IaaS (Infrastructure as a Service): Pengertian dan Manfaatnya untuk Perusahaan

oleh | Jan 6, 2022

source envato.

IaaS (Infrastructure as a Service): Pengertian dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Pengertian sederhana dari Infrastructure as a Service atau IaaS adalah suatu jenis cloud service yang banyak diminati oleh berbagai perusahaan, khususnya perusahaan startup atau perusahaan kecil lainnya.

Alasan utamanya adalah karena perusahaan bisa menggunakan layanan IaaS tanpa harus membeli komputer ataupun berbagai peralatan fisik lainnya. Tapi, sebagian besar orang masih ada yang belum bisa membedakan IaaS, SaaS, dan juga PaaS.

Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang IaaS. Untuk itu, baca artikel tentang IaaS ini hingga selesai.

Apa Itu IaaS?

Karena adanya sistem cloud computing yang semakin berkembang saat ini, setiap pekerjaan bisa dilakukan secara mudah. Anda bisa menyimpan, saling berbagi data, serta mengerjakan pekerjaan Anda dimanapun dan kapanpun Anda ingin lakukan.

Terdapat tiga jenis layanan cloud yang umumnya bisa Anda pilih, yaitu SaaS, PaaS, dan juga IaaS. Tapi pada kesempatan kali ini, kami hanya akan membahas tentang IaaS saja.

Laman resmi Tech Target secara singkat menjelaskan bahwa Infrastructure as a service atau IaaS adalah salah satu layanan cloud computing yang mana didalamnya menyediakan sumber daya komputasi dalam bentuk virtual melalui jaringan internet.

Sedangkan IBM mengatakan bahwa IaaS adalah salah satu bentuk cloud computing yang memberikan sumber daya jaringan, komputasi, dan juga penyimpanan dasar pada para konsumen sesuai dengan permintaan pelanggan.

Bentuk layanan ini dilakukan melalui jaringan internet dan juga menggunakan sistem pembayaran yang dikenal dengan pay-as-you-go.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa IaaS adalah layanan cloud yang pada dasarnya adalah suatu server fisik dan juga komputer virtual. Setiap penyedia layanan IaaS akan menyediakan resource cloud, seperti storage, jaringan, dan juga ruang data.

Selain itu, nantinya pelanggan juga bisa mengakses serta menyimpan data di dalam server melalui dashboard atau application programming interface (API).

Lebih menariknya lagi, Anda bisa menggunakan server tanpa harus membeli komputer dan berbagai peralatan fisik lainnya.

Karena berbagai kelebihannya tersebut, banyak perusahaan kecil yang memilih layanan IaaS daripada model layanan cloud lain. Pihak perusahaan bisa menghemat anggarannya karena tidak harus membeli hardware tertentu.

Selain itu, Anda juga harus mempunyai kontrol secara penuh terhadap infrastruktur yang Anda miliki. Anda juga harus bisa tetap melakukan penginstalan, konfigurasi, dan juga mengelola software milik Anda sendiri. Software yang dimaksud tersebut seperti operating system (OS), aplikasi, dan juga middleware.

Saat ini, beberapa layanan IaaS yang banyak digunakan adalah Amazon Web Services (AWS), DigitalOcean, Microsoft Azure, Google Compute Engine (GCE), dan Linode.

Baca juga: Microsoft Azure Adalah Aplikasi yang Fleksibel dan Menjadi Masa depan Cloud

Karakteristik IaaS

Terdapat beberapa karakteristik yang membuat Iaas bisa lebih mudah dibedakan dengan layanan cloud lainnya. karakteristik dari IaaS terbagi menjadi tujuh, yaitu:

  • Bisa diakses dengan pengguna yang banyak
  • Lebih hemat biaya
  • Biaya yang lebih bervariasi, tergantung kebutuhan perusahaan
  • Layanan yang ada di dalamnya sangat scalable
  • Bisa diakses oleh lebih banyak pengguna dalam satu hardware
  • Perusahaan bisa tetap memiliki kendali secara penuh terhadap infrastrukturnya.
  • Lebih fleksibel

Kelebihan IaaS

1. Mengurangi Biaya Modal

Untuk perusahaan yang baru berdiri atau perusahaan startup, tentunya modal menjadi suatu komponen yang sangat diperhitungkan. Nah, IaaS adalah salah satu pilihan yang menarik karena lebih hemat biaya. Anda jadi tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk membeli peralatan server atau membeli komputer.

2. Cepat Menyesuaikan Kondisi

Dilansir dari laman Microsoft, layanan IaaS akan membantu bisnis Anda dalam meningkatkan sumber daya secara lebih cepat di dalam kondisi tertentu.

Contohnya terdapat peningkatan permintaan pada aplikasi Anda ketika liburan. IaaS bisa memaksimalkan sumber daya secara lebih cepat. Bila permintaan sedang menurun pun sumber daya akan ikut menurun untuk bisa lebih menghemat biaya.

3. Infrastruktur Lebih Stabil dan Bisa Diandalkan

Kelebihan selanjutnya dari IaaS adalah dari sisi stabilitas infrastruktur. Anda sudah tidak perlu lagi melakukan upgrade software dan hardware, serta melakukan maintenance dan juga menyelesaikan masalah yang terjadi pada peralatan tersebut.

Pihak penyedia layanan IaaS akan memastikan bahwa infrastruktur yang Anda miliki bisa diandalkan dan memenuhi SLA (service-level agreement).

2. Kehilangan Data Perusahaan Dapat Dicegah

Di zaman yang sudah serba digital saat ini, data adalah suatu hal yang sangat penting untuk perusahaan, dan kehilangan data hanya akan menimbulkan kerugian dan kekacauan untuk mereka.

Tapi dengan adanya layanan cloud computing, maka data tersebut akan bisa diakses dimana saja dan kapan saja, serta bisa terhindar dari risiko kehilangan data.

3. Tidak Perlu Khawatir dengan Masalah Keamanan

Layanan IaaS akan membuat suatu sistem cloud computing untuk keperluan penyimpanan data dari pihak perusahaan.

Data ini lebih aman disimpan di server tersebut karena tidak biasa diakses secara asal oleh berbagai pihak.

4. Anda Bisa Lebih Fokus Kepada Kegiatan Inti Bisnis

Pihak perusahaan pun bisa lebih fokus pada kegiatan inti bisnis mereka dan sudah tidak perlu lagi repot-repot memikirkan hal terkait pembuatan dan juga pengelolaan IaaS serta cloud computing, sehingga akan lebih efisien dalam kegiatan operasional perusahaan.

5. Stabilitas Perusahaan Anda dapat Ditingkatkan

Dengan menggunakan IaaS, pihak perusahaan sudah tidak lagi harus memikirkan terkait biaya perbaikan dan juga peningkatan server. Kenapa? Karena masalah tersebut sudah dilakukan oleh pihak penyedia layanan IaaS.

Kekurangan IaaS

1. Membutuhkan Pelatihan Internal

Layanan cloud computing dari IaaS akan membantu perusahaan dalam mengelola sistem operasi, aplikasi, keamanan, dan juga database secara mandiri.

Untuk itu, diperlukan pelatihan internal untuk bisa lebih memastikan perusahaan agar bisa mengelola infrastruktur secara lebih efektif.

2. Keamanan

Walaupun memang infrastruktur bisa dikelola secara penuh oleh perusahaan, namun layanan IaaS tetap rentan akan keamanannya. Ancaman keamanan tersebut bisa berasal dari pihak host ataupun peralatan virtual lainnya.

3. Sistem Lama yang Beroperasi di Cloud

Bersumber dari laman BMC, Anda bisa tetap menjalankan sistem lama Anda di dalam cloud. Tapi, infrastruktur di dalamnya bisa saja tidak mendukung kontrol tertentu untuk bisa mengamankan aplikasi lama.

Untuk itu, Anda harus melakukan upgrade aplikasi tersebut sebelum Anda memasukannya di dalam cloud.

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan IaaS

Terdapat banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan IaaS untuk membentuk berbagai kegiatan perusahaan, seperti:

1. Uji Coba dan Pengembangan Sistem ataupun Aplikasi

Dengan menggunakan layanan IaaS, maka akan lebih memudahkan Anda dalam menciptakan lingkungan sistem cloud baru. Sehingga, dengan adanya sistem ini Anda akan bisa membuat pengujian dan pengembangan aplikasi baru secara lebih cepat dan mudah.

2. Penyimpanan dan Backup Data

Umumnya suatu perusahaan akan sangat menghindari biaya untuk kelebihan penyimpanan dan juga memerlukan keterampilan tertentu untuk mengorganisir data serta mengurus suatu aturan hukum tertentu.

Fungsi IaaS adalah agar bisa lebih mengantisipasi potensi adanya peningkatan permintaan yang tidak terduga dan menyebabkan kebutuhan akan bentuk penyimpanan menjadi lebih tinggi. Disisi lain, IaaS akan memudahkan untuk sistem backup dan recovery dari berbagai data yang dimiliki perusahaan.

3. Analisis Big Data

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa big data adalah kumpulan data yang amat sangat banyak, yang mana data tersebut mempunyai potensi untuk bisa dianalisis demi mengetahui suatu pola ataupun trend tertentu.

Di dalam era 4.0, big data sudah menjadi suatu hal yang penting dan harus dianalisis untuk keperluan perusahaan. Karena dengan melakukan analisis big data, Anda bisa memperoleh dasar pengambilan keputusan yang tepat untuk perusahaan.

Layanan IaaS mempunyai kemampuan dalam mengumpulkan dan memproses berbagai data tersebut, sehingga akan lebih ekonomis untuk pihak perusahaan.

4. Tempat Deploy Web Apps Perusahaan

Layanan IaaS juga akan memberikan suatu sumber daya yang diperlukan untuk memberikan dukungan terkait web apps, termasuk dari website sampai dengan server aplikasi perusahaan. Pihak perusahaan nantinya bisa lebih mudah dalam mengatur demand yang sudah ada.

Kapan waktu terbaik menggunakan IaaS

Layanan Iaas bisa Anda gunakan dan Anda maksimalkan saat sedang membangun suatu perusahaan ataupun startup. Karena, dalam hal ini IaaS bisa menjadi suatu solusi yang baik dalam menghemat waktu dan juga biaya dalam pembuatan infrastruktur cloud.

Dengan adanya layanan IaaS, maka perusahaan akan terbantu dalam hal pengembangan di masa depan. Terlebih lagi di zaman revolusi industri 4.0 saat ini, yang mana teknologi menjadi suatu kewajiban untuk dimiliki berbagai perusahaan.

Baca juga: Saas Adalah Software Berbasis Cloud yang Semakin Populer

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Infrastructure as a Service atau IaaS. Jadi, IaaS adalah layanan cloud yang pada dasarnya adalah suatu server fisik dan juga komputer virtual. Setiap penyedia layanan IaaS akan menyediakan resource cloud, seperti storage, jaringan, dan juga ruang data.

Di zaman yang sudah serba digital ini, sudah seharusnya Anda beradaptasi menggunakan berbagai teknologi yang mampu membantu bisnis Anda berkembang lebih baik, salah satunya adalah dengan menggunakan layanan cloud computing.

Nah, Accurate Online adalah salah satu aplikasi akuntansi dan bisnis yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing yang aman. Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh laporan keuangan yang Anda perlukan akan tersaji secara otomatis, cepat, dan akurat.

Selain itu, berbagai fitur dan modul yang terdapat di dalamnya juga akan membuat bisnis Anda bisa dikelola secara lebih efisien dan lebih mudah.

Anda memiliki kesempatan untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

alifian adam

Artikel Terkait