Big Data Analytics: Pengertian dan Cara Penerapannya

Pada dasarnya, big data analytics digunakan untuk melakukan analisa data seseorang yang dinilai potensial untuk suatu perusahaan.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal tentang big data analytics dan cara penerapannya di dalam perusahaan.

Pengertian Big Data Analytics?

Pada dasarnya, big data adalah suatu istilah khusus yang digunakan untuk data yang sudah melebihi kapasitas pemrosesan database konvensional. Hal tersebut karena datanya yang berjumlah sangat besar dan banyak, bergerak terlalu cepat, dan juga tidak sesuai dengan kemampuan struktural dari arsitektur database tradisional.

Big data ini disiapkan oleh berbagai perusahaan besar, baik itu organisasi ataupun firma. Berbagai data ini nantinya akan diambil, dikelola, dan digunakan oleh perusahaan untuk berbagai kepentingannya sendiri.

Nah, semua proses yang dilakukan untuk mengumpulkan, merapikan dan melakukan analisis big data inilah yang dikenal dengan sebutan big data analytics.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari melakukan big data analytics untuk perusahaan. Salah satu contoh manfaatnya adalah agar bisa melakukan identifikasi berbagai kesempatan baru.

Misalnya, bila ada sponsored post yang terlewat di timeline atau beranda media sosial Instagram Anda dengan preferensi yang sama dengan Anda, pasti Anda tertarik untuk membukanya.

Nah, kesempatan yang baru ini digunakan oleh perusahaan dengan cara menggunakan big data. Selain mereka bisa mendapatkan keuntungan, pelanggan pun akan menjadi senang karena terdapat rekomendasi yang sesuai dengan kesukaan dan keperluan mereka.

Jadi, bisa kita katakan bahwa big data analytics bisa memberikan keuntungan pada pihak pelanggan dan perusahaan.

Selain itu, big data analytics juga mampu mengurangi biaya produksi perusahaan, mempercepat proses pengambilan keputusan, dan juga memudahkan perusahaan dalam membuat produk baru yang sesuai dengan kemauan dan harapan target pasar mereka.

Baca juga: Data Diskrit: Pengertian Dan Perbedaannya Dengan Data Kontinyu

Langkah Penerapan Big Data Analytics

Berdasarkan laman Payumoney, terdapat enam tahap atau enam langkah dalam menerapkan big data analytics. Berbagai langkah ini umumnya dikenal dengan nama The 6 steps. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Data Mining

Terdapat dua hal yang difokuskan di dalam big data analytics, yakni data extraction dan juga data mining. Sederhananya, data extraction adalah suatu proses mengumpulkan data dari halaman website ke dalam database perusahaan.

Sedangkan data mining adalah suatu proses untuk melakukan identifikasi dari insight yang berharga dan berasal dari database.

2. Data Collection

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam big data tidak terdapat tombol “end”, sehingga data yang masuk di dalam database akan terus mengalami pertambahan seiring dengan perkembangan dunia.

Selain bisa bertambah karena adanya data baru, data extraction pun harus terus dilakukan agar bisa mengumpulkan perubahan data yang terjadi pada setiap orang. Data extraction ini akan memberikan info yang sangat detail dari setiap orang yang membuat berbagai jenis skenario.

3. Data Storing

Dalam menyimpan suatu data, terlebih lagi data penting dan data besar, Anda tidak bisa menyimpannya secara asal. Kapasitas penyimpanan data yang baik akan menyediakan infrastruktur yang mempunyai mesin analisa data terbaru.  Selain itu, dibutuhkan juga kapasitas penyimpanan dengan ruang penyimpanan yang berukuran besar.

Saat ini, sudah banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan data yang memiliki kapasitas besar, contohnya adalah Cloudera, Hadoop, dan Talend.

4. Data Cleaning

Data yang terdapat di dalam proses big data analytics diperoleh secara menyeluruh melalui jaringan internet. Sebanyak 100% dari data yang sudah diperoleh, kemungkinan besar akan ada 30% hingga 40% data yang tidak akurat dan tidak diperlukan oleh perusahaan.

Untuk itu, diperlukan data cleaning atau pembersihan data agar bisa menyaring data yang benar-benar diperlukan atau tidak diperlukan. Dari hal tersebut, nantinya seorang data analyst sudah tidak perlu lagi repot-repot melakukan analisa dan memperkirakan data yang harus mereka gunakan.

Dengan adanya langkah ini, maka data analyst bisa langsung memperoleh data yang tepat sesuai dengan keinginan perusahaan karena sudah tersortir secara otomatis.

5. Data Analysis

Bagian yang paling besar dari proses big data analytics adalah analisis data. Saat melakukan analisis data, seorang data analyst akan masuk ke dalam pola hingga kebiasan setiap audiens dan mencari hal apa saja yang diperlukan oleh klien.

Analisis adalah proses dalam mempertanyakan pertanyaan yang detail dan mencari jawaban yang dianggap benar. Alat analisis yang saat ini diklaim sangat powerful untuk melakukan proses ini adalah Qubole dan Starwing.

6. Data Consumption

Data bisa digunakan untuk kebutuhan dan keperluan yang berbeda oleh pemerintah, perusahaan, instansi dan bahkan organisasi.

Pertanyaannya adalah apakah semua orang bisa mengakses biga data dan membuka data tersebut melalui jaringan internet? Tentunya tidak bisa. Karena untuk melakukannya diperlukan seorang data analyst yang profesional dan mengerti mengelola suatu data.

Baca juga: Data Mart (Pasar Data): Suatu Pasar Database Agar Lebih Mudah Mengakses Data

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang big data analytics. Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, mengelola dan memproses data di dunia digital memang sangat penting, terlebih lagi bila data tersebut sangat besar dan penting, seperti data laporan keuangan perusahaan.

Data laporan keuangan perusahaan juga harus dibuat secara tepat dan tidak boleh ada sedikitpun kesalahan. Nah, Anda bisa mendapatkan laporan tersebut secara mudah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Karena dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner menarik di bawah ini.