Software Komputer: Ketahui 5 Manfaatnya dalam Bisnis!

Dunia teknologi memang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Setiap kegiatan yang kita lakukan pasti akan selalu lekat dengan penggunaan teknologi. Selain itu, teknologi pun memberikan banyak kemudahan yang bisa selalu kita andalkan. Nah, salah satu teknologi yang banyak kita gunakan saat ini adalah software komputer.

Sebagian besar dari kita pasti selalu menggunakan software dalam berbagai jenis kegiatan, seperti untuk bekerja atau untuk sekedar bermain game. Dalam melakukan semua kegiatan ini, pasti kita menggunakan program ataupun software.

Namun, bagaimana cara kerja dari software tersebut? Apa saja manfaatnya untuk bisnis kita? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang software komputer di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Software Komputer

Software komputer adalah suatu program yang terdiri dari kumpulan data kompleks untuk dijalankan di komputer. Data yang terdapat dalam software ini diformat, di program serta disimpan secara digital. Sebuah software tidak akan mempunyai bentuk fisik, namun bisa dijalankan oleh para pengguna dengan perangkat komputer.

Sederhananya, software komputer adalah suatu perintah program yang bisa dijalankan pada perangkat komputer.

Fungsi utama dari software komputer adalah sebagai komponen utama dari suatu komputer agar bisa dijalankan dengan baik. Selain itu, software juga mampu mengkoordinasikan semua hardware yang terdapat di dalam komputer, menjalankan proses translasi perintah lain ke dalam bahasa komputer, serta melakukan identifikasi pada suatu program komputer.

Baca juga: Open Source Adalah Jenis Software yang Terbuka untuk Umum, Ini Penjelasannya!

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Agar bisa lebih memahami tentang software komputer, maka berikut ini kami berikan pendapat para ahli.

1. Wiwit Siswoutomo

Wiwit Siswoutomo menjelaskan bahwa software adalah nyawa dari suatu komputer. Tanpa adanya software, maka komputer hanyalah benda mati yang tidak bisa kita gunakan.

2. Roger S. Pressman

Menurut Roger S. Pressman, software adalah suatu perintah program pada suatu komputer yang bila dieksekusi oleh para penggunanya, maka akan mampu memberikan manfaat seperti apa yang diharapkan oleh pengguna tersebut.

Itu artinya, software berguna untuk memberikan perintah pada komputer agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan perintah yang diberikan pengguna.

3. Melwin Syafrizal Daulay

Melwin Syafrizal Daulay berpendapat bahwa software adalah sebuah perangkat yang berguna untuk mengatur kegiatan kerja komputer dan semua perintah yang diarahkan pada sistem komputer untuk memfasilitasi interaksi yang terjadi antara pengguna dengan komputernya.

4. Imam Prayogo Pujiono

Berdasarkan Imam Prayogo Pujiono, software adalah suatu program yang ada di dalam komputer untuk memberikan perintah kepada komputer untuk bisa menyelesaikan suatu tugas, pekerjaan, dan harapan tertentu yang diinginkan oleh penggunanya.

5. Wilman dan Riyan

Kedua orang ahli ini berpendapat bahwa software adalah seperangkat operasi kerja yang berguna untuk menjalankan berbagai elemen pada komputer dan memberikan manfaat untuk penggunanya.

Jenis Software Komputer

1. Berdasarkan Fungsinya

Terdapat beberapa jenis software berdasarkan fungsinya, yaitu

  • Software Aplikasi

Umumnya, software aplikasi memiliki berbagai tujuan dan fungsi tertentu, sepert untuk mengolah data, angka, serta presentasi materi. Contohnya adalah aplikasi Microsoft Office.

  • Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi atau Operating System (OS) adalah komponen utama yang mampu mengkoordinasikan setiap komponen dan juga fungsi komputer. Beberapa contoh OS yang saat ini banyak digunakan adalah Windows, Mac OS, dan Linux.

  • Software Web Browser

Jenis software komputer ini mempunyai fungsi sebagai mesin pencari situs agar bisa memperoleh berbagai jenis informasi melalui internet. Beberapa jenis software web browser yang banyak digunakan adalah Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan lainnya.

  • Software Pengolah Kata

Software pengolah kata berguna untuk mempermudah pekerjaan untuk mengolah kata. Beberapa contoh softwarenya adalah Microsoft Word, Open Office, Lotus Word Pro, dll.

  • Software Pengolah Grafis

Jenis software ini biasanya digunakan untuk membuat dan juga mengubah suatu gambar ataupun foto. Beberapa contoh software pengolah grafis adalah Paint, dan Adobe Photoshop.

  • Software Anti Virus

Software Antivirus adalah software yang memiliki peran penting untuk mencegah komputer Anda terserang dari berbagai virus yang menjadi penyebab rusaknya sistem komputer Anda. Beberapa contoh software Anti Virus adalah SMADAV, dan McAfee.

  • Software Jenis Lain

Jenis software ini digolongkan berdasarkan dengan fungsinya, seperti software akuntansi dan software pendidikan.

  • Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah software komputer yang berguna untuk mengoperasikan kerja pada perangkat komputer. Beberapa contoh bahasa pemrograman tersebut adalah PHP, Java, dan Microsoft Visual Basic.

2. Berdasarkan Distribusi

Software pun bisa kita bagi berdasarkan dengan distribusinya, berikut ini adalah penjelasannya.

  • Freeware

Software ini bisa digunakan oleh masyarakat umum secara gratis tanpa mempunyai batasan waktu tertentu. Tapi, sebagian besar dari software komputer ini tidak memiliki fitur yang lengkap.

  • Adware

Sama seperti jenis software sebelumnya, jenis software ini bisa didapatkan oleh para pengguna secara gratis. Namun, di dalam software ini menampilkan iklan di dalam komputer Anda.

  • Open Source

Jenis software komputer ini adalah jenis software yang sumber kodenya bisa dibuka oleh umum. Selain itu, para pengguna juga bisa meningkatkan, mengubah, sampai dengan menyebarluaskan software jenis ini.

  • Malware

Malware adalah jenis software yang berbahaya, karena bisa merusak komputer para penggunanya. Salah satu jenis malware yang umum dikenal oleh para pengguna adalah virus komputer.

Manfaat Software dalam Bisnis

Dalam menjalankan proses bisnis, software memiliki peran yang sangat penting, yaitu:

1. Menyederhanakan Pekerjaan Rumit

Fungsi paling utama dari software komputer adalah untuk memudahkan kegiatan yang sifatnya kompleks. Contohnya adalah software akuntansi, yang mampu membantu mencatat laporan keuangan pada suatu bisnis.

2. Meminimalisir Kesalahan

Dengan kemampuan yang diberikan oleh suatu software, maka kesalahan dari suatu pekerjaan bisa lebih dihindari. Contohnya adalah menghitung data ataupun angka menggunakan suatu software yang mampu menekan kesalahan yang terjadi jika pebisnis masih melakukan pencatatan dan penghitungan secara manual.

3. Mengurangi Biaya Operasional

Dengan menggunakan software komputer, maka perusahaan sudah berubah dari proses manual ke proses yang serba otomatis. Sehingga, akan mampu meminimalisir biaya operasional.

4. Membantu Pengambilan Keputusan

Dengan adanya bantuan software, maka data akan tersaji dan terolah lebih tepat serta cepat. Tentunya hal ini mampu membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang tepat demi perkembangan perusahaan.

5. Menyediakan Informasi Secara Akurat

Informasi perusahaan adalah suatu hal penting yang harus dijaga oleh seluruh orang yang terlibat di dalam perusahaan. Selain itu, kesalahan dalam laporan harus dihindari semaksimal mungkin. Dengan menggunakan software komputer, maka seluruh informasi yang dibutuhkan akan tersaji lebih akurat dan juga lebih cepat.

Baca juga: Software Adalah Perangkat Lunak Yang Dilengkapi Dengan Bahasa Pemrograman, Ini Berbagai Jenisnya!

Kesimpulan

Jadi, software komputer adalah suatu program yang terdiri dari berbagai gabungan data. Berbagai data yang ada di dalamnya diprogram, diformat, dan disimpan secara digital di dalam komputer. Software ini tidak mempunyai bentuk fisik, namun bisa dijalankan oleh para penggunanya melalui perangkat komputer para pengguna.

Dalam menjalankan proses bisnis, software memiliki peran yang sangat penting, seperti untuk membantu pekerjaan yang rumit, menekan terjadinya kesalahan, meminimalisir biaya operasional bisnis, membantu mengambil keputusan secara tepat dan cepat, serta menyediakan informasi secara lebih akurat.

Terdapat berbagai jenis software yang bisa digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan para penggunanya. Dalam dunia bisnis, salah satu software yang banyak digunakan adalah software pencatatan keuangan dan mengelola bisnis, yakni software akuntansi.

Salah satu software akuntansi yang perlu Anda pertimbangkan adalah Accurate Online. Software ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, akurat, dan bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur penjualan, persediaan, perpajakan, pembelian, penjualan, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya.

Accurate Online sangat cocok digunakan oleh berbagai skala bisnis, baik itu bisnis kecil hingga bisnis besar. Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang cukup terjangkau, yakni 200 ribuan saja perbulannya.

Penasaran? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, gratis!

accurate1