnis di dalamnya adalah dengan membuat web hosting yang berkualitas.

JIka Anda bisa memaksimalkan website online Anda dengan baik, maka setiap pundi-pundi keuntungan akan datang sendiri pada Anda. Namun jangan lupa untuk terus mencatat keuntungan tersebut dalam laporan keuangan perusahaan, karena laporan ini sangat penting untuk membantu Anda memutuskan kebijakan bisnis di masa depan.

Nah, agar lebih mudah dalam mencatat laporan keuangan, maka gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Accurate online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, mudah dan akurat.

Di dalamnya juga Anda bisa menikmati berbagai fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, dll.

Penasaran? Silahkan coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate 2 banner bawah

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.