Hindari Pembobolan Data Berharga di Akun Anda dengan Password yang Kuat

oleh | Mei 20, 2024

source envato.

Hindari Pembobolan Data Berharga di Akun Anda dengan Password yang Kuat

Kata sandi atau password itu penting untuk akun yang Anda buat di dunia maya.

Hal ini untuk membuat akun pribadi Anda tetap terjaga dan aman dari hal yang tidak Anda inginkan, seperti pembobolan data berharga dan penyalahgunaan informasi.

Tetapi kenyataannya, masih banyak orang (terutama di Indoenesia) menggunakan kata sandi yang mudah dan terkesan asal-asalan, yang membuat mereka berpotensi kehilangan data penting dan merugikan diri meraka sendiri.

Oleh karena itu, Anda harus tahu apa yang membuat kata sandi kuat sehingga Anda dapat memastikan keamanan maksimum untuk informasi sensitif Anda, terutama informasi dan data keuangan di Accurate Online.

Apa itu Password?

Password / kata sandi adalah serangkaian karakter yang digunakan sebagai metode autentikasi untuk memverifikasi identitas pengguna pada sistem, aplikasi, atau layanan tertentu.

Password harus bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh pengguna yang berhak mengakses sistem tersebut.

Password digunakan untuk melindungi data dan akses ke sistem dari pihak yang tidak berwenang.

Dengan adanya password, hanya individu yang memiliki pengetahuan tentang kata sandi tersebut yang dapat mengakses informasi atau sumber daya tertentu.

Baca juga: Apa itu Cyber Security? Ini Pengertian dan Cara Menerapkannya! 

Mengapa Keamanan Kata Sandi Penting?

Berulang kali menggunakan sandi yang sama atau menggunakan sandi yang ‘lemah’ dapat membuat Anda rentan terhadap peretas yang akan melakukan pembobolan data berharga milik Anda.

Jika seorang peretas memecahkan kata sandi Anda, mereka dapat memperoleh akses ke akun media sosial, rekening bank, email, dan akun sensitif lainnya yang menyimpan data pribadi dan rahasia Anda.

Jika seseorang memperoleh akses ke informasi ini, Anda bisa menjadi korban pencurian identitas. Oleh karena itu, membuat kata sandi yang kuat sangat penting.

Baca juga: Apa Itu Data Breach? Dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Ancaman Keamanan terhadap Password

Peretasan kata sandi sering kali dilakukan dengan salah satu cara berikut:

1. Serangan Brute Force

Seorang peretas menggunakan software otomatis untuk menebak kombinasi nama pengguna dan kata sandi Anda.

Software ini mencoba setiap kombinasi karakter yang mungkin dan akan mencoba kata sandi yang paling umum digunakan terlebih dahulu.

Sehingga kata sandi yang lemah atau umum dapat relatif sederhana untuk serangan brute force untuk dipecahkan.

Meskipun metode ini mungkin pada akhirnya akan memecahkan kata sandi Anda dengan berputar melalui setiap kemungkinan hingga cocok.

Namun tentu membutuhkan waktu yang sangat lama dengan menggunakan kata sandi yang rumit.

2. Dictionary

Dengan metode peretasan ini, peretas akan menjalankan dictionary atau ‘kamus’ yang ditentukan pada sandi Anda.

Kamus ini juga menyertakan kombinasi kata sandi yang paling umum, oleh karena itu ini adalah cara yang relatif mudah dan cepat untuk meretas akun yang terlindungi dengan lemah.

Dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan sekali pakai untuk setiap akun, Anda dapat melindungi diri dari peretasan dictionary.

Untuk mengetahui betapa bahayanya teknik ini, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

3. Phishing dan Social Engineering

Mengakses sandi seseorang menggunakan serangan phishing atau manipulasi psikologis secara teknis bukanlah jenis peretasan, tetapi memberikan ‘peretas’ akses ke sandi dan informasi rahasia Anda.

Phishing terjadi ketika peretas menargetkan Anda dengan email palsu yang sepertinya berasal dari organisasi yang sah, sedangkan manipulasi psikologis adalah phishing dunia nyata (misalnya melalui telepon).

Dampak pencurian identitas bisa berlangsung lama dan tidak hanya terbatas pada masalah keuangan.

Korban juga dapat menghadapi berbagai implikasi emosional, termasuk stres dan kecemasan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri dari beban peretasan akun Anda.

Baca juga: Enkripsi: Sistem yang Sangat Penting untuk Kerahasiaan Data Anda, Ini Penjelasannya! 

Tips Membuat Password yang Kuat

Tips Membuat Password yang Kuat

ilustrasi Password. source envato.

Jika Anda ingin menjaga akun dan informasi pribadi Anda tetap aman, penting bagi Anda untuk memahami cara membuat sandi yang kuat.

Apakah Anda sering menggunakan kata sandi ‘1234’, ‘admin’ atau ‘password’? Jika ya, sekarang saatnya Anda memperbaiki keamanan sandi Anda.

Di bawah ini kami telah mengumpulkan daftar tip bermanfaat sehingga Anda dapat yakin bahwa akun Anda aman.

Hal yang Harus Anda Hindari dalam Membuat Sandi

1. Menggunakan kata yang berhubungan dengan Anda

Menggunakan nama Anda, nama anggota keluarga, tanggal-tanggal penting seperti hari jadi dan ulang tahun, tempat-tempat khusus, kata ‘sandi’ atau daftar nomor atau huruf yang berurutan.

Semua ini terlalu mudah dipecahkan, dan Anda harus menghindarinya dengan cara apa pun.

2. Menggunakan simbol yang mudah dimengerti

Ketika peretas mencoba mengakses akun Anda, mereka menjalankan berbagai kamus terhadap kata sandi Anda untuk membobolnya. Ini termasuk kata-kata bahasa Inggris dan asing serta pola fonetik.

Jadi walaupun Anda mungkin berpikir bahwa membuka kamus dan memilih kata secara acak itu aman, sebenarnya tidak.

Peretas juga dapat memindai substitusi umum, jadi mengganti ‘@’ dengan ‘a’ atau ‘!’ Untuk ‘l’ tidak membantu.

Dengan serangan brute force, kata acak dengan pergantian umum dan angka atau simbol yang ditambahkan di akhir hanya akan membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk dipecahkan. Cukup lama bukan?

3. Menulis kata sandi Anda

Jika Anda menuliskan kata sandi dan membiarkannya di tempat yang dapat diakses, terutama di dekat komputer, akan lebih mudah bagi orang untuk mengakses akun Anda. Sebaliknya, hafalkan kata sandi Anda dan jaga kerahasiaannya.

4. Memasukkan kata sandi melalui koneksi Wi-Fi yang tidak aman

Ke mana pun Anda pergi, ada peluang untuk terhubung ke akun Wi-Fi yang tidak aman, termasuk kafe, toko buku, restoran, dan pusat perbelanjaan.

Mungkin tampak baik untuk menyambung ke ini dan memasukkan kata sandi Anda ke media sosial dan akun email, tetapi peretas dapat dengan mudah mencegat informasi pribadi Anda

Baca juga: Kriptografi Adalah Sistem yang Mampu Melindungi Data Penting Anda

Hal yang Harus Anda Lakukan dalam Membuat Password

1. Tetapkan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun

Pertimbangkan situasi kata sandi Anda saat ini. Apakah Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk Facebook, perbankan online, dan akun Accurate Online Anda?

Akankah memecahkan satu kata sandi memungkinkan peretas untuk masuk ke beberapa akun yang berisi data penting?

Anda harus selalu menetapkan kata sandi aman yang berbeda untuk setiap akun Anda untuk memastikan keamanan maksimum.

2. Gunakan kata sandi yang panjang

Semakin panjang kata sandi, semakin aman. Idealnya, Anda harus membidik sandi yang terdiri dari 12 karakter atau lebih, tetapi jika Anda ingin lebih pendek, pastikan tidak kurang dari 6 karakter.

3. Gunakan huruf, angka, dan simbol

Selain itu, Anda harus menggunakan campuran huruf kecil dan huruf besar untuk membantu membuat kata sandi yang paling aman.

4. Gunakan serangkaian kata

Contohnya seperti ‘sayasukamenaridiatasapi’. Dengan menggunakan lebih dari empat kata terpisah yang menurut Anda mudah diingat, Anda akan mempersulit software peretasan otomatis untuk menebak.

Metode ini dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk menebak kata sandi Anda dari beberapa hari menjadi lebih dari seratus tahun.

5. Ubah sandi yang dibuat secara otomatis

Saat Anda mendaftarkan akun ke beberapa layanan, Anda mungkin menerima kata sandi yang dibuat secara otomatis. Anda harus mengubahnya menjadi milik Anda sesegera mungkin.

6. Ubah kata sandi secara berkala

Pastikan Anda mengganti kata sandi Anda secara berkala untuk meminimalkan risiko yang terjadi dari serangan brute force. 

Dengan mengganti kata sandi secara berkala ini akan menyulitkan peretas untuk memecahkan kata sandi yang Anda gunakan dengan cepat.

7. Memanfaatkan aplikasi penganalisis kata sandi 

Apakah Anda diberi tahu bahwa sandi Anda ‘lemah’ saat membuat kata sandi untuk akun tertentu? Jika ya, Anda harus meperhatikan ini dan membuat beberapa perubahan.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kekuatan kata sandi Anda dan memperbaikinya.

Anda bisa menggunakan aplikasi atau website tertentu seperti yang disediakan oleh Avast atau Nordpass untuk mengetahui kekuatan kata sandi Anda.

Baca juga: Langkah Awal Menggunakan Aplikasi Akuntansi Online untuk Pembukuan Bisnis

Kesimpulan

Ibaratnya, kata sandi adalah kunci yang Anda miliki untuk mengakses data dan informasi berharga di dunia maya.

Pastikan Anda tidak membuat kata sandi terlalu mudah untuk menghindari pembobolan data berharga seperti data keuangan, data perbankan, informasi pribadi dan hal sensitif lainnya.

Termasuk akun Accurate Online Anda, pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat, mengaktifkan 2 Factor Authentificator, dan selalu menggunakan saluran aman dalam mengakses informasi.

2FA Google Auth

Manfaatkan Fitur Keamanan 2-Factor Authentication (2FA)! Dengan fitur ini, keamanan password Anda dapat terjaga dengan lebih baik dan tidak mudah untuk diretas!

Hal ini berfungsi untuk menghindari pencurian dan pembobolan data bisnis, informasi keuangan dan data berharga lainnya yang ada di akun Accurate Online Anda.

teknologibanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

alifian adam
Hai salam kenal saya Adam! lulusan sistem informasi dengan ketertarikan tinggi pada dunia digital! dari software hingga hardware semua saya suka! saya juga suka berbagi informasi dengan menulisnya di blog!

Artikel Terkait